Image

QUICK CONTACT













User Interface (UI) dan User Experience (UX) Design Jakarta

UI UX Design merupakan dua komponen penting yang senantiasa perlu diperhatikan ketika merancang website untuk bisnis.

 

Apa itu UI UX Design?

Perbedaan antara User Interface (UI) dan User Experience (UX) dapat dilihat dari acuan keduanya dimana UI berfokus pada elemen estetika di mana pengguna dapat berinteraksi dengan suatu produk.

Sedangkan UX mengacu pada bagaimana Anda dapat memberikan pengalaman pengguna yang berkualitas dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. UI (user interface) berfokus pada elemen antarmuka visual seperti typography, warna, menu bar, dan masih banyak lagi, sementara UX berfokus pada bagaimana website atau produk digital Anda dapat memberikan pengguna perjalanan yang berkualitas melalui website atau apps Anda.

Kombinasi antara UI dan UX membentuk seluruh pengalaman pengguna terhadap produk atau layanan dari bisnis Anda. Ketika dua produk yang sebanding mungkin memberi Anda hasil akhir yang sama, UI / UX mencerminkan cara Anda dalam menampilkannya di hadapan pengguna.

Jika salah satu produk atau layanan Anda memiliki desain UI / UX yang lebih baik jika dibandingkan dengan kompetitor, maka mungkin saja pengguna akan lebih banyak mengunjungi website Anda karena mereka lebih menyukai pengalaman ytng mereka dapatkan secara keseluruhan pada produk digital Anda.

 

Mengapa UI UX Design Penting dalam Pengembangan Produk Digital (Website dan Aplikasi)?

Memberikan Visual & Fungsionalitas Yang Seimbang Tampilan antarmuka (user interface) yang dirancang sederhana dan dengan fokus pada kegunaan, sangat menambah proses kepuasan akan UX (pengalaman pengguna) yang Anda berikan.

Kedua hal ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memastikan bahwa setiap kali pengguna mengunjungi website atau menggunakan aplikasi Anda, mereka dapat melakukan tindakan yang mereka inginkan dengan cepat dan mudah.

Di sisi lain, produk digital seperti website dan aplikasi yang secara visual menarik tetapi tidak berfungsi dengan baik dalam meningkatkan pengalaman pengguna, akhirnya hanya menciptakan ketidakpuasan dan potensi citra yang buruk bagi bisnis Anda.

Meningkatkan Kepuasan Pengguna Kepercayaan serta retensi kunjungan dari pengguna membutuhkan banyak strategi dan pemikiran. Dengan desain UI / UX yang lebih baik dalam produk digital, tentunya Anda akan lebih mudah dalam menghadapi masalah dan memperoleh serta mempertahankan pengguna dengan publisitas dari mulut ke mulut.

Kedua hal tersebut senantiasa berfokus dalam membangun hubungan yang lebih baik dengan pengguna dan sebagai hasilnya, dapat memaksimalkan pendapatan dari bisnis Anda. Memberikan Akesibilitas & Fungsi Yang Lebih Baik UI / UX Design dapat memaksimalkan visibilitas, konsistensi, dan kemudahan penggunaan dari produk digital bisnis Anda.

Tim Anda dapat membuat keseluruhan tampilan visual dan fungsionalitas menjadi intuitif dengan memastikan penggunaan warna, font, gambar, video, animasi, navigasi, tombol, yang beresonansi dengan baik. Dan karena hal inilah website ataupun aplikasi Anda tentunya menyajikan tingkat aksesibilitas dan kegunaan yang lebih berkualitas.  

 

Cara Kerja Layanan UI UX Design dalam Pengembangan Website dan Aplikasi?

Dengan memberikan alur layanan (workflow) sebagai berikut :



Manfaat UI UX Design untuk Website dan Aplikasi

  • Memudahkan Pengembangan Produk

    Anda tentunya ingin website atau mobile app Anda terus berkembang, bukan?

    Nah, dengan menggunakan UI & UX sebagai dasar desain Anda, akan lebih mudah bagi Anda ketika akan melakukan pengembangan website atau aplikasi. UX akan menunjukkan bagian-bagian mana saja pada produk Anda yang harus dikembangkan.

    Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengembangkannya untuk semakin mudah digunakan oleh pengguna dan calon pelanggan potensial.

 

  • Meminimalkan Proses Pembuatan Produk

    Ketika Anda sudah mengetahui apa saja hal yang dibutuhkan pengguna dari produk Anda, maka Anda tidak akan membuang waktu percuma ketika proses pembuatannya. Anda dan tim akan lebih fokus untuk menyempurnakan produk sebelum diluncurkan.

    Hal ini juga tentunya akan memberikan waktu tambahan untuk me-review ulang prototype produk Anda sehingga ketika diluncurkan, tidak ada bug ataupun crash yang mengikuti. Hasilnya, produk Anda langsung dapat dicerna dan didapatkan oleh pengguna atau calon pelanggan potensial Anda.

 

  • Mengetahui Kebutuhan Pengguna

    Salah satu keunggulan produk dalam sebuah website atau mobile app yang dibuat berdasarkan konsep UI / UX adalah kemudahan dalam menjawab kebutuhan dari penggunanya. Sebab, dalam proses pembuatan produk tersebut, tentunya seorang desainer UI /  UX melakukan riset akan kebutuhan seorang pengguna saat menggunakan website atau mobile app tersebut.

    Dari hasil riset tersebut, Anda akan mendapatkan acuan dan fokus dalam merancang desain dari produk Anda. Mulai dari tampilan hingga fitur dan elemen di dalamnya.

    Dengan begitu, saat produk Anda akan digunakan oleh pengguna, secara otomatis produk tersebut dapat bekerja secara maksimal. Hal itu tentunya akan memberikan kepuasan kepada pengguna dan menjadikan produk Anda pilihan utama mereka. Tanpa adanya riset UI / UX tersebut, pengguna produk akan mengalami kesulitan dan menerka-nerka cara kerjanya. Hal itu tentu akan menyulitkan mereka, bukan?

     

  • Menciptakan Produk yang Berkesan Bagi Pengguna

    Kelebihan utama dari pembuatan produk digital berdasarkan UI / UX adalah kemampuannya untuk menjadikan produk Anda bersifat unik dan berkesan di mata pengguna. Hal ini tentunya akan menjadi nilai plus utama pada produk Anda yang membedakannya dengan produk dari kompetitor lainnya.

    Selain itu, produk yang didesain dengan memperhatikan sisi UI / UX akan membuat pengguna dapat merasakan pengalaman baru saat mengeksplorasi produk digital tersebut. Apalagi jika produk tersebut dapat disesuaikan dengan karakter penggunanya. Jelas sudah bahwa produk Anda tidak akan ditinggalkan oleh pengguna karena kesan mendalam yang mereka rasakan.

 

Portofolio Layanan UI UX Design

PwC Indonesia merupakan penggabungan dua perusahaan, Price Waterhouse dan Coopers & Lybrand, yang masing-masing memiliki akar sejarah sekitar 150 tahun.

Selama lebih dari 45 tahun, PwC Indonesia telah berperan dalam kisah sukses Indonesia dalam pertumbuhan ekonomi dan pembangunan sosial. Perusahaan ini didirikan dalam warisan mereka untuk menciptakan kepercayaan di pasar modal (dengan mengaudit akun keuangan), dan memberikan saran untuk membantu organisasi publik dan swasta untuk menjadi sukses.

 

FAQ Seputar UI UX Design

  • Bagaimana Cara Saya Mendapatkan Layanan UI UX Design dari EANNOVATE?

    Anda dapat dengan mudah mendapatkan layanan kami dengan menekan tombol WhatsApp diatas, atau menghubungi kami secara langsung via email di hello@eannovate.com , dan dengan menelepon di nomor 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore).

    Untuk harga dan layanan dapat dinegosisasikan terlebih dahulu pada saat pertemuan dengan klien. Sebab, kerumitan dan kelengkapan data website juga menjadi salah satu komponen penentu harga.

     

  • Apakah Saya Akan Terikat Dengan Kontrak Panjang Dalam Menggunakan Layanan Ini?

    Tentu saja tidak. Kontrak kami dimulai dari awal perjanjian dan selanjutnya dapat dinegosisasikan kembali pada saat pertemuan dengan Anda kembali. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi 021-5437-5601 atau WhatsApp di 0813-8251-8448.

 

  • Berapa Lama Proses Pengerjaan Layanan UI UX Design?

    Untuk waktu pengerjaan, kami memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen. Biasanya, lama waktu perngerjaan tergantung dari data yang Anda berikan kepada kami. Jika data-data tersebut sudah diberikan sepenuhnya, kami dapat segera mungkin menyelesaikannya. Untuk jangka waktu pengerjaan kami adalah sekitar 2 minggu di awal dan mengikuti perkembangan ke depannya.

 

  • Mengapa Saya Memerlukan Layanan UI UX Design?

    Penggunaan UI / UX Design untuk website merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan semua orang dan calon pelanggan dari layanan atau produk yang Anda tawarkan sudah memahami tentang penggunaan website dan mobile app. Pengunjung dan calon pelanggan Anda sudah dapat membedakan website atau mobile app mana yang memiliki tampilan menarik serta mudah digunakan.

    Jika tampilan website atau mobile app Anda kurang baik atau tidak nyaman dan mudah untuk digunakan, kemungkinan bahwa pengunjung dan calon pelanggan potensial dari produk atau jasa Anda tidak dapat menyelesaikan dan menemukan apa yang mereka inginkan dalam website anda sangatlah besar.

 

  • Berapa Harga Biaya Layanan UI UX Design Dengan EANNOVATE?

    Untuk harga dan layanan dapat dinegosisasikan terlebih dahulu pada saat pertemuan dengan klien. Sebab, kerumitan dan kelengkapan data website juga menjadi salah satu komponen penentu harga.

 

Portfolio kami untuk layanan User Interface (UI) dan User Experience (UX) Design Jakarta di Jakarta, Indonesia
Artikel terkait Jasa User Interface (UI) dan User Experience (UX) Design Jakarta di Jakarta, Indonesia

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon