Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal UI UX Design Dari Mata Pengguna

17 Mar 2022 by Billy Gani
Setiap unggahan yang kami terbitkan memiliki satu pemikiran utama yang berdiri di belakang setiap kasus desain yang efisien - merancang desain untuk pengguna dan Anda harus mengingat pengguna dalam setiap langkah prosesnya.
 
Dimulai dari penelitian UX,wireframing UX, pembuatan prototipe hingga bagian desain dan pengujian UI, setiap desainer harus selalu mengingat bahwa sepanjang perjalananan desain, mereka bukan hanya menjadi seniman, pencipta, atau konseptualis. Anda juga merupakan pemecah masalah dari pengguna. 
 
Setiap keputusan yang Anda buat harus didasarkan pada satu alasan sederhana namun penting -  membuat hidup pengguna lebih mudah atau lebih nyaman dengan kehadiran platform digital Anda.
 
Dalam sebagian besar kasus, semakin baik kita mengenal pengguna dan ingin mengenal mereka lebih banyak, semakin baik hasil yang tentunya akan Anda dapat.
 
Mungkin memang saat ini kita membahas informasi yang mendasar, tetapi dasar - dasar ini sangat vital dan dapat menjadi dasar yang kokoh untuk produk yang efisien atau sebaliknya. Jika tidak dipertimbangkan, membuat solusi desain yang hebat hanya akan membuat bisnis Anda goyah dan tidak efisien.
 

Saya Adalah Pengguna, Semuanya Harus Sederhana Tetapi Tidak Terlalu Sederhana

 
Tidak diragukan lagi, Albert Einstein tidak memiliki kesamaan dengan bidang desain UI/UX dalam pemahaman modernnya. Namun, dalam bidang ini, kata-katanya tentang "Semuanya harus dibuat sesederhana mungkin, tetapi tidak terlalu sederhana" dapat diterapkan sebagaimana adanya. Hal ini sebenarnya menjadi dasar dari desain UI / UX pengguna yang efisien dan memberikan pengalaman pengguna yang positif.
 
Untuk peneliti pengguna seperti desainer dan QA tester, penting untuk diingat bahwa sederhana tidak berarti Anda harus kembali pada era primitif – hal ini dapat menjadi jebakan besar yang harus diwaspadai. 
 
Dengan membuat tampilan produk digital menjadi sederhana, Anda dapat menemukan cara terpendek dan terbaik untuk memecahkan masalah pengguna atau memenuhi kebutuhan mereka. Produk yang sederhana membuat Anda dapat memberikan solusi canggih yang tidak terlihat oleh pengguna dan terasa alami dalam perjalanan pengguna.
 
Dengan membuat tampilan dari produk digital Anda sederhana, Anda dapat membantu pengguna dalam melakukan sesuatu tanpa usaha tambahan, kebingungan, dan beban tertentu. Di sisi lain, tampilan desain yang kuno atau tidak up to date dapat diartikan akan pengaplikasian yang terlalu banyak disederhanakan. 
 
Hal ini dapat mengganggu pengguna baik secara sadar ataupun dari pengalaman bawah sadar mereka yang mungkin merasa diperlakukan seperti orang yang amatir dan kurang melek teknologi. Menjaga keseimbangan dari kedua hal ini sangat penting untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih positif terhadap bisnis Anda.
 

Saya Ingin Platform Digital Yang Mudah

 
Dalam kebanyakan kasus, bagi banyak pengguna, pengalaman pertama mereka ketika berinteraksi dengan produk tertentu terjadi ketika siang hari. Kesan pertama pada penampilan dan interaksi nyata pertama ini mampu melibatkan pengguna dalam hubungan jangka panjang dengan produk atau bisnis Anda.
 
Itulah mengapa Anda atau tim designer harus membuat awal interaksi pengguna dengan produk atau layanan Anda menyenangkan, mendorong, ramah pengguna, dan semulus mungkin. Sangat penting untuk membuat tahap ini alami dan informatif, untuk menunjukkan fitur terbaik yang menarik bagi pengguna, dan pada saat yang sama tidak menghabiskan terlalu banyak waktu pengguna.
 
Landasan kuat yang memungkinkan fitur ini adalah memahami apa inti masalah pengguna dan apa yang akan dapat diselesaikan pengguna dengan produk Anda. Menganalisis kemampuan dan fitur spesifik dari pengguna akan membantu Anda menemukan solusi yang efisien dan interaksi yang cepat serta mudah agar pengguna dapat memahami cara kerja produk.
 
Berbagai tip alat dan tutorial,, infografis, interaksi animasi, dan sejenisnya dapat menjadi cara yang tepat untuk membuat pengguna merasa nyaman dengan produk Anda.
 

Saya Ingin Produk Tersebut Jelas Dan Mudah Dipahami

 
Inilah saatnya untuk mengingat kata-kata dari salah satu pelopor terkenal dalam desain informasi dan visualisasi data Edward Tufte yang mengatakan bahwa “desain yang baik sangat mirip dengan pemikiran jernih manusia yang dibuat secara visual.” 
 
Pengguna harus dengan mudah memahami apa yang terjadi dalam setiap tahap pada website atau aplikasi Anda. Hal ini harus menjadi jalan yang menyenangkan bagi mereka bukan perjalanan yang sulit dan membingungkan. Hal ini juga merupakan aspek terpenting dari pekerjaan designer.
 
Tetapi, tidak berarti bahwa setiap desain harus diselesaikan dengan sederhana dalam satu hari – tanpa analisis ayakan target audiens, kebutuhan, keinginan, serta kebiasaan mereka. Anda berisiko membuat mereka membosankan. Dan terkadang, sedikit tantangan seperti elemen gamifikasi atau pemecahan masalah dan sejenisnya dapat melibatkan pengguna; namun, semuanya harus tetap dapat  diterima dengan mudah.
 
Selain itu, setiap interaksi mikro harus memberikan umpan balik yang cepat dan jelas kepada pengguna. Begitulah cara produk Anda secara visual dapat berkomunikasi dengan pengguna. Ketika menekan tombol atau mengunggah file, menambahkan pengikut, atau mencari produk yang diperlukan, pengguna harus melihat dengan jelas bagaimana sistem telah bereaksi dan apa langkah selanjutnya.
 
Aspek lain yang perlu dipertimbangkan dalam perspektif ini adalah masalah keterbacaan, navigasi, konvensi, keterjangkauan, dan penanda.
 

Saya Ingin Produk Anda Membantu Hidup Saya

 
Dalam sebagian besar situasi, setiap orang senantiasa memperhatikan teknologi, khususnya untuk mobile apps dan website, sebagai uluran tangan dalam kehidupan sehari-hari atau rutinitas profesional mereka. Bantuan ini bisa sangat beragam - mulai dari bantuan literal dalam membeli produk tertentu, memesan tiket, terhubung dengan teman, atau menyimpan data penting, hingga hal kecil yang lebih metaforis, seperti mencari hiburan yang baik dan sesuai, mengobrol, mengembangkan kemampuan diri,  dan sebagainya.
 
Segera setelah pengguna melihat jenis bantuan yang diberikan produk Anda kepada mereka, mereka siap untuk berpindah pada langkah selanjutnya. Hal ini menjadi salah satu dasar yang baik untuk meningkatkan pengalaman pengguna yang positif.
 
Satu lagi aspek dapat membantu Anda adalah mencegah kemungkinan masalah, kesalahan, dan titik kebingungan pengguna dalam proses interaksi dengan produk. Navigasi yang efisien dan intuitif, umpan balik yang cepat dan jelas yang telah disebutkan di atas serta berbagai tips, pencarian otomatis, petunjuk, dan hal lain semacam ini dapat membuat pengalaman menjadi alami dan membantu pengguna menghindari emosi negatif yang mereka rasakan dari interaksinya dengan produk atau layanan dari bisnis Anda.
 

Saya Ingin Tampilan Produk Digital Yang Menarik

 
Seorang pakar Don Norman pernah menyebutkan bahwa “tidaklah cukup jika Anda hanya membangun produk yang berfungsi, dapat dimeanngerti dan dapat digunakan. Anda juga perlu membangun produk yang membawa kesenangan, dan keindahan bagi kehidupan setiap orang.”
 
Ada banyak tips, peribahasa, dan ucapan yang meyakinkan bahwa orang bijak tidak menilai buku dari sampulnya, tetapi pada kenyataannya, tampilan yang menarik masih menjadi kartu undangan bagi orang. Tentu saja, tampilan yang menarik untuk aplikasi atau website ini tidak akan berarti apa-apa jika isinya kosong, tidak berguna, dan tidak menyelesaikan masalah apa pun.
 
Namun, jika produknya kurang menarik, pengguna bahkan tidak akan mengalihkan pandangannya ke produk Anda. Mereka tidak akan mengidentifikasinya di antara berbagai aplikasi yang lain di AppStore atau PlayStore. Mereka tidak akan merasakan minat dan keingintahuan yang merupakan awal dari begitu banyak pertemuan, dan hubungan yang erat, termasuk ketika memilih produk untuk penggunaan sehari-hari.
 
Jadi, tampilan sangat penting karena merupakan salah satu faktor terpenting yang mendorong pengguna untuk mencoba produk Anda. Selain itu, indah, menarik, dan sesuai dengan target audiens, gaya visual yang dilakukan dengan baik dan konsisten dari semua elemen desain memenuhi kebutuhan estetika dan mempercantik kehidupan dari pengguna. Praktik menunjukkan bahwa hal ini menjadi salah satu faktor penting dalam mempertahankan banyak pengguna.
 
 
 
 
 
Berikut adalah beberapa pandangan mengenai UI UX Design dari mata pengguna yang mungkin perlu Anda perhatikan ketika merancang desain untuk produk digital seperti website ataupun mobile apps dari bisnis Anda. Jika Anda masih membutuhkan bantuan dalam mengelola dan mengembangkan website dan UI UX Design yang sesuai dan diperlukan untuk bisnis Anda dengan harga yang bersaing dan juga kualitas yang tidak diragukan, Eannovate hadir untuk Anda.
 
Selain itu, untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Alterspace solusinya.
 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon