Image

QUICK CONTACT













Image

Tips Mengurangi Loading Time Dalam Penggunaan Mobile App

12 Jul 2022 by Billy Gani
Sering dikatakan bahwa para designer menjadi penyelesai dari sebuah masalah. Ketika klien memiliki keinginan spesifik akan sebuah desain, mereka akan menggunakan kemampuan dan bakat mereka dan menggabungkannya dengan permintaan klien untuk menghasilkan tampilan visual yang baik. Dalam bidang desain tampilan dari website dan perangkat seluler, hal tersebut senantiasa berkembang dengan menyederhanakan tampilan antarmuka sehingga pengguna dapat belajar menggunakannya dengan lebih cepat dan mudah.

Meskipun perangkat seluler memiliki banyak manfaat dalam tingkat interaksinya, salah satu keterbatasan yang dimiliki adalah dimensi dari layarnya. Jika biasanya Anda merancang desain untuk layar komputer, berpindah dari desain website untuk komputer ke layar perangkat seluler dapat menjadi tugas yang berat.

Dimensi dari layar perangkat seluler dapat membawa berbagai masalah penggunaan untuk pengguna, sehingga Anda perlu memastikan bahwa Anda senantiasa berhati-hati dalam proses perancangannya. Salah satu masalah yang umumnya akan Anda hadapi adalah masalah pengguliran layar (scrolling screens) yang berjalan terlalu panjang dalam perangkat seluler.

Dalam artikel ini, kami memberikan beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan untuk menyelesaikan masalah scrolling screen jika terjadi pada website Anda jika dibuka melalui perangkat seluler:

Pertimbangkan Ukuran Standar Untuk Perangkat Seluler

Untuk website, ada standar ukuran dan tinggi tertentu yang tentunya Anda miliki. Scrolling ke atas dan bawah bukanlah masalah untuk pengguna, sehingga Anda dapat memberikan tombol untuk bergulir (scroll) ke bawah dan atas di bagian kanan agar pengguna dapat menggulirkan halaman secara langsung dari atas ke bawah.

Dalam perangkat seluler, seperti yang sudah kita bicarakan sebelumnya, dengan tinggi halaman yang terlalu panjang, sulit bagi pengguna untuk kembali ke bagian yang mereka ingin ikuti jika sudah terlanjur bergulir ke bagian lain dari halaman yang bersangkutan. Hal ini menyebabkan halaman Anda menjadi lebih sulit untuk dipindai oleh pengguna.

Meskipun tidak ada standar umum dari panjang yang dapat diikuti untuk perangkat seluler, hal yang ideal adalah bahwa setiap keseluruhan halaman website dapat dilihat hanya dengan menggulirkan layar sebanyak 3-5 kali. Kebanyakan perangkat seluler yang dirilis saat ini memiliki layar yang lebih besar karena pengguna terbiasa menggunakan perangkat seluler tersebut untuk menonton film atau bermain games.

Pertimbangkan jenis dan model dari perangkat seluler yang paling banyak digunakan saat ini sehingga Anda dapat menguji tampilan dan seberapa banyak halaman website Anda harus di-scroll dalam perangkat seluler untuk lebih meningkatkan pengalaman pengguna.

Tempatkan Tombol CTA Dalam Bagian Yang Mudah Disadari Oleh Pengguna

Kesan pertama senantiasa penting baik untuk pengguna dalam komputer maupun dari perangkat seluler. Bagi Anda yang mengetahui hal ini tentunya Anda senantiasa memperhatikan halaman homepage Anda dan menjaga agar setiap konten di dalamnya terlihat dalam tangkapan layar yang pertama kali dilihat oleh pengguna. Pada komputer, hal ini bekerja dengan cukup baik karena layar yang digunakan cukup besar untuk disisipkan menu, foto sebagai latar belakang, judul halaman dan subtitle, dan juga tombol CTA.

Namun, ketika memindahkan semua hal tersebut dalam perangkat seluler seperti smartphone, hal tersebut menjadi lebih sulit. Hal ini dikarenakan layarnya yang lebih kecil, dan format vertikal, tidak seperti tampilan horizontal dalam komputer. Tetapi, meskipun ada batasan ini, Anda harus tetap dapat meraih perhatian pengguna dalam perangkat seluler, dan Anda dapat menjalankannya dengan menggunakan gambar dan tombol CTA.
 
Informasi utama dan tombol CTA haruslah mudah disadari keberadaannya dalam tampilan pertama layar yang dilihat oleh pengguna. Anda perlu mempertimbangkan ruang dalam tampilan layar dan pemindahan beberapa elemen ke dalamnya. Tombol CTA Anda dapat ditempatkan di bagian tengah dari gambar atau dibagian bawah kanan dari tampilan pertama layar.

Optimalkan Tampilan Dari Galeri Website Anda

Terbebas dari apa jenis website Anda, kemungkinan besar website Anda memiliki jumlah gambar yang baik terutama jika website Anda menjadi portofolio atau toko online dari bisnis Anda. Ingatlah bahwa gambar tidak hanya harus dioptimalkan untuk perangkat seluler, tetapi tampilan galeri juga harus disesuaikan dengan dimensi layar dari perangkat seluler.

Jika Anda memiliki banyak gambar dalam website Anda, lebih baik untuk memberikan label yang terlihat bagi pengguna agar mereka dapat memilih jenis foto atau gambar apa yang menarik perhatian mereka. Dan juga, jika Anda memberikan filter atau memberikan kolom untuk pencarian hal tersebut dapat menjadi ide yang baik untuk membantu pengguna memilih jenis produk yang mereka inginkan.

Hilangkan Elemen Duplikasi Dalam Website Anda

Pada website, dua elemen navigasi biasanya ditempatkan di bagian atas dekat menu bar dan di bagian bawah atau footer yang juga memiliki tautan menu dan tambahan fitur lainnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah pengguna untuk bergulir dari atas ke bawah, lalu harus kembali ke atas lagi jika ingin mengakses menu bar. Anda dapat dengan mudah memberikan mereka tombol menu berisikan tautan yang Anda inginkan untuk membuat pengguna dapat dengan mudah mengakses halaman tersebut dari setiap bagian website Anda.

Meskipun hal ini adalah fungsi yang sangat berguna bagi komputer, pada perangkat seluler, tautan berulang di bagian footer harus dihilangkan. Artinya, tautan navigasi yang sudah ada di menu bar tidak boleh ditempatkan lagi di bagian footer. Sebagai gantinya, selalu pertahankan navigasi di tempat yang dapat diakses oleh perangkat seluler. Pilihan paling umum yang biasa diambil adalah hamburger menu.

Hindari Penggunaan Efek Yang Dapat Memperlambat Waktu Muatan Halaman

Tren saat ini, parallax scrolling telah digunakan dalam beberapa tahun terakhir dan seperti desain website lain memiliki kesempatan penggunaan yang baik. Jika digunakan dengan benar, hal ini dapat menambah nilai website Anda dan bahkan membantu untuk menceritakan cerita Anda dengan lebih baik.

Tetapi, sama seperti tren lainnya, kehadirannya memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kelebihan yang terlihat paling umum adalah peningkatan waktu yang dibutuhkan untuk membuat sebuah halaman, khususnya dalam perangkat seluler. Faktor ini sangat mempengaruhi pengalaman pengguna dan juga penempatan SEO dari website Anda.

Jadi, pikirkanlah secara matang terlebih dahulu jika ingin mengimplementasikan parallax scrolling dalam website Anda. Ketika Anda merancang website Anda, salah satu saran kami adalah dengan mengontak jasa web development yang berkualitas dan mengerti betul tentang hal ini sehingga Anda dapat tetap memiliki website yang sesuai keinginan dan juga tetap memiliki pengalaman pengguna yang baik.


 
Berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana Anda dapat mengurangi jumlah gesekan atau scroll ketika menggunakan mobile apps. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan Mobile App Development di Jakarta baik dalam industri Anda seperti jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan,  EANNOVATE dapat menjadi solusi Anda.
 
Untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon