Image

QUICK CONTACT













Image

Tips Dalam Berkomunikasi Secara Tidak Langsung Dengan Tim Development Dari Software House Yang Anda Pilih

20 Oct 2022 by Billy Gani
Apakah Anda pernah membayangkan bagaimana Anda dapat tetap berkomunikasi dengan efektif namun tidak secara langsung? Hari ini kami akan membahasnya dalam artikel. Dalam artikel ini kita akan mencoba membahas bagaimana Anda dapat berdiskusi dengan tim development dan bagaimana caranya jika Anda tidak bertemu secara langsung.

Ingatlah Bahwa Bekerja Secara Remote ≠ Bekerja Secara Tidak Langsung (Asynchronous)

Anda perlu secara cermat membedakan tentang bekerja secara remote dan bekerja secara efisien tanpa bertemu secara langsung (asynchronous). Bekerja secara remote memiliki arti bahwa tim dapat bekerja dimanapun mereka berada. Di sisi lain, bekerja dengan efisien tanpa sinkronisasi (asynchronous) membuat Anda atau tim harus secara berkala memeriksa email atau membaca pesan tentang pembaruan proses pengembangan melalui platform yang Anda pilih. 
 
Bekerja secara remote tidak selalu berarti sama dengan bekerja tanpa sinkronisasi (asynchronous). Jika tim pengembangan dari produk digital dan software house yang Anda pilih bekerja secara remote, tetapi seringkali memerlukan rapat untuk membahas pembaruan dan proses pengembangan, hal ini bukanlah bekerja efisien tanpa sinkronisasi (asynchronous). 
 
Jika Anda membuat tim Anda untuk dapat menunjukkan perkembangan dari pekerjaan ketika mereka merasa sudah dapat mempresentasikannya (misalnya, dengan merekam video presentasi, atau mengadakan rapat online dengan Zoom), lalu Anda menonton video atau bergabung dalam meeting tersebut pada waktu yang cocok dengan Anda, hal inilah yang disebut dengan bekerja secara efisien tanpa sinkronisasi (asynchronous).
 
Pada tahun 2020, banyak tim dan perusahaan atau bisnis yang terpaksa harus melakukan pekerjaan secara remote. Tetapi, hal tersebut dapat dikatakan sukses jika mereka menggunakan pendekatan bekerja secara efisien tanpa sinkronisasi (asynchronous). 

Jangan Mencoba Untuk Menyamakan Cara Kerja Dalam Kantor

Anda mungkin terbiasa bekerja dalam ruangan kantor - kemungkinan ini dapat terjadi jika Anda tidak sering berpindah pekerjaan dari satu perusahaan ke perusahaan atau bisnis lain. Jika Anda ingin komunikasi tanpa sinkronisasi (asynchronous) yang tetap efisien, Anda perlu mengubah kebiasaan Anda
 
Contohnya, ketika Anda bekerja dalam lingkungan kantor, jika Anda ingin mengumumkan pesan penting, tentunya dengan mudah Anda dapat menyusun jadwal rapat, mengundang seluruh tim, dan mempresentasikan ide Anda. Tetapi, dalam pendekatan komunikasi efektif tanpa sinkronisasi (asynchronous), pesan dalam platform perpesanan online seperti Slack atau email sudahlah cukup.
 
Ketika Anda sudah menggunakan cara kerja remote, Anda mungkin rindu pembicaraan dalam dapur dengan teman kantor Anda. Dalam pendekatan kerja efisien yang tidak tersinkronisasi, Anda masih dapat merasakan hal tersebut, dalam gaya asynchronous itu sendiri.
 
Dibandingkan dengan mengajak bicara teman yang sedang senggang, Anda dapat membuat saluran random sendiri dalam platform pesan seperti Slack, dan mengajak teman-teman Anda untuk mengirimkan pesan pada saluran tersebut ketika memiliki waktu senggang. Tetapi, senantiasa ingat, bahwa hal ini hanya sebagai selingan ketika suntuk, dan hanya dapat Anda lakukan ketika senggang dan membutuhkan hiburan sesaat dari penatnya tumpukan pekerjaan.

Jangan Mengharapkan Jawaban Langsung Dari Tim 

Hal ini mungkin menjadi kebiasaan yang paling sulit untuk diubah. Dalam kantor, Anda terbiasa untuk mendapatkan jawaban secara langsung - dalam bentuk rapat, atau hanya dengan berjalan pada meja rekan kerja Anda.
 
Ingatlah senantiasa bahwa dalam dunia kerja efisien tanpa sinkronisasi (asynchronous), Anda memperbolehkan tim kerja lainnya untuk memahami apa yang Anda berikan dalam waktu yang menurut mereka nyaman. Mengharapkan jawaban langsung merupakan kesalahan umum yang dapat Anda hindari ketika mengembangkan produk digital dalam tim yang bekerja secara remote.
 
Sederhananya, Anda memperbolehkan tim Anda untuk menutup Slack mereka. Sebagai gantinya, Anda mendapatkan dua hal :
  • Anda dapat menutup Slack miliki Anda
  • Tim kerja lain harus merespon setiap pesan secara berkala. Setidaknya sehari sekali, tetapi biasanya dalam beberapa kali dalam sehari. Hanya dengan cara kerja efisien tanpa sinkronisasi (asynchronous) inilah, komunikasi antar tim dapat terjalin.

Sebisa Mungkin Hindari Rapat / Meeting

Tips lainnya untuk berkomunikasi secara efisien tanpa perlu sinkronisasi dengan tim developer dari software house yang Anda pilih adalah sebisa mungkin menghindari rapat atau meeting yang terlalu sering. Dalam berbagai kasus, kebiasaan ini sulitlah untuk diubah. 
 
Bekerja dalam kantor, tentunya jelas bagi beberapa orang untuk berkomunikasi dalam rapat. Persyaratan baru dari klien? Mari kita bahas dalam rapat. Rotasi tim? Mari kita bahas dalam rapat. Pekerjaan saya terasa sulit? Akan saya utarakan dalam rapat harian.
 
Realitanya, rapat hanya memakan waktu dan tenaga, tidak memberikan Anda hal yang lebih baik bahkan jika ada orang yang memang menginginkannya. Tetapi, bukan berarti Anda tidak dapat melakukan rapat sama sekali. Ada beberapa kesempatan dimana rapat memang diperlukan. Namun, dalam kebanyakan kasus, tetap menggunakan pendekatan tanpa sinkronisasi langsung masih menjadi cara komunikasi yang lebih baik.
 
Sebelum Anda akan mengadakan rapat, tanyakan kepada diri Anda dan tim tentang tujuan dari hal tersebut. Jika Anda dapat meraih tujuan yang sama tanpa menggunakan rapat, hal tersebut akan lebih baik. Tetapi, jika memang perlu rapat untuk mengatasi masalah besar, pastikan bahwa rapat tersebut senantiasa efisien dan berkualitas untuk meraih tujuan utama yang Anda gunakan.

Komunikasi Yang Lebih Dalam

Pesan yang tidak tersampaikan, memiliki kesempatan yang nihil untuk diterima. Kontrasnya, jika Anda mengirimkan pesan yang sama lebih dari satu kali, tentunya tidak ada masalah yang terjadi. Konklusi sederhananya - setiap orang harus dapat mengirimkan pesan lebih banyak, atau setidaknya, tidak menahannya.
 
Komunikasi yang lebih dalam dapat terjadi dalam berbagai tingkatan. Misalnya :
 
  • Pengiriman pesan yang lebih sering
  • Lebih banyak informasi dalam sebuah pesan
  • Disampaikan kepada lebih banyak orang
  • Dan menyampaikan informasi yang sama kepada penerima yang lebih banyak

Umumnya, Anda perlu memotivasi tim Anda untuk berkomunikasi lebih, dibandingkan lebih sedikit berkomunikasi. Jika Anda takut untuk merasa “over spammed,” maka berpikirlah dua kali sebelum mengirim pesan tersebut. Apa mungkin Anda perlu menggunakan saluran komunikasi yang lebih? Atau apakah Anda memerlukan standar tertentu dan kemana Anda akan mengirimkannya? Apakah Anda perlu dokumen tertentu  untuk dikirimkan, dibandingkan dengan mengirimkan beberapa pesan sekaligus?
 
Tips - Jika Anda ingin meningkatkan komunikasi secara lebih mendalam, Anda dapat mengirimkan pesan singkat dengan tautan di dalamnya. Ketika Anda mengganti sesuatu di dalamnya, Anda tidak perlu khawatir jika mengganggu tim  lainnya karena notifikasinya tidak datang berurutan seperti jika Anda mengirimkan beberapa teks pesan sekaligus.

Buatlah Komunikasi Yang Terjalin Senantiasa Publik

Dunia IT senantiasa kompleks dan setiap tim developer bekerja dengan  sifat lintas fungsi. Oleh karena itu, para anggotanya membutuhkan banyak informasi untuk pekerjaan mereka. Jika informasinya hilang, hal tersebut dapat membuat seluruh proses pengembangan produk digital untuk seseorang atau bahkan seluruh tim dapat diblokir. Hanya karena satu informasi kecil yang lupa disampaikan seseorang dalam tim.
 
Terlepas dari informasi yang hilang diblokir atau tidak, hal tersebut tidak selalu memakan waktu atau bahkan mengganggu, jika Anda perlu meminta izin kepada anggota tim lain. Secara umum, sangat tidak terduga ketika seseorang membutuhkan akses untuk pengembangan produk digital.
 
Solusi untuk masalah ini adalah membuat seluruh komunikasi terbuka untuk setiap anggota. Dalam pengalaman kami, hal ini jarang terjadi. Kecuali jika produk digital Anda berada pada area yang sangat rahasia (seperti berhubungan dengan pemerintah), Anda harus memberi tim Anda setiap informasi yang mungkin dapat membantu mereka memahami produk – seperti persyaratan, prototipe, diskusi historis, dan respon balik pengguna.
 
Pada saat yang sama, tim developer tidak boleh menyembunyikan apa pun pada tingkat teknis – seperti kode, dokumentasi, atau infrastruktur, yang semuanya harus bersifat publik dalam tim.
  
 
 
Berikut adalah beberapa tips dalam berkomunikasi efektif meskipun tidak langsung dengan tim development dari software house  yang Anda pilih untuk mengembangkan produk digital Anda.
 
Jika Anda mencari tim software house yang profesional dan berkualitas serta untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan software house profesional seperti Mobile App Development di Jakarta baik dalam industri Anda seperti jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan,  EANNOVATE dapat menjadi software house solusi Anda.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon