Image

QUICK CONTACT













Image

Pengujian - Pengguna, Fungsionalitas & Hal Yang Perlu Anda Gunakan Dalam Merancang UI / UX Design

16 Dec 2022 by Billy Gani
Ketika berbicara tentang bagaimana Anda dapat menguji pengalaman pengguna dengan produk digital Anda, ada banyak metode yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan informasi yang Anda perlukan. Mulai dari wawancara hingga pengujian menggunakan teknologi tertentu, beberapa metode ini dapat memberikan Anda manfaat yang lebih memadai untuk memberikan Anda info yang bermanfaat bagi UX dari produk digital Anda.
 
Tetapi, bagaimana Anda dapat mengetahui cara pengujian untuk penggunaan dan pengguna seperti apa yang bermanfaat untuk mengevaluasi produk digital Anda? Untuk memastikan Anda memberikan pengalaman pengguna yang terbaik, Anda memerlukan beberapa alat pengujian yang dapat Anda gunakan kapan saja.
 
Berikut dalam artikel ini, kami berikan beberapa panduan dalam menguji produk digital Anda dan bagaimana cara Anda mengatasi masalah, mengevaluasi efisiensi, dan mengeksplorasi sentimen dari pengguna.

Pengujian Apa Yang Harus Anda Jalankan?

Setiap platform digital seperti mobile apps atau website harus diuji secara menyeluruh untuk berbagai kepribadian pengguna. Gagal melakukannya akan membatasi audiens dan potensi dari alat pengujian Anda. Dan hal terburuknya, hal tersebut bahkan dapat membuat Anda berurusan dengan masalah pertanggungjawaban.
 
Tapi jenis pengujian apa yang harus Anda jalankan?
 
Varian dan opsi pengujian mobile apps ataupun  website yang tersedia untuk Anda sangatlah  luas dan juga memiliki kekuatannya masing - masing. Melalui alat ini, Anda dapat memperoleh wawasan tentang bagaimana pengguna merasakan platform, bagaimana fungsinya, dan bahkan seberapa amannya mereka ketika menggunakan produk digital Anda terhadap dunia ancaman digital. 
 
Semua pengujian ini sangat diperlukan karena tidak hanya akan menentukan pengalaman pengguna (UX) dari produk digital Anda , tetapi juga kemampuan website dan mobile apps dari produk digital Anda untuk bersaing pada era modern.
 
Berikut beberapa pengujian yang perlu Anda pertimbangkan sebelum merilis produk digital : 
  • Pengguna
  • Fungsionalitas
  • Aksesibilitas
Setiap poin di atas merepresentasikan kategori yang datang dengan pengujian dan alatnya masing - masing untuk membantu Anda mengembangkan produk digital yang lebih baik. Berikut penjabaran lebih mendalamnya secara satu persatu.

Pengujian Untuk Pengguna - User Testing

Mari kita mulai dengan pengujian untuk pengguna. Bagian ini adalah kategori yang terpisah dari pengujian fungsionalitas karena biasanya terjadi pada awal pengembangan jika dibandingkan selama dan pada tahap akhir seperti pengujian untuk fungsionalitas. 
 
Pengujian  untuk pengguna berfokus dalam memastikan bahwa ide desain Anda senantiasa efisien dan bermanfaat.
 
Pengujian pengguna memiliki banyak varian di dalamnya. Namun, tiga metode utama berikut ini sekiranya dapat membantu Anda melakukan pengujian secara menyeluruh dan mendalam :
  • Wawancara & Fokus Grup - Untuk wawasan langsung dan kualitatif ke dalam UX untuk produk digital seperti website atau mobile apps, Anda dapat memulainya dengan wawancara dan fokus grup. Terlibat dengan kelompok kecil akan penguji dapat membuat Anda memahami bagaimana platform dan produk digital Anda akan bekerja untuk pengguna di dunia nyata, langkah yang sangat bermanfaat untuk tahap awal desain. 
  • Guerilla Testing - Selanjutnya, metode ini membawa wawancara untuk dilakukan di jalan atau di ruang terbuka. Dengan pengujian ini, Anda dapat membawa prototipe produk ke tempat umum, menawarkan insentif kepada individu seperti makanan atau kopi gratis, dan mengumpulkan respon balik mereka saat mereka menilai fungsionalitas dan kegunaan desain Anda.
  • Penyortiran Kartu / Card Sorting - Metode ini memungkinkan Anda memperoleh wawasan tentang logika organisasi dari hampir semua penguji. 

    Yang perlu Anda lakukan hanyalah menuliskan fitur atau konten pada masing-masing kartu dan meminta peserta mengaturnya serta menjelaskan mengapa mereka melakukannya. Hal ini akan memberikan respon balik yang Anda butuhkan untuk mengoptimalkan navigasi dari tampilan UI produk digital Anda.

Dari sini, Anda dapat mempersiapkan respon balik yang perlu Anda gunakan dalam mengembangkan pengalaman pengguna yang berkualitas. Tetapi, dalam prosesnya, terlibat dalam pengujian fungsionalitas akan lebih bermanfaat lagi untuk memastikan desain yang efektif bagi pengguna.

Pengujian Untuk Fungsionalitas - Usability Testing

Pengujian fungsionalitas, sederhananya, adalah cara untuk mengukur seberapa fungsional suatu proyek sebenarnya. Hal ini diperlukan untuk produk apa pun, bukan hanya produk digital seperti mobile apps atau website.

Alat apa pun yang digunakan pengguna harus dapat digunakan, jika tidak, nilainya kecil atau tidak ada sama sekali. Karenanya, hal ini adalah tujuan utama Anda dalam pengujian fungsionalitas. Jika Anda memprioritaskan tujuan lain selain ini, Anda tidak akan memenuhi standar dari fungsionalitas itu sendiri.

Hal ini juga membuat Anda tidak dapat memiliki tujuan lain dalam pengujian fungsionalitas selain fungsionalitas dasar. Faktanya, fungsionalitas senantiasa relevan dengan semua aspek produk atau layanan yang Anda berikan. Dalam hal memasarkan produk atau layanan, fungsionalitas bekerja untuk pemasaran digital apa pun, seperti promosi email, yang dapat membuat atau menghancurkan kesuksesan mereka.

53% dari semua iklan yang dibeli sekarang bersifat digital, dan untuk membuktikan nilai produk Anda di pasar digital yang ramai, Anda membutuhkan fungsionalitas yang sempurna.

Proses ini harus digunakan selama pengembangan untuk menilai perubahan dan iterasi baru. Berikut beberapa metode untuk melakukan pengujian fungsionalitas yang dapat Anda jalankan.

  • Pengujian Lorong / Hallway Testing - Tes dengan lorong terdiri dari tahapan dimana Anda mendekati orang secara acak di sekitar Anda dan mengajukan beberapa pertanyaan singkat tentang desain kepada mereka.

    Idealnya, Anda akan memiliki semacam prototipe yang dapat mereka coba sendiri. Metode ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan wawasan cepat dari pengguna yang belum tentu ahli dalam menilai UX itu sendiri.
  • Evaluasi Fungsionalitas Otomatis / Automated Usability Evaluation - Hal ini diupayakan oleh setiap developer, meskipun dapat sangat sulit untuk benar-benar diterapkan. Berbagai metode, seperti USEful Framework milik Justin Mifsud, membantu developer dan desainer dalam membuat alat untuk mengotomatiskan beberapa fitur kegunaan selama proses pengembangan.
  • Pengujian Prototipe Kertas / Paper Prototype Testing - Pengujian prototipe dengan kertas adalah proses dimana Anda membuat model kertas dari produk digital  Anda dan meminta penguji untuk mendekatinya karena mungkin hal yang nyata.

    Jika navigasi dan tata letak masuk akal dan mendukung fungsionalitas, Anda tahu bahwa Anda berada di jalur yang benar. Hal ini adalah salah satu cara yang sangat terjangkau untuk melakukan pengujian fungsionalitas selama masa pengembangan.

Dengan metode pengujian ini, Anda dapat memastikan platform yang dapat digunakan memenuhi kebutuhan audiens yang besar. Namun, Anda masih harus mengakomodasi pengguna dengan gangguan visual, pendengaran, atau lainnya yang mungkin tidak diperhitungkan oleh pengujian fungsionalitas Anda.

Pengujian Untuk Aksesibilitas - Accessibility Testing

Hal terakhir ini membawa kita ke pengujian aksesibilitas. Aksesibilitas adalah aspek kegunaan yang terlalu sering diabaikan. Hal ini adalah aspek desain yang diperlukan tidak hanya untuk memenuhi standar hukum tetapi juga untuk membangun produk berkualitas yang inklusif yang secara alami dioptimalkan untuk mesin pencari.

Desain yang dapat diakses adalah desain yang berkualitas, yang seharusnya menjadi tujuan nomor satu Anda untuk sektor pengujian. Memenuhi tujuan ini tidak hanya akan membuat produk atau layanan Anda sesuai hukum, tetapi juga dapat membuka pasar baru, terutama jika pesaing Anda tidak melakukan pengujian yang sama seperti Anda.

Terapkan pengujian aksesibilitas selama proses desain untuk memastikan bahwa produk Anda kompatibel dengan teknologi pendukung dan berbagai perangkat bermanfaat. Dari pengoptimalan perangkat seluler hingga fungsionalitas pembacaan pada layar, aksesibilitas adalah komponen pengujian pengguna dan fungsionalitas yang tidak dapat Anda abaikan.

Berikut beberapa metode untuk melakukan pengujian aksesibilitas yang dapat Anda jalankan.

  • Pedoman Aksesibilitas Konten Web (WCAG) - WCAG mewakili kumpulan standar dan metrik untuk membuat sistem berbasis website miliki Anda lebih mudah diakses oleh semua pengguna. Standar - standar ini berputar di sekitar elemen inti dari persepsi, pengoperasian, pemahaman, dan ketahanan. Ikuti prinsip-prinsip ini selama proses desain dan uji fitur dengan mempertimbangkannya.
  • Alat Evaluasi Aksesibilitas Website / Web Accessibility Evaluation Tools - Hal ini adalah sumber daya yang dikumpulkan dan dipromosikan oleh Inisiatif Aksesibilitas Web W3C, dan alat ini dapat membantu developer website untuk  membangun platform fungsional yang lebih inklusif. Mulai dari penganalisis kontras warna hingga API aksesibilitas, alat ini menawarkan semua hal yang diinginkan developer dalam pengujian aksesibilitas.

  • Pengujian Assistive Technology  / Assistive Technology Testing (AT) - AT mewakili berbagai perangkat yang dibutuhkan individu dengan segala jenis gangguan untuk menggunakan platform Anda dengan tingkat keberhasilan yang sama seperti pengguna lainnya.  Gunakan pengenalan ucapan, pembaca layar, dan software dengan keyboard khusus untuk memastikan bahwa desain Anda berfungsi dengan perangkat penting ini.

Dengan UX yang dapat diakses, Anda akan membuat sistem yang inklusif dan dapat disesuaikan yang akan dianggap lebih bermanfaat oleh lebih banyak pengguna. Dari sini, hal terpenting adalah memastikan sasaran fungsionalitas Anda memenuhi standar semua pengguna yang ingin dan perlu menggunakan website, mobile apps, atau produk digital lain yang Anda gunakan.

Untungnya, semua metode pengujian ini terdiri dari pemeriksaan yang memudahkan pengoptimalan UX untuk produk digital Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam merancang pengujian untuk desain UI / UX yang berkualitas bagi produk digital Anda. Jika Anda masih membutuhkan bantuan dalam mengelola dan mengembangkan website dan UI UX Design yang sesuai dan diperlukan untuk bisnis Anda dengan harga yang bersaing dan juga kualitas yang tidak diragukan, Eannovate hadir untuk Anda.



CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon