Image

QUICK CONTACT













Image

Tips Meningkatkan Pengalaman Pengguna Untuk Website Bisnis Perhotelan

24 Aug 2023 by Billy Gani
Ada banyak pembicaraan tentang dampak pengalaman pengguna dalam proses checkout pada website berbasis e-commerce pada tingkat konversi dan ada juga banyak saran berguna tentang cara memperbaiki masalah kegunaan. Namun materi ini tidak mencakup atau bahkan mendekati beberapa jenis e-commerce tertentu – misalnya seperti layanan pemesanan hotel secara online. Hal ini merupakan topik yang seringkali terabaikan dalam hal pengalaman pengguna.
 
Dengan meningkatnya pangsa penjualan online dalam pendapatan hotel, memiliki saluran penjualan secara digital atau online yang kuat senantiasa sangat penting. Saat ini, hal yang lebih menantang senantiasa dirasakan oleh para pebisnis yang menjalankan website berbasis layanan hotel yang harus bersaing dengan raksasa seperti Agoda, Booking.com, dan agregator lain yang memiliki lebih banyak sumber daya untuk dibangun dan terus meningkatkan pengalaman pengguna yang mereka sudah miliki.
 
Sebagian besar website hotel yang berdiri sendiri menggunakan bantuan pihak ketiga yang berperan sebagai mesin pencarian misalnya seperti Agoda atau Tiket.com. Mengapa? Dengan menggunakan bantuan platform ini, bisnis perhotelan dapat dengan mudah mengelola ruangan dan tarif yang ditentukan dalam seluruh saluran yang mereka gunakan dalam satu manajemen. Karena hal inilah, Anda harus mengikuti desain dan mendapatkan pengalaman layanan pihak ketiga atau berani memiliki sesuatu sendiri.
 
Masalah dengan desain UI dari penggunaan layanan ini adalah mungkin desainnya yang belum di update dengan beberapa website mandiri yang ada saat ini. 
 
 
 
 
Internet saat ini telah bergerak maju dan pengguna kini memiliki lebih banyak persyaratan untuk website dan toleransi yang jauh lebih sedikit terhadap UX yang buruk. Artinya, jika aggregator pemesanan layanan seperti Agoda dan Booking.com memiliki proses pemesanan yang lebih baik, lebih mudah dipahami, dan mudah dibandingkan dengan website hotel yang berdiri sendiri, maka pengguna akan lebih bersedia memesan melalui saluran tersebut.
 
Namun tidak semua hal tentang menggunakan website mandiri untuk layanan hotel senantiasa buruk. Dengan beberapa perbaikan dari fungsi dan kegunaan yang berkualitas, website hotel mandiri  akan mampu memberikan pengalaman yang lebih baik bagi untuk para calon pelanggan atau setidaknya tidak terlihat mengganggu kepuasan dan pengalaman mereka.
 
 
Tips Meningkatkan Pengalaman Pengguna bagi Website Layanan Hotel Anda
 
 
Fungsi & Kegunaan Dari Kalender Pemesanan Kamar Hotel
 
Hal pertama yang ditemukan oleh pengguna ketika mereka memasuki prose pemesanan ruangan hotel adalah kalender pemesanan. Anda tentu ingin hal ini bertemu dan memenuhi ekspektasi pengguna, bukan? Bawa pengguna selangkah lebih dekat pada hasil yang mereka inginkan dengan mengisi tanggal check-in dan check-out dengan tanggal hari tersebut, dan h+1. 
 
 
 
 
Misalnya jika mereka membuka website Anda pada tanggal 23 Agustus, isilah secara otomatis tanggal check in dengan 23 Agustus, dan tanggal check out di 24 Agustus pada kalender pemesanan. Hal ini mungkin terlihat sudah jelas, tetapi terkadang masih ada website yang belum menerapkannya. 
 
Selanjutnya, ketika pengguna memilih tanggal check in, bagian tanggal check out dapat otomatis terisi di hari selanjutnya dan menandai tanggal lain sebagai tanggal yang tidak dapat dipilih hingga pengguna menggantinya sendiri. Hal ini dapat membantu mengukur serta mencegah agar pengguna tidak salah dalam memasukkan data tanggal, yang menjadi salah satu Heuristik Fungsionalitas yang dijelaskan oleh Jakob Nielsen. 
 
 
Booking Progress Bar
 
Pengguna senang untuk merasa bahwa mereka memiliki kontrol terhadap sebuah proses dan dapat memprediksi selama apa proses terjadi, sehingga mengapa Anda tidak memberikannya?  Biasanya, membagi proses yang panjang dari pemesanan kamar hotel menjadi beberapa tahap membuatnya lebih mudah diikuti. 
 
 
 
 
Dan pada saat yang sama, menunjukkan progress bar juga dapat membantu menghilangkan rasa cemas pengguna yang tidak mengetahui berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pesanan tersebut. Tunjukkan kepada pengguna seberapa dekat mereka dengan akhir proses dengan progress bar sederhana, yang juga dapat mendorong mereka untuk senantiasa tetap maju dan menyelesaikan proses pemesanan kamar hotel. 
 
Detail Informasi Kamar & Foto
 
Tidak, yang kami maksud bukanlah galeri foto dan copy dalam deskripsi di suatu tempat pada website hotel Anda. Yang ingin kami tekankan adalah pentingnya menampilkan foto-foto dan informasi penting dari ruangan hotel tepat di hadapan pengguna pada saat mereka harus memilih salah satu ruangan yang tersedia.
 
Kategori kamar seperti “Kamar Deluxe Double”, “Royal King Balcony”, dan “Kamar Standar dengan pemandangan Kolam Renang” tidak memberi informasi apa pun kepada pengguna kecuali jika dipasangkan dengan gambar  yang relevan dan fitur utama yang juga akan membenarkan tarif kamar yang terkait. Sekali lagi, semakin berkualitas resolusi gambar dan relevan gambar yang Anda berikan, semakin memuaskan pengalaman pengguna yang Anda berikan kepada pengguna.
 
Informasi Harga Yang Akurat & Komprehensif
 
 
 
 
Kesulitan dari website layanan hotel berbasis e - commerce adalah biasanya layanan hotel memiliki tarif yang berbeda untuk jangka waktu yang sama dan bahkan untuk kategori kamar yang sama. Karena itu, agak sulit untuk merancang bagian informasi tarif yang mudah dan mudah dipahami. 
 
Cobalah untuk menyoroti dengan jelas perbedaan tarif dan biaya tambahan yang mungkin berlaku, sekaligus menghilangkan kekacauan dan menghindari copy dengan font kecil untuk menjelaskan tarif dari layanan hotel Anda.
 
 
 
Berikut adalah beberapa tips dalam meningkatkan pengalaman pengguna untuk bisnis layanan berbasis hotel yang sekiranya dapat dipertimbangkan. Jika Anda masih membutuhkan bantuan dalam mengelola dan mengembangkan website dan UI UX Design yang sesuai dan diperlukan untuk bisnis Anda dengan harga yang bersaing dan juga kualitas yang tidak diragukan, Eannovate hadir untuk Anda.
 
Selain itu, untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Alterspace solusinya.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon