Image

QUICK CONTACT













Image

Tips Dalam Mencegah Terjadinya Kerusakan Pada Selang Hidrolik Dari Alat Berat Anda 

08 Jul 2024 by Billy Gani
Ada beberapa hal yang akan menghentikan pekerjaan dan kinerja dari alat berat Anda seperti kegagalan selang hidrolik. Sistem hidrolik untuk alat berat Anda menyalurkan tenaga dan gerakan alat berat yang diperlukan untuk menggali, mengangkat, dan bermanuver, dan juga berperan untuk menyalurkan tenaga tersebut.
 
Jika selang hidrolik dari alat berat Anda mengalami kerusakan, hal ini dapat menyebabkan dampak serius pada komponen lain seperti waktu henti yang tidak terduga, dan biaya perbaikan yang mahal.
 
Cara terbaik untuk mencegah terjadinya kerusakan alat berat ini adalah dengan melakukan perawatan sistem hidrolik secara berkala. Mari kita bahas lebih jelas dalam artikel berikut ini.
 
 
Berikan Selang Hidrolik Proteksi Yang Memadai
 
Lokasi konstruksi merupakan lingkungan yang keras dan dapat berdampak buruk pada alat berat Anda. Wheel loader, ekskavator, dan alat berat dengan hidrolik lainnya bekerja dan terpapar langsung dengan material tajam dan abrasif seperti rebar, bongkahan batu dan beton, serta struktur yang dapat merobek, memotong, atau merusak selang hidrolik dari alat berat Anda. 
 
Kunci penting dari menghindari perlunya perbaikan alat berat adalah menutup atau memasang pelindung yang mengurangi kemungkinan kerusakan selang hidrolik di lokasi kerja.
 
 
Inspeksi Alat Berat Anda Secara Berkala
 
Untuk menghindari servis alat berat yang mahal, kami sarankan untuk memeriksa selang hidrolik Anda sebelum memulai setiap shift, sebagai bagian dari pemeriksaan alat berat harian Anda. Penting untuk mencari tanda-tanda kerusakan yang terlihat dan memastikan semua komponen tampak dalam kondisi kerja yang baik. 
 
Jika Anda melihat keausan yang berlebihan atau masalah apa pun pada selang hidrolik, Anda harus memperbaiki atau menggantinya sebelum benar-benar rusak dan menyebabkan masalah yang lebih parah.
 
 
Menjalankan Rute Gerak dari Selang Hidrolik Dengan Tepat
 
Mencegah terjadinya kerusakan dari selang hidrolik dpat dimulai dengan cara pemasangannya pada alat berat Anda. Penyebab umum dari munculnya kerusakan adalah ketika satu selang bergesekan dengan selang, permukaan, atau komponen lain, sehingga menyebabkan abrasi dan mempercepat keausan. 
 
Gesekan ini secara perlahan dapat merusak lapisan luar selang, melemahkannya, dan akhirnya menyebabkan kebocoran dan kerusakan. Untuk menghindari abrasi, penting untuk menjauhkan selang hidrolik dari titik pivot atau area lain yang dapat mengakibatkan gesekan berlebihan.
 
 
Jangan Menggunakan Selang Hidrolik Pada Area Yang Bertemperatur Tinggi
 
Mirip dengan abrasi, memasukkan selang ke bagian mesin yang mengeluarkan panas berlebihan dapat menyebabkan kerusakan dan harus dihindari. Ketika selang terkena suhu ekstrem, selang akan mulai kehilangan fleksibilitas dan menjadi kaku. 
 
Ban dalam selang akan mulai mengeras dan retak, yang dapat menyebabkan kebocoran dan akhirnya pecah.
 
 
 
 
 
Ganti Filter Hidrolik Dengan Mengikuti Interval Rekomendasi dari Distributor Alat Berat
 
Seiring waktu, sistem hidrolik perlahan-lahan dapat rusak, melepaskan partikel kecil yang akan mencemari cairan di dalamnya. Bagian penting dari pemeliharaan sistem hidrolik dan mencegah terjadinya kerusakan dari selang hidrolik adalah mengganti filter Anda pada interval yang dijelaskan dalam manual yang berasal dari distributor tempat Anda membeli atau menyewa alat berat. 
 
Kegagalan dalam melakukan hal ini akan mempercepat keausan selang, terpotong, abrasi, dan membuat adanya biaya servis alat berat yang mahal.
 
 
Selalu Menggunakan Cairan Yang Sesuai Untuk Selang Hidrolik Anda
Cairan yang Anda masukkan ke dalam sistem hidrolik harus sesuai dengan selang yang tepat. Jika tidak, selang dapat hancur, bengkak, dan bocor. Masalah-masalah ini pada akhirnya akan berubah menjadi masalah yang lebih besar seperti kontaminasi sistem dan kerusakan total dari selang hidrolik.
 
 
 
Berikut adalah beberapa pemahaman dan informasi yang dapat kami berikan seputar tips dalam mencegah agar selang hidrolik dari alat berat Anda tidaklah mudah untuk rusak. Jika Anda sedang mencari distributor atau tempat yang menjual dan menyewakan alat berat berkualitas dan profesional di Indonesia, THI dapat menjadi salah satu pilihan Anda. 
 
Tunas Habibi Indonesia (THI) merupakan salah satu distributor dan penyedia rental alat berat dari semua produk T&H (Technology and Hammer), Liutech Air Compressor, TRD Hydraulic Breaker dan Digga di area Jakarta dan Medan, Indonesia. THI senantiasa berkomitmen untuk menyediakan hydraulic breaker, mobile compressor dan machinery attachment berkualitas premium lainnya di Indonesia.

THI juga memberikan layanan prima kepada mitra dalam bidang pertambangan, quarrying, dimensional stone, civil engineering, road construction, demolition, tunneling, industrial, plantation, logging dan lain-lain. Selain itu, THI juga menyediakan jasa penjualan,rental alat berat seperti Liutech mobile compressor di Indonesia untuk kebutuhan anda.
 
 
Referensi: Heavy Machine 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon