Image

QUICK CONTACT













Image

Pahami Cara Mengatur Struktur Website Untuk Meningkatkan Konversi

28 Sep 2022 by Billy Gani
Coba Anda bayangkan - Anda sudah menyelesaikan riset tentang produk yang Anda butuhkan dan menemukan website yang menawarkan Anda hal tersebut. Website tersebut juga memiliki ulasan yang positif. Ketika Anda menekan website tersebut, Anda berpikir bahwa apa yang Anda cari senantiasa muncul.
 
Tetapi, ada masalah dimana Anda tidak dapat menemukan produk tersebut karena pemilik website memberikan nama yang terlalu elegan dan tidak dikenali secara mudah. Dan untungnya, Anda mendapatkan halaman produk yang Anda memang tuju, tetapi di dalam halaman tersebut, Anda malah ditawarkan berbagai produk lainnya yang mereka miliki secara gencar.
 
Anda masih belum menyerah, Anda memutuskan untuk menggunakan fitur pencarian dalam mencari produk yang Anda inginkan secara lebih cepat. Tetapi, hasilnya tetap sama. Dan karena Anda harus memiliki produk ini dari riset Anda, website ini juga menawarkan produk yang memang Anda butuhkan dengan harga terjangkau, Anda masih tetap mencari.
 
Anda kemudian menemukannya, dengan senang Anda berharap bahwa usaha Anda berhasil. Tetapi, ada masalah lagi dimana Anda tidak dapat menemukan tombol “Beli Sekarang” atau memasukkan produk tersebut ke dalam keranjang belanja. Dan akhirnya, Anda menyerah lalu kembali pada mesin pencarian untuk mencari produk sejenis pada website lain.
 
Harus melewati berbagai hal ini membuat Anda dan juga pengguna tentunya frustasi. Dan tidak banyak pengguna yang memiliki tingkat kesabaran seperti Anda. Sekarang, bayangkan jika  konsumen potensial dari bisnis Anda mengalami hal ini, tentunya tidak hanya pengalaman pengguna yang akan berdampak negatif, tetapi juga membuat Anda kehilangan konversi atau keuntungan dari penjualan.

Seberapa Besar Desain Website Anda Mempengaruhi Konversi?

Berikut adalah beberapa fakta yang menunjukkan betapa pentingnya desain website untuk menghasilkan lebih banyak penjualan:
 
 
  • 46% pelanggan percaya bahwa sebuah website kredibel berdasarkan tampilannya. Jadi, jika Anda tidak terlalu memikirkan rancangan desain dari website Anda, maka pelanggan potensial tidak akan mempercayai Anda, dan Anda akhirnya akan kehilangan mereka.

  • 38% pengunjung website tidak terlibat dengan website yang tidak menarik. Jadi, jika website Anda tidak menarik, Anda akan kehilangan prospek.

  • 59% pengunjung lebih suka terlibat dengan website yang dirancang dengan estetika jika dibandingkan dengan 41% yang setuju dengan website dan desainnya yang sederhana. Jadi, semakin baik tata letak dan estetika dari website Anda, semakin banyak pengunjung yang terlibat dengan bisnis Anda.

  • Seperti yang Anda lihat, desain website Anda tidak hanya menentukan bagaimana Anda menarik pengunjung ke dalam website, tetapi juga apakah Anda penggunaannya membuat mereka tetap terlibat cukup lama untuk menjadi pelanggan yang repetitif.

Jadi, bagaimana Anda merancang desain tata letak dari website Anda untuk menghasilkan lebih banyak konversi?
 
Mulai dari warna yang Anda pilih hingga bagaimana Anda mengelola konten Anda agar terlihat menarik secara visual bagi konsumen potensial, ada banyak elemen berbeda yang perlu Anda lihat jika Anda ingin mendapatkan konversi yang lebih baik dalam website Anda.

Mulailah Dengan Navigasi

Navigasi menentukan bagaimana pengunjung dapat berinteraksi dengan website Anda. Apakah mereka dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka cari dalam website Anda? Apakah mereka dapat dengan mudah berpindah dari satu titik ke titik lain tanpa menunggu lama?
 
Ada beberapa pertanyaan yang perlu Anda jawab ketika merancang desain website karena hal-hal tersebut membantu Anda menghasilkan pengunjung yang mendapatkan nilai positif. Berikut beberapa hal tersebut :
  • Memiliki Menu Bar Yang Jelas

    Tab menu Anda hampir selalu menjadi titik interaksi pertama dengan pengunjung Anda. Jadi, tombol menu bar harus tepat dan tidak meninggalkan ruang untuk salah penafsiran. Oleh karena itu, gunakan bahasa sederhana untuk menggambarkan item tab menu karena pengunjung tidak ingin menghabiskan sedikit waktu yang mereka miliki untuk mencari tahu di mana halaman produk Anda berada.

  • Memiliki Tab Pencarian Yang Intuitif

    Elemen berikutnya yang sangat penting untuk diingat, terutama untuk website berbasis e-commerce, adalah tab atau kolom pencarian intuitif. Kolom pencarian harus memiliki fitur isi otomatis dan saran otomatis untuk memudahkan pelanggan menemukan apa yang mereka cari

    Terlebih lagi, memiliki fitur saran otomatis memungkinkan pengunjung Anda melihat produk lain apa yang Anda tawarkan, yang memberi Anda kesempatan untuk melakukan upsell dan cross-sell.

    Posisi terbaik untuk tab pencarian adalah di sudut kanan atas website Anda. Dengan cara ini, pengunjung Anda mudah menemukannya dengan cepat untuk mendapatkan apa yang mereka cari. Selain itu, memiliki tab atau kolom pencarian di semua halaman Anda untuk memberi pengunjung Anda kesempatan untuk menemukan apa yang mereka inginkan lebih cepat.

  • Jaga Agar Halaman Anda Senantiasa Terorganisir

    Jika Anda bergerak seperti kebanyakan bisnis, Anda memiliki lebih dari satu lini produk. Sekarang, menampilkan semua halaman produk Anda dalam tab menu dapat membuat website Anda terlihat sangat berantakan.

    Jadi, untuk membuat website Anda lebih  terorganisir dan terlihat rapi, miliki produk dan layanan Anda dalam subkategori dan bahkan sub-subkategori jika diperlukan. Dengan cara ini, ketika pengunjung Anda mengarahkan kursor ke "Produk" pada tab menu, mereka dapat melihat halaman berbeda yang mewakili semua produk yang Anda jual sekaligus.

  • Posisikan Konten Anda Agar Pengguna Tetap Senantiasa Terlibat di Dalamnya

    Konten Anda adalah apa yang akan dipertimbangkan pengunjung saat menentukan apakah yang Anda tawarkan persis seperti yang mereka butuhkan. Jadi, memastikan bahwa konten Anda membuktikan kepada mereka bahwa Anda adalah sumber utama untuk semua yang mereka butuhkan adalah hal penting. Berikut beberapa hal yang dapat diperhatikan :

  • Jawab Pertanyaan Pengguna Anda Secara Langsung

    Pengunjung website ingin tahu apakah Anda menawarkan apa yang mereka butuhkan segera ketika sampai ke dalam website Anda. Oleh karena itu, posisikan diri Anda sebagai sumber utama untuk apa yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan masalah mereka.

    Jadi, Anda dapat:
  • Memberitahu pengunjung Anda proposisi penjualan unik Anda
  • Menanggapi keberatan paling umum yang Anda hadapi dengan pelanggan Anda sebelumnya dan yang sudah ada
  • Memberitahu pengunjung Anda cara mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

  • Menciptakan Hirarki Dalam Konten

    Hirarki membantu Anda untuk lebih menekankan konten yang Anda tujukan agar pengguna melihatnya terlebih dahulu. Sekarang, informasi yang paling penting harus berada di bagian atas halaman website Anda agar tidak ada ruang bagi pengguna untuk melewatkannya.

    Kemudian penjelasan lebih lanjut harus mengikuti keinginan pengguna yang membutuhkan informasi lebih lanjut untuk membuat keputusan.

  • Menyusun Konten Anda Dalam Pola Yang Biasa Digunakan Oleh Mata Pengguna

    Para ahli menyarankan agar konten Anda mengikuti cara sebagian besar pembaca membaca untuk memudahkan mereka mendapatkan semua informasi yang mereka butuhkan dan membuat keputusan dengan cepat. Kebanyakan orang membaca dari kiri ke kanan. Jadi, susun konten Anda dengan cara yang membuat membaca dari kiri ke kanan lebih mudah.

    Anda dapat mengatur konten Anda dalam pola F atau Z. Terlebih lagi, hal ini membantu Anda melihat bagaimana pembaca kehilangan minat semakin jauh ketika mereka membaca konten.

    Itulah sebabnya Anda harus memiliki informasi yang paling penting terlebih dahulu sehingga pembaca Anda dapat melihatnya sebelum tingkat minat mereka mulai berkurang. Anda juga dapat melihat bahwa ketika Anda menggunakan foto ke dalam konten Anda, perhatian pembaca dihidupkan kembali tepat di bawah gambar, yang memberi Anda kesempatan lain untuk memiliki konten yang akan membuat pembaca tetap terlibat.

Buatlah Tombol CTA Anda Lebih Menonjol

Elemen terakhir dari website yang harus Anda kerjakan untuk memastikan Anda menghasilkan lebih banyak konversi adalah tombol CTA. CTA Anda adalah alasan Anda ingin pengunjung datang ke dalam website Anda.
 
Jadi, Anda harus membuatnya jelas dan lugas agar pengunjung tahu persis apa yang mereka dapatkan. Selain itu, keberadaannya harus jelas, sehingga pelanggan potensial Anda tidak melewatkannya.
 
  • Buatlah Tampilannya Sederhana

    Anda dapat memiliki web yang estetik dan dirancang untuk menarik calon pelanggan, tetapi jika Anda tidak dapat dengan jelas memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan setelah mengunjungi website Anda, Anda berisiko kehilangan potensi penjualan.

    Pengunjung Anda tidak punya waktu untuk mencari tahu di mana Anda menempatkan tombol "Beli Sekarang" dalam website Anda. Jadi, jika mereka tidak dapat menemukan CTA ini dalam website secara cepat, mereka hanya akan menemukan website lain yang menawarkan layanan atau produk yang sama dengan Anda, dan Anda akan kehilangan penjualan.

    Jadi, Anda harus membuat tombol CTA bertindak sejelas mungkin, sehingga pengunjung Anda memahami apa yang Anda ingin mereka lakukan setelah mereka mengunjungi website Anda.

    Terlebih lagi, gunakan bahasa sederhana untuk tombol CTA Anda. Jadi Anda tidak meninggalkan ruang untuk ambiguitas.

  • Gunakan Penanda Langsung Untuk Tombol CTA Anda

    Seperti yang kami katakan sebelumnya, seluruh tujuan penggunaan website Anda adalah mengarahkan pengunjung ke tombol CTA Anda. Oleh karena itu, selaraskan semua elemen yang Anda gunakan untuk membuat website Anda dengan tujuan ini.

    Jadi, buat dan atur konten Anda untuk mengarahkan pengunjung ke CTA Anda.
 
 
Berikut adalah beberapa informasi dan hal yang perlu Anda pahami tentang struktur website yang dapat menghasilkan konversi dan keterkaitannya dalam merancang website development dari bisnis Anda. Jika Anda masih bingung untuk memulai, kami dapat membantu.
 
Eannovate hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk Custom Web Design / Website Development di Jakarta dengan FREE Domain dan Hosting, serta Maintenance selama 1 tahun. Kami akan menjamin website Anda akan dibangun sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan penanganan jika terjadi masalah pada website Anda sewaktu-waktu.
 
Selain itu, untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Alterspace solusinya.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon