Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Beberapa Langkah Dalam  Mengembangkan Website Berbasis Penjualan

07 Nov 2023 by Billy Gani
Mengembangkan website Anda sendiri senantiasa menjadi lebih mudah setiap tahunnya, namun membangun website berbasis e-commerce untuk bisnis online Anda membutuhkan lebih banyak perencanaan dan usaha di dalamnya. 
 
Website yang berfokus pada penjualan seperti e-commerce harus menyertakan fitur seperti nama domain khusus, antarmuka pengguna (UI) yang intuitif, desain website yang menarik, keranjang belanja dan alur pembayaran tanpa hambatan, serta pengoptimalan mesin pencarian.
 
Sebagai pemilik bisnis, Anda memiliki banyak pilihan dalam vendor penyedia layanan pengembangan website untuk dipilih. Apa pun platform e-commerce yang Anda pilih untuk website, Anda akan mengikuti langkah serupa untuk mengaktifkan dan menjalankan toko online Anda. Mari kita pahami lebih dalam pada artikel berikut ini.
 
Memulai untuk membuka website berbasis penjualan seperti e-commerce yang sukses memiliki banyak kesamaan dengan mendirikan toko fisik: Anda mengidentifikasi target audiens dan melakukan upaya untuk terhubung dengan mereka, mengundang mereka berbelanja, lalu menyelesaikan transaksi dengan pengalaman berbelanja yang lancar dan positif. 
 
Tentukan Tujuan & Target Audiens dari Website Anda
 
Kesuksesan dari bisnis berbasis penjualan Anda bergantung pada kemampuan Anda untuk berkoneksi dengan berbagai tipe pengguna yang akan membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan. Sebelum Anda memulai untuk mengembangkan website berbasis penjualan, siapkan waktu untuk melakukan beberapa hal, seperti :  
 
  • Tentukan Target Audiens Anda - Target audiens Anda terdiri dari orang-orang yang kemungkinan besar akan membeli produk fisik, software, atau layanan yang Anda tawarkan. Teliti perilaku umum, titik kesulitan, tujuan, ciri kepribadian, dan informasi demografis di antara target audiens Anda, dan ciptakan persona pembeli untuk memandu sisa keputusan Anda.

  • Analisa Kompetitor -  Cari tahu siapa kompetitor yang juga menawarkan produk atau layanan serupa dengan bisnis Anda. Jalankan analisis kompetitif dari keseluruhan pasar, lalu gunakan hasilnya untuk mengklasifikasikan kompetitor dalam niche yang sama dengan bisnis Anda.

  • Analisa Bisnis Anda -  Pertimbangkan apa yang unik dari bisnis Anda untuk menawarkan produk atau layanan untuk target audiens. Anda dapat meneliti ide bisnis berbasis penjualan seperti e-commerce Anda dengan menjalankan analisis SWOT ( yang berfokus pada kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman) dan menentukan proposisi penjualan yang unik.

Pilih Nama Domain & Vendor Hosting Website Yang Berkualitas



 
 
Wajar bagi Anda para pemilik bisnis yang berskala kecil untuk menggunakan website berbasis penjualan seperti e-commerce dalam menjual barang atau jasa dengan template website profesional dari vendor besar seperti Shopify. 
 
Tetapi, Anda juga memiliki kemungkinan untuk memilih platform dengan template Anda sendiri, yang memungkinkan Anda membuat daftar dan menjual produk di halaman tertentu pada website Anda sesuai keinginan sendiri. Berikut beberapa langkah penting yang dapat diperhatikan untuk meluncurkan website penjualan dari bisnis Anda:
 
  • Pilih Nama Domain Khusus Bagi Bisnis Anda - Nama domain website Anda merupakan alamat digital untuk kehadiran online dari Anda. Nama domain terbaik cenderung pendek, mudah dikenali, dan mudah diingat. Setelah Anda memilih nama domain yang tersedia, beli dan daftarkan domain tersebut.
  • Pilih Vendor Pengembangan Website Yang Berkualitas - Teliti vendor penyedia jasa layanan pengembangan website berbasis penjualan yang profesional untuk kebutuhan bisnis Anda. Anda dapat menggunakan bantuan vendor besar seperti Shopify, Squarespace, WordPress, atau yang lainnya - tentunya dengan platform software e-commerce di dalamnya. 
  • Beli Kemampuan Untuk Hosting Website Anda Sendiri  - Web hosting adalah pengoperasian hardware dan software yang terhubung ke internet dan menyediakan layanan untuk keperluan website kepada pengguna akhir. Website senantiasa berada dalam server komputer, dan untuk menghostingnya, Anda perlu menyewa ruang server melalui langganan bulanan atau tahunan kepada vendor penyedianya.

Rancang Desain & Kembangkan Website Bisnis Anda
 
Vendor penyedia website seperti Shopify, Wix, Weebly, dan Squarespace menawarkan sistem manajemen konten atau biasa dikenal dengan CMS yang membuat Anda dapat merancang desain tampilan website Anda. Berikut beberapa komponen yang perlu Anda perhatikan ketika merancang desain website :
 
  • Rancang Desain Untuk Target Audiens Anda - Desain website yang baik untuk bisnis senantiasa  melibatkan pemilihan bahasa visual yang jelas dan konsisten (termasuk skema warna, ikon, font, dan grafik) dengan mempertimbangkan preferensi dari target audiens Anda.

  • Kembangkan Tampilan Antarmuka Pengguna Yang Rapi & Intuitif -  Tampilan Antarmuka pengguna (UI) merupakan tata letak, desain, dan interaktivitas produk digital (dalam hal ini, platform e-commerce). Pelanggan Anda berinteraksi dengan UI dari website Anda melalui komputer, tablet, dan smartphone mereka.

  • Buat konten Berkualitas Dalam Website Anda - Konten dalam sebuah website penjualan seperti e-commerce mencakup deskripsi produk, gambar, dan mungkin konten blog serta audio visual untuk membantu mengedukasi pengguna tentang produk atau layanan Anda. Anda juga dapat memberikan pengguna pilihan untuk mengulas produk Anda. Ulasan dalam website penjualan seperti e-commerce menawarkan bukti sosial kepada calon pembeli lainnya.

Optimalkan Website Anda Untuk SEO & Mesin Pencarian
 
SEO merupakan singkatan dari pengoptimalan mesin pencarian (search engine optimization). Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dengan toko online yang dibangun untuk visibilitas mesin pencarian. Saat memikirkan cara membuat bisnis dan website Anda dikenal oleh banyak orang, berikut beberapa strategi untuk meningkatkan peringkat SEO Anda:

  • Mempelajari Dasar Penggunaan SEO Untuk Website - SEO Website adalah jenis pemasaran digital yang bertujuan untuk membuat website Anda tampil lebih tinggi pada halaman hasil mesin pencari (SERP). Meningkatkan penulisan konten berbasis SEO untuk bisnis Anda, meningkatkan SEO pada halaman Anda, dan menambahkan tautan balik ke halaman lain ke dalam website Anda adalah cara-cara yang dapat membantu agar website muncul di bagian atas pada lebih banyak SERP. Menggunakan daftar pemeriksaan berbasis SEO dapat membuat Anda tetap unggul dalam permainan SEO Anda.

  • Lakukan Riset Kata Kunci - Kata kunci merupakan satu kata atau frasa yang diketikkan pengguna ketika mengakses internet dalam mesin pencari. Dengan menggunakan alat penelitian kata kunci, Anda dapat mengetahui frasa apa yang dicari pengguna yang relevan dengan bisnis Anda - lalu membuat konten berbasis SEO yang dirancang untuk muncul di hasil pencarian pengguna tersebut.

  • Sambungkan Google Analytics Dengan Website Anda -  Google Analytics merupakan alat gratis yang membantu Anda memantau traffic website dan perilaku pengguna didalamnya. Hal ini dapat membantu Anda memetakan indikator kinerja utama (KPI) seperti waktu yang dihabiskan di halaman tertentu, perangkat yang digunakan audiens untuk menelusuri website Anda, dan sumber tautan masuk Anda (seperti mesin pencari, media sosial, atau tautan balik dari website lain ).




Berikut adalah beberapa informasi dan langkah yang dapat digunakan dalam mengembangkan website untuk menjual produk seperti e-commerce yang sekiranya dapat Anda pertimbangkan ketika akan menggunakannya untuk bisnis Anda.
 
Eannovate hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk Custom Web Design / Website Development di Jakarta dengan FREE Domain dan Hosting, serta Maintenance selama 1 tahun. Kami akan menjamin website Anda akan dibangun sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan penanganan jika terjadi masalah pada website Anda sewaktu-waktu.
 
Selain itu, untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Alterspace solusinya.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon