Image

QUICK CONTACT













Image

Kenali Jenis Konten Interaktif UX Yang Meningkatkan Engagement Pengguna

14 Jul 2022 by Billy Gani
Bukan rahasia lagi, tidaklah cukup jika Anda hanya menarik perhatian pengguna ke produk Anda, terutama sekarang dengan banyak kompetitor pada pasar Anda. Tujuan strategisnya adalah untuk membuat mereka terkesan, terlibat, dan memotivasi untuk menggunakan produk Anda membeli lagi dan lagi. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan konten interaktif seperti video, game, polling, survei, kuis, ebook, dan berbagai macam hal lainnya.
 
Dalam artikel ini, kami ingin memberikan informasi Anda untuk melihat lebih dekat jenis konten interaktif paling populer pada tampilan antarmuka dan website modern saat ini dan bagaimana hal tersebut dapat memperkuat keterlibatan pengguna.

Apa Yang Sebenarnya Dimaksud Dengan Konten Interaktif?

Konten interaktif adalah jenis konten yang melibatkan pengguna dari website atau aplikasi untuk berinteraksi, dan cara ini membuat mereka menjadi peserta aktif, bukan pengguna pasif. Jadi, konsep utama di balik semua jenis konten interaktif adalah partisipasi, meskipun tujuannya dapat sangat berbeda, dari menyediakan data praktis hingga hiburan yang menambahkan efek wow sebagai bagian dari pengalaman pengguna.
 
Efek positif dari konten interaktif dengan berbagai jenis telah ditentukan dengan baik oleh pengaruh media sosial, yang memberikan pemahaman mendasar tentang seberapa tinggi orang menghargai kemampuan untuk merespons, berinteraksi, dan terlibat secara aktif dalam pengalaman digital, bukan hanya menjadi pengamat pasif.
 
Jadi, dari website dan aplikasi yang biasanya memiliki niche kecil hingga brand yang sudah besar, e-commerce, dan platform informatif, Anda sebagai salah satu penyedia produk digital dapat berusaha menggunakan kekuatan ini dalam berkomunikasi dengan pelanggan dan pengunjung untuk meningkatkan keinginan dan emosi yang menjadikan pengalaman tersebut dekat dan menarik.

Jenis Konten Interaktif

Video

Selama beberapa dekade terakhir, produsen dari berbagai produk digital telah mengembangkan berbagai jenis konten interaktif dan tampaknya terus memikirkan yang baru dalam mode non-stop. Mari kita lihat jenis apa yang efektif digunakan dalam website atau aplikasi milik Anda :
 
Konten video secara bersamaan mengaktifkan beberapa saluran persepsi – audio, visual, dan gerakan – dan biasanya merangkainya dalam sebuah cerita. Kombinasi faktor ini sering kali membuat presentasi video menjadi kuat, emosional, dan mudah diingat.
 
Video menarik yang dibuat dengan pemahaman tentang target audiens adalah alat yang menarik perhatian pelanggan serta metode yang baik untuk memberi tahu mereka dengan cepat dan jelas. Selain itu, manfaat yang signifikan adalah hubungan yang kuat dengan pengalaman kehidupan nyata yang disediakan oleh berbagai jenis video, memiliki kekuatan besar dalam mengatur asosiasi dan mendorong empati dari audiens.

Demonstrasi Produk

Jenis konten interaktif ini semakin populer, dan Anda sebagai pembuat konten melakukan yang terbaik untuk meningkatkan format demo produk yang ada dan menemukan hal baru untuk mengesankan pelanggan.
 
Sekarang Anda dapat melangkah lebih jauh dari presentasi video yang sudah akrab bagi pengguna - Anda juga dapat menemukan demo interaktif yang menunjukkan tampilan 360 derajat dari produk atau tempat, streaming langsung yang memungkinkan Anda atau tim untuk berkomunikasi langsung dan membuat pengguna dapat mengajukan pertanyaan tentang produk, dan sebagainya.
 
Karena itulah pendekatan kreatif ini membantu brand Anda menunjukkan dan memberitahu lebih banyak tentang penawaran mereka dan melibatkan pengguna untuk mempelajari lebih lanjut dan mencoba produk yang Anda tawarkan.

Polling, Kuesioner & Survei

Poin-poin ini termasuk dalam cara keterlibatan dan interaktivitas paling klasik yang berakar pada pengalaman yang telah dikenal dan cukup umum jauh sebelum menjadi bagian dari dunia digital.
 
Jajak pendapat dan survei menghadirkan salah satu alat paling efektif untuk personalisasi UX dan mengatur perasaan komunikasi langsung antara brand Anda dan pengguna. Tantangan utama di sini adalah menjaga keseimbangan dan tidak terlalu memperumit pengalaman agar pengguna tidak bosan.

Peta

Dalam beberapa tahun terakhir, peta interaktif telah meningkatkan popularitasnya tidak hanya sebagai produk independen tetapi juga sebagai bagian berharga dari pengalaman pengguna di berbagai website atau aplikasi.
 
Misalnya, peta interaktif dapat digunakan untuk mendukung kelancaran arus pengguna dalam layanan pengiriman dan pengiriman atau membantu bisnis yang berbeda dalam menyediakan pelanggan mereka dengan kemampuan untuk membangun rute dan sampai ke tempat lebih cepat.
 
Selain itu, peta interaktif dapat menjadi alat yang sangat baik untuk visualisasi data untuk berbagai editorial, media, dan sumber daya berbasis informasi lainnya.

Infografik

Istilah ’infografis’ digunakan untuk menyebut pendekatan yang berbeda untuk mewakili sebagian besar informasi, data, atau pengetahuan secara grafis dengan cara yang memudahkan pembaca dan pemirsa untuk memproses, memahami, dan mengingat.
 
Untuk mencapai tujuan itu, desainer menggunakan alat dan pola berbeda yang membantu mempercepat dan meningkatkan persepsi visual dan mengaktifkan kemampuan alami otak manusia.
 
Berkembang ke dunia digital, infografis melompat ke tidak hanya diversifikasi grafis tetapi juga interaktivitas dan gerak, menjadikannya lebih dinamis, mengesankan, dan efektif.
 
 
Berikut adalah beberapa jenis konten interaktif yang dapat Anda perhatikan dalam merancang produk digital seperti website ataupun mobile apps dari bisnis Anda dengan UI / UX di dalamnya. Jika Anda masih membutuhkan bantuan dalam mengelola dan mengembangkan website dan UI UX Design yang sesuai dan diperlukan untuk bisnis Anda dengan harga yang bersaing dan juga kualitas yang tidak diragukan, Eannovate hadir untuk Anda.
 
Selain itu, untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon