Image

QUICK CONTACT













Image

Tips Merancang Icon Untuk Design Dari Aplikasi Anda

07 Apr 2022 by Billy Gani
Jika gambar senantiasa berbicara ratusan kata, sebuah ikon aplikasi dapat menjadi jenis gambar yang kecil namun berharga dan dapat mendatangkan ribuan klik, mungkin lebih jika Anda merancangnya dengan lebih baik.
 
Pencarian aplikasi dari App atau play store mendatangkan hampir 70% unduhan dari aplikasi. Jelas, Anda perlu memposisikan aplikasi Anda di tempat yang strategis untuk mendatangkan unduhan yang maksimal dan memastikan bahwa aplikasi Anda disadari keberadaannya oleh target pengguna yang tepat. Merancang desain ikon aplikasi merupakan salah satu cara yang tepat untuk mendapatkan visibilitas lebih pada App Store dan memotivasi pengguna untuk mengunduh aplikasi Anda.
 
Ketika App dan Play store menyajikan ratusan hasil pencarian, hal pertama yang akan disadari oleh pengguna adalah ikon aplikasi. Mereka akan melihat berbagai kualifikasi dalam ikon dan memilih aplikasi dengan ikon yang paling sesuai dengan kualifikasi mereka untuk diunduh.
 
Apa saja kualifikasi yang membuat ikon dapat menonjol dari banyaknya aplikasi pada app dan play store? Bagaimana Anda dapat membuat aplikasi dengan ikon yang berkualitas? Berikut beberapa prinsip dan tips sederhana yang dapat Anda terapkan pada ikon aplikasi dan desain UI / UX dari aplikasi Anda :
 

Mengapa Desain Ikon Aplikasi Ini Penting?

 
Mengembangkan mobile apps yang membuat pengguna ingin mengunduhnya membutuhkan beberapa langkah dalam prosesnya. Anda memerlukan mobile apps yang memiliki performa baik, terlihat menarik, memiliki nama aplikasi yang catchy, serta deskripsi dan ikon aplikasi yang sempurna.
 
Karena itulah, memiliki desain ikon mobile apps yang tepat sangatlah penting dalam mendatangkan kesan pertama yang Anda inginkan. Ikon aplikasi Anda harus dapat menggambarkan keseluruhan brand. Faktanya, ikon harus memuat gambaran brand Anda secara keseluruhan, jadi pengguna tahu bahwa mereka berasosiasi langsung dengan brand seperti Anda. 
 
Riset juga menunjukkan bahwa hampir 92.6% orang yang di survei mengatakan bahwa mereka menempatkan keputusan terpenting dalam faktor visual. Data tersebut sudah membuat kami semakin yakin bahwa dengan mengetahui desain ikon yang berkualitas, mendatangkan hasil yang lebih baik.
 
Kualitas estetika dari ikon mobile apps Anda menunjukkan kepada pengguna apa yang dapat mereka harapkan dari aplikasi dan juga dari brand Anda. Hal ini membentuk dasar keterlibatan pengguna dan merupakan langkah pertama untuk membentuk persepsi pengguna. Inilah alasan mengapa ikon desain aplikasi merupakan langkah yang sangat diperlukan dan kritis dalam proses pengembangan aplikasi Anda.
 
Lagi pula, aplikasi tidak terbatas dan pengguna dapat Anda manjakan dengan berbagai pilihan. Namun, rentang perhatian dan penyimpanan pengguna di ponsel terbatas. Pada tahun 2020, rata-rata jumlah aplikasi yang dimiliki pengguna pada perangkat mereka adalah 40 aplikasi. 
 
Namun, 89% waktu dihabiskan hanya dalam 18 aplikasi. Agar aplikasi Anda menjadi salah satu dari 18 tersebut, Anda memerlukan ikon aplikasi mencolok dan membuat mereka mempertahankan aplikasi Anda.

Cara Mengembangkan Ikon Yang Berkualitas

 
Sekarang setelah Anda tahu betapa pentingnya membuat ikon aplikasi Anda tepat, Anda tentunya ingin tahu bagaimana cara melakukannya. Gambar kecil yang berukuran hampir beberapa piksel, terkadang terbukti lebih sulit dirancang jika dibandingkan dengan mengembangkan seluruh aplikasi. Dan kenapa tidak? Gambar kecil berukuran hanya sebesar perangko ini harus menjadi segalanya – rapi dan sederhana namun representatif untuk menunjukkan apa yang dapat dilakukan aplikasi Anda.
 
Hal ini sangat sulit dan untuk melakukannya dengan benar membutuhkan keseimbangan yang cermat dari semua prinsip yang akan kita bahas di bawah ini :
 

Buatlah Dengan Sederhana

 
Hal pertama – hindari kerumitan dalam desain. Jangan membebani ikon aplikasi Anda dengan terlalu banyak warna, terlalu banyak grafik, detail, atau jenis warna lainnya. Saat berpikir tentang bagaimana Anda merancang desain dari ikon aplikasi, pikirkan warna sederhana, mungkin dua atau tiga dan tidak lebih.
 
Menjaga palet warna Anda menjadi seminimal mungkin dapat membantu ikon aplikasi Anda untuk lebih menonjol dari yang lain karena menggambarkan bentuk dan desain yang berbeda.  Dibandingkan berbaur dengan ikon dengan aneka warna lainnya, Ikon mobile apps Anda dapat mengirim pesan yang jelas bahwa aplikasi Anda unik, berkelas, dan juga canggih.
 
 
Pikirkan ikon aplikasi dari salah satu aplikasi terkemuka contohnya seperti Snapchat, Facebook, Spotify, Gmail, dan sebagainya – Anda akan melihat palet warna berbeda dan menampilkan tidak lebih dari dua warna. 
 

Pilihlah Bentuk Yang Menonjol (Unik)

 
Rahasia untuk membuat warna yang minimalis berfungsi terletak pada pemilihan bentuk yang berani, unik, dan khas untuk ikon aplikasi Anda. Seperti kebanyakan contoh di atas, ikon aplikasi terkait erat dengan logo perusahaan dan jika hal tersebut sudah menjadi logo khas, Anda mungkin sudah setengah jalan. Meskipun logo Anda sudah dibuat dan agak rumit, pertimbangkan untuk menyederhanakannya lebih lanjut untuk ikon aplikasi dari mobile apps Anda.
 
Ikon desain aplikasi yang baik memiliki bentuk utama yang jelas dan khas, yang berada dalam kotak atau lingkaran sederhana. Bentuk unik tersebutlah yang menanamkan rasa identitas yang kuat pada ikon aplikasi. 
 
Hal ini juga memberi tahu pengguna  bahwa inilah aplikasi yang tahu apa yang dilakukannya, dan telah dibuat oleh orang-orang yang yakin dengan produk mereka serta memiliki selera desain modern yang tajam.
 
Juga, ketika Anda memikirkan cara untuk membuat ikon aplikasi agar terlihat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, pertimbangkan untuk memilih bentuk yang menunjukkan fungsi aplikasi Anda. Hal ini tidak hanya membantu pengguna memahami semua tentang aplikasi Anda, tetapi juga memberi ikon aplikasi Anda lebih banyak kredibilitas dan tujuan.
 
Contohnya, ikon aplikasi Gmail dengan mudah menggambarkan amplop surat serta huruf M untuk surat. Tentu saja ikon baru ini sedikit berbeda tetapi tetap berhasil diimplementasikan karena Gmail telah mencapai ketenaran di seluruh dunia pada saat mereka meluncurkan ikon aplikasi baru ini, ikon tersebut masih menggambarkan huruf M di dalamnya.


 
Di sisi lain, ikon Facebook dan Snapchat, berfungsi dengan baik tanpa menyerupai tujuan aplikasi mereka, hanya dengan memberikan bentuk berani yang menonjol dari yang lain berkat pilihan desainnya yang berani. Jadi, pastikan untuk merancang desain ikon aplikasi Anda dengan bentuk yang unik.
 

Tidak Menggunakan Kata Yang Kurang Penting

 
App store memiliki berbagai macam ruang dan tidak hanya memberi tahu nama aplikasi, tetapi juga menyertakan kata kunci dalam tagline dan deskripsi dari aplikasi pada bagian yang terpisah. Jadi, cobalah untuk tidak menggunakan kata apa pun di ikon aplikasi Anda. Penambahan kata yang kurang relevan tidak hanya menambah kekacauan visual tetapi juga, membuat pengguna malas untuk membaca atau melihatnya.
 
Akibatnya, penggunaan kata yang kurang relevan dapat menambah beban kognitif dan ketegangan mata, karena otak akan secara otomatis dikondisikan untuk mencoba membaca ketika ada teks tertentu. Pengguna Anda mungkin akan merasa jengkel saat mencoba membaca teks yang sangat kecil.
 
Jadi, jika Anda bertanya-tanya bagaimana membuat ikon aplikasi menjadi titik awal untuk pengalaman mobile apps yang berkualitas, fokuslah untuk memberi aplikasi Anda nama yang menarik dan simpan nama itu pada bagian nama aplikasi. Jika dikombinasikan dengan ikon yang cantik, sederhana, dan tampak rapi, hal tersebut akan berhasil.
 

Bereksperimen Dengan Border

 
Terkadang ikon aplikasi berfungsi dengan baik dengan adanya border ataupun tidak. Anda dapat mengujinya dengan merancang beberapa versi desain yang berbeda, dengan dan tanpa batas, untuk melihat jenis apa yang paling cocok untuk ikon aplikasi Anda.



 
Ada berbagai contoh aplikasi terkemuka yang merancang desainnya dengan dua cara diatas. Saat mempertimbangkan cara membuat ikon aplikasi Anda untuk terlihat unik dan khas, Anda perlu mempertimbangkan apa saja hal yang sesuai dengan elemen lain dari ikon aplikasi Anda. 
 
Warna aplikasi utama Anda, bentuk dan desainnya adalah beberapa hal yang akan menentukan apakah Anda harus atau tidak memiliki border.
 

Jalankan A/B Testing

 
Lingkaran atau persegi? Dengan border atau tanpa batas? Biru atau merah? Terlalu banyak pertanyaan yang tampak sederhana dan menjadi sangat sulit untuk dijawab saat merancang desain dari ikon aplikasi. Hilangkan tebakan dan andalkan solusi nyata seperti pengujian A/B untuk menentukan opsi terbaik yang dapat Anda gunakan.
 
Saat terjebak di antara 2 pilihan, pengujian A/B adalah cara terbaik untuk menentukan apa yang akan disukai pengguna Anda. 
 
Separuh pengguna uji Anda akan melihat satu ikon dan separuh lainnya akan melihat ikon lainnya. Alat pengujian akan membantu Anda mengumpulkan data tentang ikon mana yang mendapat perhatian lebih banyak, membantu Anda memahami ikon aplikasi mana yang sempurna untuk Anda gunakan.
 
 
 
 
Semoga beberapa petunjuk dan contoh di atas sudah cukup untuk memberi Anda gambaran substansial tentang apa yang membuat ikon aplikasi dapat berfungsi dengan baik. Saat Anda memutuskan bagaimana cara yang tepat untuk merancang desain dari ikon aplikasi Anda sendiri, prinsip-prinsip ini akan membantu Anda memahami pola pikir pengguna dan merancang desain ikon aplikasi yang kemungkinan besar akan diklik oleh pengguna.
 
Kesimpulannya, ikon desain aplikasi harus rapi, sederhana, dan bebas dari kekacauan. Cobalah untuk menjaga palet warna agar terbatas pada 2-4 warna. Kombinasi 2 warna khas milik brand Anda berfungsi paling baik seperti yang terlihat di aplikasi pembuatan ikon dan sebagian besar ikon yang sangat sukses pada play atau app store saat ini.
 
Berikut adalah beberapa tips dan informasi dalam merancang desain ikon untuk UI UX Design yang mungkin perlu Anda perhatikan ketika merancang produk digital seperti website ataupun mobile apps dari bisnis Anda. Jika Anda masih membutuhkan bantuan dalam mengelola dan mengembangkan website dan UI UX Design yang sesuai dan diperlukan untuk bisnis Anda dengan harga yang bersaing dan juga kualitas yang tidak diragukan, Eannovate hadir untuk Anda.
 
Selain itu, untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Alterspace solusinya.
 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon