Image

QUICK CONTACT













Image

Kenali Beberapa Tips Pengoptimalan Gambar Untuk Website Anda

20 Dec 2023 by Billy Gani
Dalam dunia yang dipenuhi kepuasan instan saat ini, sangat penting bagi bisnis Anda untuk menjaga pengalaman pengguna agar tetap senantiasa positif dengan website yang  dapat dimuat secara cepat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jika website yang dimuat lebih lambat dari yang diharapkan, akan kecil kemungkinan bagi pengguna yang akan melakukan konversi. Seringkali, penyebab utama dari hal ini adalah gambar yang berukuran besar dan kurang optimal.
 
Meskipun kualitas gambar sangat penting untuk memasukkan fotografi produk yang berkualitas, pengoptimalan gambar merupakan salah satu rahasia untuk membangun website yang juga berkualitas. Mempelajari cara mengoptimalkan gambar dapat menghasilkan manfaat besar, mulai dari mengurangi waktu muat dari website, meningkatkan brand awareness untuk bisnis Anda, hingga menarik pembeli yang melihat gambar produk Anda melalui Google.
 
 
Apa Sebenarnya Pengoptimalan Gambar Untuk Website?
 
Pengoptimalan gambar dapat diartikan sebagai proses mengurangi ukuran file gambar Anda sebanyak mungkin, tanpa mengorbankan kualitas, sehingga waktu muat dari halaman website Anda tetap rendah. Hal ini juga serupa untuk gambar berbasis SEO - misalnya ketika Anda membuat spanduk dan gambar produk Anda lalu menggunakannya untuk mendapat peringkat tinggi pada Google dan mesin pencarian berbasis gambar lainnya.
 
Tujuan dari optimasi gambar adalah untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan ukuran file terendah. Tiga elemen utama berperan di sini:
 
  • Ukuran file gambar (gambar JPEG vs. PNG vs. WEBP)
  • Tingkat kompresi gambar
  • Tinggi dan lebar gambar

Dengan menemukan keseimbangan antara ketiganya, Anda dapat mengurangi ukuran gambar dan meningkatkan kinerja dari website Anda.
 
 
Mengapa Anda Perlu Mengoptimalkan Gambar Untuk Website?
 
Gambar merupakan kontributor terbesar terhadap ukuran halaman secara keseluruhan, sehingga membuat halaman lebih lambat dimuat. Data dari Arsip HTTP mengungkapkan bahwa gambar yang tidak dioptimalkan rata-rata menyumbang 75% dari total bobot muatan untuk halaman website. 
 
Hal ini dapat berdampak negatif pada kinerja dari website Anda. Pengoptimalan gambar membantu menurunkan bobot muatan dari website Anda dan menjadi salah satu prinsip inti dari desain website yang baik.
 
Berikut beberapa manfaat pengoptimalan gambar untuk website yang dapat dipertimbangkan : 
 
 
Peningkatan Kecepatan Muatan Website
 
Pengoptimalan gambar untuk website dan perangkat seluler senantiasa hadir untuk membuat halaman dimuat lebih cepat. Pengoptimalan tersebut menciptakan pengalaman menjelajah yang lebih baik bagi pengguna. Jika hanya ada jeda dua detik pada kecepatan halaman Anda, rasio pentalan dari website Anda dapat meningkat sebesar 103%.
Kecepatan halaman adalah seberapa cepat konten di halaman Anda dimuat. Hal ini sering digambarkan sebagai:
 
  • Waktu buka halaman, atau waktu yang diperlukan untuk menampilkan konten pada halaman Anda.
  • Waktu hingga byte pertama, jumlah milidetik yang diperlukan browser Anda untuk menerima byte pertama informasi dari server website Anda.

Pengalaman Menjelajah Pengguna Yang Lebih Baik
 
Kecepatan halaman senantiasa penting untuk pengalaman pengguna. Pengguna dapat mendeteksi penundaan sesingkat 1 - 10 detik. Apa pun yang lebih lama dari waktu tersebut, tidak akan terasa "cepat" bagi pengguna. Penundaan satu detik saja sudah cukup untuk mengganggu proses berpikir dari seorang individu.
 
BBC menemukan bahwa untuk setiap detik tambahan waktu muatan dari sebuah halaman, 10% pengguna akan keluar dari halaman terkait. Halaman dengan waktu muatan yang lebih lama cenderung memiliki rasio pentalan lebih tinggi dan waktu rata-rata di halaman yang lebih rendah. Mengurangi waktu muat halaman bahkan satu detik pun dapat meningkatkan pengalaman pengguna dari website Anda.
 
 
 
 
Peningkatan pengalaman pengguna dan interaksi dengan website Anda berdampak positif pada peringkat dalam mesin pencarian, yang dapat meningkatkan keterlibatan, konversi, dan retensi dari pengguna terhadap website Anda.
 
Google menyarankan agar kecepatan muatan website merupakan salah satu sinyal yang digunakan oleh algoritma pencariannya untuk memeringkatkan website. Riset penelitian dari Moz menunjukkan bahwa Google secara spesifik mengukur waktu dari byte pertama ketika pengguna mengunjungi website untuk mengukur kecepatan muatan halaman. Halaman yang lambat untuk dimuat mempengaruhi seberapa banyak halaman yang di crawl oleh bot Google, yang tentunya mempengaruhi indeksasi dari website Anda. 
 
 
Tips Mengoptimalkan Gambar Untuk Website Anda
 
Gunakan Nama Yang Jelas & Langsung Untuk Gambar Yang Anda Sertakan
 
Sangat mudah untuk mengunggah gambar ke dalam website Anda dan mempertahankan nama file default yang ditetapkan dari kamera Anda. Namun ketika berbicara tentang SEO untuk pengoptimalan gambar, penting untuk menggunakan kata kunci yang relevan dalam membantu peringkat halaman website Anda pada mesin pencarian.
Membuat nama file yang deskriptif dan kaya kata kunci sangat penting untuk pengoptimalan gambar. Mesin pencarian tidak hanya melakukan crawl pada teks di halaman website Anda, tetapi juga melakukan crawl untuk nama file pada gambar Anda.
 
Contohnya pada gambar berikut ini,
 
 
 
 
Anda dapat menggunakan nama bawaan yang ditetapkan kamera Anda untuk gambar tersebut (misalnya, DCMIMAGE10.jpg). Namun, akan lebih baik untuk memberi nama file tersebut 2012-Ford-Mustang-LX-Red.jpg.
 
Pikirkan tentang bagaimana pengguna Anda menelusuri produk pada website Anda. Pola penamaan apa yang mereka gunakan saat melakukan penelusuran? Dalam contoh di atas, pengguna yang memiliki mobil dapat menelusuri istilah seperti:
 
  • LX Mustang LX Merah 2012
  • Ford Mustang LX Merah 2012
  • Merah Ford Mustang LX 2012

Lihat analisis dalam website Anda untuk melihat kata kunci apa yang digunakan pengguna untuk menemukan Anda. Tentukan pola penamaan paling umum yang mereka gunakan dan terapkan rumus tersebut pada proses penamaan file gambar Anda.
 
Jika Anda tidak ingin bisa mendapatkan data tersebut, pastikan untuk menggunakan kata kunci yang relevan dan berguna saat memberi nama pada gambar Anda (misalnya, mencoba untuk lebih deskriptif).
 
Pikirkan Dimensi Gambar & Angle Secara Bijak
 
Menjadi sebuah praktik umum untuk menampilkan berbagai sudut dari produk  Anda. Kembali ke contoh Ford Mustang, Anda tentu tidak ingin hanya menampilkan satu foto mobil tersebut, terutama jika Anda mencoba menjualnya. 
 
Sebaiknya Anda menunjukkan gambar:
 
  • Bagian dalam
  • Bagian belakang 
  • Velg
  • Mesinnya (khususnya karena mobil tersebut adalah Mustang)

Cara terbaik untuk memanfaatkan foto tambahan ini adalah dengan mengisi atribut alt untuk gambar Anda. Dan cara Anda melakukannya adalah dengan membuat atribut alt unik untuk setiap pengambilan gambar produk. Berikut salah satu contoh alt text yang dapat digunakan terkait gambar Ford Mustang diatas : 
 
  • 2012-Ford-Mustang-LX-Red-Leather-Interior-Trim.jpg -> menggunakan atribut alt dari: alt="Trim Interior Kulit Ford Mustang LX Merah 2012"

  • 2012-Ford-Mustang-LX-Red-Rear-View-Air-Spoiler.jpg -> menggunakan atribut alt dari: alt="2012 Ford Mustang LX Red Rear View Air Spoiler"

Kuncinya adalah untuk menambahkan deskripsi untuk basis atribut alt sehingga pengguna potensial dapat masuk ke dalam website Anda ketika mencari hasil dari kueri mereka tentang Ford Mustang. 
 
Optimalkan Thumbnails Website Anda
 
Banyak website, khususnya e - commerce yang menggunakan gambar thumbnail, pada halaman kategori produk yang mereka miliki. Hal ini dapat menampilkan gambar berkualitas dari produk terkait tanpa perlu mengakses halaman yang berlebihan.
 
 
 
 
Thumbnail memang dapat menjadi pilihan yang tepat, tetapi hati-hati - thumbnail dapat memberikan Anda dampak buruk juga. Korban? Kecepatan muatan dari halaman website Anda. Thumbnail biasanya disajikan pada titik-titik kritis selama proses belanja. Jika hal tersebut mencegah halaman kategori Anda untuk dimuat  dengan cepat, Anda dapat kehilangan calon pelanggan potensial
 
Jadi, apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya agar tidak terjadi?
 
  • Jadikan ukuran file thumbnail Anda sekecil mungkin - Sebaiknya biarkan kualitasnya beralih ke ukuran file yang lebih rendah khusus untuk penggunaan thumbnail. Ingatlah senantiasa bahwa dampak kumulatif gambar yang lebih kecil ini berdampak pada waktu muatan dari halaman Anda.
  • Variasikan teks atribut alt agar tidak menduplikasi teks yang akan Anda gunakan untuk versi lebih besar dari gambar yang sama - Faktanya, membuat teks alt untuk gambar dapat sangat berbeda dengan varian teks lainnya dalam halaman website. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah thumbnail yang terindeks, bukan gambar yang lebih besar. 



Berikut adalah beberapa tips pengoptimalan gambar untuk website yang sekiranya dapat Anda pertimbangkan ketika akan menggunakannya bagi bisnis Anda.
 
Eannovate hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk Custom Web Design / Website Development di Jakarta dengan FREE Domain dan Hosting, serta Maintenance selama 1 tahun. Kami akan menjamin website Anda akan dibangun sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan penanganan jika terjadi masalah pada website Anda sewaktu-waktu.
 
Selain itu, untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Alterspace solusinya.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon