Image

QUICK CONTACT













Image

Tips Mengembangkan Mobile Apps Berbasis Layanan Mental Health

24 Jan 2024 by Billy Gani
Pengembangan aplikasi kesehatan mental telah mendapatkan banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir karena semakin banyak orang yang menyadari pentingnya kesehatan mental. Perbincangan seputar pengobatan kesehatan mental dan penyakit mental telah berubah secara signifikan dalam dekade terakhir.
 
Selain itu, isolasi dan kecemasan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 menciptakan permintaan yang lebih besar terhadap layanan kesehatan mental untuk lebih mudah diakses dan fleksibel.
 
Pengembangan mobile apps berbasis kesehatan mental membantu memenuhi kebutuhan nyata pengguna dan memperluas akses perawatan bagi banyak pasien. Karena itulah, pasar pengembangan mobile apps berbasis kesehatan mental mendapatkan banyak momentum penting dalam segi pengembangannya. 
 
Tentunya, pengembangan mobile apps ini menjadi salah satu  proses yang kompleks dan membutuhkan banyak keterlibatan tim internal dan pakar kesehatan. 
 
Proses pengembangan aplikasi sebagian besar sama. Dalam artikel  ini, kami akan membahas beberapa tips dan informasi akan pengembangan mobile apps berbasis ] kesehatan mental melalui sudut pandang yang berbeda. 
 
Jika Anda ingin membangun mobile apps berbasis kesehatan mental, fitur apa saja yang harus Anda sertakan? Fitur tertentu akan lebih penting dibandingkan yang lain, bergantung pada jenis mobile apps berbasis kesehatan mental yang ingin Anda buat. 
 
Industri kesehatan mental membantu lebih banyak orang mengatasi masalah kesehatan mental yang selama ini menghambat mereka. Jadi mari kita lihat lebih dekat fitur-fitur utama yang harus disertakan dalam hal ini.
 
 
Fitur Penting Dalam Pengembangan Mobile Apps Berbasis Kesehatan Mental
 
Hal ini sekiranya dapat membantu Anda memprioritaskan fitur mana yang paling penting untuk mobile apps berbasis kesehatan mental dan target audiens yang tepat. 
 
 
Registrasi / Pembuatan Profile
 
Setiap mobile apps berbasis kesehatan mental perlu memiliki fitur profil pengguna. Tentunya, seperti kita ketahui, sebagian besar mobile apps saat ini memperbolehkan pengguna untuk membuat profil. Dengan mobile apps berbasis kesehatan mental, profil pengguna senantiasa penting digunakan untuk menyajikan pengalaman pribadi yang sesuai dengan kebutuhan akan kesehatan mental dari setiap pengguna.
 
Salah satu bagian dari pembuatan profil adalah proses registrasi. Dan juga, penting bagi Anda untuk menyeimbangkan kesederhanaan dan ketelitian dalam proses registrasi. Anda ingin mengumpulkan data penting pengguna tetapi tidak dapat membuat pengguna terlalu lama terlibat dalam halaman registrasi. Hal ini akan membuat mereka malas untuk menggunakan mobile apps Anda.
 
 
 
 
Hanya minta informasi yang diperlukan saat pendaftaran. Jika ada informasi lain yang berguna untuk dikumpulkan, cobalah untuk mengumpulkan informasi ini pada tahap selanjutnya setelah pendaftaran selesai. Setelah pengguna terdaftar dalam mobile apps kesehatan mental Anda, mereka dapat menyesuaikan profilnya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan mentalnya saat ini.
 
Misalnya, mereka harus dapat memasukkan kondisi yang mereka perlukan bantuannya, obat-obatan yang sedang mereka konsumsi, dan sebagainya. Selama proses penyesuaian profil, Anda dapat mengumpulkan informasi tambahan dari pengguna yang tidak Anda dapatkan selama proses pendaftaran.
 
 
Penjadwalan Janji Temu / Appointment Scheduling
 
Jika mobile apps Anda dapat digunakan untuk menghubungkan pengguna dengan terapis, pelatih kehidupan, guru meditasi, dan sebagainya, maka mobile apps kesehatan mental Anda harus menyertakan fitur penjadwalan.
 
Fitur penjadwalan apa pun yang disertakan dalam mobile apps kesehatan mental Anda harus terintegrasi dengan kalender platform bawaan pada iOS dan Android. Hal ini akan meningkatkan pengalaman pengguna dan memastikan pengguna dan penyedia layanan menepati janji temu yang sudah dijadwalkan.
 
Penjadwalan janji temu harus sesuai untuk pengguna yang menjadwalkan janji temu dan para terapis profesional yang menyediakan layanan. Fitur penjadwalan yang kuat juga harus melacak durasi sesi untuk memberikan lebih banyak insight kepada praktisi profesional kesehatan mental tentang jadwal mereka.
 
 
Notifikasi
 
Notifikasi membantu mengingatkan pengguna tentang janji temu, tujuan, dan sebagainya. Hal tersebut dan juga membantu aplikasi kesehatan mental secara umum mendorong keterlibatan lebih dalam bagi pengguna. Kesehatan mental adalah perjalanan dan latihan yang konstan. Notifikasi dapat berupa pengingat pengguna untuk bernapas lebih dalam, kutipan motivasi kecil, atau pengingat janji temu dengan terapis yang akan datang.
 
Selain itu, notifikasi dapat digunakan untuk mempromosikan fitur atau penawaran layanan baru dalam mobile apps berbasis kesehatan mental. Oleh karena itu, ada keseimbangan yang harus ditemukan oleh mobile apps kesehatan mental Anda dalam hal notifikasi.
 
Terlalu banyak notifikasi akan mengganggu pengguna, meskipun notifikasi tersebut merupakan pengingat tentang janji temu dan bukan hal yang lebih bersifat promosi. Mobile apps kesehatan mental Anda tidak boleh memberitahu pengguna secara berlebihan. Notifikasi berlebihan akan mengganggu pengguna dan berpotensi menjauhkan mereka dari mobile apps kesehatan mental Anda.
 
 
Fitur Pelacakan Mandiri
 
Sebagian besar mobile apps berbasis kesehatan mental mendapat manfaat dari penyertaan fitur pelacakan kesehatan mental. Jadi, tepat bagi bisnis Anda untuk membuat mobile apps dengan tema mindfulness, aplikasi terapi, dan sebagainya. Fitur pelacakan mandiri ini merupakan aspek penting dari kesehatan mental.
 
Fitur pelacakan mandiri dapat membantu pengguna untuk memantau tingkat stres, keadaan emosi, dan matriks kesehatan mental penting lainnya serta melihat perubahannya seiring waktu. Melacak dengan cermat kondisi mental, pola suasana hati, dan pemicunya dapat sangat membantu saat bertemu dengan terapis atau ketika pengguna berusaha untuk menjadi lebih sadar akan kesehatan mentalnya.
 
 
 
 
Hal ini tidak hanya bermanfaat bagi pengguna, tetapi juga bermanfaat bagi terapis atau para profesional dalam layanan kesehatan. Misalnya, seorang praktisi terapi perilaku kognitif dapat memperoleh insight baru dari pemantauan diri klien dan menawarkan pelatihan keterampilan kognitif yang lebih baik berkat lebih banyak data kesehatan mental dari pengguna.
 
 
Dasbor / Dashboard
 
Jika mobile apps berbasis kesehatan mental Anda memiliki fitur pelacakan mandiri dan mengumpulkan matriks lainnya, tetunya mobile apps tersebut memerlukan dasbor. Dasbor memungkinkan pengguna melihat data mereka di satu tempat dan memvisualisasikannya dalam bagan dan grafik yang bermanfaat.
 
Dasbor harus menarik secara visual, mudah dibaca, dan mudah digunakan. Fitur dasbor yang terlalu rumit mungkin membingungkan beberapa pengguna dan membuat mereka mengabaikan manfaat dari mobile apps Anda.
 
 
Komunitas 
 
Mobile apps berbasis kesehatan mental dapat menyertakan fitur komunitas yang memungkinkan pengguna yang berpikiran sama atau pengguna yang menghadapi masalah serupa untuk berkomunikasi dan berbagi cerita. Dukungan adalah salah satu aspek terpenting dari kesehatan mental.
 
 
 
 
Memungkinkan pengguna Anda untuk terhubung dan membangun kelompok dan komunitas pendukung dapat menjadi fitur berguna yang membedakan mobile apps kesehatan mental Anda dari mobile apps kompetitor. Anda tidak perlu memodelkan fitur Anda serupa dengan aplikasi media sosial, namun koneksi dan komunitas dapat sangat berguna bagi pengguna yang ingin lebih memahami diri mereka sendiri dan kesehatan mental mereka.
 
 
 
Berikut adalah beberapa tips dan informasi dalam merancang mobile apps untuk kesehatan mental yang dapat Anda kembangkan sebagai produk digital Anda.
 
Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan Mobile App Development di Jakarta baik dalam industri Anda seperti jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan,  EANNOVATE dapat menjadi solusi Anda.
 
Untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Alterspace solusinya.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon