Image

QUICK CONTACT













Image

Memahami Lebih Dekat Akan SaaS Development Untuk Bisnis Anda

07 May 2024
Pasar  layanan software berbasis SaaS (Software as a Service) saat ini senantiasa berkembang pesat. Pada tahun 2030, diperkirakan akan mencapai $908 miliar, dengan tingkat pertumbuhan tahunan meningkat dari 18% menjadi 18,7%.
 
Semakin banyak bisnis atau perusahaan yang saat ini menggunakan model bisnis berbasis SaaS karena penghematan biaya, peningkatan skalabilitas, dan peningkatan keamanan untuk bisnis mereka. Jadi, jika Anda penasaran tentang bagaimana bisnis Anda dapat memanfaatkan software digital berbasis SaaS, kami akan membantu memberikan informasi terkait dalam artikel ini.
 
Mari kita mulai dengan definisi model software digital SaaS untuk dipahami lebih lanjut.
 
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Produk Digital Berbasis SaaS
 
 
SaaS (Software as a Service) merupakan model di mana software atau produk digital di hosting dalam Internet, bukan pada server internal dari bisnis Anda. Pengguna biasanya membayar biaya berlangganan reguler untuk mengakses produk digital berbasis SaaS melalui browser website atau aplikasi khusus.
 
Pendekatan ini menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan dengan software pada umumnya. Manfaat utamanya adalah pengguna dapat mengakses aplikasi dari perangkat apa pun yang memiliki koneksi internet tanpa perlu menginstal apa pun. Bisnis Anda  juga dapat memulai atau berhenti menggunakan produk sesuai keinginan mereka hanya dengan membatalkan langganan mereka.
 
Dari sudut pandang bisnis, pengembangan software berbasis SaaS memberikan penghematan biaya yang signifikan dengan menghilangkan kebutuhan untuk membangun infrastruktur It dalam bisnis Anda. Selain itu, produk berbasis SaaS menyederhanakan pembaruan software, memungkinkan developer melakukan perbaikan tanpa mengganggu pengguna. Hal ini memastikan penggunaan software tidak terganggu dan tidak kehilangan pendapatan selama proses pembaruan dijalankan.
 
 
Manfaat Pengembangan Software Berbasis SaaS
 
Pendapatan Berulang - Produk digital berbasis SaaS menawarkan aliran pendapatan yang berulang dan tetap karena model bisnis berbasis langganannya. Hal ini memudahkan bisnis untuk membuat rencana ke depan dan berinvestasi dalam pertumbuhan.
 
  • Biaya Awal Yang Lebih Rendah  - Pengembangan produk digital berbasis SaaS menghilangkan kebutuhan investasi besar pada infrastruktur hardware dan software. Hal ini menyederhanakan penerapan produk SaaS bagi pengguna dan mengurangi hambatan masuk.
  • Skalabilitas Sesuai Kebutuhan -  SaaS dapat dengan mudah disesuaikan untuk mengakomodasi basis pengguna yang terus bertambah tanpa memerlukan investasi infrastruktur yang signifikan. Hal ini sangat bermanfaat bagi startup dan bisnis yang sedang berkembang.
  • Jangkauan Pelanggan Global - Software berbasis SaaS dapat diakses dari mana saja dengan koneksi internet. Hal ini memungkinkan bisnis Anda untuk menjangkau pasar yang lebih luas.
  • Pembaruan Software Secara Otomatis -  Vendor penyedia layanan SaaS meluncurkan pembaruan dan peningkatan kepada semua pengguna. Hal ini memastikan produk Anda selalu up-to-date dengan fitur-fitur terbaru, perbaikan keamanan, dan perbaikan bug tanpa perlu pembaruan manual.
  • Keamanan - Produk berbasis SaaS memiliki manfaat dari hosting yang dikontrol secara terpusat dan pembaruan keamanan secara rutin, sehingga mengurangi risiko pembajakan dan peretasan. Selain itu, akses berbasis langganan mencegah penyalinan tanpa izin karena vendor tidak memberikan akses ke produk secara langsung.
 
 
Beberapa Jenis Software SaaS
 
 
Untuk memahami cara mengembangkan produk SaaS yang sesuai dengan target audien dari bisnis Anda, kenali beberapa jenis utama software berbasis SaaS yang ada pada pasar.
 
CRM Software, atau disingkat CRM - Software SaaS untuk bisnis dengan jenis ini membantu membangun koneksi pelanggan dan meningkatkan strategi pemasaran. Contohnya seperti SOLUX.id.
 
 
  • Sistem Manajemen Konten (CMS) - SaaS menawarkan manajemen konten dan kemampuan penerbitan. WordPress.com adalah salah satu contoh penggunaan website berbasis SaaS dengan CMS.
  • Software Perencanaan Sumber Daya / ERP - Solusi kompleks ini membantu perusahaan berskala besar mengelola berbagai proses bisnis, termasuk manufaktur, perdagangan, pelaporan, penjualan, rantai pasokan, sumber daya manusia, dan sebagainya. Contoh yang paling sering ditemukan adalah Oracle Netsuite, Microsoft Dynamics 365, dan SAP Business One.
  • Solusi Akuntansi -  SaaS menyederhanakan dan mengotomatiskan proses akuntansi serta keuangan dalam bisnis Anda. Biasanya termasuk penagihan dan pembuatan faktur. Zoho adalah salah satu alat penagihan SaaS pertama yang cukup sering digunakan.
  • Software Manajemen Proyek -  Trello dan Jira merupakan contoh solusi yang membantu bisnis dalam mengelola alur kerja dan berinteraksi dengan anggota tim di ruang kerja bersama dengan menangani penetapan tugas, alokasi sumber daya, dan pelacakan proyek.
  • Solusi software E - Commerce -  Penjual produk online membutuhkan software  tersebut untuk mengelola produk, inventaris, pengiriman, dan perpajakan. Produk software SaaS yang paling populer adalah BigCommerce dan Shopify.
  • Alat Pemasaran Berbasis SaaS - Instrumen ini digunakan untuk membantu organisasi menjalankan strategi dan kampanye pemasaran mereka serta melacak keberhasilan bisnis mereka. Hal ini termasuk alat analitik (Google Analytics), , pemeringkatan SEO (SEMrush), dan sebagainya.
  • Software  SaaS Untuk Kolaborasi Jarak Jauh -  Jenis produk SaaS ini mencakup berbagai jenis solusi, seperti penyimpanan cloud dan aplikasi berbagi file (Google Drive), alat pelacak waktu (Harvest), obrolan online (Slack), dan instrumen konferensi video (Google Hangouts).


 
 
Model software SaaS menawarkan banyak keunggulan dibandingkan software lain pada umumnya. Hal ini mencakup pendapatan berulang, biaya awal yang rendah, skalabilitas, jangkauan global, pembaruan otomatis, dan keamanan yang kuat.
 
Langkah-langkah penting untuk membangun produk SaaS yang berkualitas meliputi:
 
  • Memvalidasi ide Anda untuk memastikan kesesuaian pasar.
  • Memilih fitur yang harus dimiliki dan memprioritaskan pengembangannya.
  • Memilih model monetisasi yang tepat untuk menyeimbangkan nilai dan kompensasi.
  • Membuat teknologi yang menjamin skalabilitas dan keamanan.
  • Membuat peta untuk memandu pengembangan produk digital Anda.

Berikut adalah informasi tentang SaaS development untuk bisnis Anda yang dapat dipertimbangkan.
 
Jika Anda mencari tim software house yang profesional dan berkualitas serta untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan software house profesional seperti Mobile App Development di Jakarta baik dalam industri Anda seperti jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan,  EANNOVATE dapat menjadi software house solusi Anda.
 
Selain itu, untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Alterspace solusinya.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon