Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Perbedaan React Native & Reactjs Serta Manfaatnya Untuk Bisnis Anda

20 Jun 2022 by Billy Gani
Kebetulan dapat terjadi kapan saja. Para pekerja di Facebook hanya mencoba membangun UI yang dinamis dan berkinerja tinggi untuk mengoptimalkan kebutuhan pengembangan internal mereka, tetapi setelah itu React.js lahir. Pada saat itu, Reactjs merupakan perpustakaan JavaScript yang menyatukan keunggulan kecepatan JavaScript dan cara baru untuk merender halaman yang menghasilkan input pengguna yang responsif dan dinamis.
 
Ketika proyek mereka tersebut mulai berkembang dan menghasilkan hasil yang mengesankan, React.js dibuat menjadi open source dan sangat populer di kalangan developer. Pada titik ini, hal  yang baru bernama React Native telah dirilis.
 
Untuk pemula, keduanya terdengar seperti versi dari hal yang sama. Apakah mereka? Apa perbedaan antara React.js dan React Native? Apa artinya bagi bisnis Anda dan mana yang harus Anda pilih? Artikel berikut ini akan menjawab semua pertanyaan Anda tentang perbedaan antara Reactjs dan React Native.

React.js

Juga dilambangkan sebagai ReactJS atau hanya React, React.js adalah pustaka JavaScript deklaratif, fleksibel dan efisien yang secara khusus bertanggung jawab untuk membangun hirarki komponen UI dalam aplikasi berbasis website. Hal ini menggunakan komponen yang dapat digunakan kembali untuk merender tampilan, memungkinkan developer mengurangi waktu pembuatan untuk aplikasi berbasis website mereka.
 
Hal ini juga membantu memanipulasi DOM website lebih cepat dengan menggunakan model DOM virtual. Pada dasarnya, React.js adalah bagian V dari arsitektur MVC – yang membantu Anda mengembangkan lapisan dari tampilan aplikasi berbasis website. Hal ini membantu Anda untuk membangun aplikasi berbasis website yang lebih cepat dengan UI yang berkualitas dan komponen yang dapat digunakan kembali.
 
React.js menyediakan dukungan untuk frontend dari sisi server. Hal ini tentu digunakan oleh semua jenis bisnis – kecil hingga besar – untuk membangun aplikasi dengan satu halaman dan aplikasi perangkat. Beberapa contoh terbesar perusahaan yang menggunakan React.js adalah Facebook dan Instagram.

React Native

React Native sangat mirip dengan kemajuan dari React.js. Jika React.js adalah pustaka JavaScript yang membangun UI untuk aplikasi berbasis website, React Native adalah platform untuk membangun aplikasi native hanya dengan menggunakan JavaScript, pada platform seperti iOS, Android atau Windows.
 
Menggunakan basis yang sama dengan React, Anda dapat membangun UI asli yang berkualitas dan berkinerja tinggi untuk aplikasi Android atau iOS tanpa harus mempelajari Java, Objective-C, Swift, atau bahasa native lainnya. Hal inilah yang membuat React Native disukai oleh komunitas developer saat ini.
 
Pengembangan React Native memungkinkan Anda untuk meniru fitur aplikasi Native dalam JavaScript dan pada akhirnya memberi Anda kode khusus platform sebagai hasilnya. Hingga 85% kode React Native dapat digunakan kembali, memungkinkan Anda menggunakan kode native untuk menyesuaikan aplikasi perangkat Anda lebih lanjut.
 
Jadi pada dasarnya, Anda dapat menggunakan komponen React.js dalam kerangka kerja React Native untuk mengembangkan aplikasi iOS dan Android yang benar-benar bersifat Native.

React.js vs React Native - Manfaatnya Untuk Bisnis Anda

Pertanyaan sebenarnya adalah apa artinya kedua hal ini bagi bisnis Anda? Haruskah Anda menggunakan React.js atau React Native untuk proyek Anda berikutnya? Inilah jawabannya.
 
Untuk meringkas perbedaan antara React.js dan React Native, React.js adalah library JavaScript untuk membangun komponen UI pada aplikasi berbasis website, sedangkan React Native adalah kerangka kerja untuk membangun aplikasi Native menggunakan JavaScript.
 
Jadi itulah pembeda utama dari keduanya. Jika Anda membutuhkan aplikasi berbasis website yang dapat menjalankan fungsionalitas kompleks dan dapat diakses melalui browser biasa, Anda dapat menggunakan React.js. Jika Anda memerlukan aplikasi native yang berfungsi dengan baik pada iOS, Android, atau Windows, tetapi perlu dikodekan sekali saja, dan tidak secara individual untuk setiap platform, Anda memerlukan React Native.
 
Sekarang, mari kita uraikan pro dan kontra dari React.js dan React Native dari perspektif bisnis untuk membantu Anda memutuskan mana yang Anda butuhkan untuk platform digital Anda berikutnya.
 

Kelebihan dan Kekurangan React.js

Kelebihan React.js
 
  • Aplikasi Berbasis Website Yang Sangat Responsif

    Facebook hanya mencari cara untuk mengurangi waktu pembuatan aplikasi Facebook, atau waktu pembuatan ulang secara spesifik. Mereka tidak benar-benar mengejar pembaruan sebagian DOM virtual. Namun mereka menemukan bahwa pembaruan bagi hal ini malah membuat aplikasi jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan pembaruan penuh secara konvensional.

    Model DOM virtual React hanya me-refresh sebagian halaman, membuatnya jauh lebih cepat untuk diakses jika dibandingkan dengan DOM refresh secara penuh. React tahu kapan harus merender ulang bagian dari aplikasi dengan mengamati perubahan data ke status.

    Hasilnya adalah kecepatan luar biasa dalam aplikasi berbasis website Anda yang dibuat dengan React.

  • JSX - React menggunakan JSX yang membuatnya sangat mudah untuk membaca kode setiap komponen serta dengan mudah mengamati tata letaknya. Anda dapat melihat bagaimana komponen berinteraksi satu sama lain, bagaimana mereka dicocokkan atau digabungkan satu sama lain.

    Setiap perubahan atau pembaruan akan lebih mudah dilacak. Hal ini juga memungkinkan React untuk mengirimi Anda pesan kesalahan dan peringatan. Semua hal ini membantu Anda dalam membuat React menjadi pengalaman visual yang berkualitas saat di-coding. JSX juga membuat kode tetap sederhana dan ringkas, terutama saat menulis potongan kode yang besar.

  • Pengaplikasian Yang SEO-Friendly - Karena React.js merender pada sisi server, hal ini memberi aplikasi atau halaman website Anda keunggulan dengan pengoptimalan mesin pencarian, yang dapat lebih menghasilkan banyak lalu lintas organik. Dengan rendering dari sisi server, bot Google yang mengunjungi server dapat dengan mudah melihat konten yang diindeks dan di-cache.

    Dan juga, saat waktu muatan halaman berkurang, hal tersebut menjadi dorongan ekstra untuk SEO dari bisnis Anda. Secara keseluruhan, halaman website Anda memiliki visibilitas yang lebih tinggi dan menskalakan peringkat dengan sedikit usaha.

Kekurangan React.js

  • Biaya - React.js lebih menghabiskan banyak biaya. Terkadang, Anda perlu mengunduh tambahan pustaka React yang dapat menghabiskan waktu dan juga biaya.
  • Kurva Pembelajaran - React.js lebih memiliki kurva pembelajaran yang lebih curam dan rumit jika dibandingkan dengan React Native. Developer yang masih pemula mungkin memerlukan waktu yang lebih banyak sebelum mereka dapat memproses pengembangan aplikasi.

  • Membutuhkan dukungan Pustaka Eksternal - Sangat sedikit pustaka asli yang tersedia untuk bereaksi dan membutuhkan ketergantungan yang tinggi pada pustaka pihak ketiga. Ekosistem pustaka pihak ketiga sangat luas dan didukung dengan baik, tetapi dapat memakan waktu serta melibatkan kurva pembelajaran.
  • Navigasi Data Yang Panjang - Navigasi data dengan React dapat menjadi panjang dan rumit. Tidak seperti alat js lainnya, React tidak mendukung penanganan data paralel dan membuat navigasi hirarki data memerlukan upaya yang rumit.

Kelebihan dan Kekurangan React Native

Kelebihan React Native
  • Dengan React Native, Anda dapat membangun aplikasi native yang bekerja pada iOS dan Android, atau platform lainnya, hanya dengan menggunakan kerangka kerja React Native. Hasilnya bukan aplikasi hybrid atau website,tetapi aplikasi berbasis native. Hal inilah salah satu keuntungan terbesar menggunakan React Native.
  • Menggunakan Kode khusus Platform Untuk pengalaman Native Yang Otentik - Seperti disebutkan di atas, React Native menyediakan hingga 85% penggunaan kembali kode yang berarti Anda dapat menggunakan komponen yang sama untuk membangun 85% aplikasi dan menggunakannya di kedua platform. 15% sisanya adalah kode khusus platform yang dapat disesuaikan untuk memberikan pengalaman native yang autentik pada aplikasi Anda.
  • Pengembangan Yang Cepat - Perubahan terkecil yang dibuat pada kode Anda tercermin saat menggunakan React Native. Anda tidak perlu memuat ulang seluruh kode untuk melihat pembaruan perubahan. Hal ini disebut hot reload dan merupakan salah satu fitur berharga dari React Native yang memberi Anda pengembangan lebih cepat dan kode yang bebas kesalahan.

Kekurangan React Native
  • Kurangnya Pustaka Native - React Native juga, seperti React.js, bergantung pada perpustakaan asli dari React pihak ketiga eksternal yang mungkin rumit dan membosankan. Terkadang, pustaka ini bahkan mungkin memerlukan pengujian untuk menghindari bug. Kurangnya pustaka Native pada React Native adalah salah satu batasan yang selalu dihadapi oleh developer.
  • Waktu Inisialisasi Yang Lebih Lama - JavaScript React Native membutuhkan waktu lama untuk diinisialisasi yang berarti bahwa runtime untuk perangkat dapat menjadi lebih lama.
  • Lisensi Paten Yang Rumit - Facebook mengontrol React Native dan karenanya, masalah lisensi dan paten senantiasa ada. Ketakutan muncul bahwa developer mungkin dapat dihentikan dari menggunakan kerangka kerja kapan saja, meskipun hal tersebut tampaknya tidak menghalangi setengah juta pengembang yang menggunakan React Native saat ini.


Berikut adalah beberapa informasi tentang React Native & Reactjs dalam mobile app development untuk membantu Anda menentukan mana jenis yang tepat dan sesuai dengan bisnis Anda.
 
Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan Mobile App Development di Jakarta baik dalam industri Anda seperti jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan,  EANNOVATE dapat menjadi solusi Anda.
 
Untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon