Image

QUICK CONTACT













Image

Menanamkan Empati Dalam Interaksi Dengan Pengguna Dari Produk Digital Anda  

17 Oct 2022 by Billy Gani
Berempati dengan pengguna dari produk digital Anda dapat menghasilkan produk dan layanan yang berkualitas. Empati datang dari adanya pemahaman - mengetahui apa yang dirasakan dan dialami oleh orang lain, apa masalah yang mereka hadapi, dan apa emosi yang mereka miliki. Hal ini jauh lebih dalam dari sekedar mengetahui apa kondisi mereka - tetapi juga melihat diri Anda dalam posisi mereka.
 
Dalam artikel berikut ini kami berikan beberapa informasi dan alat desain serta tips untuk membantu Anda memperkuat empati kepada pengguna dan meningkatkan riset UX dari produk digital. 
 
Tetapi, bagaimana hal ini berhubungan langsung dengan desain dari produk digital Anda?

Empati Pengguna

Empati pengguna membuat Anda lebih mudah dalam memposisikan diri Anda dalam sepatu mereka serta memahami secara mendalam tentang perspektif, kebutuhan, ketakutan, dan motivasi yang mereka miliki. Aktivitas ini penting bagi desain dari produk digital Anda yang ingin menggunakan inovasi di dalamnya. “Empati merupakan jantung dari desain, tanpa pemahaman mendalam tentang bagaimana orang lain melihat, merasakan, mengalami, desain hanyalah pekerjaan yang dilakukan tanpa arah.” — Tim Brown, IDEO.
 
Tujuan dari desain adalah menyelesaikan dan memberikan solusi pada sebuah masalah atau mendukung pengguna dalam proses penyelesaiannya. Dan berbeda dengan simpati, empati lebih mendorong designer untuk mencari solusi dari permasalahan yang dialami oleh pengguna. Perilaku penyelesaian masalah ini membuat empati menjadi lebih kuat jika dibandingkan dengan simpati dalam dunia desain.
 
Menurut Nielsen Norman Group, kasih sayang merupakan hal terlengkap dari hadirnya empati, dan rasa kasihan merupakan pemutus koneksi dan versi abstrak dari simpati.
 
 
Ketika tim desain dari produk digital Anda diminta untuk memberikan rasa “sayang” kepada pengguna, empati tentunya menjadi bagian dari pengembangan produk digital tersebut.


Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mempraktekkan Empati Dalam Proses Desain

 
Tim desain Anda perlu dimotivasi untuk mengedepankan pengguna dalam setiap proses desain. Namun, ada beberapa poin dari desain dimana empati pengguna dapat ditambahkan dengan beberapa teknik dan alat. Ada 3 area dimana hal ini dapat diterapkan :

Empati Dalam Riset UX

Di bidang karir lain, empati mungkin merupakan soft skill, tetapi bagi peneliti UX, empati merupakan alat yang baik untuk penelitian pengguna yang berdampak positif. Riset pengguna adalah tahap pertama dan paling vital dalam membangun produk digital yang sukses. 
 
Lagi pula, jika pengguna disalah artikan atau disalah pahami, Anda berisiko merancang keseluruhan produk dengan gagasan dan asumsi yang salah.
 
Riset pengguna menetapkan dasar untuk bagaimana bisnis dan tim desain memahami pengguna akhir dan bagaimana tim Anda memilih untuk merancang desain produk. Namun, sebagai manusia, kita selalu dapat bias dalam beberapa hal. Jadi, mempraktikkan empati secara aktif membantu peneliti UX mengesampingkan sudut pandang mereka.
 
Metode penelitian UX yang menggunakan empati seperti wawancara pengguna dan penyelidikan kontekstual digunakan pada berbagai tahap pengembangan produk. Dengan penelitian kualitatif, peneliti UX bergerak melewati "fakta dan angka" ke "mengapa" di balik perilaku pengguna terkait produk digital.

Empati Dalam Desain UX

Empati merupakan langkah pertama dalam pemikiran desain karena suatu alasan. Hal ini menjadi satu-satunya cara untuk merancang produk yang berpusat pada manusia dan memecahkan kebutuhan aktual. Pentingnya empati untuk dirangkum dalam aturan praktis desain UX yang populer ini: ’Anda bukan pengguna.’
 
Mantra ini menjadi penting dalam dunia desain karena sudah menjadi sifat manusia untuk menganggap orang berpikir atau bereaksi terhadap hal-hal tertentu dengan cara yang sama seperti Anda. Faktanya, memproyeksikan perilaku, rasa suka, dan tidak suka pada orang lain adalah hal yang biasa.
 
Untuk desainer UX, hal ini dapat diasumsikan bahwa pengguna memahami produk seperti yang Anda lakukan. Tetapi dengan melatih empati pengguna, kami memiliki cara untuk mencegah perancangan produk yang hanya cocok untuk diri Anda sendiri. Salah satunya adalah persona pengguna, alat yang berfungsi sebagai sumber kebenaran terpadu di seluruh pengembangan produk digital.
 
Dalam desain UX, memprioritaskan kebutuhan, motivasi, dan poin masalah pengguna adalah yang terpenting. Dengan merangkul empati dalam proses desain, Anda dapat merancang produk yang efektif dengan alur pengguna yang lancar dan desain UI yang baik yang meningkatkan pengalaman pengguna.

Empati Dalam Penulisan UX

Ketika pengguna menggunakan produk digital Anda, mereka masuk ke dalam hubungan memberi-dan-menerima. Mereka memberi Anda perhatian terbatas, dan mereka berharap mendapatkan nilai dari Anda. Satu-satunya cara mereka untuk mendapatkan nilai ini adalah melalui komunikasi yang efektif – melalui kata-kata di dalam produk.
 
Pikirkan seperti ini. Anda sedang mencari tempat makan ketika dekorasi restoran menarik perhatian Anda. Anda masuk, bersemangat untuk mencoba makanan mereka, tetapi Anda tidak dapat menemukan menu dengan jelas. Ada begitu banyak masalah komunikasi yang menghalangi Anda untuk mendapatkan makanan yang Anda harapkan. Frustrasi, Anda bangun dan pergi.
 
Begitu pula dengan produk digital.

Jika Anda tidak membuat penulisan UX dengan benar, desain yang sebagaimana cantiknya pun tidak akan diperhatikan lagi.

Seperti desain UX, empati dalam penulisan UX dimulai dengan penelitian kualitatif. Penulis pengalaman pengguna mempertimbangkan kebutuhan, motivasi, dan konteks penggunaan pengguna, untuk mengidentifikasi dan menghilangkan masalah apa pun yang mungkin dihadapi pengguna saat menggunakan produk.
 
Hal ini lebih dari sekadar kata-kata dalam layar - hal tersebut adalah satu-satunya cara pengguna dapat memahami produk dan bagaimana menggunakannya untuk kebutuhan mereka.
 
Empati diperlukan untuk memandu pengguna dengan benar, berkomunikasi dengan mereka, dan membuat pengalaman mereka lancar dan produktif. Aturan dasar penulisan UX adalah menjaga agar copy di dalam produk tetap ringkas, jelas, dan konsisten.

Tips Untuk Membantu Anda Memahami Pengguna dari Produk Digital Anda

Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk memprioritaskan pengguna dalam proses desain :
  • Berhati - hati dengan bias Anda
  • Amati bagaimana pengguna berinteraksi dengan produk di lingkungan alami mereka
  • Perhatikan kosakata pengguna Anda. Pengguna sering kali menjadi penulis terbaik.
  • Ajukan pertanyaan terbuka
  • Pekerjakan tim yang beragam, dan rekrut grup pengguna yang beragam
  • Coba sendiri produk Anda

Empati - Kunci Membangun Produk Digital Yang Sukses

Meskipun merancang produk untuk menghasilkan keuntungan itu baik, produk yang mengutamakan empati pengguna akan bergerak dengan lebih baik. Mereka sering menjadi pengubah permainan seperti iPod, Uber, dan banyak perusahaan lain.
 
Dengan memahami pengguna Anda dan melihat sesuatu dari sudut pandang mereka, Anda dapat membangun produk yang berharga dan menguntungkan yang menyelesaikan kebutuhan aktual. Anda juga menyingkirkan asumsi bias lebih awal dan mencegah kesalahan yang mahal.

Senantiasa Pilih Fakta Dibandingkan Asumsi

Secara alami, kita membuat asumsi tentang banyak hal dalam kehidupan kita sehari-hari – dan kita cenderung melakukan hal yang sama dengan desain. Kami berasumsi bahwa pengguna berpikir seperti kami, menginginkan fitur yang kami yakini hebat, tetapi seringkali tidak demikian. Dalam hal desain, empati yang tidak berdasarkan fakta akan menyesatkan Anda.
 
Jadi, ketahui siapa pengguna Anda, pahami mereka, dan rangkul perspektif mereka. Waktu dan latihan akan membantu Anda menguasai empati dan membangun produk yang bernilai.
 
Berikut adalah beberapa cara dalam menanamkan empati dalam interaksi dengan pengguna dari produk digital yang dapat Anda pertimbangkan penggunaannya. Jika Anda masih membutuhkan bantuan dalam mengelola dan mengembangkan website dan UI UX Design yang sesuai dan diperlukan untuk bisnis Anda dengan harga yang bersaing dan juga kualitas yang tidak diragukan, Eannovate hadir untuk Anda.
 
Selain itu, untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon