Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Lebih Dalam Tentang Pemasaran Berkelanjutan Untuk Bisnis Anda  

11 Oct 2022 by Billy Gani
Perubahan iklim dan ancaman dari pemanasan global sudah menjadi perhatian dari seluruh penjuru dunia - dan tidak hanya untuk para pejabat dan figur dari negara. Topik ini senantiasa berkembang dalam pembicaraan modern, membuat setiap pengguna saat ini memilih gaya hidup yang lebih berkelanjutan. Dan faktanya, sepertiga konsumen secara global akan rela membayar lebih untuk brand yang menghasilkan produk yang menggunakan bahan ramah lingkungan.
 
Strategi pemasaran yang baik saat ini harus dapat berjalan dengan nilai yang dianut pengguna, dan dalam responnya, banyak brand yang saat ini sudah menggunakan model bisnis dengan sifat berkelanjutan dan mengubah strategi mereka dalam memberikan transparansi usaha yang mereka gunakan. Tetapi, sebelum Anda mencoba menggunakan halaman berkelanjutan dalam produk digital, penting untuk mengetahui secara etis dan dampak yang datang dari pengimplementasian pemasaran berkelanjutan untuk bisnis Anda.
 
Rancangan desain pemasaran berkelanjutan yang baik dapat membantu Anda menghindari kesalahpahaman dari konsumen yang berpikir bahwa produk, layanan, atau organisasi Anda lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan daripada yang sebenarnya.
 
Dalam artikel berikut ini, kami mencoba memberikan Anda informasi lebih dalam tentang pemasaran berkelanjutan, dan juga bagaimana Anda dapat menerapkan konsep ini secara efisien dalam setiap aktivitas bisnis Anda.

Apa Yang Dimaksud Dengan Berkelanjutan?

Penting untuk mengetahui apa yang sebenarnya dimaksud dengan istilah “berkelanjutan.” Kata ini merupakan konsep modern sebelum kita masuk ke dalam ranah pemasaran. Berkelanjutan menurut United Nations Brundtland Commision adalah “memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengorbankan kemampuan untuk mencapai hal tertentu bagi generasi mendatang ketika membutuhkan sesuatu.”
 
Lahir dari definisi ini, konsultan British Management, John Elkington menciptakan istilah triple bottom line, atau gagasan bahwa keputusan bisnis harus menyeimbangkan manusia, keuntungan, dan bumi sendiri. Elkington ingin memikirkan kembali kapitalisme dan menantang pemilik bisnis untuk mempertimbangkan energi, sumber daya alam, dan limbah yang dihasilkan dari pengadaan, pembuatan, pengangkutan, dan pembuangan bahan produk selain dari sisi dan potensi keuntungan yang didapatkan.

Apa Yang Dimaksud Dengan Pemasaran Berkelanjutan?

Ketika kata berkelanjutan dapat memiliki perbedaan arti dalam bisnis, pemasaran berkelanjutan merujuk pada bagaimana brand Anda mempromosikan produk dan layanan yang bersifat ramah terhadap lingkungan. Tidak seperti pemasaran lainnya, jenis pemasaran ini bukan hanya sekedar strategi promosi akan brand atau produk yang Anda jalankan - tetapi juga menjadi bagian dari komitmen perusahaan atau bisnis Anda dalam merawat lingkungan dan lebih menjaga tatanan sosial di sekitar Anda.
 
Pemasaran berkelanjutan senantiasa harus mengangkat namanya - berkelanjutan. Hal ini dapat Anda implementasikan dengan bentuk strategi dan operasi bisnis baru, tetapi sambil tetap memikirkan proporsi nilai dan kebutuhan pengguna.
 
Untuk menghindari hal yang tidak berjalan dengan baik, pemasaran berkelanjutan perlu mengintegrasikan dan menginformasikan fungsi inti dari bisnis dalam memastikan bahwa bisnis atau perusahaan Anda menerapkan hal yang sesuai. Jika rencana bisnis berkelanjutan tidak merefleksikan praktik bisnis yang sebenarnya, hal tersebut akan membuat kepercayaan pengguna hilang.
 
 
 

Misalnya, brand fashion seperti Zara dan H&M menyumbang sebagian besar dari 80% pakaian bekas di seluruh dunia. Keduanya meluncurkan lini produk yang berkelanjutan tetapi memberikan detail yang tidak memadai mengenai rantai pasokan dan produksi mereka, yang mengundang pengawasan ketat. 
 
Para kritikus bertanya-tanya apakah kurangnya transparansi ini adalah taktik pemasaran palsu yang dirancang untuk membuat perusahaan tampak berhati-hati terhadap lingkungan.

Manfaat Pemasaran Berkelanjutan

Tensie Whelan dan Carly Fink dari NYU Stern Center for Sustainable Business menulis dalam Harvard Business Review bahwa bisnis yang berkelanjutan, baik besar maupun kecil, mengalami efisiensi bisnis yang lebih besar dan kinerja keuangan yang lebih baik.
 
Karena keberlanjutan memerlukan pendekatan bisnis holistik, hal tersebut sering mengarah pada lebih banyak inovasi karena perusahaan atau bisnis dengan sistem berkelanjutan, seperti yang dikatakan oleh perusahaan pemasaran digital nirlaba Yodelpop, “melihat ke depan untuk potensi masalah sosial sebagai peluang.”
 
Pemasaran berkelanjutan juga berkontribusi pada kepercayaan konsumen jangka panjang, memberikan keunggulan kompetitif bagi bisnis. Konsumen mengidentifikasi diri mereka secara lebih dekat dengan brand yang berkomitmen pada triple bottom line dan transparansi.

Cara Anda Untuk Merancang Strategi Bisnis Yang Berkelanjutan

Pemasaran berkelanjutan membutuhkan pendekatan dari berbagai sisi. Seluruh bagian dari tim Anda harus bersatu untuk mencapai tujuan keberlanjutan tanpa menghalangi upaya bisnis dari tiap sisi, satu sama lain. Karena sifatnya yang transformatif, mengadopsi metodologi pemasaran yang berkelanjutan adalah proses yang bernilai, tetapi juga kompleks. Dan rute yang akan Anda ambil sangat bergantung pada seberapa lama bisnis Anda beroperasi.
 
Banyak perusahaan atau bisnis baru didirikan dengan keberlanjutan sebagai nilai brand yang mendasar dan mengadopsi praktik ini sejak awal. Misalnya, Oatly diciptakan untuk mengurangi permintaan susu dan dampak emisi gas rumah kaca dari industri susu.
 
 
 
Contohnya, visi dari brand Oatly diatas adalah menciptakan “sistem pangan yang lebih baik bagi manusia dan planet bumi,” dan strategi pemasaran berkelanjutan mereka berpusat pada membuat pelanggan merasa bahwa pembelian mereka menciptakan dunia yang lebih berkelanjutan.
 
Menurut Forbes, 70% generasi milenial saat ini lebih memilih untuk  membayar lebih bagi brand yang mendukung tujuan yang mereka yakini, statistik yang diambil dan dijalankan Oatly - Sebagai bagian dari strategi pemasaran berkelanjutannya, perusahaan susu gandum menggunakan suara brand hipster kasual yang berbicara untuk target demografis muda yang sadar lingkungan. Dengan hal tersebut, Oatly menyelaraskan vernakular, grafik, dan font di semua aset pemasaran untuk meniru karakteristik branding mereka.
 
Tetapi mereka juga mengetahui nilai kepercayaan konsumen dan bekerja untuk mencapainya - Oatly berdedikasi untuk memastikan semua aspek bisnisnya berkelanjutan dan setransparan mungkin. Mereka melakukan ini dengan meminimalkan dampaknya, menciptakan alternatif susu, mengurangi permintaan akan produk susu, serta berkomitmen pada transparansi. 
 
Oatly lalu mempublikasikan target lingkungan dan rencana mereka untuk mencapainya dalam Laporan Keberlanjutan di tahun 2020. Selain itu, dokumen ini tidak hanya menguraikan langkah-langkah yang telah mereka ambil untuk mengurangi jejak karbon mereka, tetapi bagaimana produk mereka berdampak positif terhadap lingkungan.
 
Meskipun kenyataannya tetap bahwa tidak ada bisnis yang dapat menghasilkan nol limbah atau emisi karbon, masih ada peluang luar biasa bagi perusahaan atau bisnis Anda untuk mengurangi dampaknya sebanyak mungkin. Oatly adalah contoh yang tepat tentang bagaimana perusahaan atau bisnis yang lebih baru harus menciptakan strategi pemasaran yang berkelanjutan karena hal tersebut mencontohkan bagaimana Anda mendapatkan—dan mempertahankan—kepercayaan dari target audiens Anda.

Mulailah Untuk Berpikir Panjang Kedepan Bagi Perjalanan Bisnis Anda

Seperti yang dikatakan Adanma Onuoha, Marketing and Communications Officer untuk Network for Business Sustainability, “Publik tahu bahwa perubahan mendadak hampir tidak mungkin, jadi Anda memerlukan tujuan yang menargetkan perubahan skala tinggi dalam jangka waktu yang lama.”
 
Akan sangat membantu untuk menunjuk orang atau tim yang ditunjuk untuk melacak upaya keberlanjutan saat bisnis Anda bekerja menuju tujuannya. Setelah Anda menunjuk tim untuk secara khusus memantau hal tersebut, minta mereka membuat daftar tujuan keberlanjutan, bekerja sama dengan seluruh staf Anda.
 
Sasaran-sasaran ini tidak dapat berupa kampanye pemasaran baru - hal ini harus menjadi langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti yang Anda terapkan dari waktu ke waktu sehingga perusahaan dapat beradaptasi secara perlahan. Setelah Anda memiliki strategi yang komprehensif, mulailah berpikir tentang bagaimana memasarkan dedikasi perusahaan Anda terhadap keberlanjutan kepada konsumen.

Mengkomunikasikan Hal Ini Pada Setiap Orang Dalam Perusahaan atau Bisnis Anda

Strategi Anda perlu mengatasi siklus hidup dari layanan atau produk digital Anda. Meskipun pengembangan produk dapat menyebabkan kerusakan lingkungan yang minimal, area lain di perusahaan Anda mungkin masih menghasilkan limbah dan emisi karbon yang tidak perlu. Pastikan semua bagian tim mengkomunikasikan proses mereka sebagai bagian dari strategi bisnis berkelanjutan Anda.
 
Pengembang produk, eksekutif bisnis, dan pemasar perlu menyelaraskan aktivitas bisnis dan memastikan bahwa tujuan keberlanjutan diterapkan. Jika Anda melakukan ini, Anda tidak hanya akan mendapatkan kepercayaan publik, tetapi Anda akan melindungi bisnis dari hal tidak inginkan yang tidak disengaja.
 
Berikut adalah beberapa pemahaman dan informasi yang dapat kami bagikan untuk Anda tentang pemasaran berkelanjutan yang dapat Anda terapkan untuk bisnis Anda. Jika masih membutuhkan bantuan untuk mengembangkan penggunaan pemasaran berbasis digital seperti SEO untuk website bagi bisnis Anda, kami dapat membantu.
Eannovate memberikan layanan terbaik untuk SEO agency & services di Jakarta dengan FREE SEO Audit. Kami juga menyediakan layanan digital advertising untuk bisnis anda sehingga website anda dapat muncul pada pencarian page 1 di Google.
 
Selain itu, jika Anda masih baru mulai ingin menggunakan website yang lengkap dengan SEO berkualitas, layanan website development dari EANNOVATE juga dapat membantu Anda. 
 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon