Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Beberapa Cara Mengintegrasikan Motion Dalam Web Design

26 Apr 2022 by Billy Gani
Film animasi pertama ditayangkan pada tahun 1906 dan semenjak saat itu, storytelling mendapatkan revolusi langkah dari waktu ke waktu. Setiap tahunnya, teknologi di belakang gerakan atau animasi tertentu dalam penyampaian pesan senantiasa berkembang menjadi lebih baik, hingga tahun 2022 ini. 
 
Anda tentunya juga sudah meninggalkan tren - tren lama dan ingin menggunakan tren terbaru untuk pengembangan website Anda, dimana pengembangan dunia 2D dan 3D saat ini senantiasa populer untuk digunakan dalam bidang grafis pergerakan (motion graphics).
 
Para pebisnis dan pengembang website saat ini memang masih menggunakan Flash untuk HTML, CSS & JS untuk website, tetapi sudah mulai mempertimbangkan penggunaan alat lainnya. Mengunduh Flash dalam website saat ini pun sudah mulai ditinggalkan karena tidak mensupport perangkat iOS seperti iPhone, iPad, dan lainnya. Transisinya sendiri tidak mulus dan mengurangi traffic ke dalam website.
 
Alasan lainnya dari penggantian Flash adalah karena sistem pengindeksan Google yang telah menghilangkannya. Hasil pencarian yang menampilkan Flash terpengaruh secara negatif. Dan alasan terakhir adalah biaya yang perlu dikeluarkan -  Flash adalah perangkat lunak dengan lisensi perusahaan dan desainer harus membayar untuk pembaruannya setiap saat.
 
Kombinasi motion graphics atau grafis bergerak  2D dan 3D juga menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir karena semakin majunya teknologi. Jenis grafik ini ternyata lebih menarik untuk rentang perhatian pengguna yang pendek, tetapi juga menambahkan minat visual pada layar dari website Anda.
 

Kemudahan Akses

 
Animasi saat ini sudah menjadi lebih singkat dan jelas bagi para desainer website dalam pengimplementasiannya. Mulai dari GIF hingga video panjang, sudah banyak software open-source yang inovatif untuk digunakan dalam menghasilkan animasi yang berkualitas. Karena hal inilah, Anda dapat memproduksi berbagai desain secara lebih berkualitas dan juga senantiasa up to date. Animasi senantiasa trendi, menarik dan modern. Untuk senantiasa berkompetisi dengan kompetitor Anda pada pasar yang ditargetkan, Anda setidaknya memerlukan penggunaan animasi, sekecil apapun dalam website Anda.
 
Berikut beberapa cara yang sekiranya inovatif & imersif dalam mengimplementasikan animasi yang dapat menarik perhatian ke dalam website Anda, yang hanya membutuhkan HTML & CSS :
 

Perubahan / Pergerakan Logo

 
Cara pertama yang cukup mudah digunakan dalam mengimplementasikan animasi dalam website Anda adalah dengan mengubah tampilan dari logo Anda. Pergerakan dan perbedaan dari logo dapat menarik perhatian pengguna secara langsung. Contohnya, Google mengubah tampilan logonya hampir setiap hari, dan dapat Anda lihat secara langsung ketika mengakses mesin pencariannya. Logo yang senantiasa bergerak atau berubah saat ini cukup menjadi tren desain yang dapat menjadi salah satu ide yang dapat Anda pertimbangkan.
 
 
Lottie merupakan salah satu software yang dirancang oleh Airbnb dan dapat menjadi salah satu pertimbangan yang dapat membantu Anda mengubah logo yang sudah Anda miliki dalam layar. Memutar, mengubah, memperbesar, atau memberi efek animasi dapat dengan mudah Anda kelola untuk membuat website Anda terasa lebih menarik bagi pengguna.
 

Typography Yang Bergerak (Kinetic Typography)

 
Typography yang bergerak juga didefinisikan sebagai "teks bergerak." Desain dan gerakan teks diciptakan untuk membangkitkan perasaan atau emosi tertentu dari pengguna. Animasi ini umum ditemui hari di iklan, papan reklame digital, atau halaman arahan dari website. 
 
Hal yang mungkin sedikit tricky jika menggunakan jenis animasi ini adalah menemukan cara untuk mengintegrasikannya ke dalam desain keseluruhan secara efektif.
 
 
Font, ukuran, gerakan, dan warna adalah semua aspek yang harus dipertimbangkan. Misalnya, jika bisnis Anda memiliki website yang bekerja dalam bidang resor liburan di dekat pantai, desain yang Anda rancang dapat mencakup gerakan dalam lengkungan seperti gelombang, untuk memunculkan emosi yang terkait dengan lautan. Kreativitas dapat sangat berguna dalam proses desain untuk jenis animasi ini.
 

Penanda Peta Dengan Animasi (Animated Map Marker)

 
Sebagian besar perusahaan biasanya menampilkan tautan peta dari bisnis dalam website mereka. Menggunakan penanda pada peta adalah cara lain yang efektif untuk menghidupkan halaman. Penanda peta dapat dibuat menggunakan peta bawaan dari Google dan JavaScript sederhana.
 

Animasi Dokumenter (Animated Documentaries)

 
Meskipun lebih memakan waktu dan menantang untuk dibuat, dokumenter berbasis adalah cara yang menarik dan kreatif untuk menghidupkan desain dari website Anda. Format ini dapat dikembangkan untuk menghidupkan isu-isu sosial dan politik.
 
Daya tarik format ini mencakup minat dari banyak orang karena dapat menyampaikan masalah secara efektif.
 
 
 
Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan dalam mengimplementasikan motion / gerakan dalam website development dari bisnis Anda. Jika Anda masih bingung untuk memulai, kami dapat membantu.
 
Eannovate hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk Custom Web Design / Website Development di Jakarta dengan FREE Domain dan Hosting, serta Maintenance selama 1 tahun. Kami akan menjamin website Anda akan dibangun sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan penanganan jika terjadi masalah pada website Anda sewaktu-waktu.

Selain itu, untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Alterspace solusinya.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon