Image

QUICK CONTACT













Image

Tips Mempersiapkan Strategi SEO Untuk Website Baru Anda

25 Mar 2022 by Billy Gani
Mulai dari pengembangan website hingga branding dan desain, ada banyak bagian yang senantiasa bergerak dan berubah ketika Anda merilis website baru, salah satunya SEO. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan mulai dari langkah awal Anda.
 
Faktanya, strategi SEO Anda harus menjadi pertimbangan awal bahkan sebelum Anda mulai merancang website. Untuk mengambil langkah yang lebih jauh ke depannya, skenario terbaik yang dapat Anda pertimbangkan mengenai struktur website adalah mengembangkannya berdasarkan strategi SEO yang sudah Anda miliki. Dengan melakukan hal ini, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat dan meringankan beban Anda dari pengembangan website, membuat format konten dan desain, struktur URL, dan sebagainya. 
 
Jadi, jika dibandingkan dengan menjalankan website Anda terlebih dahulu dan memikirkan SEo setelahnya, Anda dapat memulainya dengan membuat daftar checklist bagi SEO untuk website baru Anda. Hal ini dapat membantu menyimpan waktu dan sumber daya, serta membuat Anda lebih memahami tentang dunia SEO sebelum mulai menerapkannya dalam bisnis Anda.
 
Mengapa SEO Penting Untuk Website Baru?
 
Website baru dapat diibaratkan sebagai anak bayi. Mereka tidak dapat menafsirkan kata apapun pada awalnya (halaman yang belum diindeks), tidak memiliki teman (tidak ada tautan backlink), dan tidak memiliki otoritas (belum dikenal siapapun).
 
Seiring berjalannya waktu, Google senantiasa berkembang dan menerapkan berbagai perubahan seiring perkembangan dari website Anda (dengan asumsi strategi SEO Anda berjalan dengan baik), dan tidak lama lagi, anak Anda sudahlah dapat berjalan dan memiliki teman dan berkembang semakin besar.
 
Anda tidak perlu ragu, yang Anda butuhkan hanyalah strategi SEO yang pintar. Website baru dapat berfokus pada keyword long tail dengan kompetisi yang rendah hingga peringkat Anda meningkat dari waktu ke waktu. Dalam jeda waktu tersebut, dengan perhatian yang cukup, website baru Anda dapat berkembang untuk berkompetisi atau bahkan menjadi nomor 1 dibanding kompetitor Anda.
 
Berikut beberapa daftar checklist yang dapat Anda ikuti dalam mengembangkan website dan SEO baru dari bisnis Anda :
 
Pilih Nama Domain Yang Tepat
 
Nama domain yang tepat senantiasa terasosiasi dengan ekuitas SEO Anda, jadi menyamakan nama bisnis dan domain Anda senantiasa penting. Ketika Anda membutuhkan nama domain baru, SEO Anda juga perlu dimulai dari awal. 
 
Jadi, bagaimana Anda dapat menemukan nama domain yang baik? Berikut beberapa opsi populer yang bisa Anda beli dan gunakan :
 
  • Godaddy.com

  • Bluehost.com

  • Domain.com


Menjadi nilai tambah jika bisnis Anda memiliki keyword yang sejenis dengan apa yang Anda tawarkan kepada pelanggan. Hal ini bermanfaat, tetapi bukan menjadi keharusan. Jika perlu memilih, Anda dapat menggunakan nama brand dari keyword tertarget milik Anda.
 
Pilih Penyedia Hosting Website Yang Berkualitas
 
Kualitas host memiliki dampak besar pada kinerja website Anda, terutama dalam hal IP khusus, SSD, HDD, atau bentuk penyimpanan, prosesor, dan sistem operasional lainnya.
Dan, tentunya, rata-rata pengguna tidak akan menunggu lebih dari tiga detik untuk muatan halaman dari sebuah website, jadi memastikan host yang berkualitas untuk website Anda adalah langkah pertama dari strategi SEO.
 
Atur Google Search Console 
 
Google Search Console dapat memberikan Anda banyak insight yang diperlukan untuk menjalankan strategi SEO yang sukses. Dengan Google Search Console, Anda dapat memeriksa hal - hal seperti :
 
  • Keyword organik yang mendatangkan klik

  • CTR (click-to-rate) rata - rata dari website Anda

  • Sitemap

  • Kesalahan crawl atau indeks

  • Performa halaman

  • Dan masih banyak lagi.

Setelah Anda membeli nama domain untuk website Anda, Google Search Console aktif dan berjalan, dan Anda memiliki host yang berkualitas, Anda telah membangun hal terbaik untuk website Anda. Kini saatnya untuk berfokus pada pengembangan strategi SEO Anda.
 
Catatan singkat: pada tahap ini, Anda mungkin juga dapat mempertimbangkan penggunaan Google Analytics ke dalam website Anda, karena hal tersebut dapat menjadi basis data awal untuk semua data pemasaran Anda. 
 
Pelajari Kompetitor Anda
 
Setelah Anda menyelesaikan hal-hal penting untuk website Anda, langkah selanjutnya adalah mempelajari kompetitor Anda. Saat menganalisis dan membuat daftar kompetitor Anda, pertimbangkan pertanyaan berikut:
 
  • Bagaimana bisnis atau perusahaan mereka mirip dengan Anda? Apa saja  perbedaannya? Lihat nilai jual dan keunikan mereka.

  • Topik apa yang mereka bahas dalam websitenya?

  • Kata kunci apa yang sudah memiliki peringkat?

Satu hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan di sini adalah "kompetitor SEO" Anda yang sebenarnya. Setiap bisnis memiliki pesaing produk dan layanan (orang yang menjual barang serupa), tetapi tidak berarti mereka memiliki strategi SEO yang patut Anda terapkan dan untuk diungguli.
 
Kuncinya di sini adalah mengidentifikasi siapa saja kompetitor yang menjual barang serupa, menulis konten serupa, dan menduduki peringkat kata kunci teratas. Mereka adalah "kompetitor SEO" Anda, dan merekalah yang perlu Anda kalahkan.
 
Riset Keyword dan Petakan Kata Kunci
 
Kata kunci menjadi pusat dari strategi SEO Anda, karena hal tersebutlah yang menghubungkan permintaan pencarian dengan konten Anda yang terdaftar dalam SERP. Tujuan Google menggunakan kata kunci yang digunakan dalam kueri pencarian adalah untuk mengidentifikasi dan menyajikan informasi paling relevan kepada pencari, atau dikenal sebagai "maksud pencarian".
 
Misalnya, katakanlah Anda tinggal di Jakarta dan Anda ingin memesan pizza yang dikirim langsung ke depan pintu, lalu Anda Google "pengiriman pizza di Jakarta". Hal yang mirip dengan gambar di bawah ini muncul (meskipun dapat bervariasi berdasarkan riwayat pencarian dan alamat IP Anda).
 
 
Sebagai pencari, Google telah memahami bahwa "maksud pencarian" Anda adalah untuk memesan pizza yang dapat dikirim dari wilayah Jakarta, sehingga mesin pencari secara langsung menunjukkan bisnis yang cocok dengan kriteria tersebut. 
 
Google menggunakan konsep tersebut untuk mencocokkan kata kunci dengan konten sepanjang hari, setiap hari, tidak peduli apakah pengguna ingin membeli pizza, membandingkan perangkat lunak, atau mencari kaus kaki untuk diri mereka.
 
Kata kunci tersebut berlaku sekuat maksud pencarian yang juga relevan.
 
 
 
 
Berikut adalah beberapa tips yang dapat kami bagikan untuk Anda sebagai pertimbangan dalam menggunakan SEO untuk website baru dari bisnis Anda. Jika masih membutuhkan bantuan untuk mengembangkan website yang tepat untuk bisnis Anda dengan berbagai tips diatas, kami dapat membantu.
 
Eannovate memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta dengan FREE SEO Audit. Kami juga menyediakan layanan digital advertising untuk bisnis anda sehingga website anda dapat muncul pada pencarian page 1 di Google.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon