Image

QUICK CONTACT













Image

Kenali Berbagai Cara Dalam Menggunakan Konten Gambar Untuk Produk Digital Anda

13 Oct 2022 by Billy Gani
Foto atau gambar merupakan tampilan visual yang tentunya senantiasa Anda temukan dalam website atau produk digital apapun saat ini. Penggunaannya menangkap perhatian pengguna, mengatur mood, menunjukkan bagaimana produk digital tersebut bekerja, dan melingkupi berbagai objektif dalam beberapa kasus dimana gambar dapat bekerja dengan lebih efisien jika dibandingkan dengan kata yang tertulis.
 
Artikel berikut ini membahas tentang berbagai cara untuk Anda agar dapat menggunakan konten berbasis gambar dalam pengembangan produk digital dari sisi tampilan visualnya. Selain itu, kami juga memberikan beberapa inspirasi desain yang dapat Anda pertimbangkan untuk website atau mobile apps dari bisnis Anda. 

Untuk Mendemonstrasikan Produk atau Layanan 

Tentunya, gambar merupakan alat yang sangat umum digunakan bagi presentasi visual dalam website, khususnya yang berbasis e-commerce dimana salah satu prinsipnya adalah “Anda mendapatkan apa yang Anda lihat.” Dan selama Anda menjual produk atau memberikan layanan dengan bentuk fisik, konsumen tentunya akan memiliki ekspektasi akan hal tersebut, sama seperti apa yang mereka lihat. Hal ini menjadi contoh nyata dari kalimat “sebuah gambar bernilai ribuan kata.”
 
Ketika berbelanja secara online, kualitas dan gaya dari gambar yang Anda gunakan senantiasa penting karena menjadi penarik perhatian utama bagi mata pengguna. Hal ini juga menjadi salah satu elemen kunci dalam proses pembuatan keputusan pengguna, ketika mereka tidak dapat melihat dan memegang produk yang Anda jual secara langsung.
 
Dan aspek vital lainnya dari menggunakan gambar adalah pengalaman dan presentasi brand yang berkualitas, serta orisinalitas dan konsistensi. Untuk menonjol di mata konsumen, para penjual dari toko online harus menggunakan gambar atau foto yang berkualitas, unik, mudah diingat, dan secara langsung mentransfer citra bisnis atau perusahaan di dalamnya.
 
 
Apa pun pendekatannya, aspek terpenting adalah tetap konsisten di dalamnya agar dapat dikenali sehingga pengunjung website  dapat merasakannya seperti sebuah pola dan tidak menangani terlalu banyak beban kognitif.
 
Selain itu, pendekatan yang konsisten terhadap presentasi foto antar platform dari konten dengan gambar brand di berbagai saluran pemasaran seperti jejaring sosial, spanduk iklan, buletin, dan sebagainya dapat menetapkan hubungan visual yang kuat dan membantu pembeli mengenali brand Anda kapanpun mereka melihatnya.

Mengatur Nuansa Dari Desain Anda

Salah satu poin penting yang perlu diperhatikan dari penggunaan gambar adalah kemampuannya untuk secara langsung mentransfer pengguna ke dalam nuansa tertentu. Gambar atau foto yang dipilih dengan kualitas baik akan menciptakan mood yang juga sesuai, dan hal ini menghubungkan pengguna secara lebih dalam. 
 
Tidak hanya ketika mereka melihat konten yang Anda sajikan, tetapi juga membuat mereka merasa terhubung dengannya melalui pengalaman dan imajinasi mereka.
 
 
Karena hal tersebut, biasanya, foto atau gambar yang memiliki tema tertentu senantiasa digunakan dalam bagian atas dalam homepage seperti untuk hero images atau pada halaman arahan (landing pages). Dengan cara ini, tim desain Anda dapat memberikan faktor emosi yang tepat dan nuansa yang menarik dari awal interaksi pengguna.
 
Salah satu desain UI website yang juga populer dan menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir adalah penggunaan foto atau gambar sebagai latar belakang dari halaman. Pendekatan ini tidak hanya membuat tampilan visual dari layar menarik emosi pengguna, tetapi juga mendukung rasa integritas antar tampilan antarmuka dan elemen di dalamnya. Hal ini sedikit sulit untuk dicapai jika menggunakan latar belakang yang bernuansa monokrom saja.

Memanusiakan Koneksi Antar Pengguna & Website Anda

Secara sadar atau tidak, pengguna akan senantiasa penasaran tentang orang lain. Yang lebih penting, dalam kebanyakan kasus, foto dengan manusia di dalamnya akan tampak lebih menyakinkan dan dapat dipercaya. Tidaklah heran bahwa kunci tujuan dibalik penggunaan foto atau gambar dalam website atau mobile apps adalah membangun hubungan “memanusiakan” interaksi antara pengguna.
 
 
Foto atau gambar yang Anda masukkan dapat berupa gambar ketika tim Anda sedang mengerjakan produk, gambar orang yang saling bekerja sama, foto testimoni dari pengguna atau ulasan, foto penulis dalam blog yang ia tuliskan, dan banyak lagi - seluruhnya bertujuan untuk membuat pengalaman pengguna terasa lebih nyata.

Sebagai Penunjuk Arah

Petunjuk arah merupakan salah satu elemen tampilan antarmuka yang memberikan pengguna petunjuk visual dalam beberapa interaksi atau konten yang juga membantu mereka menemukan hal tertentu secara cepat dan mudah. Hal ini sama halnya dengan petunjuk arah pada jalan dalam dunia nyata. Petunjuk arah ini merupakan faktor penting dalam meningkatkan kegunaan dari produk digital seperti website, karena:
  • Meningkatkan pemindaian halaman atau layar
  • Menguatkan hirarki visual
  • Meningkatkan navigasi
  • Dan meningkatkan konversi website.

Foto dan gambar yang diintegrasikan ke dalam tampilan antar muka juga dapat melakukan beberapa manfaat diatas. Foto atau gambar tersebut dapat menunjukkan arah (misalnya foto manusia, hewan, atau objek yang menunjuk pada elemen tertentu dalam halaman) atau secara halus memberikan petunjuk (foto manusia, hewan, atau karakter yang matanya diarahkan ke elemen yang dibutuhkan. Dengan cara ini pengguna dapat merasakan dorongan alami keingintahuan untuk memeriksa apa yang ditunjuk oleh hal tersebut).

Sebagai Petunjuk & Manual Pengguna

Foto atau gambar sangat efektif dan umum dalam mengatur hubungan visual alami dengan dunia fisik yang juga menjadi demonstrasi utama dalam beragam manual dan panduan.
 
 
Baik berupa resep, panduan tentang cara menggunakan perangkat, merajut syal, mengikat syal dengan 20 cara yang berbeda, atau bahkan cara mengambil foto — instruksi apa pun yang diberikan kepada pengguna, didukung dengan foto yang berkualitas tersebut akan bekerja jauh lebih ramah akan pengguna dan akan jauh lebih mudah daripada sekadar teks.

Mengilustrasikan Gambar Untuk Artikel dari Website Anda

Salah satu tujuan efisien dari penggunaan foto atau gambar adalah mengilustrasikan artikel dan editorial secara online. Foto atau gambar dapat memberikan dukungan terhadap topik dari artikel dan memperkuat teks di dalamnya.
 
 
Aturan ini tidaklah digunakan hanya sebagai filler dalam tampilan visual. Gambar ataupun foto yang dimasukkan dalam artikel harus bekerja sebagai alat untuk membantu, bukan hal yang mendistraksi. Jadi, Anda perlu membuatnya bernilai, informatif, atau setidaknya memberikan nuansa yang sesuai dengan topik dan emosi dari artikel yang didukungnya.
 
Jika Anda menceritakan cerita historis atau retrospektif, carilah foto atau gambar yang sesuai - jika artikel tersebut tentang tempat spesifik, jangan gunakan foto stok untuk menunjukkan hal sejenis, tetapi dapatkanlah foto yang memang diambil dari tempat tersebut. Relevansi merupakan kunci dari penggunaan foto atau gambar dalam hal ini.
 
 
Berikut adalah beberapa informasi dan inspirasi dalam merancang website development dari bisnis Anda dengan menggunakan konten foto atau gambar di dalamnya. Jika Anda masih ragu untuk memulai, kami dapat membantu.
 
Eannovate hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk Custom Web Design / Website Development di Jakarta dengan FREE Domain dan Hosting, serta Maintenance selama 1 tahun. Kami akan menjamin website Anda akan dibangun sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan penanganan jika terjadi masalah pada website Anda sewaktu-waktu.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon