Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Lebih Dalam Tentang Schema & Penggunaannya Dalam Meningkatkan SEO Bisnis Anda

29 May 2024 by Billy Gani
Jika Anda memiliki bisnis, tentunya Anda memiliki dasar pengetahuan tentang SEO dan bagaimana hal tersebut dapat membantu meningkatkan pemasaran secara online. SEO merupakan hal yang menantang untuk senantiasa diikuti. Dengan banyaknya faktor yang dapat dipertimbangkan di dalamnya, hal ini dapat menambah tantangan akan perubahan yang perlu dilakukan dalam meningkatkan dampak positif untuk bisnis Anda.
 
Ketika pengoptimalan konten seperti pengembangan dan penambahan fokus untuk topik tertentu biasanya menawarkan hasil yang optimal. Tetapi, Anda juga dapat menambah dampak positif untuk website Anda dengan membantu Google memahami tentang apa website Anda, lalu memeringkatkannya secara baik. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan markup skema.
 
Mari kita bahas lebih dalam pada artikel berikut ini.
 
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Schema Markup?
 
Jadi, apa yang sebenarnya dimaksud dengan schema, dan mengapa Anda perlu memperhatikan hal ini? Markup schema merupakan data mikro dalam sebuah website yang dapat menambahkan kode untuk membantu Google agar memahami website Anda secara lebih baik. 
 
Apapun layanan atau produk yang Anda tawarkan, markup schema senantiasa ada untuk membantu Google memahami website bisnis Anda. Mulai dari blog resep hingga toko online berbasis e-commerce, Anda dapat meningkatkan visibilitasnya dengan schema.
 
 
Mengapa Anda Perlu Menambahkan Schema Markup Untuk Website Anda?
 
Ketika Google melakukan crawl untuk website Anda, mereka akan membaca kode dalam website Anda. Hal ini membuat mereka tidak dapat memahami secara mendalam tentang konteks dan gambar, jadi tidaklah secara harafiah memahami apa yang bisnis Anda tawarkan. Contohnya, akan lebih sulit bagi Google untuk mengetahui nomor 123 merupakan bagian dari nomor telepon, alamat, harga produk, dan sebagainya untuk bisnis Anda.
 
Dengan memberikan Google konteks yang dibutuhkan dalam memahami website Anda, mesin pencarian akan lebih mudah untuk memberikan hasil pencarian yang juga lebih akurat bagi pengguna. Memang, schema tidak terbukti secara konklusif akan meningkatkan peringkat dari website Anda, hal ini membuat bisnis Anda tetap dapat menempatkan diri pada lini bisnis terdepan dan memberikan Google informasi penting yang memang mereka perlukan.
 
 
Bagaimana Anda Dapat Mengimplementasikan Schema Dalam Website
 
Ketika berbicara tentang mengimplementasikan markup schema, ada beberapa tips yang dapat membuat hal ini menjadi lebih mudah. Ada banyak tools online yang dapat memberikan kode schema untuk Anda. Berikut beberapa alat yang dapat Anda pertimbangkan untuk digunakan dalam schema bisnis Anda. Alat ini dapat memberikan kode untuk diimplementasikan dalam website Anda secara langsung seperti breadcrumb, event, FAQ, dan sebagainya.
 
Jenis schema yang paling umum ditemukan adalah Local Business / Schema Organisasional. Alat ini dapat memberikan Anda mendapatkan kode untuk schema yang sesuai. Kami menyarankan untuk menambahkan schema yang diinginkan pada bagian footer dari website . Selalu periksa Alat Pengujian Data Terstruktur setelah Anda menambahkan schema untuk memastikan tidak ada kesalahan.
 
 
Beberapa Pertimbangan Schema Yang Sering Digunakan
 
Ada beberapa jenis schema markup yang dapat Anda tambahkan dengan berbagai manfaat yang diberikannya. Berikut beberapa yang paling sering digunakan dan dapat Anda pertimbangkan untuk dimasukkan ke dalam upaya SEO dari website Anda.
 
 
Skema Bisnis Lokal - Schema Local Business / Organisasional
 
Skema Bisnis Lokal adalah salah satu jenis skema dari bisnis lokal atau organisasional. Jenis schema ini menjadi salah satu skema paling umum yang diterapkan dalam SEO untuk berbagai website. Anda sebaiknya memulai dengan memutuskan kategori bisnis Anda. 
 
Tujuan utama dibalik skema bisnis (atau organisasi) lokal adalah untuk membantu pengguna (dan Google) menemukan informasi berguna seperti lokasi, jam buka, menu, informasi kontak, dan sebagainya. Hal ini memberi Google konteks yang diperlukan untuk mengisi hasil jika diperlukan untuk menyempurnakan pencarian pengguna.
 
 
 
 
Setelah Anda menambahkan skema ke dalam website Anda, sebaiknya Anda meninjaunya di Alat Pengujian Data Terstruktur Google. Hal ini memungkinkan Anda melihat apakah skema dapat terdeteksi atau ada masalah.
 
Anda juga dapat menggunakan alat ini untuk memeriksa jenis markup yang digunakan kompetitor untuk menghasilkan beberapa ide untuk bagi website Anda sendiri.
 
 
Skema Ulasan Dengan Bintang - Review Star Schema
 
Google menerapkan beberapa aturan yang cukup ketat saat menambahkan skema ulasan ke dalam website Anda.  Contohnya, bintang ulasan merupakan hal yang umum untuk markup bisnis dan organisasi lokal. Hal ini dianggap “mementingkan kepentingan diri sendiri” dan tidak diperbolehkan. Satu-satunya cara agar markup ini ditampilkan dalam SERP adalah dengan memiliki skema produk.
 
Masih banyak bisnis yang berusaha mempertahankan peringkat bintangnya dengan mengubah skema produknya. Masalahnya adalah bisnis tersebut terkadang tidak memiliki SKU atau harga yang tepat yang diperlukan oleh markup ini, sehingga menimbulkan beberapa peringatan yang ditandai oleh Google.
 
 
 
 
Skema ulasan menarik dan menciptakan kepercayaan terhadap brand tepat pada SERP, itulah sebabnya banyak bisnis yang berusaha mempertahankannya. Anda perlu berkomitmen untuk menjaga segala sesuatunya tetap natural dan berupaya menyelaraskannya dengan nilai-nilai Google. Karena alasan ini, kami tidak menyarankan  untuk mengubah skema Anda dalam mempertahankan bintangnya.
 
Jika Anda ingat di awal artikel ini, kami menyatakan bahwa skema seharusnya membantu Google memahami website Anda. Menipunya akan menggagalkan tujuan dan pada akhirnya dapat menyebabkan penalti dari Google. Kami yakin bahwa menyimpan ulasan Anda di bawah markup skema yang sesuai tetap memberikan informasi berguna bagi Google, meskipun ulasan tersebut tidak muncul di SERP.
 
 
Skema Pertanyaan Yang Paling Sering Diajukan (FAQ) - FAQ Schema
 
Untuk menambahkan skema FAQ ke halaman website Anda, pertama-tama Anda harus menambahkan pertanyaan umum ke halaman agar skema dapat ditarik. Ada banyak manfaat skema dengan jenis FAQ. Dengan semakin besarnya penelusuran berbasis suara, skema FAQ juga memungkinkan Anda mengoptimalkan website Anda untuk penelusuran berbasis pertanyaan.
 
 
 
 
Hal ini juga merupakan cara terbaik untuk mendapatkan konten berkualitas dan mudah dibaca dalam website yang akan bermanfaat bagi pengguna Anda. Saat mencari FAQ, lihat bagian “orang juga bertanya” di Google untuk kata kunci yang Anda inginkan. Sering kali Anda akan menemukan pertanyaan penting lain yang diajukan yang dapat Anda masukkan ke dalam FAQ Anda.
 
Anda juga harus mempertimbangkan pengguna dan apa yang sering mereka tanyakan. Hal ini akan memungkinkan Anda memastikan website Anda menawarkan nilai kepada pengguna dan membuat mereka tetap terlibat dan membaca keseluruhan konten dalam website Anda.
 
 
 
 
 
Berikut beberapa informasi yang dapat kami bagikan tentang schema dan penggunaannya dalam meningkatkan SEO dari produk digital bisnis yang dapat Anda pertimbangkan. Jika masih membutuhkan bantuan untuk mengembangkan penggunaan SEO untuk website bagi bisnis Anda dengan berbagai tips dan informasi diatas, kami dapat membantu.
 
Eannovate memberikan layanan terbaik untuk SEO agency & services di Jakarta dengan FREE SEO Audit. Kami juga menyediakan layanan digital advertising untuk bisnis anda sehingga website anda dapat muncul pada pencarian page 1 di Google.
 
Selain itu, jika Anda masih baru mulai ingin menggunakan website yang lengkap dengan SEO berkualitas, layanan website development dari EANNOVATE juga dapat membantu Anda. 
 
Dan jika Anda mencari tempat yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon