Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Lebih Dekat Akan Cluster Topik Untuk SEO 

15 Nov 2023 by Billy Gani
Cluster topik (atau kelompok konten) merupakan kelompok halaman website yang digunakan untuk membangun otoritas seputar subjek tertentu, khususnya di mata mesin pencarian. Setiap kelompok topik menyertakan halaman pilar yang memberikan gambaran luas tentang suatu topik.
 
Halaman pilar ini tertaut ke (dan ditautkan dari) halaman cluster yang mencakup subtopik terkait. Misalnya, website tentang travel mungkin memiliki kelompok topik seputar perencanaan liburan ke Disney World, seperti contoh berikut ini : 
 
 
 
 
Apa Saja Manfaat Penggunaan Cluster Topik bagi SEO ?
 
Strategi pengelompokkan topik yang efektif dapat membantu SEO dari bisnis Anda. Mengapa? Karena semakin banyak konten berkualitas yang Anda publikasikan pada topik yang relevan, semakin banyak kata kunci yang dapat Anda peringkatkan serta semakin banyak otoritas topikal yang dapat Anda bangun.
 
Hal ini penting karena Google ingin memberi peringkat pada website yang menunjukkan Pengalaman, Keahlian, Kewenangan, dan Kepercayaan (E-E-A-T).
 
 
 
 
Dalam sektor berita, Google menggunakan sistem otoritas topikal khusus untuk memprioritaskan hasil dari “tim berita yang sangat memahami lokasi dan topik”. Selain itu, membangun reputasi sebagai ahli di bidangnya dapat membantu Anda menarik dan melibatkan pengguna. Membuat cluster topik SEO juga menempatkan konten terkait ke dalam struktur situs yang efektif.
 
Dengan menautkan ke dan dari halaman utama, Anda membantu pengguna dan Google  untuk menemukan konten terkait. Dan memahami hubungan semantik—yaitu, bagaimana konten cocok satu sama lain. Semua faktor ini dapat menghasilkan keterlibatan yang lebih baik dan peringkat mesin pencarian yang lebih tinggi untuk bisnis Anda.
 
Cara Membuat Cluster Topik Untuk Bisnis Anda
 
Pelajari cara membuat kelompok topik yang mengarahkan traffic organik (lalu lintas mesin pencarian yang  tidak berbayar). Dan tingkatkan keterlibatan pengguna dengan beberapa tips di bawah ini.
 
Pilih Topik Utama Untuk Bisnis Anda
 
Pertama, Anda harus memilih topik untuk dijadikan dasar cluster konten Anda.
 
Mulailah dengan sesi brainstorming sederhana, tanyakan pada diri Anda dan tim tentang:
 
  • Topik mana yang relevan dan penting bagi brand saya?
  • Topik mana yang berhasil bagi bisnis Anda di masa lalu?
  • Konten apa yang sudah Anda miliki?
  • Topik apa yang menjadi perhatian dari target audiens  saya?
  • Topik apa yang dibicarakan oleh kompetitor bisnis Anda?

Topik yang Anda pilih harus cukup luas untuk menjamin beberapa konten. Namun tidak terlalu luas sehingga cluster menjadi terlalu besar dan tidak fokus.
Pendekatan yang tepat bergantung pada tujuan dan target audiens dari bisnis  Anda.

Lakukan Riset Kata Kunci
 
Riset kata kunci merupakan proses menemukan kueri yang ingin Anda peringkatkan (target kata kunci). Dan mengumpulkan data yang membantu mengevaluasi peluang peringkat dari website Anda. Hal ini adalah kunci untuk mengidentifikasi ide kelompok topik yang lebih baik serta membuat konten yang ramah SEO.
 
Idenya adalah untuk menetapkan satu kelompok kata kunci (bukan satu kata kunci) untuk setiap halaman di kelompok topik Anda. Kemudian mengoptimalkannya dalam konten Anda.
 
Hal ini dapat membantu Anda menentukan peringkat untuk lebih banyak variasi kata kunci yang sekiranya relevan dengan bisnis yang Anda jalankan.
 
Temukan Keyword Untuk Halaman Utama dari Website Anda
 
Pertama, temukan kelompok kata kunci yang paling mewakili topik utama dari bisnis Anda. Hal berisi kata kunci yang dapat Anda targetkan pada halaman utama dari website Anda.
 
Untuk mengevaluasi peluang penelusuran secara keseluruhan, berikut beberapa matriks yang dapat Anda pertimbangkan : 
 
  • Intensi - Jenis kata kunci dalam cluster. Kelompok topik sering kali dibangun berdasarkan kata kunci dengan maksud pencarian informasional atau komersial.

  • Volume - Volume pencarian gabungan (jumlah rata-rata pencarian bulanan) untuk kata kunci dalam cluster. Hal ini menunjukkan potensi jangkauan halaman pilar Anda setiap bulannya.

  • Kata Kunci & Kesulitannya (Keyword Difficulty) - Rata-rata skor kesulitan untuk sebuah kata kunci. Secara umum, semakin tinggi angka dari 100, semakin sulit untuk mendapatkan peringkat 10 besar hasil pencarian organik pada Google.

Tips - Tag “potensi peringkat tinggi” menunjukkan bahwa topik tersebut memiliki volume yang relatif tinggi dan tingkat kesulitan yang rendah.
 
Temukan Kata Kunci Dalam Halaman Cluster dari Bisnis Anda
 
Kembali ke daftar Anda dan cari kelompok yang mewakili sub topik yang relevan. Anda dapat menargetkannya pada halaman cluster dari website Anda.
 
Buatlah Konten Yang Berkualitas
 
Setelah Anda merencanakan kelompok topik, Anda sudah siap membuat dan mempublikasikan konten berkualitas. Secara umum, merupakan ide yang tepat untuk memulai dengan halaman utama dari website Anda. Hal ini adalah halaman yang memberikan gambaran luas tentang topik inti dari bisnis Anda dan landasan untuk kluster topik Anda.
 
Anda harus membuatnya dengan mempertimbangkan tautan ke halaman cluster Anda.
 
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi yang dapat kami bagikan tentang cluster topik untuk SEO dari website bisnis Anda. Jika masih membutuhkan bantuan untuk mengembangkan penggunaan SEO untuk website bagi bisnis Anda dengan berbagai tips dan informasi diatas, kami dapat membantu.
 
Eannovate memberikan layanan terbaik untuk SEO agency & services di Jakarta dengan FREE SEO Audit. Kami juga menyediakan layanan digital advertising untuk bisnis anda sehingga website anda dapat muncul pada pencarian page 1 di Google.
 
Selain itu, jika Anda masih baru mulai ingin menggunakan website yang lengkap dengan SEO berkualitas, layanan website development dari EANNOVATE juga dapat membantu Anda. 
 
Dan jika Anda mencari tempat yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
 
 
 
Article Reference : SEMRush

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon