Image

QUICK CONTACT













Image

Tips Dalam Menulis Title Tag / Deskripsi Judul Untuk SEO Website Anda

19 Aug 2022 by Billy Gani
Ketika membaca artikel ini, Anda mungkin sudah mengetahui cara membuat website. Dan setelah Anda memiliki hasil dari pembuatan website untuk produk digital Anda, langkah selanjutnya adalah mempelajari cara memeliharanya dengan beberapa pengoptimalan mesin pencarian. 
 
Memang, jika Anda seorang pemilik usaha yang masih berskala kecil atau baru memulai bisnis Anda, sangat penting bagi Anda untuk meningkatkan peringkat dari website Anda dalam mesin pencarian. Begitulah cara yang dapat Anda gunakan untuk mengundang sebagian besar pengguna online untuk tiba di halaman Anda.
 
SEO yang kuat sebagai strategi pemasaran yang sukses adalah kombinasi dari banyak material di dalamnya. Dalam artikel berikut ini, kita akan berfokus hanya pada salah satunya, dan hal ini salah satu hal paling penting menurut pedoman Google: title tag atau deskripsi judul SEO. Anda mungkin telah menemukannya dengan banyak alias: judul SEO, judul meta, judul halaman atau yang paling umum digunakan – title tag. Secara sederhana, hal ini merupakan judul yang diberikan untuk setiap halaman dari website Anda.
 
Dengan cara yang sama seperti judul buku atau film yang menarik perhatian, title tag dari website Anda adalah hal pertama yang dilihat pengguna pada halaman dari hasil pencarian. Selain itu, mesin pencari, seperti Google dan Bing, pada awalnya akan melakukan crawl pada website Anda. Tetapi, hanya mengisi title tag dari website Anda tidak cukup. Anda perlu memastikan bahwa hal tersebut senantiasa  jelas, deskriptif, dan menarik.
 
Jangan khawatir, kami akan menunjukkan cara melakukannya dengan tepat. Jadi dalam artikel ini, Anda dapat mempelajari lebih dalam tentang apa, mengapa, dan bagaimana cara menulis title tag yang berkualitas untuk website Anda.

Apa Yang Dimaksud Dengan Deskripsi Judul / Title Tag?

Title tag secara teknis adalah bagian dari kode HTML yang digunakan untuk memberi tahu mesin pencari tentang apa ’nama’ halaman Anda. Karena hal ini adalah hal pertama yang mereka lihat, title tag adalah sinyal yang sangat kuat bagi bot pencarian untuk memahami tentang apa halaman website Anda berisi.
 
 
Title tag adalah bagian dari metadata, bersama dengan deskripsi meta halaman atau lebih dikenal dengan meta description. Kedua elemen tersebut tidak terlihat oleh pengunjung saat mengunjungi website Anda. Namun, hal tersebut akan muncul pada halaman hasil mesin pencari (SERP) -  garis biru adalah judul meta (meta title), dan uraian singkat teks hitam adalah deskripsi meta.

Mengapa Title Tag Penting Untuk Diperhatikan?

Tapi, apa sebenarnya penggunaan title tag penting? Jika Anda bertanya pada Google, ada 3 alasan utama mengapa hal tersebut relevan :
 
  • Sinyal Peringkat - sudah diketahui bahwa ada lebih dari 200 sinyal yang membentuk algoritma Google untuk menentukan peringkat dari website dalam hasil pencarian. SEO pada halaman Anda (on-page SEO) yang Anda lakukan dalam struktur halaman senantiasa berperan untuk meningkatkan peringkatnya agar lebih tinggi , adalah salah satu yang terkuat dari bagian sinyal Google di luar sana.

    Dan tentunya, title tag dari website Anda dianggap sebagai ’hal besar’ dari pengoptimalan halaman.

  • Hasil Pencarian - Seperti yang telah kami sebutkan, title tag dari website Anda akan muncul pada hasil pencarian. Hal ini merupakan teks yang paling jelas dalam hasil pencarian dan memainkan peran besar dalam menentukan apakah seseorang akan mengklik hasil atau tidak. 

    Tujuan Anda adalah menarik sebanyak mungkin klik untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas ke dalam website Anda. Jadi, alasan ini membuat title tag menjadi penting dan penting untuk dioptimalkan.
  • Media Sosial & Pencarian Website  - Selain ditampilkan pada hasil pencarian, ada dua lokasi tambahan di mana title tag dari website Anda dapat dilihat. Salah satunya adalah ketika tautan Anda dibagikan di media sosial.

Selain itu, hal lainnya adalah dengan mengarahkan kursor ke tab browser Anda. Tentunya, Anda ingin memastikan Anda dan bisnis terlihat bagus pada tab browser pengguna dan juga pada jejaring sosial.

Bagaimana Cara Anda Dapat Menulis Title Tag Yang Berkualitas?

Berikut beberapa tips yang dapat kami berikan :

Lakukan Riset Kata Kunci Yang Mendalam

Untuk menulis title tag yang berkualitas, Anda perlu menemukan kata-kata terbaik. Dalam istilah SEO, kami menyebutnya ’kata kunci’. Hal ini merupakan frasa yang terdiri dari dua hingga lima kata yang akan diketik pengguna ke dalam kotak pencarian untuk mencari Anda atau bisnis sejenis dengan milik Anda. 
 
Cara terbaik untuk menemukan kata kunci yang tepat adalah dengan berpikir seperti klien Anda. Mari kita lihat contoh berikut, katakanlah bahwa Anna adalah instruktur yoga pribadi dengan basis lokasi Jakarta. Calon pelanggan mungkin akan mengetik ’kelas yoga pribadi di Jakarta’ atau ’instruktur yoga’ untuk menemukan website milik Anna. 
 
Hal ini menjadi alasan mengapa ada baiknya untuk memulai dengan melakukan brainstorming dan membuat daftar dari setiap istilah yang mungkin digunakan oleh pengguna tersebut. Setelah itu, Anda dapat mengedit daftar menurut apa yang paling akurat dan apa yang sebenarnya dicari oleh pengguna dan berkaitan dengan bisnis Anda. 
 
Jika Anda kesulitan, da sejumlah alat penelitian kata kunci yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda memeriksa popularitas dan kekuatan kata kunci seperti salah satu contoh umum yaitu Google Ads Keyword Planner.

Masukkan Kata Kunci Utama Terlebih Dahulu Pada Title Tag

Ketika Anda sudah memiliki kata kunci yang sekiranya sesuai dengan bisnis Anda, tempatkan kata kunci tersebut pada tempat yang terlihat tepat di mata pengguna dan juga bot mesin pencarian. Sama dengan manusia, bot mesin pencari akan membaca sebuah konten dari kiri ke kanan. Jadi, menempatkan kata kunci bisnis Anda pada bagian awal dari title tag dapat membuat mesin pencari lebih mudah dalam melakukan crawl untuk website Anda secara lebih cepat. 
 
Dan semakin cepat bot mesin pencarian mengerti tentang kata kunci dari website Anda, semakin baik dan besar kemungkinan untuk peringkat Anda meningkat. 

Gunakan Format Penempatan Yang Baik

Hal utama yang harus disertakan dalam title tag dari halaman utama website Anda adalah: nama bisnis atau nama website Anda, kata kunci, dan jika Anda bekerja pada area tertentu, sebaiknya tambahkan lokasi yang tepat. 
 
Prosesnya ini biasanya berbeda untuk artikel blog, di mana Anda akan secara optimal menambahkan kata kunci dan judul yang menarik bagi para pencari secara lebih mendalam. 
 
Untuk halaman unggahan yang bukan bersifat blog, pertimbangkan untuk menambahkan tab vertikal agar judul Anda mudah dibaca dan menarik secara visual, contohnya seperti:
 
Kata Kunci atau Nama Halaman | Lokasi (Opsional) | Nama Bisnis Anda.

Menulis Untuk “Manusia”

Ya, kami baru saja memberitahu Anda untuk memasukkan kata kunci Anda ke dalam judul Anda untuk menyenangkan mesin pencari. Tetapi, jangan lupakan audiens terpenting Anda – pengguna dari website Anda. Anda perlu menemukan keseimbangan yang tepat saat memasukkan kata kunci.
 
Kami tidak yakin seberapa bagus tampilan dari website jika berdasarkan contoh dari Anna diatas, menulis ’Kelas Yoga | Kursus Privat Yoga | Instruktur Yoga’, sebagai judul. Membebani title tag dari website Anda dengan kata kunci akan mencegah pengguna mengklik halaman Anda. Jika Anda memiliki kata kunci tambahan yang ingin Anda gunakan, maka deskripsi meta Anda merupakan tempat terbaik untuk menambahkannya. 
 
Dan juga, hal yang tidak kalah penting adalah bahwa Anda menulis untuk aksesibilitas juga - memastikan website Anda dapat diakses oleh semua pengguna. Hal ini berarti menulis title tag yang jelas dan deskriptif terlebih dahulu menjadi lebih prioritas untuk Anda.

Periksa Panjang Title Tag Yang Anda Tuliskan

Google and Co. memberi Anda ruang terbatas untuk menampilkan judul Anda. Kami menyarankan Anda untuk menjaga agar title tag meta Anda berkisar antara 55 – 60 karakter, termasuk spasi. 

Gunakan Title Tag Yang Unik / Catchy

Konten duplikat sangat tidak baik untuk Anda gunakan. Hal ini berlaku untuk semua copy termasuk title tag yang Anda gunakan . Jika semua title tag Anda sama, bot mesin pencari mungkin bingung dan tidak tahu bagaimana mereka dapat memberi peringkat untuk halaman Anda. Itu sebabnya Anda benar-benar harus menulis title tag yang unik untuk setiap halaman Anda.

Gunakan Copy Yang Berkualitas Pada Halaman Website Anda

Kami telah menyebutkan format untuk title tag, tetapi kami ingin memberi Anda beberapa tips lebih lanjut tentang cara mempercantik title tag dan juga judul untuk website Anda. Untuk halaman, pastikan kata yang Anda gunakan senantiasa estetis dengan menggunakan huruf kapital. Dan juga, hati-hati terhadap kesalahan ketik.
 
Untuk judul unggahan blog, Anda harus membuat judul Anda menarik dan dapat di klik sebanyak mungkin. Anda dapat melakukan ini dengan menambahkan kata sifat dan angka untuk memikat pembaca. Saat menulis kedua jenis judul halaman, ada baiknya juga menambahkan nama brand Anda di bagian akhir.
 
 
Berikut adalah beberapa pemahaman dan tips yang dapat kami bagikan untuk Anda dalam mengoptimalkan penulisan deskripsi judul atau title tag dari website Anda. Jika masih membutuhkan bantuan untuk mengembangkan blog atau SEO untuk website bagi bisnis Anda dengan berbagai tips dan informasi diatas, kami dapat membantu.
Eannovate memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta dengan FREE SEO Audit. Kami juga menyediakan layanan digital advertising untuk bisnis anda sehingga website anda dapat muncul pada pencarian page 1 di Google.
 
 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon