Image

QUICK CONTACT













Image

Tips Dalam Mengoptimalkan Unggahan Blog Dari Website Anda

16 Jun 2022 by Billy Gani
SEO dalam blog adalah proses menggunakan SEO teknis dan on-page untuk meningkatkan visibilitas dari blog Anda dalam pencarian organik. Saat menggunakan SEO dengan jenis blog, Anda memiliki dua tujuan utama:
 
  • Untuk memastikan mesin pencari dapat menemukan dan memahami unggahan blog Anda sehingga mereka dapat mengirimkannya ke pengguna yang relevan
  • Untuk memastikan Anda menulis konten blog yang relevan yang selaras dengan kebutuhan serta minat dari audiens Anda

Teknik yang digunakan untuk melakukan hal ini tentu  tidak sepenuhnya berbeda dari yang Anda gunakan untuk mengoptimalkan konten pada bagian lain dari website Anda. Dengan demikian, jika Anda sudah menjadi praktisi SEO, strategi ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda.
 
Perbedaan utamanya adalah ketika Anda mengerjakan sebuah blog, Anda secara eksplisit menggunakan SEO untuk mendukung strategi konten jangka panjang yang berkelanjutan. 
 
Hal ini berarti Anda mengembangkan konten yang mendalam, informatif, dan relevan yang selaras dengan kebutuhan audiens Anda. Anda juga perlu memperhatikan maksud pencarian serta menggunakan taktik SEO yang mungkin sudah Anda ketahui untuk membantu agar konten yang Anda tulis tersebut berhasil.
 

Mengapa Mengunggah Konten Pada Blog Penting Bagi SEO Website?

Dengan setiap unggahan konten blog, Anda dapat:
 
  • Meningkatkan visibilitas Anda dalam penelusuran organik
  • Menetapkan kredibilitas Anda sebagai sumber terpercaya
  • Membangun otoritas bagi website Anda dari waktu ke waktu

Bayangkan Anda memulai perusahaan teknologi B2C. Anda ingin membantu konsumen memahami teknologi mereka, menggunakannya secara lebih efektif, dan memecahkan masalah tanpa harus membayar mahal untuk layanan perbaikan yang mahal.
 
Jika Anda ingin lebih sukses dalam dunia digital, Anda harus melebarkan nama Anda di luar sana, sehingga pelanggan mengenal Anda dan membuktikan bahwa Anda dapat dipercaya dan berpengetahuan luas di bidang Anda. Mengunggah konten dalam blog dapat membantu Anda melakukan tersebut.
 
Blog yang terpelihara dengan baik memberi website Anda aliran konten baru, asli, dan berkualitas yang senantiasa stabil. Seiring waktu, ketika pengguna dan mesin pencari menemukan konten tersebut, Anda akan mulai dikenal sebagai sumber informasi yang dapat diandalkan, yang akan membantu Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi.
 
SEO adalah permainan dalam jangka panjang. Mungkin perlu waktu untuk melihat hasilnya bagi website Anda. Jadi, jika Anda baru memulai, tidak apa untuk membagi tugas Anda dan menangani hal yang lebih mudah diakses terlebih dahulu saat Anda mengetahui aspek yang lebih kompleks dari strategi SEO baru Anda.
 
Untuk membuatnya sedikit lebih mudah bagi Anda, kami telah merinci beberapa tips dalam mengoptimalkan SEO untuk meningkatkan konten Anda dan juga peringkat dalam hasil mesin pencarian : 

Identifikasikan Target Audiens Dari Blog Anda

Sebelum Anda mulai menulis, jika Anda ingin blog Anda lebih berkualitas, Anda harus tahu siapa yang kemungkinan akan membacanya. Dan hal ini adalah target audiens Anda, kelompok orang yang kemungkinan besar akan:
  • Mencari istilah yang Anda targetkan
  • Membutuhkan produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaan atau bisnis seperti milik Anda
  • Memiliki potensi untuk menjadi pelanggan Anda 
     
Untuk menentukan target audiens Anda, lihat demografi pelanggan Anda saat ini. Cari tahu siapa yang sudah terlibat dengan brand atau bisnis Anda. Anda mungkin sudah memiliki banyak informasi tentang hal ini. Beberapa sumber informasi yang sangat berharga, seperti:
  • Informasi yang Anda kumpulkan selama pembuatan prospek dan penjualan
  • Wawasan dari tim penjualan Anda
  • Data Google Analytics website Anda
 
Selanjutnya, periksa kembali akan visibilitas dari media sosial Anda. Kemungkinannya adalah, Anda telah membangun pengikut. Tetapi, siapa saja mereka? 
 
Untungnya, Facebook dan Instagram menawarkan laporan Audience Insights untuk membantu Anda memahami demografi dari target audiens Anda. Dengan alat ini, Anda dapat mempelajari:
  • Rincian usia dan jenis kelamin
  • Di mana mereka berada
  • Waktu terbaik untuk mengunggah, berdasarkan aktivitas dari pengikut Anda.
 
Terakhir, cari tahu bagaimana kualitas audiens Anda dibandingkan dengan kompetitor  menggunakan laporan Traffic Audience. Masukkan domain Anda dan domain kompetitor utama Anda untuk mengetahui:
  • Ukuran relatif dari setiap audiens Anda
  • Seberapa banyak audiens Anda yang tumpang tindih?
  • Website lain yang kemungkinan akan dikunjungi audiens Anda (atau kompetitor Anda).
     

Manfaatkan Kelompok Topik Untuk Memaksimalkan Riset Kata Kunci

Riset kata kunci yang komprehensif sangat penting untuk kesuksesan dari blog Anda. Jika Anda ingin memaksimalkan efektivitas dari kata kunci, cobalah untuk membuat kluster topik. Sebuah cluster topik merupakan pengelompokkan unggahan blog yang, jika digabungkan, membahas topik yang lebih luas secara mendalam.
 
Pengelompokkan ini biasanya diatur pada sekitar halaman pusat yang menautkan isi blog dengan konten lain. Dengan kelompok topik, Anda dapat menargetkan berbagai kata kunci yang terkait dan kurang kompetitif untuk dicoba dan diberi peringkat untuk kata kunci yang lebih luas dan lebih sulit. 
 
Kelompok topik ini dapat memberikan banyak manfaat untuk SEO Anda, termasuk:
  • Meningkatkan visibilitas blog dengan memudahkan mesin telusur untuk melakukan crawl
  • Meningkatkan otoritas blog Anda dalam topik tertentu dari waktu ke waktu
  • Memungkinkan Anda untuk menentukan peringkat untuk kata kunci yang lebih luas dan lebih sulit
  • Mengizinkan unggahan yang lebih sukses untuk meningkatkan postingan yang kurang berhasil melalui tautan internal.

Bagaimana Cara Membuat Kluster Topik?

Pertama, pilih topik utama Anda. Pilih hal yang relevan dengan bisnis Anda yang memiliki banyak keahlian. Topik utama ini juga harus menjadi kata kunci utama untuk halaman sub Anda. Kemudian beberapa sub-topik terkait yang ingin Anda liput dapat dimasukkan untuk mendukungnya.

Buat Tampilan Yang Kuat Dalam SERP (Judul, Deskripsi Meta, & URL)

Sangat mudah untuk melupakannya, tetapi kata pengantar dari unggahan blog mungkin bukan kesan pertama dari pengguna yang membaca tentang konten Anda. Sebaliknya, jika mereka berasal dari pencarian organik, kesan pertama mereka mungkin temukan berasal dari tampilan halaman Anda pada SERP.
 
Sebenarnya, Anda tidak memiliki kendali penuh atas bagaimana halaman Anda muncul ketika muncul di hasil pencarian. Tetapi Anda masih dapat meningkatkannya dengan mengoptimalkan judul halaman, deskripsi meta, dan URL Anda.
 
Pertama, pilih judul halaman yang menarik. Sekarang, secara teknis, Anda mendapatkan dua peluang untuk memberi judul artikel Anda. Judul halaman adalah yang pertama. Anda dapat menemukannya di elemen kepala HTML halaman Anda di antara tag. Ketika Anda mempublikasikan artikel Anda, hal tersebut akan muncul di bagian atas jendela browser dan SERP.
 
Selanjutnya, alihkan perhatian Anda pada deskripsi meta. Meskipun deskripsi meta mungkin tidak secara langsung mempengaruhi SEO Anda, deskripsi meta yang solid dapat berdampak signifikan pada rasio CTR Anda. Dengan kata lain, hal ini adalah kesempatan Anda dalam meyakinkan pengguna untuk mengunjungi halaman website Anda.
 
Penting untuk dicatat di sini bahwa deskripsi meta yang Anda tulis mungkin tidak selalu muncul di hasil pencarian. Google sering menulis ulang deskripsi meta untuk menyelaraskan hasil yang dirasa lebih dekat dengan pencarian pengguna.
 
Terakhir, lihat URL Anda. Tempatkan diri Anda pada posisi audiens. Jika Anda tidak memiliki konteks lain untuk dilanjutkan, apakah Anda dapat mengetahui apa arti halaman Anda hanya berdasarkan URL? Jika tidak, Anda mungkin ingin memikirkannya kembali.
 
Berfokus Pada Responsibilitas Website Pada Perangkat
 
Meskipun Anda tidak harus menawarkan website yang bersifat mobile-friendly, hal ini merupakan faktor penting jika Anda ingin menentukan peringkat. Sejak 2019, Google menggunakan pengindeksan untuk perangkat sebagai faktor pertama. Hal ini membuktikan bahwa Google memprioritaskan perangkat di atas versi desktop saat mengindeks dan memberi peringkat halaman website.
 
Langkah pertama yang dapat Anda ambil untuk memeriksa apakah website Anda mobile-friendly adalah dengan menjalankannya melalui alat uji  Google. Alat ini akan menandai beberapa masalah mendasar dan cara memperbaikinya.
 
Untuk mengoptimalkan website Anda untuk perangkat, pertimbangkan untuk menggunakan desain responsif jika dibandingkan dengan menggunakan URL terpisah untuk perangkat dan desktop. Dengan cara ini, konten blog Anda akan lebih mudah diakses untuk dibagikan pada seluruh perangkat, dan tautan balik ke blog Anda tidak akan terbagi di antara dua URL, meningkatkan kekuatan tautan masuk ke dalam website Anda.
 
 
 
Berikut adalah beberapa tips dan informasi yang dapat kami bagikan untuk Anda dalam mengoptimalkan blog dari website Anda. Jika masih membutuhkan bantuan untuk mengembangkan blog dan SEO untuk website bagi bisnis Anda dengan berbagai tips dan informasi diatas, kami dapat membantu.
 
Eannovate memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta dengan FREE SEO Audit. Kami juga menyediakan layanan digital advertising untuk bisnis anda sehingga website anda dapat muncul pada pencarian page 1 di Google.
 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon