Image

QUICK CONTACT













Image

Merancang Mobile Apps Berbasis Kesehatan Yang Berkualitas

15 Mar 2022 by Billy Gani
Pengembangan mobile apps berbasis kesehatan saat ini menjadi perpaduan unik antara teknologi dan ilmu kehidupan. Selain dokter yang melakukan diagnosa dan perawatan, pasien juga senantiasa perlu melakukan berbagai hal lain untuk memastikan agar mereka mendapatkan layanan kesehatan yang tepat. 
 
Ada banyak sekali dokumen yang harus dilakukan, dicatat, dan dilacak. Ada tes dan hasil yang perlu dialokasikan dan sekali lagi, dilacak. Menemukan dokter yang tepat, membandingkan catatan, memahami asuransi, memahami laporan tes kesehatan, membuat janji, mengingat kapan waktu yang tepat untuk minum obat menjadi salah satu daftar panjang dan dapat melelahkan.
 
Pengembangan mobile apps berbasis kesehatan dapat membuat hidup pasien lebih mudah dengan menyederhanakan kebutuhan perawatan kesehatan yang mereka miliki. Mobile apps medis juga dapat mencakup area spesifik dari proses perawatan kesehatan yang memberikan bantuan penting kepada pasien dan juga tenaga medis yang sudah menghadapi stres dan tekanan yang luar biasa setiap harinya, khususnya dalam kondisi pandemi seperti saat ini.
 
Aplikasi kesehatan dapat meringankan beberapa kebutuhan pasien dan juga tenaga kesehatan yang membantu pasien untuk lebih berfokus pada kesehatan dan pemulihan kedepannya.
 
Gencarnya penyebaran virus COVID-19 saat ini sangat membuat banyak pasien takut untuk mengunjungi rumah sakit secara langsung. Apa pun hal yang dapat membantu pasien untuk menghabiskan waktu seminimal mungkin di rumah sakit dan menyelesaikan lebih banyak hal melalui rumah mereka senantiasa diterima dengan baik. Aplikasi penyedia kesehatan berhasil menyediakan serangkaian layanan tepat di rumah untuk menyelamatkan pasien dari perjalanan yang perlu dilakukan ke rumah sakit. 
 
Penelitian juga menunjukkan bahwa banyak pengguna yang menyukai penggunaan mobile apps berbasis kesehatan saat ini. Hampir 58,23% pengguna perangkat saat ini telah mengunduh mobile apps yang terkait dengan layanan kesehatan. 
 
Selain itu, riset dari Truven Health Analytics juga menemukan bahwa sebanyak 71% dari keseluruhan kunjungan rumah sakit tidak terlalu diperlukan. Sejumlah besar kunjungan ini dapat dihindari dengan menggunakan mobile apps berbasis kesehatan, memudahkan para dokter dan tenaga kesehatan dari rumah sakit untuk memberikan perawatan yang lebih baik kepada pasien dan orang yang paling membutuhkan.
 
Penurunan jumlah kunjungan medis yang tidak perlu menguntungkan semua pihak yang terlibat. Pengembangan mobile apps sangat membantu dalam mengurangi kebutuhan akan kunjungan ke rumah sakit dan menghilangkan beban dari fasilitas kesehatan.
 
Banyaknya jumlah pasien selama pandemi COVID-19 juga menunjukkan kepada kita betapa pentingnya untuk memastikan agar para dokter dan tenaga kesehatan dapat menghindari kunjungan yang tidak perlu dan membantu pasien yang paling membutuhkan terlebih dahulu. 
 
Mobile apps berbasis kesehatan dapat meningkatkan jumlah  pasien secara signifikan, karena manfaatnya yang beragam. 
 
Manfaat Mobile Apps Berbasis Kesehatan Untuk Pasien & Tenaga Kesehatan
 
Mobile apps untuk tenaga kesehatan dan pasien tidak hanya membuat kehidupan berjalan lebih mudah, tetapi juga membangun jalan untuk perawatan kesehatan yang lebih baik, dan juga meningkatkan kesehatan dari pasien. 
 
Pengingat Akan Takaran dan Dosis Obat
 
Aplikasi kesehatan seperti aplikasi pengingat obat membantu memastikan agar pasien tidak melewatkan dosis atau takaran obat yang mereka perlukan. Lebih dari 80% pasien terkadang melewatkan takaran atau dosis obat mereka.
 
Ketika pasien menggunakan aplikasi berbasis kesehatan yang mengingatkan mereka untuk minum obat secara teratur, mereka diharapkan dapat mengalami pemulihan yang lebih cepat dan kembali pulih. Manfaatnya sederhana namun kuat, dan sangat dibutuhkan dalam hidup kita.
 
Menemukan Dokter Yang Tepat
 
Tindakan pertama untuk mengetahui siapa yang ingin Anda konsultasikan untuk penyakit Anda dapat menjadi tugas yang menantang. Anda membutuhkan dokter dengan spesialisasi yang tepat, di daerah Anda, dan dengan pengalaman yang cukup. Anda tentunya juga ingin memastikan bahwa Anda memilih dokter yang baik yang tahu apa yang mereka lakukan.
 
Teman dan keluarga tidak selalu memiliki jawaban yang Anda butuhkan dan ulasan internet yang tersebar dapat membingungkan. Mobile apps untuk perawatan kesehatan dapat membantu Anda memilih dokter yang tepat tanpa membuang waktu berjam-jam untuk mencari.
 
Telemedik
 
Sejumlah kondisi kesehatan yang tidak mengancam jiwa sebenarnya memang tidak memerlukan kunjungan ke dokter. Kondisi tersebut sebenarnya dapat diobati hanya dengan berkonsultasi dengan dokter melalui panggilan video.
 
Pengembangan mobile apps untuk perawatan kesehatan saat ini dapat memungkinkan pasien untuk berbicara dengan dokter melalui panggilan video  sehingga dapat menghindari perjalanan ke rumah sakit dan menghemat waktu dari pasien dan juga tenaga kesehatan.
 
Panggilan video tersebut juga bahkan dapat bekerja dalam jaringan yang lambat dan konektivitas yang kurang baik. Hal ini sangat membantu dalam keadaan pandemi dimana fasilitas kesehatan sudah cukup penuh dan keramaian tidak dianjurkan agar penyebaran COVID-19 tidak semakin luas.
 
Perekaman Riwayat Medis
 
Salah satu aspek perawatan medis yang paling sulit adalah memelihara catatan kesehatan. Bahkan penyakit kecil sering disertai dengan serangkaian tes medis yang mengakibatkan tumpukan dokumen yang mudah salah tempat dan sangat sulit untuk menemukan waktu yang dibutuhkan.
 
Aplikasi untuk mengelola catatan kesehatan dapat menjadi salah satu hal yang penting dan dapat membantu pasien dengan cukup mudah.
 
Aplikasi kesehatan yang Anda kembangkan dapat memastikan bahwa setiap laporan dan setiap resep medis tersedia  saat pasien membutuhkannya. Banyak mobile apps berbasis kesehatan yang bahkan menyimpan informasi ini pada server online sehingga pasien dapat dengan mudah mengizinkan dokter untuk mengaksesnya dimanapun mereka berada.
 
Cara Merancang Mobile Apps Berbasis Kesehatan Yang Berkualitas
 
Pengembangan mobile apps untuk perawatan kesehatan harus mudah di akses di bagian awal meskipun rumit dan tepat secara ilmiah di bagian belakang. Jika tidak, akan sangat sulit untuk meyakinkan pasien agar menggunakan aplikasi Anda atau bagi dokter untuk menyetujui atau mendukung penggunaannya.
 
Tentukan Inti Penawaran Anda
 
Seperti yang dibahas di bagian di atas, pengembangan mobile apps untuk perawatan kesehatan dapat mencakup sejumlah peran yang berbeda. mulai dari layanan telemedik hingga asuransi kesehatan, cakupannya senantiasa tersebar jauh dan luas.
 
Tidak ada satu aplikasi pun yang dapat mencoba melakukan semua hal ini. Itulah sebabnya meskipun aplikasi Anda mungkin berada di bawah payung luasnya pengembangan mobile apps untuk perawatan kesehatan, Anda harus menentukan apa yang sebenarnya ingin Anda lakukan.
 
Apakah aplikasi Anda akan menjadi aplikasi untuk mengingatkan pengguna akan obat mereka, aplikasi  yang memberikan informasi kesehatan, aplikasi untuk asuransi, atau yang lainnya? Anda harus jelas tentang layanan yang ingin Anda berikan.
 
Jalankan Analisa Kompetitor
 
Anda tidak dapat memenangkan kompetisi hingga Anda mengetahui apa yang kompetitor Anda lakukan. Setelah Anda memutuskan niche mana yang akan digunakan oleh aplikasi berbasis kesehatan Anda, inilah saatnya untuk mendedikasikan waktu dalam melakukan analisis kompetitor untuk mencari tahu apa yang mereka lakukan, bagaimana mereka melakukannya, serta apa kekurangan mereka dan bagaimana Anda dapat melebihi mereka. 
 
Setelah Anda tahu apa yang Anda hadapi Anda dapat menjadi lebih unggul dibanding kompetitor. Anda mungkin memiliki ide yang sama sekali baru untuk aplikasi medis yang belum pernah dibuat sebelumnya. Anda juga perlu mencari tahu apa yang disukai atau tidak disukai oleh target audiens Anda tentang aplikasi kesehatan milik kompetitor. Anda juga harus mengetahui apa yang diinginkan oleh calon pengguna, apa masalah mereka, apa yang kurang dan apa yang mereka harapkan dari aplikasi medis seperti milik Anda.
 
Hanya analisis pesaing yang dapat memberikan jawaban yang Anda butuhkan dan memandu upaya pengembangan mobile apps untuk perawatan kesehatan Anda dengan tepat.
 
Memberikan Panduan Ilmu Yang Tepat
 
Kecuali beberapa pengecualian, pengembangan mobile apps untuk perawatan kesehatan akan selalu melibatkan aspek ilmiah yang cukup berat untuk di[ahami. Anda berada dalam industri kesehatan, dan akurasi adalah hal yang senantiasa harus dimiliki. Cobalah untuk mendapatkan pakar dalam dunia medis untuk memandu Anda melalui proses pengembangan aplikasi yang tidak hanya akurat secara medis tetapi juga memahami bagaimana memberikan pengalaman pasien yang akurat dan juga nyaman.
 
Penyakit dan pengobatannya adalah proses yang sangat emosional dan intens bagi pasien dan karena itulah memahami perilaku pengguna memiliki arti yang sama sekali baru dalam hal pengembangan aplikasi perawatan kesehatan.
 
Untuk membantu Anda mengembangkan aplikasi yang layak dipercaya oleh pasien, perlu dipastikan agar Anda dan tim memiliki bimbingan dan pengawasan medis yang tepat. Jadi, berdayakan developer dan tim khusus untuk mengelola aplikasi perawatan kesehatan yang membuat aplikasi medis Anda berkualitas dengan nasihat ilmiah yang tepat.
 
Gunakan Strategi Monetisasi Yang Tepat
 
Kecuali jika Anda memang memiliki tujuan sosial dalam mengembangkan mobile apps kesehatan, Anda tentunya ingin agar aplikasi medis Anda menghasilkan pendapatan yang baik, cukup untuk mendapatkan laba atas investasi Anda. 
 
Namun, pengembangan aplikasi medis untuk kesehatan berbeda dari bentuk pengembangan aplikasi lainnya karena melayani sekelompok orang yang berada pada titik yang serius dalam hidup mereka. Tentunya mereka tidaklah main-main dan tidak mau mencoba-coba. Jadi, memilih model monetisasi yang tepat penting untuk Anda lakukan terlebih dahulu.
Misalnya, beberapa aplikasi kesehatan mungkin dapat menggunakan iklan di dalamnya, tetapi dalam kebanyakan kasus, Anda mungkin tidak ingin iklan mempengaruhi pengalaman pasien dari aplikasi medis Anda. 
 
Secara umum, pengguna lebih suka untuk mencoba aplikasi sebelum mereka membayarnya sehingga memasang biaya berlangganan tepat di awal akan menghalangi sebagian besar pengguna untuk menggunakan aplikasi Anda. Namun, Anda dapat membuat hal ini berfungsi lebih baik dengan menawarkan uji coba gratis sehingga pengguna dapat mencoba aplikasi medis Anda terlebih dahulu.
 
Model langganan cenderung menjadi model monetisasi yang paling umum dan dikenali dalam hal pengembangan mobile apps untuk perawatan kesehatan, dan sebagian besar aplikasi lain secara umum.
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi dan cara tentang bagaimana Anda dapat mengembangkan mobile apps dalam industri kesehatan.
 
Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan Mobile App Development di Jakarta baik dalam industri kesehatan ataupun non-medis seperti jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan,  EANNOVATE dapat menjadi solusi Anda.
 
Untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Alterspace solusinya.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon