Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Berbagai Strategi Dalam Mengoptimalkan Durasi Kerja Dari Alat Berat Anda

04 Feb 2022 by Billy Gani
Menggunakan alat berat secara maksimal tentunya menjadi harapan bagi seluruh pemilik alat berat. Dengan hal tersebut, alat berat yang Anda miliki dapat memiliki waktu pengoperasian lebih banyak. Anda dapat memiliki fleksibilitas dalam mengatur budget untuk mengerjakan kontrak kerja berikutnya dan juga memberikan opsi untuk merekrut tim yang lebih besar atau handal. Anda dan tim Anda dapat mengerjakan lebih banyak proyek dan mendapatkan keuntungan lebih besar.
 
Jika Anda sedang mencari cara untuk meminimalisir waktu istirahat dan mengoptimalkan durasi kerja alat berat, berikut ini beberapa strategi yang dapat kami sarankan untuk Anda coba:
 
Merawat & Memelihara Peralatan Agar Selalu Dalam Keadaan Prima
 
Dengan memeriksa mesin sebelum pengoperasian, Anda tidak perlu khawatir dengan kegagalan mesin yang dapat terjadi. Memang ada beberapa hal yang berada di luar kendali Anda – seperti kerusakan pada sistem hidrolik yang tidak terduga. Namun, jika Anda mengabaikan perawatan perlengkapan dan alat berat Anda secara rutin, hal tersebut dapat menjadi kesalahan yang Anda buat.
 
Kerusakan karena pemakaian rutin juga dapat menyebabkan kecelakaan pada waktu ke depannya. 
 
Dan juga, semakin serius sebuah masalah maka akan semakin mudah untuk memperbaikinya jika ditemukan sebelum ada dampak lain yang terjadi pada peralatan Anda. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan secara rutin pada tanda-tanda perawatan atau perbaikan alat berat yang cukup mahal, seperti:
 
  • Retakan halus pada bingkai dan sepanjang las
  • Pantau, tandai dan pasang kembali ban
  • Lubang kecil, star-breaks dan retakan pada windshields
  • Ember yang haus
  • Gigi penggali dan bucket pins

Latih tim Anda untuk menggunakan alat berat secara benar. Kapan pun jika memungkinkan, lakukan perawatan alat berat di tempat Anda daripada di toko. Jika dibutuhkan, buat rencana perawatan dan daftar perbaikan kepada pekerja untuk menempatkan keadaan mesin alat berat Anda sebagai prioritas.
 
Menyerahkan Perawatan Alat Berat Kepada Penjual Atau Distributor
 
Pada saat alat berat Anda mengalami kerusakan, usahakan untuk memilih mekanik atau jasa layanan servis yang tepat untuk alat berat Anda. Anda dapat menghubungi penjual atau distributor dari alat berat Anda karena biasanya mereka juga menawarkan paket perawatan tertentu kepada kliennya. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari masalah perbaikan yang merepotkan seperti waktu perbaikan yang lama dan perbaikan yang riskan karena kemungkinan penggantian penyaring minyak, udara dan bagian penting lainnya dengan kualitas yang buruk.
 
Anda juga dapat mengawasi perawatan alat berat Anda dengan menyediakan daftar panjang perawatan opsional untuk menjaga durasi kerja mesin agar tetap panjang. Memilih rencana perawatan yang ditawarkan penjual memastikan bahwa berbagai komponen di dalam alat berat Anda dapat dirawat, dibersihkan dan diganti sesuai kebutuhan. Penjual atau distributor juga tentunya mengetahui setiap titik dan hal terkecil pada alat berat Anda, dan apa yang terbaik untuk alat berat Anda.
 
Mungkin memang bukan menjadi pilihan paling terjangkau, namun bantuan dari mereka dalam melakukan perbaikan-perbaikan berjalan dengan lebih efektif. Ketika alat berat Anda semakin tua dan perbaikan mesin menjadi lebih mahal daripada alat berat baru, mereka dapat memberikan opsi yang terbaik untuk Anda. Cobalah untuk memeriksa tempat jual beli alat berat bekas yang mungkin cocok untuk Anda.
 
Menjaga hubungan dengan penjual atau distributor alat berat dapat memudahkan Anda untuk meminjam alat berat yang disewakan ketika alat berat Anda sedang dalam perbaikan.
 
Ciptakan Komunikasi Yang Efektif Dalam Tim Anda
 
Jika muncul masalah antara Anda dengan vendor tertentu, seberapa cepat karyawan Anda dapat menghubungi atasannya? Seberapa cepat Anda dapat mengetahui masalah tersebut? 
 
Tanpa arus informasi yang jelas dan mudah, waktu produktif Anda pun dapat berkurang. Kurangnya bahan, adanya penundaan perbaikan menghabiskan waktu 2x lebih lama dalam memperbaiki mesin Anda ketika tidak ada orang yang dapat menghubungi teknisi berkaitan.
 
Susun rencana komunikasi yang tepat. Karyawan yang berada di bagian bawah struktur organisasi dapat menjadi pelapor pertama setiap mereka menemukan masalah yang dapat berdampak pada tingkat produktivitas mesin. 
 
Pastikan bahwa mereka mengetahui kontak penting yang dapat mereka hubungi saat ada kerusakan. Pekerjaan kecil seperti perbaikan hidrolik atau filter udara yang tersumbat, tidak akan sulit untuk dilakukan jika orang yang tepat mengetahuinya ketika hal itu terjadi.
 
Lakukan Pencegahan, Bukan Perbaikan
 
Biasanya kita datang ke rumah sakit ketika kita sudah merasa sakit. Jarang sekali ada yang datang untuk berkonsultasi ke dokter untuk menanyakan berbagai hal yang bersifat pencegahan meskipun dokter memiliki kemampuan untuk membagikan pengetahuannya mengenai bagaimana menjaga kesehatan.
 
Begitu pula dengan perawatan alat berat; kita cenderung untuk mengabaikan perawatan-perawatan rutin yang sebaiknya dilakukan. Padahal, perawatan-perawatan tersebut dapat membantu Anda untuk memperpanjang masa pakai alat berat.
 
Buatlah Rencana Darurat
 
Keadaan darurat muncul dalam berbagai wujud dan skala. Banyak perusahaan kecil yang mengalami kerusakan hingga hampir pailit. Mulai dari kerusakan karena bencana alam seperti badai, hingga luka-luka dan kematian. Memang sulit untuk meramal tentang terjadinya bencana, namun Anda dapat menyiapkan diri ketika hal tersebut mungkin terjadi pada tim Anda.
 
Ketika anggota tim Anda terluka atau meninggal, produktivitas bukan lagi menjadi hal terpenting. Persiapkan hal tersebut sebelumnya untuk menyediakan konseling dan fleksibilitas HR bagi tim Anda serta keluarganya ketika mereka sangat membutuhkannya. Karyawan Anda juga harus mengetahui siapa yang harus mereka hubungi saat keadaan darurat, dan mereka harus mengerti betul dengan peraturan di tempat Anda.
 
Pergunakan Sebaik-baiknya Waktu Downtime “Normal”
 
Beberapa perusahaan memiliki waktu downtime setiap malam karena sangatlah sulit dan membutuhkan banyak biaya untuk menjalankan 3 shift sekaligus. Dengan downtime di malam hari, area dan juga alat berat tidak bekerja selama hampir setengah hari.
Pergunakan waktu ini sebaik-baiknya untuk mengerahkan karyawan Anda ke dalam proyek lain setelah karyawan harian Anda pulang. Lakukan beberapa riset untuk menemukan proyek yang dapat dikerjakan pada jam kerja yang berbeda dengan jam kerja operasional biasa. Anda juga dapat mencoba untuk menyewakan alat berat Anda berdasarkan jam kerja mesin, bukan berdasarkan tanggal.
 
Membuat Tim Anda Senantiasa Termotivasi
 
Sebagai pemilik alat berat, Anda mungkin dapat melakukan apa saja dengan benar. Namun, para karyawan di bawah Anda yang menentukan apakah Anda akan sukses atau gagal dalam industri bisnis. Coba sekilas untuk melihat karyawan Anda. Apakah mereka mendapatkan pengawasan yang rutin? Apakah mereka dapat mengambil inisiatif tindakan ketika Anda sedang tidak ada di tempat? Apakah Anda telah mempercayakan mereka untuk merawat alat berat, mengambil keputusan harian dan menyelesaikan konflik kecil, atau Anda butuh mendikte mereka satu per satu dalam setiap tindakan?
 
Semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk menyelesaikan masalah yang seharusnya dapat ditangani hanya oleh tim Anda, maka akan semakin sedikit juga waktu yang Anda habiskan untuk memikirkan strategi baru. 
 
Cobalah untuk memikirkan hal apa saja yang dapat memotivasi tim Anda. Apakah mereka puas dengan posisi, atau mereka ingin menyasar posisi atau pekerjaan mereka berikutnya? Apakah mereka mengetahui tentang seberapa banyak usaha mereka yang berkontribusi langsung terhadap kesuksesan Anda? Investasikan sedikit waktu Anda untuk mempelajari bagaimana semangat dapat berarti bagi mereka, dan seberapa sering mereka membutuhkannya.
 
Menjaga hubungan baik dengan karyawan Anda dapat membuat semuanya menjadi lebih mudah, murah dan lebih memuaskan jika dibandingkan dengan selalu merekrut dan memecat karyawan yang kurang baik. Jika Anda tidak dapat bekerja sama, Anda akan sulit untuk menarik perhatian dari talenta yang Anda butuhkan dan menjaganya agar pekerjaan Anda tetap berjalan. Uptime tidak akan berjalan setara dengan produktivitas jika tim Anda tidak memberikan 100% niat dan motivasi bekerja yang mereka miliki.
 
 
Berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan untuk mengoptimalkan durasi kerja dari alat berat maupun dari sisi tim dan karyawan Anda. Jika Anda merupakan pemilik bisnis yang membutuhkan alat berat sebagai salah satu perlengkapan bisnis Anda, THI hadir untuk Anda.
 
Tunas Habibi Indonesia (THI) merupakan salah satu distributor dan penyedia rental alat berat dari semua produk T&H (Technology and Hammer), Liutech Air Compressor, TRD Hydraulic Breaker dan Digga di area Jakarta dan Medan, Indonesia. THI senantiasa berkomitmen untuk menyediakan hydraulic breaker, mobile compressor dan machinery attachment berkualitas premium lainnya di Indonesia. THI juga memberikan layanan prima kepada mitra dalam bidang pertambangan, quarrying, dimensional stone, civil engineering, road construction, demolition, tunneling, industrial, plantation, logging dan lain-lain. Selain itu, THI juga menyediakan jasa penjualan,rental alat berat seperti Liutech mobile compressor di Indonesia untuk kebutuhan anda.
 
 
 
 
Reference: THI

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon