Image

QUICK CONTACT













Image

Tips & Trik Dalam Membuat Desain Website Yang Responsif

30 Dec 2021 by Billy Gani
Merancang desain untuk beberapa jenis perangkat senantiasa memerlukan fokus pada detail, struktur informasi yang jelas, dan metode penggunaan tata letak baru.
Dengan perangkat seluler yang saat ini mengambil alih sebagai cara utama setiap orang dalam menikmati pengalaman website, desain responsif menjadi lebih penting dari sebelumnya. Namun, desain responsif tidak hanya menciptakan pengalaman seluler yang konsisten saja.
 
Hal ini dikarenakan penggunaannya tidak hanya menciptakan pengalaman pengguna yang positif, tetapi juga mempengaruhi bagaimana designer Anda merancang desain setiap layar, menguatkan tata letak yang sederhana dan memberikan pengalaman yang sederhana namun intuitif.
 
Berikut beberapa tips dan trik yang mungkin dapat Anda pertimbangkan penggunaannya untuk perancangan ulang maupun baru untuk desain website Anda :
 
Perhatikan Lebih Dalam Tentang Navigasi Website Anda
 
Pengaplikasian desain web responsif memiliki dampak besar pada navigasi dalam website Anda. Lihat saja salah satu dari sekian banyak website apa pun sebelum tahun 2010. Hampir tidak mungkin untuk tidak merasa kewalahan dengan banyaknya kategori yang menumpuk pada bagian navigasi di sebelah kiri.
 
Karena Anda merancang desain untuk layar yang lebih kecil, desain Anda harus dapat bekerja dengan efektif dalam batasan ini. Cobalah untuk menyederhanakan pilihan navigasi Anda dan gunakan ikon yang dikombinasikan dengan teks, tautan dalam halaman, menu yang dapat dikecilkan, dan kemudahan drop-down untuk mengarahkan pengguna secara mudah ke tempat yang mereka tuju.
 
 Ingatlah bahwa pilihan navigasi yang tersembunyi akan lebih sulit untuk terlihat, dan memperpanjang waktu pengguna dalam menyelesaikan tugas, jadi lakukanlah hal terbaik untuk membuat akses ke halaman inti dari website Anda menjadi lebih jelas.
 
Secara umum, Anda hanya akan memiliki ruang untuk empat atau lima tautan inti dalam satu halaman website. Hal tersebut tidak hanya mempengaruhi navigasi dari website, tetapi juga seluruh strategi konten atau struktur peletakan setiap informasi di dalamnya. 
 
Anda pasti ingin memastikan bahwa empat atau lima tautan tersebut mewakili tempat yang memang perlu  dikunjungi atau harus dikunjungi oleh, dan bahwa halaman tersebut menawarkan peluang positif bagi pengguna untuk menggali lebih dalam tentang bisnis Anda.
 
Selain itu, penggunaan sidebar juga cukup rumit. layar desktop memang memberi Anda banyak ruang horizontal untuk digunakan, jadi terlalu mudah untuk membuang semua tautan tambahan pada bagian sidebar. 
 
Tetapi, desain yang responsif mengharuskan Anda sebagai desainer untuk membuat jalur paling sederhana yang akan diambil pengguna tanpa mengganggu mereka. Menghilangkan sidebar mungkin menjadi salah satu cara untuk mencapai hal.
 
Di masa lalu, halaman yang panjang dianggap sebagai keputusan desain yang buruk, tetapi perangkat seluler saat ini telah mengubahnya. Ingatlah bahwa halaman yang dapat di scroll terus menerus dapat membuat navigasi menjadi sulit. 
 
Maka dari itu, untuk mengatasi kedua hal diatas, Anda dapat menggunakan tab navigasi tempel sederhana yang dipasang di bagian bawah & atas layar atau tombol untuk kembali ke bagian atas. Untuk kemudahan akses dengan satu tangan, Anda dapat menggunakan navigasi bawah.
 
Perhatikan Peranan Sentuhan Jari Dalam Layar Pengguna
 
Tombol ajakan bertindak (CTA) Anda tentunya akan muncul pada setiap halaman, baik dalam warna maupun gaya apapun. Ukuran dan bentuk tombol tersebut tentunya sama penting dengan warnanya. 
 
Umumnya, elemen lingkaran dan persegi panjang merupakan bentuk yang paling umum digunakan sebagai tombol dalam halaman website. Pikirkan saja apa yang Anda tekan di lift atau keypad di ponsel Anda. Menjadi terlalu kreatif dengan bentuk tombol Anda malah dapat membingungkan pengguna. Jadi, tetap gunakan bentuk yang sudah dikenal oleh pengguna Anda.
 
Ukuran juga dapat membuat perbedaan besar, terutama bagi pengguna yang memiliki kekurangan dari segi visual. Jadi, selamatkan audiens Anda yang kesulitan dan pastikan bahwa tombol CTa yang Anda rancang senantiasa sangat ramah untuk jari dari pengguna. Material desain pada umumnya menyediakan spesifikasi seperti berikut:
 
Untuk memastikan kegunaan bagi pengguna yang memiliki disabilitas, Anda dapat merancang tombol dengan tinggi 36dp dan memberikan jari mereka target yang dapat disentuh tinggi minimum 48dp (1dp sama dengan 1px).
 
Anda juga dapat memastikan bahwa tombol dan tautan teks memiliki ruang yang luas di sekitarnya, sekali lagi untuk menghindari kesalahan klik. Anda juga perlu memastikan bahwa tombol Anda jelas dan menjadi objek interaktif. 
 
Gunakan drop shadow, gradien, dan penambahan gaya dari dimensi lainnya untuk membantu meyakinkan pengguna bahwa mereka dapat mengklik tombol yang Anda berikan.
 
Desain yang baik adalah desain yang sesederhana mungkin. –Dieter Rams. Hal ini merupakan salah satu pilar dari penggunaan desain responsif. Jika pengaturan konten, navigasi, dan grafis Anda masuk akal di dalam tampilannya pada perangkat pengguna, semuanya juga akan jelas pada tablet atau pada perangkat yang lebih besar seperti desktop. Hal ini merupakan salah satu keuntungan dari penggunaan desain responsif.
 
Ketika sebuah desain harus bekerja pada berbagai ukuran layar, hal tersebut dapat membantu menghilangkan fungsionalitas dan menunjukkan hal yang memang diperlukan. Hal ini lebih dari sekadar praktik desain tetapi dapat menjadi filosofi positif yang meningkatkan pengalaman pengguna.
 
Rencanakan Organisasional Konten Anda Sebelum Merancang Desain 
 
Merancang sebuah website tanpa pemahaman yang kuat tentang struktur konten dapat diibaratkan seperti memilih bingkai sebelum Anda benar-benar membuat lukisan. Anda perlu memiliki wawasan terlebih dahulu tentang bagaimana konten akan diatur sehingga Anda dapat melihat gambaran yang lebih besar.
 
Konten dan desain yang dirancang dikembangkan secara bersamaan. Organisasi konten lebih dari sekadar menyalin dan menempelkan blok teks untuk melihat di mana hal tersebut akan muat pada halaman website. Konten Anda merupakan sebuah cerita yang Anda coba sampaikan kepada audiens. 
 
Buatlah daftar prioritas pesan yang ingin Anda sampaikan. Cari tahu bagaimana ide-ide ini mengalir dari satu ide ke ide yang berikutnya. Rancang konten Anda secara strategis dan dasarkan navigasi Anda pada organisasinya.
 
Jalur linier akan membuat pengguna untuk tetap terlibat dengan website Anda dan menghasilkan tingkat konversi yang lebih baik (selama pesan tersebut selaras dengan intensi audiens Anda).
 
Hanya Gunakan Kata Yang Memang Anda Perlukan
 
Desktop memungkinkan lebih banyak teks untuk dimuat. Hal ini tidak selalu menjadi hal yang baik. Dengan perangkat seluler, Anda harus bekerja dalam batasan layar yang lebih kecil. Dan berarti, Anda menulis lebih sedikit, memastikan bahwa setiap kata membantu untuk memajukan cerita Anda.
 
Jika Anda menulis dari website berbasis desktop, mungkin Anda memerlukan beberapa pengeditan. Konsolidasikan copy, gunakan poin - poin dan perangkat struktural lainnya, lalu potong kata yang tidak perlu di mana pun Anda bisa.
 
Typography Lebih Berperan Penting Pada Layar Yang Lebih Kecil
Pastikan Anda menskalakan ukuran font, tinggi garis, dan lebar agar sesuai dengan ukuran layar yang berbeda. Menggunakan ukuran font yang lebih besar dapat secara dramatis meningkatkan tingkat keterbacaan dari pengguna.
 
Jadi, Anda dapat menggunakan kisaran 16px untuk body copy, dan sesuaikan dengan desain font yang Anda gunakan.  Dan juga,  pastikan untuk menggunakan font yang mudah dibaca, terutama untuk teks penting seperti label navigasi. Tidak ada pengguna yang ingin melihat font skrip pada menu Anda. 
 
Spasi juga merupakan faktor yang perlu diperhatikan pada layar yang lebih kecil. Pastikan tinggi garis Anda diatur pada jumlah yang sesuai. Terlalu banyak penggunaan spasi akan membuat teks Anda mengambang  dan terlalu sedikit sehingga pengguna dapat melihat kata-kata Anda seperti tumpukan pancake. Biasanya, Anda dapat membuat spasi dalam kisaran 1,25 hingga 1,5, tetapi  typography bisa lebih bervariasi.
 
Tips : Sepanjang proses desain, periksa teks Anda pada perangkat yang berbeda untuk melihat bagaimana tinggi garis Anda akan mempengaruhi presentasi teks.
 
Saat Anda merancang  dengan mempertimbangkan perangkat mobile apps, ingatlah bahwa font yang besar dapat mendorong konten penting yang Anda inginkan agar dibaca pengguna lebih jauh ke bagian bawah halaman. 
 
Jadi, pertimbangkan setiap metode desain lain pada perangkat Anda untuk menambahkan drama - variasikan bobot font, gunakan huruf besar semua atau kecil semua, atau gunakan warna untuk membedakan setiap bagian konten dari elemen lain pada halaman.
 
Buat & Uji Tingkat Responsivitas Desain Menggunakan Prototipe
 
Penting untuk mengetahui bagaimana tampilan dan nuansa desain Anda akan diterjemahkan ke dalam berbagai layar yang berbeda. Hal ini juga penting untuk diketahui tentang bagaimana hal tersebut akan berfungsi.
 
Prototipe statis akan membawa Anda pada proses perjalanan desain, tetapi pada akhirnya Anda juga tetap membutuhkan prototipe fungsional untuk membantu Anda memahami bagaimana website akan bekerja dan dirasakan oleh pengguna. Pastikan untuk menguji prototipe Anda pada perangkat yang sebenarnya untuk memastikan bahwa website Anda akan bekerja tanpa masalah.
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi dan inspirasi bagi Anda untuk memproduksi website yang responsif untuk keperluan bisnis Anda. Jika masih membutuhkan bantuan untuk mengembangkan website yang tepat untuk bisnis Anda dengan berbagai tips diatas, kami dapat membantu.
 
Eannovate hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk Custom Web Design / Website Development di Jakarta dengan FREE Domain dan Hosting, serta Maintenance selama 1 tahun. Kami akan menjamin website Anda akan dibangun sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan penanganan jika terjadi masalah pada website Anda sewaktu-waktu.
 
Dan juga, Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami juga siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan Anda. Buatlah perusahaan Anda lebih dikenal oleh target audiens Anda dengan menyerahkan layanan jasa Custom Web Design / Website Development di Jakarta hanya pada Eannovate. 
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, Alterspace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
References : WebFlow

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon