Image

QUICK CONTACT













Image

Tips Menyimpan Alat Berat Saat Musim Panas & Hujan Tiba

19 Jun 2024 by Billy Gani
Alat berat merupakan investasi untuk bisnis apa pun khususnya dalam konstruksi. Penting untuk mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk melindungi alat berat Anda dari kerusakan selama penyimpanan. Dalam artikel ini, kami akan membahas tips penyimpanan alat berat yang aman dan efektif. Baik jika Anda menyimpan alat berat tersebut selama musim dingin atau musim panas, tips berikut akan membantu menjaganya tetap dalam kondisi baik.
 
 
Tips Penyimpanan Alat Berat di Musim Panas
 
Jika Anda menyimpan alat berat selama musim panas, penting untuk mengambil langkah-langkah untuk melindunginya dari kerusakan akibat panas. Panas dapat menyebabkan keausan dini pada alat berat, sehingga menyebabkan biaya perbaikan yang mahal. Berikut beberapa tips dalam menyimpan alat berat yang aman dan efektif selama bulan-bulan hangat : 
 
 
Jaga Alat Berat Anda Dari Paparan Panas & Cahaya
 
Paparan sinar matahari langsung dan panas dapat merusak alat berat Anda. Simpan alat berat Anda di tempat yang teduh, jika memungkinkan. Jika Anda tidak dapat menyimpannya di tempat teduh, pastikan ventilasi yang cukup untuk mencegah penumpukan panas dalam alat berat.
 
Garasi atau gudang merupakan pilihan yang tepat untuk menyimpan alat berat selama musim panas. Area ini biasanya lebih sejuk dan memberikan perlindungan dari sinar matahari dan panas. Pastikan saja alat berat Anda dapat masuk ke dalam ruangan tersebut, dan mendapatkan aliran udara yang bebas.
 
 
Bersihkan & Inspeksi Alat Berat Secara Berkala
 
Pembersihan rutin sangat penting untuk keamanan penyimpanan alat berat selama musim apa pun, namun hal ini akan lebih penting selama musim panas. Kotoran yang terkumpul pada alat berat Anda dapat merusak bagian tertentu, jadi sebaiknya bersihkan kotoran atau partikel lainnya sesegera mungkin.
 
Periksa alat berat Anda secara teratur untuk mengetahui adanya kerusakan yang mungkin terjadi selama penyimpanan. Hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui dan memperbaiki masalah apa pun sebelum menjadi masalah yang lebih besar. Masalah kecil cenderung menjadi lebih serius dan mahal untuk diperbaiki jika dibiarkan begitu saja.
 
 
Jaga Alat Berat Anda Dari Serangga & Hewan Pengerat
 
Hewan pengerat seperti tikus dan serangga dapat menyebabkan kerusakan serius pada alat berat Anda jika tidak ditangani secara langsung. Pastikan untuk mengambil langkah-langkah dalam melindungi alat berat Anda dari serangan hama ini. Tikus seringkali mengunyah kabel dan selang, sedangkan serangga seperti kecoa dapat merusak bagian sensitif dari mesin alat berat.
 
Salah satu cara untuk melindungi alat berat Anda dari hewan pengerat dan serangga adalah dengan menyimpannya dalam kondisi tertutup. Jika hal ini tidak memungkinkan, pertimbangkan langkah-langkah berikut:
 
  • Menggunakan perangkap hewan pengerat atau insektisida di sekitar tempat Anda menyimpan alat berat
  • Memasang pagar atau pembatas di sekeliling area alat berat disimpan
  • Menyimpan alat berat Anda dalam gedung atau ruangan dengan pengatur suhu
 
 
Apa Saja Tanda Kerusakan Karena Panas dari Alat Berat Anda?
 
Paparan panas dapat menyebabkan kerusakan pada mesin apa pun. Namun, tanda-tandanya akan berbeda tergantung pada alat berat tertentu yang Anda miliki dan bagian-bagiannya. Berikut beberapa tanda umum bahwa alat berat Anda rusak karena panas:
 
  • Cairan Bocor Dari Selang / Pipa - Jika ada kebocoran pada salah satu selang hidrolik dari alat berat, kemungkinan besar panas yang menyebabkan selang tersebut rusak.
  • Cat yang menggembung atau melepuh mungkin menandakan logam di bawahnya sedang memanas dan mengembang.
  • Komponen Plastik Yang Rusak & Meleleh - Jika Anda melihat komponen plastik pecah atau meleleh pada alat berat Anda, kemungkinan besar panas tersebut yang menyebabkan kerusakan.
  • Logam Melengkung - Logam yang terkena panas berlebihan dapat melengkung dan berubah bentuk.
 
Jika Anda melihat salah satu dari tanda-tanda ini, segera hubungi tim perbaikan profesional untuk menjadwalkan perbaikan alat berat.
 
 
 
 
Tips Penyimpanan Alat Berat di Musim Hujan / Dingin
 
Jika Anda menyimpan alat berat dalam musim hujan atau dingin, Anda perlu mengambil beberapa langkah dalam menjaga alat berat dari kerusakan musim dingin ini. Berikut beberapa langkah dalam menyimpan alat berat Anda pada musim dingin : 
 
 
Jaga Alat Berat Anda Dari Cuaca Dingin
 
Es yang terbentuk pada alat berat Anda dapat menyebabkan kerusakan pada bagian tertentu dalam musim dingin. Untuk melindungi alat berat Anda, gunakan penutup hujan atau terpal di atas alat berat saat disimpan. Hal ini akan membantu mencegah penumpukan bekuan seperti es pada bagian mana pun dari mesin yang terkena cuaca dingin.
 
Beberapa bagian yang perlu diperhatikan antara lain radiator, tangki bahan bakar, dan filter udara. Jika bagian-bagian ini rusak karena penumpukan es selama disimpan, hal ini dapat menyebabkan masalah besar saat Anda menyalakan peralatan di musim panas selanjutnya.
 
 
Jaga Alat Berat Anda dari Vandalisme & Pencurian
 
Sayangnya, alat berat masih menjadi salah satu sasaran empuk para pencuri, apa pun musimnya. Alat berat bernilai tinggi dan membuatnya layak untuk dicuri jika seseorang memiliki akses ke penyimpanannya. Alat berat ini juga lebih sulit dilacak dibandingkan jenis barang curian lainnya, seperti mobil atau barang elektronik.
 
Untuk membantu melindungi alat berat Anda dari pencurian, lakukan langkah-langkah berikut:
 
  • Kunci alat berat dan simpan pada tempat yang aman
  • Pasang sistem alarm atau kamera keamanan pada tempat penyimpanan alat berat
  • Tandai alat berat dengan beberapa identifikasi seperti chip pelacakan aset.
 
 
Menggunakan Sealant Untuk Menjaga dari Karat
 
Penting untuk mengambil tindakan pencegahan dalam melindungi alat berat Anda dari korosi. Kelembaban dapat menyebabkan karat, yang dapat merusak permukaan mesin alat berat dan menyebabkan biaya perbaikan yang mahal. 
 
Gunakan pelapis pada potongan logam yang terbuka untuk mencegah air terkumpul dan menyebabkan korosi.
 
 
Apa Saja Tanda Kerusakan Karena Cuaca Dingin dari Alat Berat Anda?
 
Kerusakan karena air dapat menyebabkan permasalahan serius untuk alat berat. JIka Anda menyimpan alat berat dalam lingkungan lembab, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini : 
 
  • Karat
  • Jamur
  • Korosi

Jika Anda melihat salah satu masalah ini, ambillah langkah-langkah untuk memperbaiki kerusakan sesegera mungkin. Jika tidak ditangani, kerusakan akibat air dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut dan perbaikan yang mahal.
 
Anda dapat membantu melindungi alat berat Anda dari kerusakan selama penyimpanan dengan mengikuti tips berikut ini. Entah jika Anda menyimpannya di musim panas atau musim dingin, melakukan tindakan pencegahan berikut akan membantu memastikan alat berat Anda aman dan dalam kondisi baik saat Anda membutuhkannya lagi.
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi tentang tips yang sekiranya perlu dipahami untuk menyimpan alat berat dalam musim panas dan hujan untuk kebutuhan konstruksi Anda. Jika Anda belum memiliki alat berat sendiri dan sedang mencari distributor atau tempat yang menjual dan menyewakan alat berat seperti crane serta mengenal tentang berbagai parts yang juga berkualitas dan profesional di Indonesia, THI dapat menjadi salah satu pilihan Anda. 
 
Tunas Habibi Indonesia (THI) merupakan salah satu distributor dan penyedia rental alat berat dari semua produk T&H (Technology and Hammer), Liutech Air Compressor, TRD Hydraulic Breaker dan Digga di area Jakarta dan Medan, Indonesia. THI senantiasa berkomitmen untuk menyediakan hydraulic breaker, mobile compressor dan machinery attachment berkualitas premium lainnya di Indonesia.

THI juga memberikan layanan prima kepada mitra dalam bidang pertambangan, quarrying, dimensional stone, civil engineering, road construction, demolition, tunneling, industrial, plantation, logging dan lain-lain. Selain itu, THI juga menyediakan jasa penjualan,rental alat berat seperti Liutech mobile compressor di Indonesia untuk kebutuhan Anda.
 
 
Referensi : Air Filter 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon