Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Lebih Dalam Tentang Pemasaran Berbasis Digital / Digital Marketing

08 Nov 2022 by Billy Gani
Dalam era digital saat ini, dunia tanpa internet sudah tidak dapat dibayangkan. Dengan lebih dari 4.5 juta pengguna di seluruh dunia, website sudah menjadi salah satu tempat untuk berbagi dan mencari berbagai informasi - entah pembaruan dan informasi tentang keluarga, untuk bisnis , atau berita dalam teknologi, politik, dan hiburan di antara teman atau kolega bisnis.
 
Transisi ke dalam dunia online juga senantiasa berubah dari waktu ke waktu, tak terkecuali ketika kita mempromosikan bisnis dari produk dan layanan yang Anda miliki. Sama seperti hal pada umumnya, ranah pemasaran juga bergerak di sekitar website - dengan banyaknya pembuatan website, media sosial , dan iklan online yang mengambil tempat pada billboard, dan juga dalam iklan cetak.
 
Dalam artikel berikut ini, kami mencoba menjabarkan beberapa informasi mendalam tentang pemasaran digital dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk mempromosikan bisnis Anda. 

Apa Yang Dimaksud Dengan Pemasaran Digital?

Pemasaran berbasis digital biasanya dideskripsikan tentang penggunaan saluran digital untuk mempromosikan produk atau layanan dari bisnis Anda. Tujuan dari pendekatan ini adalah menjadi lebih dekat dengan pelanggan Anda secara online - tempat dimana mereka menghabiskan waktu terbanyak dalam mencari informasi dan hiburan.
 
Digital marketing merupakan tempat praktek yang luas, sederhananya karena banyak saluran online yang senantiasa tersedia. Mengunggah konten dalam media sosial juga merupakan bagian dari pemasaran digital, sama seperti pemasaran berbasis email dan unggahan blog. Jika digabungkan, konten promosional dalam berbagai saluran ini membangun satu strategi online yang kohesif. Entah jika Anda berfokus pada pemasaran untuk acara tertentu, atau membuat daftar untuk pemasaran berbasis email, digital marketing merupakan cara yang tepat untuk Anda gunakan.

Manfaat Penggunaan Digital Marketing Untuk Bisnis Anda

Setiap perusahaan atau bisnis - mulai dari yang berskala besar hingga toko fisik di pinggir jalan raya - bisa mendapatkan manfaat dari menggunakan iklan secara online. Berikut beberapa manfaat dari pemasaran digital untuk hal tersebut : 
  • Membangun kesadaran merek dengan menempatkan diri secara online
  • Meningkatkan keterlibatan dari konsumen prospektif dan mendapatkan leads yang lebih banyak
  • Memperdalam hubungan dengan konsumen dan mengembangkan basis loyalitas dari pelanggan.
    56

Jenis Pemasaran Berbasis Digital / Digital Marketing

Pemasaran berbasis digital bukanlah hal yang mudah untuk dipelajari dalam prakteknya, yang juga terbagi dalam beberapa elemen. Penting bagi Anda untuk setidaknya memahami beberapa diantaranya untuk mengetahui metode mana yang sekiranya cocok untuk bisnis Anda jalankan. Berikut beberapa praktek pemasaran digital yang umumnya sudah digunakan dan senantiasa berjalan : 

Search Engine Optimization (SEO)

Hal ini menjadi salah satu elemen pondasi dari pemasaran berbasis digital. SEO merupakan praktek pengoptimalan website Anda untuk mencapai peringkat yang lebih tinggi dari hasil pencarian. Ketika website Anda mendapatkan peringkat yang tinggi dari hasil pencarian Google atau mesin pencari lainnya, akan lebih tinggi kemungkinan dimana pengguna atau calon pelanggan untuk menekan tautan, memasuki website, mempelajari tentang brand Anda, dan dapat berakhir menjadi pelanggan yang loyal.
 
 
 
 
Ada tiga cara yang biasanya dipraktekkan dalam teknik SEO, yaitu : 
 
  • On-Page SEO yang melibatkan pengoptimalan halaman website Anda dengan melakukan riset kata kunci. Ketika Anda memasukkan kata kunci strategis pada seluruh halaman website, Anda dapat peringkat tinggi pada halaman hasil mesin pencarian dan memandu pelanggan melalui saluran penjualan dengan konten yang relevan dan otoritatif.
  • Off-Page SEO berbicara tentang meningkatkan SEO Anda dengan melihat halaman di luar website Anda. Tautan masuk ke dalam website Anda - yang dikenal sebagai tautan balik - adalah komponen penting dari SEO Off-Page ini. 
  • SEO teknis berkaitan dengan elemen backend dari pengembangan website Anda seperti pengkodean, data terstruktur, kompresi gambar, dan lainnya. Mengoptimalkan elemen-elemen ini dapat mempermudah mesin pencari untuk "membaca" website Anda dan meningkatkan kecepatan muatan dari tiap halaman.

Pemasaran Berbasis Konten (Content Marketing)

 
 
 
Sangat erat penerapannya dengan SEO, pemasaran berbasis konten juga menjadi salah satu komponen vital dalam pemasaran berbasis digital. Hal ini termasuk pembuatan dan promosional dari konten tertentu dengan tujuan pembangunan kesadaran merek, meningkatkan traffic ke dalam website, mendatangkan leads, dan mengkonversikan pengguna menjadi pelanggan.

Pemasaran Berbasis Media Sosial (Social Media Marketing) 

Landasan lain dari strategi pemasaran digital yang kuat adalah pemasaran berbasis media sosial. Hal ini melibatkan promosional dari brand Anda pada saluran sosial untuk meningkatkan kesadaran merek, mengarahkan traffic website, dan meraih prospek baru. Anda dapat melakukan ini dengan membuat unggahan pada saluran media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, Pinterest, atau LinkedIn.
 
 
 
 
Unggahan Anda dapat mencakup apa saja, mulai dari artikel blog yang berwawasan luas hingga video penggunaan dari produk Anda. Pilih saluran tempat pelanggan Anda paling aktif; seringkali, hal ini adalah faktor demografi mereka, seperti usia dan lokasi, serta minat mereka. 
 
Anda bahkan dapat berinvestasi dalam pemasaran berkelanjutan pada saluran ini, yang telah menjadi populer karena permintaan konsumen untuk produk ramah lingkungan telah berkembang lebih pesat.
 
Beberapa metode pemasaran digital, seperti blog, SEO, dan unggahan media sosial bersifat organik - artinya metode tersebut menarik traffic “secara alami” pada halaman website Anda daripada mengharuskan Anda mengeluarkan uang secara langsung.

Praktik lain, bagaimanapun, datang dengan harga yang tentunya harus Anda bayar, meskipun memang dapat disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Iklan Berbayar / Pay-Per-Click

PPC, akronim untuk bpay per click, merupakan bentuk iklan online berbayar yang cukup kuat dan sering digunakan saat ini. Seperti SEO, PPC adalah jenis pemasaran dengan basis mesin pencari, atau SEM. Jika Anda biasa melihat unggahan berlabel "Iklan" di bagian atas dan bawah halaman hasil pencarian Google, Anda telah melihat PPC beraksi.
 
Dengan model ini, pengiklan membayar biaya setiap kali tautan mereka diklik. Seperti bentuk pemasaran digital lainnya, tujuan PPC adalah mengarahkan traffic ke dalam website untuk menghasilkan prospek dan penjualan.

Pemasaran Berbasis Email / Email Marketing

Anda hampir pasti pernah menerima pemasaran berbasis email dalam beberapa bentuk - pada kenyataannya, Anda mungkin memiliki email dari bisnis tertentu yang ada di kotak masuk Anda sekarang. 
 
 
 
Strategi pemasaran digital ini melibatkan komunikasi dengan target audiens Anda melalui email dengan tujuan meningkatkan keterlibatan, mempromosikan produk, dan mendorong konversi dan penjualan.
 
Berikut adalah beberapa pemahaman lebih dalam tentang pemasaran digital yang dapat Anda terapkan untuk bisnis Anda. Jika masih membutuhkan bantuan untuk mengembangkan penggunaan pemasaran berbasis digital seperti SEO untuk website bagi bisnis Anda, kami dapat membantu.
 
Eannovate memberikan layanan terbaik untuk SEO agency & services di Jakarta dengan FREE SEO Audit. Kami juga menyediakan layanan digital advertising untuk bisnis anda sehingga website anda dapat muncul pada pencarian page 1 di Google.
 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon