Image

QUICK CONTACT













Image

Memahami Lebih Dekat Akan PWA Untuk Apps Berbasis iOS

13 Dec 2023 by Billy Gani
Meskipun sekarang sudah mungkin untuk menggunakan Aplikasi Web Progresif (PWA) pada platform iOS, Apple kurang antusias untuk menghadirkan fungsionalitas Aplikasi Web Progresif (PWA) secara penuh yang dapat dinikmati oleh pengguna pada platform lain.
 
Untuk waktu yang lama, iOS menolak mendukung penggunaan Aplikasi Web Progresif, namun seiring meningkatnya popularitas penggunaannya, Apple tidak punya pilihan selain mendukung PWA. Apa perbedaan Aplikasi Web Progresif di iOS dengan platform lain? Jika bisnis Anda Anda ingin membangun Aplikasi Web Progresif, batasan apa yang akan dihadapi dari platform iOS?
 
Hal ini adalah pertanyaan penting untuk ditanyakan saat Anda mempertimbangkan pendekatan terbaik terhadap pengembangan mobile apps untuk bisnis Anda. Dalam artikel ini, kami mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk Anda, tetapi pertama-tama, mari kita lihat dasar-dasar Aplikasi Web Progresif jika Anda belum terbiasa dengan konsep tersebut.
 
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Progressive Web Apps?
 
Ketika traffic website semakin berpusat pada perangkat seluler, makin banyak website yang mulai memiliki banyak kualitas yang biasa terlihat ketika diakses dengan aplikasi seluler.
 
Aplikasi Web Progresif (PWA) adalah website yang berfungsi seperti aplikasi seluler dengan fungsi offline, pemberitahuan push, dan fitur standar lainnya.
 
Aplikasi Web Progresif dibuat dengan teknologi yang sama dengan yang digunakan sebagian besar website yaitu HTML, CSS, dan JavaScript, namun aplikasi tersebut melepaskan elemen browser umum agar lebih terlihat seperti aplikasi Native.
 
 
 
 
Manfaat dari pendekatan dari development ini harusnya terlihat jelas. Dibandingkan dengan mengembangkan aplikasi Native dengan bahasa dan kerangka kerja khusus, developer dapat membangun Aplikasi Web Progresif yang terlihat seperti aplikasi Native dengan menggunakan teknologi website dasar.
 
Dibandingkan dengan membuat dua aplikasi Native untuk menjangkau pengguna Android dan iOS, bisnis Anda dapat membuat satu Aplikasi Web Progresif yang dapat diunduh pada perangkat atau platform seluler apa pun. Hal ini tidak hanya mengurangi waktu dan biaya pengembangan secara signifikan, namun juga membantu bisnis Anda untuk menghindari tinjauan ketat dari toko aplikasi seperti Play Store.
 
 
Sejarah Singkat Hubungan PWA & iOS
 
Istilah Aplikasi Web Progresif baru diperkenalkan pada tahun 2015, dan meskipun Apple enggan menggunakan Aplikasi Web Progresif, Anda mungkin akan terkejut saat mengetahui bahwa orang terkenal pertama yang berbagi manfaat menggunakan standar web untuk pengembangan aplikasi adalah Steve Jobs pada tahun 2007 di acara peluncuran iPhone.
 
Dalam pidatonya di tahun 2007, Jobs mendorong para developer untuk membangun PWA karena mereka mudah diintegrasikan dengan iPhone. Namun, beberapa bulan setelah pidato ini, Apple App Store diluncurkan, dan sikap Apple terhadap aplikasi berbasis website berubah drastis.
 
Pada tahun 2015, developer di Google secara resmi memperkenalkan standar pengembangan PWA. Namun, Apple baru menerima PWA pada tahun 2018, dan bahkan saat itu pun, Apple belum sepenuhnya menerapkannya. Sebaliknya, Apple terus memprioritaskan aplikasi dengan sifat Native dalam pengembangan softwarenya.
 
 
Keterbatasan PWA dalam Platform iOS
 
Jika Anda ingin mengembangkan PWA untuk platform iOS, akan ada batasan yang tidak akan Anda temui pada platform lain. Apple belum sepenuhnya memanfaatkan aplikasi platform berbasis website, namun pada tahun 2023 ini, developer mendapatkan lebih banyak kemampuan yang sudah tersedia di platform Android dan Windows.
Beberapa keterbatasan utama PWA pada platform iOS meliputi hal berikut:
 
 
Manifestasi Web App
 
Manifestasi dari aplikasi berbasis website (PWA) merupakan file yang membuat PWA terlihat seperti aplikasi seluler. Pada platform lain, file ini memungkinkan developer untuk mengatur ikon aplikasi khusus, menonaktifkan bilah alamat, dan mengunduh mobile apps ke dalam perangkat pengguna.
 
Platform iOS sangat membatasi kemampuan manifestasi dari PWA. Misalnya, platform iOS tidak menggunakan ikon aplikasi yang ditentukan dalam manifes. Selain itu, jika Anda ingin membuat layar splash khusus atau mengaktifkan kinerja mandiri, Anda harus menulis kode tambahan.
 
Platform pesaing mengizinkan semua elemen ini ditentukan dalam Manifes Aplikasi Web tanpa kode tambahan.
 
Kurangnya Akses Pada Komponen Aplikasi Dengan Jenis Native
 
Mobile apps berbasis PWA tidak dapat mengakses komponen iOS Native seperti ARKit, Bluetooth, iMessage, FaceTime, dll., sehingga membatasi PWA dan mencegahnya menawarkan layanan dinamis.
 
Akan sulit meyakinkan pengguna untuk mengadopsi PWA yang tidak dapat menawarkan pengalaman mendasar yang ditawarkan oleh mobile apps. Selain itu, keputusan iOS untuk membatasi akses PWA ke komponen Native membuat lebih sedikit bisnis yang tertarik untuk menggunakan PWA pada platform iOS.
 
 
 
 
Android menawarkan akses yang jauh lebih besar kepada developer PWA akan komponen dan aplikasi Native. Apple lebih suka untuk mempertahankan kontrol ketat atas ekosistemnya. Pengujian kualitas App Store yang ketat yang harus dilalui oleh aplikasi sebelum dapat terdaftar di App Store.
 
Dengan membatasi kemampuan PWA, Apple dapat mempertahankan kendali lebih besar atas platformnya.
 
Akses Penyimpanan 
 
iOS secara drastis membatasi akses PWA ke dalam penyimpanan perangkat seluler. Akibatnya, PWA tidak dapat menggunakan penyimpanan sebanyak yang mereka inginkan. Saat ini, PWA dapat mengakses penyimpanan hingga 50 MB. Jumlah ini adalah jumlah penyimpanan yang sangat kecil.
 
Jika Anda memiliki aplikasi berukuran besar, Anda harus membuat aplikasi iOS dengan sifat Native atau aplikasi lintas platform dibandingkan dengan menggunakan teknologi platform website dasar untuk membuat aplikasi Anda.
 
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi tentang merancang progressive web apps berbasis iOS development yang dapat Anda pertimbangkan dalam penggunaannya untuk bisnis Anda.
 
Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan Mobile App Development di Jakarta baik dalam industri Anda seperti jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan,  EANNOVATE dapat menjadi solusi Anda.
 
Untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Alterspace solusinya.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon