Image

QUICK CONTACT













Image

Teknologi Field Service Yang Perlu Anda Gunakan & Alasannya

14 Jun 2022 by Billy Gani
Penggunaan software saat ini sangat diperlukan untuk setiap jenis bisnis, dan industri jasa lapangan tidak terkecuali. Faktanya, pandemi COVID-19 telah meningkatkan ketergantungan pada berbagai software termasuk pada bisnis berbasis layanan lapangan. Software ini merupakan bagian integral dari operasi teknisi di berbagai bidang seperti perbaikan HVAC, layanan IT, pemasangan alat, dan pemeliharaan fasilitas, dan sebagainya.
 
Selama pandemi, teknisi layanan lapangan harus melakukan perbaikan, instalasi, dan tugas pemeliharaan yang diperlukan sambil juga mematuhi praktik dan peraturan karantina dan jarak sosial. 
 
Dengan mengandalkan produk aplikasi berbasis layanan lapangan, Anda dapat memberikan komunikasi yang diperlukan dan memberikan layanan yang diperlukan tanpa berinteraksi langsung dengan pelanggan Anda. Hal ini telah mempercepat tren penggunaan aplikasi perangkat field service management saat ini.

Peran Field Service App Dalam Membawa Manfaat Pada Bisnis Anda

Aplikasi berbasis field service ini benar-benar meningkatkan efisiensi karena teknisi Anda dapat mengandalkan software layanan lapangan dan tidak harus bersaing dengan tekanan dan komitmen waktu dari interaksi tatap muka dengan pelanggan. Dan juga, tugas-tugas seperti penjadwalan dan pengiriman dapat menjadi lebih mudah dan otomatis serta digital, lebih menyederhanakan operasi bisnis Anda.
 
Selain itu, teknisi dapat mengandalkan sistem tertanam (Internet of Things) untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan guna memastikan masalah yang perlu mereka selesaikan sebelum tiba di lokasi kerja.
 
Karena keunggulan ini, Anda dapat terus menggunakan aplikasi field service untuk melewati pandemi. Atribut positif yang dibawa oleh software field service Internet of Things ini membuat Anda harus beradaptasi jika ingin bersaing dan memenuhi kebutuhan pelanggan di masa depan.

Beberapa Teknologi Berbasis Field Service Yang Harus Anda Miliki

Software Penjadwalan & Pengiriman

 
 
Software field service yang tepat dan memiliki penjadwalan dan pengiriman yang tertata rapi dapat meningkatkan komunikasi antara perusahaan Anda dan teknisi di lapangan. Dan juga, jenis software field service ini masih dapat melakukan lebih dari sekedar mendigitalkan interaksi.
 
Ketika digunakan sebagai bagian dari rangkaian software field service, hal ini dapat mengoptimalkan operasi untuk meningkatkan efisiensi dari kinerja teknisi Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan data pemetaan untuk mengetahui urutan jadwal pemeriksaan teknisi yang paling efisien dan mengatur hari sehingga teknisi hanya perlu menempuh jarak yang pendek antara lokasi kerja yang berbeda.
 
Waktu tempuh yang lebih sedikit dapat menurunkan biaya bahan bakar dan meningkatkan jumlah penjadwalan kerja (dan penghasilan) yang dapat dimiliki teknisi dalam satu hari. Dan software pengiriman dapat memberikan keuntungan serupa. Dengan memilih teknisi terdekat untuk mengerjakan panggilan servis, Anda dapat membatasi perjalanan dan biaya yang diperlukan bagi para teknisi.

Mobile Field Service Apps

Teknisi layanan lapangan Anda dapat dengan mudah mendapatkan komunikasi, penjadwalan, dan pengiriman data jika Anda menggunakan aplikasi berbasis field service. Aplikasi ini memungkinkan mereka untuk menerima komunikasi dan menggunakan sistem dengan mudah saat berada di lokasi kerja atau di jalan.
 
Selain itu, aplikasi field service dapat menyediakan data khusus untuk setiap pekerjaan teknisi. Misalnya, teknisi dapat melihat data dari sistem tertanam (IoT) apa pun pada perangkat seluler sehingga mereka tahu jenis perbaikan apa yang harus disiapkan sebelum mereka tiba. Pelanggan juga dapat mengirim gambar, yang dapat dilihat oleh teknisi melalui aplikasi. Fitur ini dapat membantu mereka membuat penilaian dan membawa peralatan yang tepat untuk memperbaiki masalah dari pelanggan.
 
Sistem aplikasi field service juga sering kali dirancang dengan fitur obrolan yang memungkinkan teknisi berkomunikasi secara nyata dengan pelanggan.
 
Tetapi, selain manfaat yang diberikan, ada beberapa tantangan  seperti fitur yang berbeda, dan tampilan antarmuka pengguna terkadang sulit dinavigasi untuk Anda selesaikan. Jika teknisi lapangan kesulitan menggunakan teknologi dari software field service yang Anda berikan, hal ini dapat menurunkan efisiensi dan memperpanjang jumlah waktu yang dihabiskan oleh teknisi pada setiap lokasi kerja.
 
Karena aplikasi field service menjadi bagian integral dari industri Anda, teknisi perlu dilatih dengan baik tentang cara menggunakannya untuk keuntungan mereka, serta menggunakannya secara teratur.

Internet of Things (IoT)

 
 
Internet of Things (biasa disebut dengan IoT) mengacu pada peralatan dan sistem dengan komputer tertanam yang mengontrol operasi dan mengumpulkan dan mengirimkan data, yang semuanya terhubung dan berkomunikasi satu sama lain.
 
Keuntungan utama yang diberikan kepada Anda yang bekerja dalam industri jasa lapangan oleh Internet of Things adalah dapat memprediksi kebutuhan pemeliharaan. Teknisi servis lapangan Anda dapat berinteraksi dengan alat atau sistem lalu memahami masalah dengan lebih cepat. Jika mereka tahu cara membaca data, mereka bahkan dapat mendiagnosis masalah sebelum mencapai lokasi kerja dan memilih peralatan yang diperlukan untuk dibawa.
 
Studi menunjukkan bahwa hingga saat ini, setiap orang semakin bergantung pada peralatan yang lebih pintar. Menurut Security.org, 70% orang Amerika menginginkan rumah yang memiliki smart home, dan 78% dari mereka bersedia membayar lebih untuk menggunakan sistem tertanam (IoT). Persentase ini menunjukkan bahwa Internet of Things akan menjadi bagian integral dari industri layanan lapangan Anda ke depannya.
 
Teknisi layanan lapangan perlu memahami sistem tertanam pada peralatan di bidang keahlian mereka. Mereka perlu mengetahui cara membaca data yang disediakan oleh sistem ini sehingga mereka dapat menawarkan perawatan yang benar.
 
Selain itu, teknisi servis perlu mengetahui cara memasang peralatan dengan sistem tertanam dan memastikan bahwa peralatan tersebut terhubung dan berfungsi dengan benar. Mereka mungkin juga perlu berinteraksi dengan sistem untuk menetapkan pengaturan awal.
 
Bekerja dengan Internet of Things membutuhkan pelatihan teknis. Teknisi layanan Anda perlu belajar menggunakan sistem yang umum pada bidang keahlian mereka. Di masa depan, sebagian besar panggilan layanan mereka sudah harus dapat dikaitkan dengan sistem tertanam. Teknisi dari bisnis Anda tanpa pengetahuan yang relevan tidak akan dapat menerima panggilan servis.
 
 
Berikut adalah beberapa teknologi field service yang perlu digunakan dan alasannya yang mungkin diperlukan untuk meningkatkan performa bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam pengelolaan software teknisi untuk bisnis field service management yang Anda jalankan, EANNOVATE melalui e-Field dapat membantu Anda.

e-Field merupakan Sistem Manajemen pekerja Lapangan terbaru dari EANNOVATE. e-Field adalah solusi siap sedia untuk memantau kinerja, pelacakan langsung, memantau kehadiran teknisi, memperbarui status, penjadwalan, dan banyak lagi untuk teknisi Anda. e-Field tepat digunakan untuk memberikan pelayanan dari cleaning, service, instalasi untuk mencapai kepuasan pelanggan anda. 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon