Image

QUICK CONTACT













Image

Pahami Hubungan Antara Psikologi & SEO Untuk Mengenal Pengguna Lebih Dekat

18 Jul 2022 by Billy Gani
Jika Freud adalah seorang pemasar, dia mungkin akan berkata: “SEO dapat diibaratkan seperti gunung es, mengapung dengan sepertujuh bagiannya di bawah air.” Ketika berbicara tentang pengoptimalan website, ada banyak hal yang mungkin harus dipahami dan lebih dari yang terlihat pada permukaan. 
 
Setelah Anda membuat website, cara Anda memasukkan judul SEO atau seberapa baik Anda menulis teks alt penting jika ingin mendapatkan peringkat lebih tinggi pada mesin pencarian Google.
 
Tetapi, kesuksesan Anda dimulai dengan memahami pengguna dan pencarian mereka untuk menemukan jawaban dan bagaimana pilihan mereka pada akhirnya memengaruhi website Anda. Inilah sebabnya mengapa dalam artikel ini kami berfokus pada pendekatan yang lebih psikologis untuk SEO.
 
Bukan rahasia lagi bahwa psikologi diterapkan pada banyak bidang dalam dunia pemasaran. Dari penggunaan angka, hingga teori dan desain warna, perilaku manusia merupakan faktor besar dalam cara pemasar ketika akan membuat konten. Begitupula SEO yang tidak berbeda. 
 
Memiliki pemahaman yang lebih baik tentang ilmu di balik pikiran pengguna akan memungkinkan Anda membuat konten yang lebih baik untuk website Anda. Dan pada saat yang tepat, Google akan menghadiahi Anda dengan peningkatan SEO untuk website Anda.
 
Pernahkah Anda mencari kata kunci tak bernyawa dan memasukkannya secara acak ke dalam meta tag dari website Anda? Maka mungkin sudah waktunya bagi Anda untuk mempertimbangkan pendapat dari sisi psikologi untuk strategi pemasaran Anda. 
 
Di bawah ini kami bagikan beberapa wawasan yang akan membantu Anda untuk menggunakan ilmu psikologi dalam meningkatkan permainan SEO Anda.

Pengetikan Dari Pencarian

Hal ini sudah menjadi perilaku yang senantiasa mudah dikenali - kita semua menggunakan mesin pencarian. Sebenarnya pada saat Anda membaca ini, Google memproses lebih dari 40 ribu kueri yang mereka terima akan kalimat yang Anda masukkan. Meskipun kita semua memiliki hasil  dengan cara yang sama ketika tiba di Google, kita mungkin telah menjelajah dalam mesin pencari untuk alasan yang berbeda dan dengan proses pemikiran yang berbeda.
 
Misalnya, jika seseorang memasukkan kueri ’pembuatan website’, Anda mungkin bertanya pada diri sendir -  apa yang ada di kepala pengguna ini? Apakah mereka mencari tutorial tentang cara membuat website? Atau apakah mereka mencari layanan untuk benar-benar membangun website mereka sendiri? 
 
Untuk membantu Anda dalam memahami maksud pencarian dari pengguna dengan lebih baik, beberapa pakar teori SEO telah memetakan jenis pencarian yang paling umum dan mendefinisikan tiga kategori utama, yaitu : 
 
  • Navigasional atau Kueri “Go” - Kueri pencarian ini diketik dengan intensi untuk menemukan bisnis Anda, dan biasanya umum diatribusikan kepada pengguna yang sudah familiar dengan bisnis atau brand Anda. Kueri pencarian ini umumnya muncul ketika pengguna mengetik nama perusahaan atau bisnis Anda, misalnya “Eannovate” (atau juga dapat muncul ketika nama brand Anda mungkin salah diketik / misspelled) dalam kolom pencarian.
  • Informasional atau Kueri “Know” - Kueri pencarian ini umumnya datang dari pengguna yang ingin mencari tahu informasi lebih dalam tentang subjek tertentu, tetapi tidak mengetahui bahwa Anda mungkin adalah website yang sebenarnya mereka tuju. Biasanya pengguna yang mengetik kueri dengan jenis ini memulai pengetikannya dengan “cara akan …,” “apa yang dimaksud dengan…,” misalnya seperti “restoran Italia mana yang menyajikan pasta otentik di daerah Jakarta?” .
  • Transaksional atau Kueri “Do - Kueri berbasis orientasi tindakan ini membawa pengguna untuk masuk ke dalam website atau mengenal bisnis Anda. Pencarian ini digunakan oleh pengguna yang memang mencari tentang apa yang bisnis Anda lakukan tetapi belum mengetahui bahwa bisnis Anda merupakan pilihan yang tepat untuk kebutuhan mereka. Contohnya, pengguna yang mencari tentang “musik online” atau “kelas dansa salsa di Jakarta.”

Sebuah Kata Kunci Dapat Memiliki Arti Yang Beragam

Sama seperti kecantikan ada di mata yang melihatnya, makna sebuah kata ada di mata yang mencari. Hal ini berlaku terutama untuk kata kunci atau kueri, artinya kombinasi kata yang digunakan dalam kotak pencarian.
 
Tutup mata Anda (tetapi teruslah membaca) dan bayangkan hal berikut ini : Anda menggunakan Google dan memasukkan istilah ’website’ pada kotak pencarian. Anda masuk ke halaman yang penuh dengan hasil, dan luangkan beberapa saat untuk memeriksa berbagai cuplikan yang muncul. Tidak puas dengan jawaban dari mesin pencarian, Anda sekali lagi melakukan pencarian.
 
Tetapi, dibandingkan dengan menggunakan istilah yang berbeda, Anda menjadi lebih spesifik dan menulis ’pembuatan website’. Hal ini adalah salah satu contoh klasik dari ’Sindrom Pencarian Berulang’, dan hal ini terlihat terutama saat Anda melakukan pencarian yang maknanya terlalu luas.
 
Umumnya, jika Anda mencari istilah yang tidak spesifik, Anda akan mendapatkan hasil yang beragam (definisi, tutorial, video, dsb). Mengapa? Karena terlalu sulit untuk membedakan apakah itu jenis kueri ’know, ’go’ atau ’do’ yang sebelumnya sudah kita bahas.
 
Oleh karena itu, semakin spesifik kata kunci, semakin jelas niat dari pengguna. Pemahaman maksud yang lebih baik akan memungkinkan Anda untuk membuat konten yang memenuhi kueri pengguna dengan cara terbaik. Hal ini adalah alasan bagus lainnya untuk menggunakan kata kunci dengan ekor panjang.
 
Kami tidak berbicara panjang kalimat, melainkan frasa yang panjangnya setidaknya empat atau lima kata, misalnya ’cara mengembangkan website’ atau ’contoh desain website kreatif’. 
 
Setelah Anda mengidentifikasi kata kunci dengan ekor panjang yang kuat, Anda bahkan dapat memulai blog Anda sendiri. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk mempublikasikan beragam konten, membantu Anda menargetkan orang yang tepat dan meningkatkan klik ke dalam website Anda.

Setiap Pertanyaan Memiliki Beragam Jawaban

Mari kita hadapi hal ini - Google mungkin tahu lebih banyak tentang Anda melalui kueri pencarian jika dibandingkan dengan adik atau saudara Anda yang sebenarnya. Dan berkat RankBrain, program kecerdasan buatan yang digunakan untuk memproses kueri, mesin pencarian dapat menjadi lebih baik dalam memahami apa yang Anda cari, dan jenis hasil apa yang ingin Anda lihat.
 
Cara kerjanya adalah, jika beberapa pengguna mengklik hasil ketujuh dari hasil pencarian daripada yang pertama, mekanisme akan memahami bahwa hasil ini lebih baik dan akan memindahkannya ke atas. Tidak hanya itu, tetapi juga dapat memahami jenis konten yang ingin dilihat oleh pencari.
 
Misalnya, jika pengguna mengklik lebih banyak hasil video daripada artikel berita, hal tersebut akan mulai mengembalikan jenis halaman ini. Google terus-menerus memberi Anda petunjuk halus tentang perilaku dari pengguna.

Teks Dapat Dituliskan Dengan Berbagai Cara

Tentu, SEO adalah strategi menggunakan kata kunci yang tepat untuk mendapatkan perhatian mesin pencari dan muncul sebagai hasil pencarian yang relevan. Tetapi betapa rumitnya SEO secara teknis, sangat penting bagi Anda untuk membuat konten untuk audiens manusia, dan bukan mesin pencari.
 
Hal ini mungkin tampak jelas, tetapi cara copy ditulis, mempengaruhi cara orang memandang produk dan bisnis Anda. Anda tidak ingin mengasingkan pengunjung dari website Anda dengan kata kunci yang berlebihan dalam teks Anda. Dan Google pasti akan setuju.
 
Bahkan, mesin pencarian saat ini menggunakan metode canggih yang disebut LSI (Latent Semantic Indexing) yang dapat menentukan hubungan antara istilah dan konsep dalam konten. Berkat mekanisme ini, Anda tidak perlu terpaku pada gaya penulisan SEO yang ketinggalan zaman atau merasa terjebak oleh kata kunci.
 
Jangan ragu untuk menggunakan sinonim dan istilah untuk membuat konten Anda terdengar sealami dan terbaca mungkin, tentu saja dalam topik yang sama.
 
Selain itu, merupakan praktik yang baik untuk menulis copy menggunakan bahasa audiens Anda. Dengan melakukan wawancara dan survei tertulis dengan pelanggan Anda, Anda akan dapat memahami poin keraguan, dan masalah mereka, ditambah kata-kata yang mereka gunakan untuk mengekspresikannya.
 
Teknik yang mungkin cukup tepat adalah dengan mengadopsi gaya bicara yang sama, tetapi mengubah masalah mereka menjadi solusi yang Anda berikan. 

SEO Membutuhkan Banyak Praktek Latihan Di Dalamnya

Seperti yang mungkin sudah Anda pahami sekarang, SEO adalah praktik multifaset yang tidak berbicara hanya tentang kualitas konten Anda atau cara Anda memasukkan metadata. Hal ini juga berbicara tentang pengalaman psikologis umum yang diberikan dari website Anda kepada pengunjungnya.
 
Apakah beranda Anda jelas, ramah pengguna, dan mudah di navigasi? Apakah Anda memilih palet warna yang tepat untuk website Anda? Apakah konten Anda dapat dengan mudah dibagikan?
 
Semua faktor tidak langsung ini dapat mempengaruhi SEO Anda. Dan beberapa di antaranya bahkan dapat diterjemahkan menjadi data. Dengan memeriksa metrik seperti waktu muatan halaman, rasio pentalan, dan tampilan halaman, Anda dapat lebih memahami  akan impresi pengguna yang memiliki pengalaman positif pada website Anda.
 
Selain itu, elemen sosial bisnis Anda juga tidak boleh dilupakan. Memiliki komunitas yang aktif serta hadir pada media sosial akan memungkinkan Anda untuk menjadi lebih dapat dipercaya di mata audiens Anda.
 
Bahkan konsumen yang paling sinis pun dapat diubah dengan bantuan ulasan sejawat. Hal ini dikarenakan alasan psikologis yang sangat sederhana: setiap orang cenderung mempercayai orang lain, bukan pengiklan.
 
Terlebih lagi, tingkat konversi website yang menyertakan testimonial umumnya memiliki tingkat yang lebih tinggi jika dibandingkan yang tidak. Itulah sebabnya menambahkan ulasan dan testimoni ke dalam website Anda adalah trik kognitif klasik yang tidak pernah mati.
 
 
Berikut adalah beberapa pemahaman dan informasi yang dapat kami bagikan untuk Anda dalam mengoptimalkan ilmu psikologi untuk SEO dari website Anda. Jika masih membutuhkan bantuan untuk mengembangkan blog dan SEO untuk website bagi bisnis Anda dengan berbagai tips dan informasi diatas, kami dapat membantu.
 
Eannovate memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta dengan FREE SEO Audit. Kami juga menyediakan layanan digital advertising untuk bisnis anda sehingga website anda dapat muncul pada pencarian page 1 di Google.
 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower,
16th Floor Unit 1601,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Tanah Abang. Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon