Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Langkah Penting Dalam Mengembangkan Mobile Apps Untuk Bisnis Anda

20 May 2024 by Billy Gani
Memahami langkah-langkah penting dalam proses pengembangan mobile apps mungkin terlihat  seperti tugas yang menantang. Ada beberapa hal yang dapat menghambat keberhasilan dari perilisan mobile apps. Misalnya seperti vendor developer yang tidak cocok untuk proyek Anda dari sudut pandang teknis dan budaya.
 
Mengembangkan mobile apps, website atau software khusus  apa pun tidak hanya berbicara tentang ide atau pengetahuan teknis pengembangan developer backend dan proses desain dari mobile apps.
 
Elemen lain seperti budaya yang tepat, menentukan model bisnis, mengetahui cara mengatur peluncuran mobile apps, merancang desain UI / UX, dan memilih media sosial dan strategi pemasaran yang tepat juga mempengaruhi kinerja dari mobile apps untuk bisnis Anda.
 
Mitra vendor developer dari mobile apps yang ideal akan melihat bisnis mitranya secara holistik sebelum mengembangkan mobile apps yang mendefinisikan pengalaman pengguna yang berkualitas untuk pelanggannya. Tim dan vendor developer yang berkualitas harus melakukan analisis bisnis mendalam sebelum proses pengembangan mobile apps dilaksanakan.
 
Analisis bisnis ini sangat penting untuk menghasilkan ide, pengembangan konsep produk, pengujian konsep, dan pengujian pemasaran. Tanpa masukan awal dari ide produk dan sudut pandang kelayakan teknis, akan sulit mengembangkan mobile apps yang memenuhi kebutuhan pelanggan dan tujuan bisnis.
 
Ada berbagai cara untuk mendekati berbagai tahapan proses pengembangan mobile apps. Terkadang penting bagi Anda untuk untuk menggunakan pendekatan pengembangan mobile apps yang umum dan konseptual.
 
Di sisi lain, fokus operasional adalah pendekatan yang lebih nyaman dalam proses pengembangan dari mobile apps. Saat memulai proses pengembangan amobile apps, Anda perlu memilih pendekatan terbaik untuk bisnis Anda.
 
Apapun jalur pengembangan mobile apps yang Anda pilih pasti akan menjadi proses pengembangan mobile apps yang sangat bermanfaat jika dilakukan dengan benar. Yang terpenting, hal ini pasti akan mengarahkan Anda untuk membangun mobile apps yang sukses jika Anda mempertimbangkan detail kecilnya.
 
Dalam artikel ini, kami mencoba membantu bisnis Anda dalam fase pengembangan mobile apps dalam siklus hidup produknya. Jika developer dari mobile apps Anda memiliki pengalaman yang tepat, berikut beberapa tahap penting yang perlu mereka pahami.
 
 
 
 
Langkah Penting Dalam Pengembangan Mobile Apps Untuk Bisnis Anda
 
Menyusun langkah-langkah proses pengembangan mobile apps dapat terasa sulit karena sering kali tidak mengikuti jalur linier. Sebaliknya, hal ini adalah proses berkelanjutan di mana developer terus-menerus berpartisipasi dalam proses peninjauan yang ketat sebelum perilisan produk digital hingga akhir.
 
Untuk mobile apps, terkadang perlu bolak-balik beberapa kali antar tahap pengembangan produk hingga Anda mendapatkan strategi pengembangan mobile apps yang tepat. Tujuan akhirnya adalah untuk menyenangkan target pasar dari bisnis Anda.
 
Pengguna mobile apps modern memiliki ekspektasi yang tinggi, dan penting untuk mencoba memenuhi atau melampaui ekspektasi tersebut dengan pengalaman pengguna yang berkualitas. Bahkan mungkin saja proses pengembangan mobile apps mengharuskan tim Anda untuk mengkaji lebih jauh dan menganalisis strategi pasar serta mengubah ide yang mendasarinya. 
 
Tidak mengherankan jika semua mobile apps, termasuk mobile apps dengan sistem iOS dan Android, menuntut produk digital yang melalui banyak tahap pengembangan secara  berulang sebelum produk akhir dapat dirilis.
 
Saat mengembangkan mobile apps, Anda harus mempertimbangkan dua pilar besar dalam menciptakan produk digital terkait yaitu : 
 
 
Design Thinking -  Proses pembuatan ide dan pengujian di mana tim mengetahui bahwa mereka tidak memiliki semua jawaban. Hal ini memerlukan beberapa iterasi pengembangan konsep dan pengujian melalui langkah-langkah pengembangan yang berbeda hingga Anda memiliki sesuatu yang berhasil. Hal terakhir ini dikenal sebagai Minimum Viable Product (MVP).
 
Agile Development -  Merupakan metodologi manajemen proyek berulang yang memungkinkan tim mobile apps bekerja lebih cepat dan efisien, serta mengoptimalkan sumber daya seiring berjalannya waktu. Melaluinya, proses pengembangan produk menjadi bagian penting untuk menjamin kesuksesan jangka panjang dari mobile apps Anda.
 
Keseluruhan proses pembuatan mobile apps mencakup lebih dari sekadar tahap pengembangan. Siklus hidup produk yang lengkap berisi langkah-langkah berikut: menemukan, merancang, mengembangkan, dan merilis.
 
Namun, sebagian besar profesional manajemen proyek pengembangan mobile apps setuju bahwa dukungan dan pemeliharaan juga harus dimasukkan dalam siklus hidup produk digital.
 
Anda perlu memahami bahwa Anda tidak dapat memiliki produk yang sukses tanpa dukungan dan pemeliharaan berkelanjutan. Oleh karena itu, pastikan Anda memperhitungkan pemeliharaan dan dukungan dalam peta jalan produk Anda jika Anda ingin membuat produk akhir yang akan bertahan dalam ujian waktu.
 
Sebenarnya, proses pengembangan produk digital seperti mobile apps sebenarnya mengacu pada langkah-langkah siklus hidup seperti berikut : 
 
  • Pahami persyaratannya
  • Merancang solusi sejak awal
  • Menerapkan dan menguji solusinya
  • Refaktorisasi untuk mengoptimalkan
  • Memberikan solusi.

 
 
Memahami Persyaratannya & Ketentuan Yang Dibutuhkan
 
Apa rencana dan tujuan dari pengembangan mobile apps untuk bisnis Anda? Bagaimana cara mengembangkannya? Siapa saja target pengguna yang akan menggunakannya? Sistem operasi apa yang akan digunakan? Berapa anggaran pengembangan mobile apps Anda? Hal ini adalah beberapa pertanyaan yang mungkin ingin Anda tanyakan pada diri Anda dan tim developer selama fase awal pengembangan mobile apps.
 
Hal ini mungkin tampak seperti masalah mendasar, tetapi Anda perlu menghindari pengerjaan ulang yang mahal di masa depan jika Anda dapat menyelesaikannya dengan benar dan menentukan fungsionalitas inti sebelum pengembangan berjalan. Misalnya, pengembangan aplikasi hybrid berbeda dengan pengembangan aplikasi Native dalam hal biaya, pendekatan, dan hasil.
 
Selain itu, menjawab pertanyaan-pertanyaan ini juga dapat membantu Anda melihat gambaran besar tentang kesesuaian mobile apps dengan model dan strategi bisnis Anda. Harapan Anda sering kali menemui hambatan ketika proses pengembangan mobile apps dimulai, jadi hal terpenting adalah bersikap realistis mengenai cakupannya.
Anda tidak memerlukan konsep produk yang dikembangkan sepenuhnya sebelum pengembangan dimulai. Namun, sejumlah definisi produk membantu pengembangan berulang dan memberi manajer produk dan tim pengembangan Anda tempat untuk memulai. Saat mengembangkan mobile apps, hal ini harus dijelaskan kepada developer dari produk Anda untuk tujuan komunikasi. 
 
Pastikan semua orang memahami dasar-dasar konsep dari mobile apps Anda, dan Anda akan berada di jalur yang benar. Gagal melakukannya, kemungkinan besar pengembangan mobile app Anda pada akhirnya akan gagal.
 
Persyaratan pengembangan mobile apps yang jelas dan ringkas dapat membantu merevisi asumsi harga dan budget Anda. Namun, mengembangkan ide yang benar-benar baru seringkali bukanlah layanan yang murah. 
 
Semakin banyak pekerjaan yang perlu Anda lakukan untuk mempersempit konsep produk dan memperbaiki kesalahan dalam pengembangan, semakin lama waktu yang dibutuhkan tim developer untuk menghasilkan software yang mudah digunakan, dan semakin mahal biayanya.
 
 
 
 
Merancang Desain Solusi Awal Yang Diperlukan / Hipotesis
 
Cara terbaik untuk menyempurnakan pengembangan mobile apps dari bisnis Anda adalah dengan melanjutkan dan mulai membuatnya. Hanya dengan melakukan hal ini produk Anda akan dapat berkembang menjadi apa yang Anda inginkan. Jika tidak, Anda hanya akan berputar-putar di sekitar ide, yang tidak akan membawa hasil apa pun dalam hal eksekusi.
 
Prototipe didasarkan pada hipotesis awal Anda. Hal ini dapat merangkum asumsi dan memungkinkan Anda untuk mengujinya. Selain itu, hal ini membantu Anda menyempurnakan produk saat Anda beralih dari apa yang tidak berhasil ke apa yang berhasil. Untuk ini, proses desain aplikasi memainkan peran penting. Idealnya, desain aplikasi harus dimulai dengan wireframe dasar dan berkembang dari sana.
 
 
Menerapkan & Menguji Solusi Yang Diinginkan 
 
Setelah Anda mendapatkan hal yang perlu dapat Anda uji, sekarang saatnya untuk melanjutkan ke langkah berikutnya untuk memastikannya mudah digunakan. Pengujian beta tidak mengharuskan Anda memiliki versi apps  yang lengkap; Anda dapat memulai pengujian dengan Produk Minimum yang Layak (minimum viable product).
 
Dengan kata lain, semua fitur dari mobile apps bisnis Anda tidak perlu disiapkan sebelum memulai pengujian penerimaan pengguna. Setelah fungsi inti produk Anda berfungsi, mulailah mengujinya dengan pengguna dunia nyata. Hal yang baik tentang Agile Development adalah memungkinkan Anda menguji fitur aplikasi seluler secara terpisah.
 
Pengujian aplikasi dapat menghemat banyak pengerjaan ulang, karena dapat membantu Anda melihat tampilan aplikasi pada berbagai perangkat dan platform seluler. Selain itu, hal ini dapat membantu Anda menerapkan produk Anda di app store dengan lebih cepat, baik untuk Google Play Store, Apple App Store, atau keduanya.
 
 
Merilis Solusi Mobile Apps Untuk Pengguna
 
Perilisan mobile apps mungkin menjadi langkah terakhir, tetapi hal ini adalah akhir dari banyak iterasi pertama dalam siklus hidup pengembangan sebuah mobile apps. 
 
Terkadang solusinya memerlukan beberapa penyesuaian sebelum diterapkan. Bahkan setelah sampai di pasar, mungkin masih ada hal yang perlu Anda dilakukan. Hal ini tidak menjadi masalah jika Anda telah mengembangkan kelayakan produk secara minimal (MVP) yang kuat. Hal yang terpenting adalah tim developer Anda senantiasa memastikan untuk melakukan perbaikan dan pembaruan aplikasi secara berkelanjutan.
 
Solusi tidak sama dengan produk jadi. Pada langkah sini, siklus pengembangan dimulai lagi. Lagi pula, selalu ada beberapa layanan keamanan, pemeliharaan, dan dukungan aplikasi yang harus dilakukan secara berkala bagi produk digital bisnis Anda.
 
 
 
Berikut adalah beberapa pemahaman dan langkah penting dalam mengembangkan mobile apps sebagai salah satu alat pemasaran bagi bisnis dan produk digital Anda.
Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan Mobile App Development di Jakarta baik dalam industri Anda seperti jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan,  EANNOVATE dapat menjadi solusi Anda.
 
Untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Alterspace solusinya.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon