Image

QUICK CONTACT













Image

Kenali Lebih Dekat Akan Jenis & Fungsi Ikon UI Bagi Produk Digital Anda

19 Dec 2023 by Billy Gani
Ikon pada tampilan antarmuka pengguna merupakan elemen yang tidak dapat diremehkan untuk sebuah produk digital. Kecil dan bermakna, penggunaannya memecahkan banyak masalah. Ikon dapat menjadi kunci kecil menuju fungsi penggunaan dan navigasi yang lebih intuitif. 
 
Salah satu guru desain pengalaman pengguna, Steve Jobs berkata: “Detail itu penting, ada baiknya untuk memperhatikannya dalam waktu yang panjang sebelum memperbaikinya.” Jelas sekali, ikon berada di bagian atas detail sehingga membuat tampilan antarmuka untuk dapat digunakan dan di navigasikan. 
 
Karena itu, dalam artikel berikut ini, mari kita bahas apa saja jenis dan bagaimana fungsi serta penggunaannya untuk merancang desain antarmuka produk digital yang lebih baik.
 
 
Definisi Ikon Dalam Tampilan Antarmuka
 
Secara umum,  ikon dapat diartikan sebagai suatu gambar yang mempunyai nilai simbolik dan digunakan untuk tujuan komunikasi. Ikon menghadirkan tanda-tanda yang bersifat informatif dan mendukung pertukaran data antara pelapor dan penerima disertai dengan kata-kata dan kalimat - Dimana copy yang biasa disajikan dengan huruf atau karakter, ikon berkomunikasi melalui gambar yang menunjukkan kemiripan dengan objek dunia fisik.
 
Dalam komputasi dan desain digital, ikon menjadi sebuah piktogram atau ideogram yang digunakan pada tampilan antarmuka website atau mobile apps untuk mendukung fungsi kegunaannya dan memberikan keberhasilan alur interaksi antar produk digital Anda dan pengguna.
 
Ketika ingin memahami lebih dalam akan manfaat penggunaan ikon dalam tampilan antarmuka, salah satu hal penting di antaranya adalah kemampuannya untuk mengganti kehadiran dan penggunaan teks. 
 
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ikon yang mudah dikenali dan jelas mempunyai potensi besar dalam memperkuat navigasi karena kebanyakan pengguna akan memindai gambar lebih cepat dibandingkan dengan kata-kata.
 
Namun, kesalahan persepsi sekecil apa pun dapat menjadi penyebab buruknya UX sehingga solusi pada jenis ikon harus diuji secara cermat untuk mencapai keseimbangan yang baik antara ikon dan copy untuk target audiens tertentu.
 
 
Jenis Ikon Berdasarkan Fungsinya 
 
 
Ikon Untuk Memberikan Klarifikasi
 
Jenis ikon ini merupakan ikon yang ditujukan untuk penjelasan. Ikon ini adalah penanda visual yang menjelaskan fitur tertentu atau menandai kategori konten tertentu. Dalam beberapa kasus, ikon dengan jenis ini bukan menjadi elemen tata letak interaksi secara langsung. Dan juga, Anda sering dapat menemukan penggunaannya dalam kombinasi dengan copy yang mendukung maknanya.
 
 
 
 
Trik ini mengaktifkan beberapa elemen persepsi dalam satu interaksi sehingga memberikan pengenalan yang lebih baik untuk elemen ajakan bertindak. Orang yang langsung memahami simbol yang ditransfer dengan ikon tersebut, tidak akan terlalu memperhatikan copy di dekatnya. Hal yang sama akan terjadi pada mereka yang mempunyai masalah dengan pengenalan copy secara cepat.
 
Namun, menggunakan copy bersamaan dengan ikon mengurangi risiko kesalahpahaman atau interaksi yang salah bagi orang-orang yang mungkin salah menafsirkan makna dari ikon terkait.
 
Ikon Interaktif 
 
Ikon dengan jenis interaktif ini terlibat langsung dalam proses interaksi dan merupakan pendukung inti dari navigasi produk digital. Jenis ikon ini dapat diklik atau ditekan dan merespons permintaan pengguna dengan melakukan tindakan yang dilambangkan olehnya. Tujuan utama penggunaannya adalah memberitahu pengguna tentang fungsi atau fitur di balik tombol, kontrol, dan elemen interaksi lainnya.
 
 
Ikon Dekoratif & Hiburan
 
Ikon dengan jenis ini lebih menekankan pada daya tarik estetika daripada fungsionalitas. Namun, aspek ini juga penting dan perlu dipertimbangkan karena gaya dan penampilan sesuai dengan preferensi dan harapan dari pengguna menjadi dasar kuat bagi tingginya keinginan untuk bertindak yaitu pembelian produk atau konversi lainnya.
 
 
 
 
 
Jika diterapkan dengan bijak, ikon dengan jenis ini merupakan salah satu fitur yang tidak hanya dapat menarik tetapi juga mempertahankan pengguna dan menambah banyak pengalaman pengguna yang positif. Ikon dekoratif sering digunakan untuk menampilkan fitur musiman dan penawaran khusus.
 
 
Ikon Aplikasi
 
Ikon untuk aplikasi merupakan bentuk dari logo brand yang memiliki fungsi interaktif untuk menampilkan aplikasi pada berbagai platform yang mendukung identitas asli dari produk digital. Dalam kebanyakan kasus, jenis ikon ini menampilkan logo aplikasi yang dirancang sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan untuk ikon terkait.
 
 
 
 
Namun ikon dengan jenis ini juga mengaplikasikan hal lain, misalnya maskot atau kombinasi abstrak dari warna brand Anda. Solusi efektif biasanya didasarkan pada riset pasar dan persaingan menyeluruh dengan tujuan menciptakan ikon orisinal yang tidak akan hilang di layar yang penuh dengan ikon aplikasi lainnya.
 
 
Fitur Kunci Untuk Merancang Ikon Yang Berkualitas bagi Produk Digital
 
Berikut beberapa fitur penting yang perlu diperhatikan ketika merancang ikon untuk produk digital Anda :
 
 
Kejelasan – Makna penggunaan ikon dapat dimengerti dan dapat diakses oleh target audiens.
 
 
Bermakna – Ikon dapat mentransfer nilai informatif untuk pengguna
 
 
Mudah Dikenali – Ikon harus menjadi penanda visual yang diterapkan dengan bentuk yang dapat dikenali dan diterjemahkan dengan benar oleh pengguna
 
 
Sederhana – Ikon tidak dapat dipenuhi dengan elemen grafis yang tidak penting sehingga dapat dengan cepat dilihat dan dipahami tanpa terlalu banyak usaha oleh pengguna.
 
 
Orisinal & Mudah Disadari  – Ikon perlu dirancang untuk menonjol di antara elemen antarmuka serupa lainnya, terutama untuk ikon aplikasi.
 
 
Skalabel  & Fleksibel – ikon perlu dirancang secra utuh kesatuan sehingga integritas, dan keterbacaannya dalam berbagai ukuran dan resolusi dapat mudah diakses.
 
 
Menarik – Ikon perlu memenuhi daya visual dengan estetika dan memberikan daya tarik visual yang harmonis di mata pengguna
 
 
Non-Ofensif – Ikon dirancang untuk tidak memiliki makna tersembunyi atau kesalahan persepsi yang dapat terasa menyinggung atau kasar bagi sebagian target audiens tertentu.
 
 
Konsisten – ikon dirancang untuk senantiasa sesuai dengan konsep gaya umum tata letak yang diterapkan.
 




Berikut adalah beberapa hal tentang jenis & fungsi dari penggunaan ikon UI untuk mengembangkan produk digital untuk bisnis Anda. Jika Anda masih membutuhkan bantuan dalam mengelola dan mengembangkan website dan UI UX Design yang sesuai dan diperlukan untuk bisnis Anda dengan harga yang bersaing dan juga kualitas yang tidak diragukan, Eannovate hadir untuk Anda.
 
Selain itu, untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Alterspace solusinya.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon