Image

QUICK CONTACT













Image

Kenali Lebih Dalam Tentang Landing Page Dalam Website Anda

08 Aug 2022 by Billy Gani
Apakah Anda membutuhkan halaman arahan atau website? Tidak yakin akan perbedaan dari keduanya? Baik halaman arahan dan website, keduanya menyajikan tujuan yang berbeda. Sebuah website merupakan kesan pertama dari bisnis atau perusahaan secara online. Di sisi lain, halaman arahan atau landing page lebih seperti saat Anda berjabat tangan dengan orang baru, menjadi bagian kecil dari kesan pertama yang sebelumnya dijelaskan. Dan dalam beberapa situasi, satu dari yang lain memang lebih terasa efektif dibanding dengan yang lainnya.
 
Dalam artikel ini, kami menjabarkan beberapa informasi tentang halaman arahan dan website. Lalu beberapa perbedaan situasi dimana Anda harus memilih mana yang akan Anda gunakan untuk bisnis Anda.

Apa Yang Dimaksud Dengan Website?

Website merupakan satu set halaman dengan informasi akan bisnis Anda. Website biasanya menjelaskan tentang apa bisnis Anda, apa yang Anda tawarkan, dan produk serta layanan apa yang memang Anda jual kepada konsumen. 
 
Website juga biasanya memiliki halaman khusus seperti blog, forum diskusi, layanan atau produk yang ditawarkan, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat mengakses halaman - halaman tersebut dengan navigasi menu yang bertaut antara satu sama lain.
 
Fungsi utama dari website adalah untuk mendeskripsikan bisnis Anda kepada pengguna yang tertarik, dan dalam banyak kasus, menawarkan produk dan layanan yang memang Anda miliki.

Apa Yang Dimaksud Dengan Halaman Arahan (Landing Page)?

Di sisi lain, halaman arahan merupakan satu halaman yang berdiri sendiri dan dirancang untuk menarik pengguna dalam mengambil penawaran tertentu. Hal ini bisa berupa ebook, kupon diskon atau upaya penawaran sederhana yang Anda tawarkan kepada mereka.
 
Dibandingkan menjelaskan keseluruhan bisnis Anda, halaman arahan memiliki elemen halaman spesifik yang menggarisbawahi penawaran sederhana. Biasanya halaman ini dirancang desainnya dengan copy yang menarik, gambar yang memukau, tidak adanya tab navigasi, memiliki tombol CTA, dan elemen sejenis lainnya.
 
Sebagai hasilnya, hal tersebut mengarahkan perhatian pengguna kepada penawaran Anda, membawa mereka untuk berlangganan atau membuat mereka menjadi pelanggan.
 
Apa Saja Perbedaan Dari Website & Halaman Arahan?
 
Seperti yang dapat Anda ketahui, halaman arahan dan website merupakan 2 hal yang berbeda, dengan tujuan yang juga berbeda. Tetapi apa perbedaan utamanya ? Berikut tabel sederhana yang dapat Anda pahami tentang hal tersebut :
 
 
Audiens dari website merupakan pengguna yang tertarik secara umum akan jenis bisnis dan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Misalnya, pengguna yang tertarik dengan mode akan mengunjungi website Anda untuk mempelajari topik tertentu atau mencari produk tertentu melalui toko online Anda.
 
Di sisi lain, halaman arahan Anda dapat meraih target yang lebih spesifik. Hal ini dikarenakan pengguna tersebut sudah memilih apa yang mereka butuhkan dan mencari solusi secara spesifik. Contohnya, jika pengguna mencari developer website di Jakarta, pengguna tersebut mungkin akan sampai pada halaman arahan Anda yang muncul dari kueri pencarian mereka pada SERP. 
 
Hal ini dikarenakan mereka sudah mengetahui apa yang mereka inginkan, dan akan lebih mudah untuk berkonversi menjadi pelanggan ketika sudah mengunjungi halaman arahan Anda.
 
Sekarang, ketika Anda sudah mengetahui perbedaan utama dari keduanya, mari kita lihat kapan saat yang tepat untuk menggunakannya.

Saat Yang Tepat Untuk Menggunakan Website

Dengan beberapa informasi diatas, website Anda menjadi cara terbaik untuk memberitahu audiens tentang brand atau bisnis Anda. Dan juga, Anda dapat menggunakan website untuk meningkatkan peringkat dalam mesin pencarian, meningkatkan kesadaran merek, dan masih banyak lagi.
 
Mari kita lihat beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan website :

Menceritakan Kisah Dari Brand Anda Secara Lengkap

Website Anda merupakan tempat paling ideal untuk menceritakan kisah dari perjalanan bisnis atau brand Anda serta menjelaskan alasan Anda menawarkan produk atau layanan yang Anda miliki. Hal tersebut juga menjadi tempat dimana setiap pertanyaan pengguna tentang bisnis Anda dapat terjawab.
 
Website memiliki lebih banyak ruang untuk melakukan hal - hal ini jika dibandingkan dengan halaman arahan. Dengan halaman arahan, informasi akan dipaksa untuk padat dalam satu halaman, dan kebanyakan pengguna tidak akan membaca keseluruhannya dengan bergulir pada halaman yang panjang. 

Mendeskripsikan Produk Secara Lebih Rinci

Ketika pengguna mengetik kueri pencarian dengan kata yang umum seperti “desain interior” atau “dokter gigi,” kemungkinan bahwa mereka ingin mencari informasi sebelum memutuskan tindakan seperti pembelian. Hal tersebut bisa saja dikarenakan mereka belum mengetahui secara pasti apa yang mereka inginkan atau ingin melihat opsi apa saja yang dapat mereka temukan.
 
Karena inilah, website menjadi tempat yang ideal untuk menunjukkan penawaran dan mendukung pengguna untuk mendapatkan informasi yang memang mereka butuhkan. Ingatlah bahwa tujuan Anda adalah untuk memberikan informasi , bukan untuk menjual - tujuan tersebut ada pada halaman arahan. Karena itulah Anda harus memastikan bahwa konten Anda senantiasa membantu.

Meningkatkan Peringkat Dari Hasil Pencarian

Search engine optimization (SEO) merupakan bagian penting dari setiap website bisnis. Hal tersebut membantu Anda untuk ditemukan dengan mudah oleh pengguna dengan mengoptimalkan halaman website serta unggahan blog dengan kata yang memang digunakan pengguna untuk mencari.
 
Hal ini menjadi manfaat yang penting dari website jika dibandingkan dengan halaman arahan karena halaman arahan terbatas dengan kolom pencarian kecil.
 
Saat Yang Tepat Untuk Menggunakan Halaman Arahan
 
Membuat Iklan
 
Ketika Anda menjalankan upaya pemasaran untuk bisnis dengan menggunakan iklan digital, tentu halaman arahan menjadi pilihan yang tepat untuk ditautkan. Ketika pengguna menekan iklan Anda, mereka akan secara langsung diarahkan pada halaman tersebut yang memang didedikasikan untuk menyajikan setiap informasi yang mereka perlukan untuk mendorong pembelian.
 
Anda juga harus membuat halaman arahan Anda sejenis dari sisi desain dan branding untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih konsisten.
 
Menarik Leads Ke Dalam Website
 
Leads merupakan jenis konten menarik yang ditawarkan kepada pengunjung website. Pengunjung dapat mengisi formulir dengan nama dan email mereka untuk mendapatkan konten gratis dari Anda. Leads merupakan cara yang tepat untuk mengubah pengguna menjadi calon pelanggan bisnis potensial. Karena itulah, halaman arahan Anda biasa disebut sebagai halaman penangkap leads dari pengguna.
 
Halaman arahan dengan konversi tinggi untuk leads berfokus pada judul, copy, formulir, dan tombol CTA. Halaman arahan lebih memiliki target jika dibandingkan dengan website, dan Anda dapat membuat halaman arahan yang berbeda untuk penawaran yang berbeda. Dengan hal ini, Anda tidak perlu memperbarui seluruh website Anda untuk setiap penawaran.
 
Menjadi Tempat Ide Baru Untuk Berkembang
 
Karena halaman arahan yang hanya memiliki satu fokus utama, akan lebih mudah untuk menguji ide baru jika dibandingkan dengan website. Hal ini membuat Anda lebih mudah untuk menguji berbagai ide baru dan melihat kira - kira konversi mana yang lebih tinggi.
 
Anda senantiasa tetap perlu memeriksa halaman baik arahan maupun website untuk memastikan hal tersebut senantiasa menarik dan user-friendly bagi pengguna.
 
Menjadi Tempat Pemberitahuan Yang User-Friendly
 
Halaman arahan tidak hanya terbatas pada penjualan. Terkadang Anda memerlukan halaman yang mudah digunakan untuk memberi tahu orang-orang tentang sesuatu yang penting, seperti ketika website Anda sedang dijembangkan, atau Anda sedang tidak aktif untuk pemeliharaan.
 
Apa yang mungkin tidak Anda ketahui adalah Anda dapat menggunakan situasi seperti ini untuk mengumpulkan prospek dan melibatkan audiens Anda.
 
 
Berikut adalah beberapa informasi dan hal yang perlu Anda perhatikan tentang halaman arahan (landing page) dalam website development dari bisnis Anda. Jika Anda masih bingung untuk memulai, kami dapat membantu.
 
Eannovate hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk Custom Web Design / Website Development di Jakarta dengan FREE Domain dan Hosting, serta Maintenance selama 1 tahun. Kami akan menjamin website Anda akan dibangun sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan penanganan jika terjadi masalah pada website Anda sewaktu-waktu.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower,
16th Floor Unit 1601,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Tanah Abang. Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon