Image

QUICK CONTACT













Image

Tips & Panduan Dalam Menggunakan Alat Berat Ketika Musim Hujan Tiba

08 Jun 2024 by Maria Rosliana
Setiap tahunnya, selama pembangunan jalan saja, lebih dari 20.000 pekerja terluka di zona kerja. Tambahan seratus orang senantiasa berdampak fatal, untuk keluarga dan juga untuk bisnis Anda. Hal ini sering terjadi akibat dari terguling, kemerosotan, tabrakan, atau kebakaran yang terjadi dari alat berat yang dioperasikan. 
 
Dari insiden alat berat tersebut, hampir 35%nya terjadi akibat kontak langsung operator dengan alat berat yang kurang baik. Ditambah jika memasuki musim hujan. Kondisi lapangan yang licin, tentunya meningkatkan potensi kecelakaan bagi operator alat berat.
 
Tetapi, insiden ini dapat dihindari dengan mengikuti langkah-langkah keamanan tertentu, yang akan kami bagikan beberapa melalui artikel berikut ini : 
 
 
Hindari Titik Blind Spot
 
Sangat penting bagi operator alat berat untuk mengetahui dengan pasti bahwa tidak ada seorang pun dan tidak ada apa pun di belakang mereka sebelum mereka memutar alat berat yang dikendalikan. 
 
Untuk menghindari titik buta (blind spot), operator terkadang harus secara fisik keluar dari mesinnya dan pergi ke bagian belakang untuk melihat karena cermin tidak selalu memberikan pandangan 360 derajat. Waktu singkat yang diperlukan untuk turun dari mesin dan melihat keadaan dapat menyelamatkan nyawa.
 
 
Bergeraklah dengan Hati-Hati
 
Meski cuaca menuntut operator alat berat untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dari biasanya, hal ini bukanlah menjadi hal yang mudah. Karena hujan menyebabkan permukaan yang lebih licin, bekerjalah dengan lebih perlahan dan fokus, dengan begitu satu demi satu pekerjaan dapat selesai tanpa harus mengorbankan keselamatan dari operator alat berat dan juga tim dalam lapangan Anda.
 
 
 
 
Pertahankan Komunikasi Yang Konstan
 
Sangat penting bagi operator alat berat untuk menjaga komunikasi yang berkelanjutan satu sama lain, pada tim dalam lapangan, dan supervisor. Radio dua arah saat ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk melakukan hal ini.
 
 
Senantiasa Gunakan Sabuk Pengaman
 
Dalam setiap alat berat, ingatkan para operator untuk memakai sabuk pengaman. Hal ini berlaku untuk alat berat seperti halnya untuk mobil dan truk. Jika kendaraan terguling, mengenakan sabuk pengaman membuat operator tidak terlempar dari dalam alat berat. 
 
Sabuk pengaman dapat menyelamatkan nyawa operator. Dan jika memang alat berat tidak memiliki sabuk pengaman bawaan, Anda harus menyediakan sabuk pengaman yang sesuai pada alat berat sebagai bagian dari standar operasional untuk alat pelindung diri bagi operator.
 
 
Gunakan Aturan Tiga Titik Ketika Memasang / Melepas Perlengkapan Alat Berat
 
Lebih dari segelintir operator terluka atau kehilangan nyawa hanya karena pemasangan atau pelepasan alat berat yang kurang baik. Jangan melompat dari dalam atau keluar dari alat berat.
 
Pertahankan kontak tiga titik - gunakan dua tangan dan satu kaki atau dua kaki dan satu tangan untuk memasang atau turun dari alat berat dengan aman.
 
 
Gunakan Perlengkapan Yang Tepat
 
Jangan menggunakan alat dan perlengkapan elektrik yang tidak diciptakan khusus untuk penggunaan luar ruang ketika berhadapan dengan hujan. Pilih pegangan yang bertekstur sehingga tidak licin dan membahayakan keselamatan operator. Selain itu, pastikan bagian luar kabel berada dalam kondisi yang baik untuk menghindari korsleting akibat penggunaan barang elektrik ketika alat berat dioperasikan saat hujan.
 
 
Gunakan Perlengkapan Hujan Yang Aman
 
Pastikan bahan perlengkapan hujan yang digunakan sesuai dengan ukuran tubuh dan dapat digunakan dengan nyaman dalam waktu yang lama sehingga tidak mengganggu pergerakan operator selagi bekerja.
 
Pastikan tim Anda juga menggunakan alas kaki bersol tebal dengan benang yang dalam untuk mencegahnya tergelincir. Selain itu, pastikan juga bagian bawah celana dari operator Anda melebihi sepatu atau boot yang digunakan sehingga air hujan tidak masuk ke dalam sepatu dan mengganggu pekerjaan.
 
 
 
 
 
Jaga Area Pandangan Agar Tetap Baik
 
Gunakan helm dan kacamata kerja ketika Anda harus keluar atau masuk dari alat ketika hujan melanda untuk menghindari cipratan air hujan yang masuk ke mata. Selain itu, berhati-hatilah ketika harus keluar dari alat berat karena kondisi hujan akan mengurangi jarak pandang Anda. Akan jauh lebih baik jika Anda memiliki lampu tambahan di luar ruang sehingga jalanan menjadi lebih jelas terlihat ketika langit gelap.
 
 
Pastikan Operator Terlihat Dengan Mudah 
 
Gunakan pakaian dengan visibilitas tinggi, terutama pada area dengan lalu lintas kendaraan dan alat berat yang tinggi. Jangan menggunakan perangkat hujan atau rompi yang sudah usang dan tidak lagi memantulkan cahaya. Selain membahayakan diri, orang lain juga akan merasakan kesulitan untuk mencari operator ketika diperlukan.
 
 
 
 
Berikut adalah beberapa pemahaman dan informasi yang dapat kami berikan seputar penggunaan alat berat ketika musim hujan. Jika Anda sedang mencari distributor atau tempat yang menjual dan menyewakan alat berat berkualitas dan profesional di Indonesia, THI dapat menjadi salah satu pilihan Anda. 
 
Tunas Habibi Indonesia (THI) merupakan salah satu distributor dan penyedia rental alat berat dari semua produk T&H (Technology and Hammer), Liutech Air Compressor, TRD Hydraulic Breaker dan Digga di area Jakarta dan Medan, Indonesia. THI senantiasa berkomitmen untuk menyediakan hydraulic breaker, mobile compressor dan machinery attachment berkualitas premium lainnya di Indonesia.

THI juga memberikan layanan prima kepada mitra dalam bidang pertambangan, quarrying, dimensional stone, civil engineering, road construction, demolition, tunneling, industrial, plantation, logging dan lain-lain. Selain itu, THI juga menyediakan jasa penjualan,rental alat berat seperti Liutech mobile compressor di Indonesia untuk kebutuhan anda.
 
 
 
 
Referensi: THI & Safeopedia

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon