Image

QUICK CONTACT













Image

Beberapa Jenis Mobile Apps Untuk Kebutuhan Bisnis Anda

25 May 2022 by Billy Gani
Mobile apps saat ini sudah menjadi salah satu alat dalam kehidupan manusia. Apapun yang ingin Anda lakukan, tentunya ada aplikasi yang dapat membantu Anda melakukannya. Dengan hampir 3 triliun aplikasi pada App & Play Store saat ini, mengklasifikasikannya kedalam beberapa kategori dapat membantu Anda untuk mengembangkan aplikasi yang tepat bagi bisnis Anda.
 
Dalam artikel berikut ini, kami akan mencoba membahas beberapa jenis mobile apps yang sekiranya dapat membantu Anda memutuskan jenis mobile apps mana yang dapat Anda kembangkan untuk mendatangkan penjualan dan kesuksesan secara keseluruhan bagi bisnis Anda.
 

Jenis Mobile Apps Berdasarkan Teknologi

 
Jenis mobile apps berbeda satu sama lain berdasarkan teknologi yang digunakan untuk membuatnya. Tiga klasifikasi utama dalam golongan ini adalah – Native, Web Apps, dan Hybrid Apps. Jenis keempat – PWA atau Progressive Web Apps – adalah jenis mobile apps lain yang dimulai sebagai kemajuan dalam mobile apps berbasis website, dan sekarang telah menjadi salah satu kategori utama mereka sendiri. Mari kita bahas masing-masing secara rinci.
 

Native Mobile Apps

 
Standarisasi awal dari jenis mobile apps bermula dari kategori ini – jenis mobile apps yang memiliki kualitas dan nilai tertinggi tetapi seringkali digantikan oleh solusi modern yang lebih hemat biaya.
 
Aplikasi berbasis native ini ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu yang bekerja pada sistem operasi tertentu. Jadi, mobile apps dengan sistem Android akan ditulis dalam bahasa Android seperti Java atau Kotlin sedangkan mobile apps berbasis iOS harus ditulis dalam pengkodean Objective-C atau Swift.
 
Hal ini membuat aplikasi dengan basis Native hanya dapat bekerja pada perangkat tertentu seperti Android dan iOS. Hal ini membuat pengembangan aplikasi Native menjadi proses yang lebih lama dan lebih mahal serta membutuhkan tim penuh dengan developer iOS dan Android.
 
Namun, di akhir proses yang panjang ini, Anda akan mendapatkan aplikasi yang berkualitas dan efektif ketika sampai pada tangan penggunanya. Hal ini dikarenakan aplikasi berbasis Native dibuat khusus dan memberikan pengalaman pengguna yang tak tertandingi.
 

Web Apps

 
Aplikasi berbasis website adalah jenis mobile apps yang dapat diakses melalui browser internet. Setelah Anda menekan aplikasi, antarmuka browser menghilang dan aplikasi akan menutupi seluruh layar untuk memberikan pengalaman yang mendalam.
 
Hal terbaik tentang aplikasi berbasis website ini adalah penggunaannya menghilangkan penghalang penting – langkah penginstalan – mendorong lebih banyak orang untuk menggunakan aplikasi tanpa khawatir menghabiskan ruang pada perangkat seluler mereka atau bahkan keengganan sederhana untuk mengunduh aplikasi lain.
 
Sedangkan untuk pengembangan, aplikasi berbasis website hanya dapat dikodekan sekali dan digunakan pada perangkat apa pun dengan koneksi internet. Hal ini membuat aplikasi berbasis website lebih mudah dan lebih hemat biaya untuk dikembangkan. 
 
Adapun beberapa kelemahan yang dimiliki, aplikasi berbasis website cenderung memiliki fitur yang lebih rendah jika dibandingkan dengan aplikasi Native. Aplikasi dengan jenis ini tidak dapat bekerja saat perangkat offline dan berada dalam browser dan jenis aplikasi ini berpotensi terkena lebih banyak risiko keamanan jika dibandingkan dengan aplikasi Native.
 

Hybrid Apps

 
Aplikasi hibrida – seperti namanya – merupakan jalan tengah antara aplikasi berbasis Native dan aplikasi berbasis website. Jenis aplikasi ini dapat dikodekan sekali dan digunakan pada sistem operasi yang berbeda. Hal ini dilakukan dengan menulis kode dasar sekali dan kemudian menyesuaikan elemen kunci front-end untuk setiap sistem operasi secara terpisah. 
 
Bahasa lintas platform modern seperti React dan Flutter dapat mencapai hingga 80% penggunaan kembali kode, memungkinkan pengurangan waktu pengembangan yang signifikan untuk mobile apps dengan jenis hybrid ini.
 
Mobile apps dengan jenis hybrid telah meningkat secara signifikan dalam popularitas selama beberapa tahun terakhir dan semakin banyak bisnis yang membutuhkan aplikasi seluler untuk memperkuat bisnis digital mereka tetapi tidak ingin menghabiskan banyak uang seperti yang ditawarkan oleh aplikasi berbasis Native.
 
Aplikasi hybrid menawarkan daya tarik pasar yang lebih besar – Android, iOS, dan perangkat OS lainnya, dengan biaya pengembangan aplikasi Native yang lebih murah. Jenis aplikasi ini juga memiliki siklus pengembangan yang lebih pendek dan waktu pemasaran yang lebih cepat, sehingga menjadikannya prospek yang memikat bagi pengembang aplikasi dan juga Anda sebagai pemilik bisnis.
 
Aplikasi hybrid menawarkan pengalaman pengguna yang kaya dan imersif serta fungsionalitas yang berkualitas bahkan dengan harga yang lebih murah, menjadikannya solusi bisnis yang hebat.
 
Namun, aplikasi hibrida mungkin bukan pilihan terbaik untuk bisnis yang membutuhkan aplikasi perangkat berkinerja tinggi dan melakukan banyak pekerjaan, menangani transaksi besar, lalu lintas tinggi, atau media dengan definisi tinggi. Fungsi yang kompleks dapat memperlambat jenis aplikasi ini dan cenderung kurang interaktif.
 

Progressive Web Apps - PWA

 
Aplikasi web progresif atau PWA adalah aplikasi seluler yang berfungsi seperti ekstensi website yang diakses melalui browser. Hal ini dapat disimpan dalam perangkat Anda, dan digunakan seperti aplikasi, hanya dengan menyimpan bookmark pada perangkat Anda.
 
Karena berbasis website, jenis aplikasi ini dapat diakses pada perangkat apa pun dengan sistem operasi apapun, menjadikan PWA solusi ideal untuk bisnis yang membutuhkan perbaikan cepat untuk kehadiran digital.
 
PWA menggunakan API dan fungsionalitas browser untuk menghadirkan pengalaman seperti aplikasi Native kepada pengguna tanpa menghabiskan banyak ruang pada pengembangannya. Jenis mobile apps ini dapat dikategorikan seperti halaman website yang hidup dalam perangkat dan meniru pengalaman yang diberikan oleh aplikasi berbasis Native.
 
PWA dimuat dengan sangat cepat dan menggunakan bandwidth yang sangat kecil, membuatnya sangat dapat digunakan oleh semua jenis pengguna, bahkan mereka yang memiliki kecepatan internet lebih lambat dan kuota data yang terbatas. Dan juga, jenis mobile apps ini senantiasa diperbarui secara otomatis setiap kali halamannya diakses, membuat penggunaannya lebih bebas repot. Tidak diperlukan instalasi untuk menghilangkan hambatan penggunaan dan meningkatkan keterlibatan secara signifikan.
 
Seperti yang Anda tahu, PWA menawarkan keuntungan menarik bagi pengguna, developer, serta Anda sebagai pemilik bisnis. Jenis aplikasi ini tentunya juga tetap memiliki bagian kekurangan juga. Misalnya, PWA tidak dapat memanfaatkan semua fitur perangkat aplikasi Native, memiliki beberapa masalah dengan integrasi OS dan rentan terhadap keterbatasan browser.
 
Meskipun demikian, PWA dapat menjadi salah satu solusi tepat untuk bisnis yang membutuhkan aplikasi yang berfungsi cepat dengan biaya lebih rendah serta waktu pemasaran yang lebih cepat.
 

Jenis Mobile Apps Berdasarkan Kategori

 
Sekarang kita sampai pada bagian klasifikasi dari jenis mobile apps – kategori aplikasi. Berdasarkan pekerjaan yang dilakukan, aplikasi seluler dibagi menjadi beberapa kategori. Kategori ini membantu pengguna mencari dan mengunduh aplikasi yang tepat. Itulah sebabnya App & Play Store mendistribusikan aplikasi berdasarkan kategori.
Mengetahui kategori ini penting agar Anda tahu kategori mana yang akan digunakan untuk meluncurkan mobile apps dari bisnis Anda.
 

Aplikasi Permainan (Gaming App)

 
Kategori aplikasi paling populer sejauh ini adalah aplikasi permainan. Setiap pengguna tentunya memiliki beberapa menit untuk membunuh rasa bosan dalam perjalanan mereka atau merencanakan seluruh akhir pekan mereka untuk bermain Fortnight maraton. Oleh karena itu, mengembangkan mobile apps berbasis permainan yang berkualitas untuk pengguna seluler merupakan prospek yang sangat menguntungkan bagi developer aplikasi seluler.
 
Kategori aplikasi seluler juga dilengkapi dengan beban persaingan yang sangat tinggi. Selama bertahun-tahun, teknologi dari aplikasi berbasis permainan telah berkembang pesat, dengan simulasi permainan yang mendekati pengalaman kehidupan nyata.
 
Tidak hanya alur cerita yang menarik tetapi juga, aplikasi game modern memiliki grafis seperti aslinya, efek visual yang tinggi, dan rangkaian fitur yang kaya. Semua ini dimungkinkan oleh kode sepanjang buku teks yang melibatkan banyak tim dan jutaan jam upaya.
 
Jelas, imbalan besar menuntut upaya yang sangat besar. Jika Anda berhasil, aplikasi berbasis permainan dari aplikasi seluler menghasilkan pendapatan jutaan dolar dan popularitas.
 

Aplikasi Edukasional (Educational App)

 
Aplikasi pendidikan mulai mengambil alih aplikasi berbasis permainan, media sosial, dan hiburan. Selama sekitar satu minggu di bulan Agustus 2017, Remind, aplikasi komunikasi dalam sekolah, naik ke posisi #1 pada bagan aplikasi iOS gratis yang paling banyak diunduh.
 
Hal ini tentunya menjadi peristiwa langka untuk menyaksikan platform pendidikan mencuri sorotan dari media populer dan aplikasi hiburan yang biasanya berkuasa pada tangga aplikasi. Perkembangan ini tentu saja menyoroti potensi yang dimiliki dari mobile apps berbasis pendidikan dalam dunia kita. Ada pasar yang besar untuk aplikasi dengan jenis ini.

 

Aplikasi Media Sosial (Social Media App)

 
Bintang acara ini tidak perlu diperkenalkan. Instagram, Twitter, Facebook, tentunya adalah aplikasi yang telah mengubah cara kita berbicara, terhubung, berteman, dan bahkan berbisnis. Bersaing dalam kategori ini mungkin tampak seperti sia-sia. Siapa yang bisa merebut bintang-bintang yang disebutkan di atas, bukan?
 
Namun, Instagram memang melambung meskipun Facebook sudah ada dan mengizinkan cara berbagi foto jauh sebelumnya. Faktanya, Clubhouse – anak terbaru dalam blok media sosial mencuri semua sorotan akhir-akhir ini, berkat putaran baru yang brilian, meskipun hal tersebut pada dasarnya adalah aplikasi media sosial.
 
Jadi dengan tekad dan kreativitas yang cukup, Anda dapat menjadi bintang berikutnya dalam kategori media sosial, selama Anda dapat menyatukan orang-orang yang berpikiran sama dan membuat mereka berbicara satu sama lain dalam aplikasi Anda.
 

Aplikasi Perbankan (Finance Apps)

 
Setiap orang tentunya perlu mengelola keuangan mereka. Dan seperti orang lain pada era saat ini, mereka juga dapat beralih pada aplikasi perangkat seluler mereka. Aplikasi perbankan atau keuangan memungkinkan pengguna untuk mengelola uang mereka dengan mudah tanpa harus repot untuk pergi ke bank.
 
Bank dan perusahaan rintisan tekfin (fintech) siap untuk menaiki gelombang digital karena aplikasi seluler mengubah cara dari setiap orang dalam membelanjakan dan menyimpan uang mereka. Aplikasi seluler mendorong 45% lebih banyak keterlibatan pada bidang keuangan di tahun 2020.
 
Segala sesuatu mulai dari aplikasi dompet, pinjaman dan layanan keuangan lainnya, investasi, dan aktivitas keuangan lainnya semakin banyak dilakukan dalam satu genggaman tangan. Bahkan, partisipasi dalam pasar saham tumbuh 55% melalui perangkat seluler.
 
Hal ini dapat menjadi wawasan penting untuk salah satu industri paling kuat di dunia kita. Bank dan lembaga keuangan perlu memahami arus yang berubah dan beralih dari model lama ke transformasi digital jika mereka ingin melibatkan pelanggan muda yang memahami perangkat seluler dengan baik.
 
Developer aplikasi seluler perlu menganalisis apa saja hal yang membuat pengguna lebih memilih aplikasi seluler dan memanfaatkan pengetahuan tersebut untuk mengembangkan solusi yang lebih baik, cepat, dan juga aman.
 

Aplikasi Gaya Hidup (Lifestyle App)

 
Aplikasi gaya hidup adalah istilah umum untuk beberapa kategori aplikasi termasuk namun tidak terbatas pada aplikasi Kencan, Kesehatan dan Kebugaran, Makanan, Perjalanan, Musik, dan lainnya. Tinder, Bumble, dan aplikasi kencan lainnya telah membuat gelombang serta pendapatan yang besar dalam beberapa tahun terakhir.
 
Aplikasi perjalanan merupakan jenis kategori lain yang sangat populer. Aplikasi seperti Tripadvisor dan Traveloka membantu pengguna menjelajahi opsi dan merencanakan liburan atau kegiatan tertentu dalam kesehariannya. Trivago, Agoda, Hotels.com membantu mengelola pemesanan tiket dan hotel. Dan masih banyak aplikasi lain yang dapat dijadikan contoh dalam membantu pengguna memaksimalkan perjalanan mereka.
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi tentang bagaimana Anda dapat membedakan jenis mobile app dan menentukan mana yang tepat dan sesuai dengan bisnis Anda.
Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan Mobile App Development di Jakarta baik dalam industri Anda seperti jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan,  EANNOVATE dapat menjadi solusi Anda.
 
Untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Alterspace solusinya.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon