Image

QUICK CONTACT













Image

Pro & Kontra Penggunaan Software Pihak Ketiga Dalam Mobile Apps Development

24 Apr 2024 by Billy Gani
Membangun aplikasi baru dari awal membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Inilah sebabnya developer saat ini menggunakan begitu banyak alat, perpustakaan, dan platform untuk menghindari menciptakan kembali roda dan menulis fitur-fitur umum dari awal.
 
Apakah Anda bertanya-tanya apakah akan menggunakan layanan dari software pihak ketiga saat membuat mobile apps Anda. Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini kami mencoba memberikan informasi tentang penggunaan layanan software development pihak ketiga serta pro dan kontra penggunaannya.
 
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Software Layanan Pihak Ketiga
 
Dalam definisi yang paling luas, software pihak ketiga mengacu pada komponen software yang dapat digunakan kembali yang disediakan atau dikembangkan untuk tujuan tertentu oleh vendor atau bisnis yang berbeda dari bisnis/vendor lain yang membuat produk yang sudah ada pada sistem (sumber) tertentu.
 
Solusi pihak ketiga hadir dalam berbagai bentuk. Berikut rincian jenis software pihak ketiga yang paling umum ditemukan dan digunakan :
 
 
Perpustakaan / Libraries
 
Perpustakaan berguna untuk menulis aplikasi berbasis website atau mobile apps dengan mengirimkan kode sumber untuk suatu komponen. Hal ni dapat berupa sumber terbuka (tersedia untuk semua orang tanpa biaya) atau sumber tertutup/kepemilikan (di mana pembelian mungkin diperlukan).
Contoh beberapa aplikasi yang umumnya digunakan : 
 
  • SnapKit (iOS) – Merupakan perpustakaan yang digunakan untuk membangun tata letak aplikasi dari kode, membantu developer menjadi lebih produktif dan mencapai lebih banyak dengan lebih sedikit baris kode

  • Lottie (Android) – Merupakan perpustakaan untuk merancang animasi yang dapat diperkaya oleh developer dengan interaksi, Anda dapat menemukan contoh animasi di sini

  • Moya (iOS) untuk jaringan dan komunikasi dengan backend, sangat populer di kalangan developer iOS yang ingin menghemat beberapa hari kerja.


Platform
 
Platform merupakan solusi terintegrasi dan siap pakai yang dapat digunakan developer untuk mewujudkan fitur tertentu – misalnya – pencatatan pengguna, chat, atau peta. Hal ini merupakan produk SaaS (Software as a Service) dimana developer dapat melakukan outsourcing fungsi dengan biaya tertentu (biasanya bulanan), atau dalam beberapa kasus gratis.
 
 
 
 
Contoh beberapa aplikasi yang umumnya digunakan : 
 
  • Firebase – memberikan komponen siap pakai untuk login, database untuk menyimpan data aplikasi yang dapat menggantikan backend aplikasi, opsi untuk menggunakan tautan dalam, konfigurasi fitur aplikasi jarak jauh (sempurna untuk pengujian A/B), ruang secara langsung ke Facebook.
  • Auth0 – platform ini memungkinkan developer dengan cepat mengintegrasikan autentikasi dan otorisasi untuk aplikasi berbasis website, perangkat seluler, dan aplikasi bawaan sehingga Anda dapat berfokus pada bisnis inti Anda.
  • Platform Google Maps – Platform Google Maps adalah sekumpulan API dan SDK yang memungkinkan developer untuk menyematkan Google Maps ke dalam mobile apps dan halaman website, atau untuk mengambil data dari Google Maps.


Tools
 
Beragam alat yang dalam banyak hal membuat developing mobile apps lebih efektif dan meningkatkan kualitas produk akhir.
Contoh beberapa aplikasi yang umumnya digunakan : 
 
  • SwiftLint – Merupkana sumber terbuka untuk menerapkan gaya dan konvensi Swift. Developer dapat menetapkan aturan gaya pengkodean dan menerapkannya selama pengembangan. SwiftLint memiliki alat baris perintah, plugin Xcode, AppCode, dan integrasi Atom. Jadi, jenis aplikasi selalu cocok dengan lingkungan pengembangan apa pun. Aplikasi akan menunjukkan kepada kita peringatan dan/atau kesalahan jika kita melanggar aturan.
  • Danger – alat yang digunakan oleh banyak developer untuk mengotomatisasi tugas-tugas peninjauan kode umum. Anda dapat menggunakannya untuk menyusun aturan bagi tim Anda, membiarkan mereka memikirkan masalah yang lebih sulit. Danger meninggalkan pesan di dalam pull-request Anda berdasarkan aturan yang Anda buat.
  • Zeplin – alat untuk desainer dan pengembang UI, memungkinkan mereka berkolaborasi secara efisien dan menghemat waktu. Alat ini memungkinkan desainer untuk berbagi sistem desain dengan tim developer, dan menghasilkan sumber daya pengembangan secara otomatis.

    Semua orang di dalam tim dapat mengakses sumber daya desain terbaru dan mendapat pemberitahuan tentang perubahan tanpa perlu melakukan ping ke sana.

Dalam artikel ini, kami berfokus pada “platform” pihak ketiga yang disebutkan pada poin 2.
 
 
Kelebihan Penggunaan Layanan Pihak Ketiga Untuk Mobile Apps Anda
 
Kami percaya bahwa menggunakan software dari layanan pihak ketiga memiliki beberapa keuntungan, seperti : 
 
  • Meningkatkan efisiensi proses pengembangan mobile apps,
  • Meningkatkan kualitas produk,
  • Mengurangi biaya pengembangan mobile apps secara signifikan.


Membayar hanya Untuk Apa Yang Bisnis Anda Butuhkan
 
Saat menggunakan solusi pihak ketiga, Anda membayar biaya bulanan untuk batas yang digunakan daripada harus membayar biaya di muka yang tinggi untuk membuat fitur dari awal. Terkadang Anda membayar biayanya setelah melewati batas yang ditentukan – pada awalnya. Tetapi, Anda mungkin tidak perlu membayar apa pun untuk menggunakan solusi tersebut.
 
 
Proses Pengembangan Yang Lebih Cepat
 
Keuntungan terbesar menggunakan software dari layanan pihak ketiga adalah developer tidak perlu menulis semuanya dari awal. Misalnya, jika Anda ingin menambahkan fitur login ke dalam mobile apps Anda, tim Anda cukup menggunakan Auth0 dan berfokus dalam membuat proses pengembangan mobile apps jauh lebih cepat.
 
 
Penghematan Biaya Yang Signifikan
 
Menggunakan layanan pihak ketiga memiliki biaya yang jauh lebih rendah – baik di muka maupun selama pengoperasian mobile apps dari waktu ke waktu. Beberapa platform pihak ketiga mungkin tersedia gratis hingga tingkat tertentu. Maka kemungkinan besarnya,  Anda hanya membayar biaya bulanan untuk sumber daya yang digunakan. 
 
Hasilnya, biaya penggunaan suatu fitur tersebar dari waktu ke waktu, dan Anda akhirnya membayar biaya secara bulanan, bukan biaya di muka yang terlalu tinggi.
 
 
Waktu Pemasaran Yang Lebih Cepat
 
Dengan mempercepat kecepatan pengembangan mobile apps, Anda dapat membawa aplikasi Anda ke pasar lebih cepat. Hasilnya, Anda dapat dengan cepat memverifikasi ide Anda, memeriksa apakah ide tersebut memecahkan masalah target pengguna, dan mencapai kesesuaian pasar produk.
 
 
Putaran Respon Balik Dari Pengguna Yang Lebih Cepat
 
Dengan merilis produk atau MVP lebih cepat ke pasar, Anda dapat dengan cepat memverifikasi nilai mobile apps bisnis Anda kepada pengguna dan mengetahui pendapat mereka tentang aplikasi tersebut. Masukan mereka akan membantu Anda membuat mobile apps yang lebih baik lagi.
 
 
Integrasi Mudah Untuk Developer
 
Banyak platform yang tersedia di pasaran saat ini dilengkapi dengan SDK modern yang memungkinkan integrasi mudah dan cepat. Misalnya, biasanya hanya diperlukan waktu 2 hari untuk mengimplementasikan fitur autentikasi pengguna dengan Auth0, sedangkan membangun fitur yang sama dari awal akan memerlukan waktu beberapa minggu.
 
 
Upaya Pemeliharaan Yang Lebih Minim
 
Platform pihak ketiga hadir dengan keuntungan lain – tidak perlu mempertahankan kode dalam bentuk yang sesuai. Hal adalah tugas dari vendor, bukan bisnis atau perusahaan yang menggunakan sumber daya tersebut. Karena itulah, developer hanya mendapatkan lebih sedikit kode untuk dirawat dan dipelihara, sehingga membuat pekerjaan mereka lebih mudah.
 
 
Kekurangan Penggunaan Layanan Pihak Ketiga Untuk Mobile Apps Anda
 
Fleksibilitas Yang Terbatas
 
Biasanya, menggunakan solusi layanan dari pihak ketiga datang dengan batasannya. Ketika Anda tidak menggunakan metode bawaan yang didukung dari penyedia layanan, Anda perlu bekerja lebih keras untuk beradaptasi dengan alat dalam layanan terkait untuk memenuhi kebutuhan Anda. Developer dapat melakukannya, tetapi membutuhkan biaya yang lebih lagi.
 
Jika Anda ingin membuat fitur mobile apps yang original atau custom sesuai kebutuhan, menemukan layanan vendor pihak ketiga yang sesuai akan sangatlah sulit.
 
 
Vendor Yang Membatasi Akses Anda
 
Saat menggunakan solusi atau layanan pihak ketiga, Anda pasti bergantung pada vendor yang memberikan Anda layanan tersebut. Hal ini menimbulkan risiko terhadap stabilitas dari software digital untuk bisnis Anda. Itulah mengapa merupakan praktik umum untuk menulis fitur aplikasi inti sejak awal dan menggunakan solusi pihak ketiga hanya untuk elemen non-intinya.
 
 
Risiko Adanya Kenaikan Biaya Pengembangan
 
Ketergantungan pada vendor pihak ketiga juga berarti bahwa biaya aplikasi mungkin naik ketika vendor mengubah harga. Terkadang biaya solusi pihak ketiga meningkat drastis pada skala tertentu. Bagaimana cara meminimalkan risiko ini? Hindari membangun fitur aplikasi inti dengan solusi pihak ketiga.
 
 
 
Berikut adalah beberapa pemahaman dan panduan dalam merancang push notifications untuk mobile apps sebagai salah satu alat pemasaran bagi bisnis dan produk digital Anda.
Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan Mobile App Development di Jakarta baik dalam industri Anda seperti jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan,  EANNOVATE dapat menjadi solusi Anda.
 
Untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Alterspace solusinya.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon