Image

QUICK CONTACT













Image

Pahami Lebih Dekat Akan Penulisan Berbasis UX - UX Writing

17 Nov 2023 by Billy Gani
Semakin hidup pribadi dan profesional kita mengambil bagian secara online atau dalam bentuk hybrid dari fisik dan digital, pengalaman pengguna dalam dunia desain sudah menjadi hal penting yang senantiasa diperhatikan oleh tiap bisnis. Pengalaman pengguna atau UX menempatkan fokus pengguna pada produk atau produk digital dari sebuah bisnis, memastikan bahwa setiap hal dirancang dan dituliskan dengan fokus pengguna dalam benak masing - masing.
 
Setiap bagian penting dalam proses ini adalah mempertimbangkan copy yang akan muncul pada produk digital baik website ataupun mobile apps Anda. Konten dalam produk digital ini dapat membuat perbedaan antara pengalaman pengguna yang berkualitas, atau malah pengalaman yang buruk dan tidak jelas bagi pengguna.
 
Untuk membantu Anda lebih mengenal penulisan UX, kami menyusun artikel ini untuk membantu menjelaskan apa saja yang diperlukan dan memberikan tips untuk membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari copy UX produk digital Anda.
 
 
Apa Yang Dimaksud Dengan UX Writing?
 
Penulisan pengalaman pengguna merupakan proses membuat copy untuk website yang bermanfaat bagi pengguna dan membuat website Anda lebih mudah digunakan. Lalu, apa yang membedakan penulisan UX dengan jenis penulisan untuk website lainnya? Yang utama adalah perbedaan tujuan dan pendekatan. Misalnya:
 
  • Copywriter membuat copy produk digital dan halaman arahan dengan tujuan menarik prospek dan mengubahnya menjadi pendapatan.
  • Penulis blog membuat unggahan blog, artikel, dan konten informatif lainnya yang mendidik dan terkadang menghibur pembaca untuk tujuan pemasaran.

  • Penulis UX membuat copy website yang menjadikan produk digital lebih intuitif dan menyenangkan untuk digunakan, yang pada gilirannya meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pengguna terhadap keseluruhan pengalaman pengguna.
 
Penting untuk dicatat bahwa ketiga hal ini dapat dan harus bekerja sama dengan lancar. Penulisan UX dapat ditambahkan pada bentuk penulisan konten website lainnya dalam beberapa cara, termasuk dengan memastikan bahwa penelitian dan pengujian mendalam telah dilakukan untuk memastikan konten terbaik.
 
 
Untuk memahami penulisan UX lebih dalam, berikut beberapa komponen -komponen yang biasanya masuk ke dalam proses penulisan UX:
 
Mengapa UX Writing Penting Untuk Bisnis Anda
 
Menulis copy untuk website Anda bukanlah tugas yang mudah. Meskipun Anda mungkin mengetahui brand Anda luar dan dalam dan dapat menjelaskan penawaran Anda dengan baik, Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana perasaan pengguna dari website ketika mereka membaca copy yang Anda tuliskan. 
 
Hal ini bertujuan untuk membantu pengguna menciptakan hubungan positif dengan website dan brand Anda yang pada akhirnya dapat menghasilkan pertumbuhan bisnis yang signifikan.
 
 
 
 
Lebih praktisnya, pengguna perlu memahami alur dari website Anda dan apa yang akan mengarahkan mereka ke tempat yang mereka inginkan. Jadi misalnya, jika pengguna ingin melakukan pembelian pada website Anda tetapi salah memahami dan malah mengarahkan mereka ke halaman pembayaran, hal ini dapat mencegah pembelian untuk terjadi. 
 
 
Hal ini dapat berdampak langsung pada bisnis Anda. Oleh karena itu, penting untuk meluangkan waktu untuk mempertimbangkan penggunaan copy dan penempatan semua konten dalam website Anda.
 
Penulisan untuk UX produk digital juga memicu Anda untuk melihat apa yang brand Anda tawarkan, apa yang dibutuhkan pengguna dan apa yang mereka inginkan. Hal ini dapat membantu Anda dalam memproduksi copy yang menargetkan pengguna ideal, membuat mereka lebih mudah untuk membeli produk Anda dan meningkatkan kepuasan dari pengguna akan produk digital Anda. 
 
Tips Menulis UX Untuk Produk Digital Anda
 
Untuk membantu Anda mengimplementasikan UX writing dalam website atau produk digital lainnya, mari kita lihat beberapa tips yang dapat dipertimbangkan berikut ini : 
 
Berkolaborasi Dengan Tim Desain UX Secara Dekat
 
Tim desain dari produk digital Anda akan melakukan semua riset pengguna, wawancara, dan tes serta menghasilkan bahasa visual untuk kebutuhan website Anda. Cara terbaik untuk memastikan bahwa semua bagian dari tim memiliki pemikiran yang sama dalam hal tone dan tampilan bahasa adalah dengan bekerja sama sejak awal.
 
Anda juga perlu membuat produk digital yang lebih baik dengan menggunakan copy dan desain yang saling melengkapi. Dibandingkan dengan menulis konten yang kemudian harus direvisi kembali oleh tim desain, atau sebaliknya, Anda dapat bekerja sama untuk menciptakan hasil yang lebih kohesif.
 
Dengarkan Suara Pengguna Produk Digital Anda
 
Penting untuk berbicara dengan pengguna produk digital Anda berdasarkan tingkat pemahaman mereka terhadap penawaran dari bisnis Anda daripada menggunakan istilah yang mungkin biasa Anda gunakan di balik layar. Ketika Anda, tim penjualan, dan pemasaran berbicara dengan calon pelanggan, mereka tidak boleh menggunakan istilah yang terlalu teknis atau jargon khusus yang hanya dikenali oleh tim internal bisnis Anda.
 
Melakukan riset pengalaman pengguna (UX) dapat membantu Anda memahami apa yang akan dipahami pengguna dan apa yang mungkin terlalu "teknis" untuk dikenali bagi pengguna secara rata-rata. Anda, pada gilirannya, dapat menerapkan jenis bahasa ini ke dalam website atau produk digital lainnya. Hal ini akan memastikan bahwa pengguna akan merasa nyaman dengan konten dan penawaran yang bisnis Anda berikan.
 
 
 
 
Salah satu cara untuk menerapkannya adalah dengan menggunakan chatbot pada website atau produk digital Anda. Pastikan untuk menyapa pengguna sesuai pemahaman mereka dan memahami masalah yang mungkin mereka alami.
 
Hal ini sering kali dapat diterapkan dengan berbicara dengan nada santai dan ramah untuk memastikan semua orang merasa nyaman.
 
Gunakan Kalimat Kuat Untuk Mempertegas Respon Emosional Pengguna
 
Apa reaksi utama yang Anda ingin pengguna lihat saat membaca copy pada website Anda?
 
  • Apakah Anda ingin mereka merasa betapa membantunya  brand Anda?

  • Apakah Anda ingin mereka merasa didengarkan dan dipahami?

  • Apakah Anda ingin mereka puas dengan membiarkan bisnis Anda mengambil kendali setelah mereka mengisi formulir yang Anda berikan?

Penggunaan kata-kata yang kuat secara tepat dapat membangkitkan respons emosional dari pengguna Anda, membuat tulisan Anda lebih persuasif bagi mereka. Hal ini dapat membantu Anda mendapatkan respons yang diinginkan dari pengguna.
 
Ingatlah bahwa penulisan UX perlu meningkatkan pengalaman dari pengguna, bukan membuat mereka gelisah atau merasa bersalah karena tidak mengambil tindakan. Jadi, perhatikan emosi seperti apa yang dirasakan oleh pilihan kata Anda.
 
Gunakan Kalimat Aktif Dibandingkan Pasif
 
Salah satu manfaat dalam menuliskan copy dengan kalimat aktif adalah memberikan pengguna rasa dimana mereka memiliki kontrol.  Kalimat aktif juga terasa lebih jelas dan tidak memaksa pengguna untuk memahami secara sulit tentang apa yang Anda katakan.
 
 
 
 
Bantu Pengguna Untuk Lebih Fokus
 
Bukan hanya tugas desainer untuk membuat copy Anda terlihat berkualitas. Dengan memformat copy untuk UX, Anda akan memastikan bahwa pengguna memperhatikan apa yang Anda tulis dan mencerna sepenuhnya menjadi bagian terpenting. Pertimbangkan untuk menggunakan penanda visual seperti judul dan font tebal.
 
Taktik organisasi lain yang perlu diingat adalah hierarki. Dengan hierarki, Anda dapat menggunakan ukuran font, format font, serta urutan copy Anda untuk menyampaikan konten mana yang paling penting dan harus dibaca terlebih dahulu.



Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pahami lebih dekat tentang penulisan berbasis UX atau UX Writing ketika mengembangkan produk digital untuk bisnis Anda. Jika Anda masih membutuhkan bantuan dalam mengelola dan mengembangkan website dan UI UX Design yang sesuai dan diperlukan untuk bisnis Anda dengan harga yang bersaing dan juga kualitas yang tidak diragukan, Eannovate hadir untuk Anda.
 
Selain itu, untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Alterspace solusinya.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon