Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Lebih Dalam Tentang Pengujian Regresi Dalam Software Development

05 Apr 2024 by Billy Gani
Jika bisnis Anda tertarik pada pengembangan  software, Anda mungkin pernah mendengar istilah pengujian regresi. Pengujian regresi merupakan bagian penting dari proses pengembangan software dan memastikan bahwa produk software development dari bisnis Anda berfungsi dengan benar seiring perubahannya.
 
Jika Anda memiliki produk digital dengan software development aktif dan senantiasa diperbarui untuk memperbaiki bug atau menambahkan fitur baru, bisnis Anda harus melakukan pengujian regresi. Dalam artikel ini, kami mencoba untuk  menjelaskan proses pengujian regresi dan manfaatnya untuk produk digital dari bisnis Anda. 
 
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Pengujian Regresi?
 
Pengujian regresi merupakan jenis pengujian software yang digunakan setiap ada perubahan akan kode atau perubahan apapun untuk sistem software dari produk digital yang bisnis Anda miliki. Pengujian regresi memastikan kode yang baru agar tidak mendatangkan bug baru atau menyebabkan masalah pada performa dari software bisnis Anda.
 
Dan juga, pengujian regresi otomatis dapat dimasukkan ke dalam prosedur atau fitur pengujian regresi manual ketika perubahan kode terjadi secara langsung. Pengujian regresi otomatis menghemat waktu dan memaksimalkan efisiensi dari kinerja tim developer Anda. 
 
 
Pentingnya Pengujian Regresi Untuk Software Development Bisnis Anda
 
Pengujian regresi sangat penting untuk keberhasilan setiappengembangan software digital. Pengujian regresi memastikan bahwa perubahan kode tidak menimbulkan bug baru atau menyebabkan kegagalan pada software digital dari bisnis Anda.
 
Pengembangan software digital modern seringkali berjalan cepat berkat pemanfaatan metodologi Agile. Oleh karena itu, pengujian regresi sangat penting bagi kemampuan tim developer Agile dalam menghadirkan produk software digital berkualitas tinggi tanpa mengganggu kecepatan mereka.
 
Pengujian regresi memungkinkan developer untuk memasukkan kode baru dengan keyakinan bahwa mereka tidak merusak fitur-fitur penting dan komponen-komponen yang sudah berfungsi dengan benar. Dengan alat pengujian regresi, developer dapat mengembangkan kasus pengujian dengan mencari kesalahan spesifik yang umum terjadi untuk memaksimalkan efisiensi.
 
Pengujian regresi bawaan ini membentuk rangkaian pengujian regresi yang dapat digunakan developer untuk menjalankan kasus pengujian dengan cepat ketika ada perubahan pada kode. Seiring berkembangnya rangkaian uji regresi, pemilihan uji regresi menjadi lebih penting ketika efisiensi sangat penting untuk bisnis Anda.
 
Terakhir, pengujian regresi memudahkan developer untuk menentukan dari mana kesalahan dan bug berasal. Jika suatu proyek memiliki sistem kontrol dengan versi yang buruk, menemukan kesalahan dan bug tanpa pengujian regresi akan sulit dan memakan waktu.
 
Ketika pengujian regresi menjadi lebih rutin, pengujian tersebut merupakan cara yang lebih sempurna untuk pengujian otomatis. Namun, untuk memaksimalkan efektivitas pengujian otomatis, kasus pengujian yang terperinci harus dikembangkan.
 
 
Teknik Pengujian Regresi Untuk Software Development
 
Ada beberapa teknik yang penting untuk diperhatikan dalam pengujian regresi. Meskipun pengujian regresi otomatis dapat dibuat dengan skrip pengujian terperinci, pengujian manual sering kali diperlukan agar pengujian regresi menjadi salah satu cara yang efektif dalam menjaga kualitas dari software bisnis Anda.
 
Berikut beberapa teknik utama yang umumnya digunakan dalam pengujian regresi:
 
 
Pengujian Ulang Secara Keseluruhan
 
Dalam pengujian regresi dengan jenis ini ini, semua kasus pengujian yang tersedia diperiksa ulang. Jenis rangkaian pengujian regresi ini adalah cara paling efektif dan teraman untuk memastikan bahwa semua bug, kegagalan, dan kesalahan teridentifikasi.
 
Namun, pendekatan dengan jenis pengujian ulang secara keseluruhan ini memakan sumber daya dan waktu. Beberapa proyek akan memiliki banyak kasus pengujian untuk dijalankan, dan pendekatan pengujian regresi yang lengkap dapat memakan waktu lebih lama.
 
 
 
 
Banyak bisnis yang memilih untuk melakukan pengujian regresi lengkap ketika mereka melakukan pembaruan pada seluruh bagian dari produk digital, melakukan penyesuaian untuk platform atau bahasa pemrograman baru, atau melakukan pembaruan signifikan pada sistem operasi.
 
Jika Anda memiliki mobile apps bisnis yang masih berskala kecil, pengujian regresi lengkap juga merupakan pilihan tepat karena hanya ada beberapa kasus pengujian yang harus dijalankan. Ketika jumlah kasus pengujian meningkat, pengujian regresi secara keseluruhan juga menjadi lebih mahal dan memakan waktu.
 
 
Pengujian Dengan Seleksi
 
Dalam pendekatan pengujian regresi ini, tim QA memilih pengujian unit tertentu untuk dijalankan. Pengujian fungsional diprioritaskan untuk fitur dan komponen yang paling terpengaruh oleh perubahan kode.
 
Dengan bersikap selektif, tim dapat menjalankan kasus pengujian yang paling penting dan bekerja dengan lebih efisien. Meskipun pendekatan selektif terhadap pengujian regresi ini sering digunakan dalam mobile apps atau software digital yang besar dan kompleks. Namun, kelemahannya adalah jika Anda tidak menjalankan semua kasus pengujian regresi, Anda mungkin melewatkan beberapa hal yang sekiranya penting.
 
Namun, jika masalah ditemukan pada bagian apps yang tidak diuji, pengujian fungsional tambahan dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Jika tim  developer Anda menerapkan pendekatan selektif dalam pengujian, mereka perlu memastikan bahwa mereka memilih kasus pengujian yang sesuai dengan kebutuhan software bisnis Anda.
 
 
Prioritas Kasus Pengujian
 
Pendekatan pengujian regresi ini mengutamakan kasus pengujian yang harus dilakukan terlebih dahulu. Bisnis Anda dapat  memprioritaskan kasus pengujian tertentu berdasarkan beberapa kriteria berbeda. Namun, poin paling umum yang harus dipertimbangkan oleh bisnis ketika memprioritaskan kasus pengujian meliputi:
 
  • Tingkat Kegagalan
  • Dampak terhadap bisnis
  • Dampak Keamanan
  • Dampak terhadap pengguna akhir

Setiap bisnis akan mempertimbangkan prioritas tertentu secara berbeda. Namun, kasus pengujian yang memiliki tingkat kegagalan tinggi atau memiliki dampak terhadap bisnis yang signifikan harus diprioritaskan di atas segalanya. Penting untuk memahami elemen mana dari software digital Anda yang penting untuk kesuksesan bisnis. 
 
 
Pengujian Regresi Korektif
 
Pengujian regresi korektif melibatkan menjalankan semua kasus pengujian ketika tidak ada perubahan kode yang dilakukan. Pengujian regresi korektif tidak hanya memeriksa ulang apakah kode dalam software digital berfungsi sesuai yang diharapkan, namun juga memvalidasi kasus pengujian yang ada.
 
Mengetahui apakah tim Anda menggunakan kasus pengujian praktis atau tidak merupakan bagian integral dari pengujian regresi. Jika Anda memiliki kasus pengujian yang tidak memadai, Anda tidak dapat yakin bahwa Anda menangkap semua potensi kesalahan dan bug dalam kode Anda.
 
 
Pengujian Regresi Progresif
 
Pengujian regresi progresif mengakui bahwa perubahan kode mungkin memerlukan perubahan dalam kasus pengujian. Pengujian regresi progresif melibatkan pembaruan skrip pengujian untuk mengimbangi perubahan kode yang diterapkan.
 
Sekali lagi, pengujian regresi progresif memvalidasi bahwa tim Anda menggunakan kasus pengujian yang sesuai selama pengujian. Sebagaimana telah disebutkan, penggunaan kasus pengujian yang benar merupakan bagian integral dari keberhasilan pengujian regresi.
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi tentang pengujian regresi untuk software yang dapat Anda kenali lebih dalam untuk pengembangan produk digital dari bisnis Anda.
 
Jika Anda mencari tim software house yang profesional dan berkualitas untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan software house profesional seperti WebsiteMobile App Development di Jakarta baik dalam industri Anda seperti jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan,  EANNOVATE dapat menjadi software house solusi Anda.
 
Selain itu, untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Alterspace solusinya.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon