Image

QUICK CONTACT













Image

Pahami Cara Melacak Performa SEO Website Anda di Tahun 2024 Ini

25 Apr 2024 by Billy Gani
Tahukah Anda bahwa 64% pemasar secara aktif berinvestasi dalam optimasi mesin pencari (SEO)? SEO merupakan salah satu strategi paling berharga untuk mengarahkan lalu lintas, penjualan, dan pendapatan . Hal ini juga merupakan strategi yang memiliki banyak aspek yang dapat dengan mudah membingungkan atau sulit untuk dipahami. Salah satu area di mana orang sering kesulitan adalah melacak adalah hasil dari penggunaan SEO.
 
Mereka sering menanyakan pertanyaan seperti: Bagaimana cara melacak hasil SEO dari bisnis saya? Matriks apa yang harus saya gunakan untuk mengukur SEO? Bagaimana saya tahu jika hasil SEO saya berkualitas dan baik? Jika Anda menanyakan pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda tidak sendirian –– dan kami punya jawabannya. Mari kita bahas dalam artikel ini tentang bagaimana cara melacak hasil dari upaya SEO.
 
 
Langkah Awal Dalam Melacak Hasil Upaya SEO Anda Secara Mudah
 
Sebelum kita mendalami cara mengukur hasil SEO untuk bisnis yang Anda jalankan, mari kita bahas cara mempersiapkan pelacakan dari upaya SEO Anda agar sukses. Berikut empat langkah dasar yang dapat diikuti :
 
 
Tetapkan Tujuan Bisnis Anda
 
Sebelum Anda dapat mulai melacak kinerja SEO dan membuktikan nilai upaya dari pengoptimalan SEO, Anda perlu menetapkan sasaran dari bisnis Anda. Sasaran Anda menentukan apa yang Anda pantau dengan pengoptimalan SEO bisnis Anda.
 
Menentukan tujuan kampanye SEO Anda akan membantu untuk mengetahui matriks dan KPI apa yang perlu Anda perhatikan saat memantau pengoptimalan SEO dari bisnis Anda.
 
 
Tentukan Indikator Performa Kunci (KPI) & Matriks Bisnis Anda

Sebelum Anda melacak kinerja SEO dari website Anda, Anda perlu menentukan seperti apa kesuksesan bisnis Anda. Hal ini membuat Anda perlu menentukan indikator kinerja utama (KPI) Anda. KPI SEO adalah tolak ukur yang menunjukkan apakah bisnis Anda membuat kemajuan menuju tujuan yang Anda tetapkan pada langkah pertama.
Berikut beberapa contohnya:
 
  • Jika target Anda adalah meningkatkan konversi, KPI Anda dapat melacak konversi organik
  • Jika target Anda adalah meningkatkan pendapatan, KPI Anda dapat melacak nilai seumur hidup pelanggan (CLV)
  • Jika target Anda adalah mengurangi pembelanjaan, KPI Anda dapat melacak biaya per akuisisi (CPA)

Perlu diingat bahwa KPI dan matriks senantiasa berbeda. Matriks hanya mengukur dan memantau proses tertentu, sedangkan KPI melihat gambaran yang lebih besar. Anda akan sering menggunakan sekelompok matriks kolektif untuk menentukan apakah bisnis Anda berhasil dengan KPI yang sudah ditetapkan.
 
 
Pilih Alat Yang Ingin Digunakan Untuk Mengukur SEO
 
Setelah Anda menentukan sasaran dan menetapkan KPI, langkah selanjutnya adalah mencari tahu alat apa yang akan Anda gunakan. Berinvestasi pada alat SEO akan memudahkan Anda melacak kinerja Anda dan melihat apakah Anda mencapai tujuan Anda.
 
 
 
 
Ada banyak alat yang tersedia di pasar untuk membantu Anda dengan strategi SEO Anda. Anda dapat memilih untuk berinvestasi pada satu atau menggunakan beberapa alat untuk membantu Anda memantau berbagai aspek upaya pengoptimalan SEO dari bisnis Anda.
 
Alat seperti SEO Checker, misalnya, memungkinkan Anda mengaudit strategi SEO Anda dan melihat di mana Anda perlu melakukan perbaikan. Google Analytics dapat membantu Anda melacak hasil pengoptimalan SEO dari bisnis Anda.
 
 
Tetapkan Kerangka Waktu 
 
Sekarang ketika semuanya sudah siap, saatnya mengatur kerangka waktu Anda untuk pelacakan hasil dari pengoptimalan SEO. Saat pertama kali meluncurkan strategi, Anda ingin memastikan bahwa Anda memberikan waktu untuk menghasilkan –– hasil pengoptimalan SEO tidaklah didapatkan secara instan.
 
Pada awalnya, Anda mungkin menunggu lebih lama untuk mulai melihat kinerja SEO Anda karena perlu waktu untuk menerapkannya. Saat upaya pengoptimalan SEO Anda terus berkembang, Anda dapat memeriksanya lebih sering.
 
Jadi, seberapa sering Anda harus memantau hasil upaya pengoptimalan SEO Anda? Hal ini bergantung pada banyak faktor, seperti ukuran bisnis hingga pembauran strategi bisnis Anda. Setelah strategi diterapkan, beberapa bisnis biasanya akan memeriksa hasil SEO setiap minggu, sementara beberapa bisnis lainnya memilih melakukannya dalam rentang waktu mingguan. Beberapa bisnis bahkan mungkin memeriksanya setiap bulan.
 
Mungkin diperlukan beberapa eksperimen untuk melihat mana rentang waktu yang terbaik bagi bisnis Anda. Anda dapat mulai memeriksa setiap dua minggu, melihat cara kerja frekuensi tersebut, dan menyesuaikannya sesuai kebutuhan.
 
 
Matriks Yang Dapat Digunakan Untuk Mengukur Hasil Upaya Pengoptimalan SEO
 
Anda sudah melakukan tahap awal sebelum melacak perkembangan SEO Anda. Sekarang, inilah saatnya untuk melacak pengoptimalan SEO dari bisnis yang sudah Anda jalankan. Berikut beberapa matriks yang dapat Anda ukur dalam ranah SEO : 
 
 
 
 
 
Traffic Organik / Organic Traffic
 
Ketika mengukur upaya pengoptimalan SEO, salah satu matriks penting untuk dilacak adalah traffic organik Anda. Traffic organik Anda merupakan semua traffic yang datang ke dalam website Anda dari mesin pencarian secara organik –– bukan melalui klik iklan.
 
Traffic organik adalah matriks yang tepat untuk mengukur SEO karena menunjukkan seberapa baik kinerja halaman Anda dalam hasil pencarian. Matriks ini dapat membantu Anda untuk lebih memahami seberapa baik peringkat Anda untuk kata kunci tertentu dan mendapatkan wawasan tentang kualitas traffic Anda.
 
Kualitas dan volume traffic website Anda dapat menjadi faktor penyebab mengapa website Anda tidak berkonversi atau tidak memenuhi target Anda. Jadi, melacak matriks ini adalah cara yang tepat untuk lebih memahami bagaimana traffic organik mempengaruhi kesuksesan SEO Anda secara keseluruhan.
 
 
Click Through Rate (CTR)
 
Saat mengukur kinerja dari pengoptimalan SEO, Anda dapat mengawasi rasio CTR organik Anda. Matriks ini menunjukkan berapa banyak orang yang melihat website atau produk digital Anda pada hasil penelusuran, memilih untuk menekannya, dan mengunjungi website Anda.
 
CTR merupakan indikator yang tepat untuk menentukan apakah bisnis Anda membuat tag judul dan deskripsi meta yang informatif. Kedua tag ini muncul pada hasil pencarian dan seringkali menentukan apakah seseorang menekan tautan website Anda.
 
Melacak matriks ini membantu Anda memahami seberapa baik bisnis Anda menarik pengguna untuk menekan tautan website Anda dibandingkan dengan kompetitor Anda. Jika rasio CTR Anda rendah, hal ini mungkin menunjukkan bahwa Anda perlu mengoptimalkan ulang tag Anda untuk menghasilkan lebih banyak klik dalam website Anda.
 
 
Peringkat Kata Kunci
 
Jika Anda ingin mengetahui cara melacak SEO dengan lebih baik, pastikan Anda memasukkan peringkat kata kunci pada daftar hal yang ingin bisnis Anda lacak. Peringkat kata kunci Anda menunjukkan seberapa baik peringkat dari website untuk kata kunci yang Anda targetkan dalam hasil pencarian.
 
Melacak kata kunci sangat penting untuk keberhasilan strategi pengoptimalan dari SEO Anda. Ada banyak alat di luar sana yang dapat digunakan untuk membantu melacak peringkat dari website Anda. 
 
Jika halaman Anda tidak mendapat peringkat tinggi untuk kata kunci yang diinginkan, Anda kehilangan traffic yang berharga untuk bisnis Anda. Belum lagi, 86% dari semua klik organik mengarah ke 10 hasil pertama — Jika peringkat Anda tidak berada pada peringkat teratas untuk kata kunci Anda, kemungkinan besar Anda tidak mendapatkan traffic  ke dalam halaman tersebut.
 
Jika Anda melacak hasil pengoptimalan SEO dan melihat peringkat Anda tidak cukup baik untuk beberapa kata kunci teratas, Anda mungkin perlu mengoptimalkan ulang halaman tersebut untuk membantu peringkatnya lebih baik. 
 
 
Tautan Balik / Backlinks
 
Saat mengukur kinerja SEO, Anda pasti ingin melihat backlink Anda. Tautan balik adalah tautan ke dalam website Anda berasal dari halaman otoritas lain. Website eksternal tersebut akan menggunakan teks tautan dalam salah satu halamannya untuk menautkan kembali ke halaman pada website Anda.
 
Penting untuk melihat tautan balik saat Anda melacak kinerja pengoptimalan SEO karena tautan tersebut menunjukkan apakah Anda membuat konten yang bernilai dan membawa pendapatan untuk bisnis Anda. Mendapatkan backlink dari website terpercaya dan berwibawa menunjukkan kepada Google bahwa Anda membuat konten yang andal dan informatif.
 
Sinyal kepercayaan ini pada akhirnya membantu Anda mendapatkan peringkat lebih baik dalam hasil pencarian karena Anda menjadi sumber terpercaya pada niche bisnis Anda.
 
 
 
Berikut beberapa informasi yang dapat kami bagikan tentang bagaimana Anda dapat melacak performa SEO dari produk digital bisnis yang dapat Anda pertimbangkan. Jika masih membutuhkan bantuan untuk mengembangkan penggunaan SEO untuk website bagi bisnis Anda dengan berbagai tips dan informasi diatas, kami dapat membantu.
 
Eannovate memberikan layanan terbaik untuk SEO agency & services di Jakarta dengan FREE SEO Audit. Kami juga menyediakan layanan digital advertising untuk bisnis anda sehingga website anda dapat muncul pada pencarian page 1 di Google.
 
Selain itu, jika Anda masih baru mulai ingin menggunakan website yang lengkap dengan SEO berkualitas, layanan website development dari EANNOVATE juga dapat membantu Anda. 
 
Dan jika Anda mencari tempat yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon