Image

QUICK CONTACT













Image

Strategi Pemasaran Berbasis Konten Untuk Bisnis Dalam Industri Field Service

29 Jul 2022 by Billy Gani
Pemasaran berbasis konten telah menjadi kebutuhan bagi setiap perusahaan. Baik Anda menjalankan bisnis pada bidang pipa ledeng, HVAC, atau konstruksi, serta jenis field service lainnya, kemungkinan besar Anda akan menggunakan software untuk mengelola persediaan, atau layanan untuk pelanggan Anda. 
 
Jika hal ini terjadi pada perusahaan Anda, maka pemasaran berbasis konten dapat sangat bermanfaat. Pemasaran konten terbukti:
 
  • Menghasilkan prospek 3x lebih banyak jika dibandingkan dengan pemasaran tradisional, dengan 62% biaya yang lebih murah
  • Berkontribusi pada tingkat konversi hingga 6x lebih tinggi

Oleh karena itu, pemasaran berbasis konten mungkin menjadi bagian yang penting dan Anda butuhkan untuk menarik pelanggan baru. Tetapi di mana Anda harus mulai? Dan bagaimana Anda memutuskan jenis topik apa yang bermakna bagi pelanggan Anda? Dalam artikel ini, kami akan membahas dasar-dasar pemasaran berbasis konten  yang dapat membantu bisnis atau perusahaan Anda untuk memulai.
 

Ketahui Siapa Konsumen Anda & Apa Yang Mereka Inginkan

Luangkan waktu untuk melakukan brainstorming cepat tentang target audiens dari bisnis Anda. Apa minat dan hobi mereka? Mengenai industri Anda, apa yang mungkin mereka butuhkan dalam hal dukungan atau informasi lebih lanjut? Apa saja kekhawatiran atau masalah umum yang mungkin mereka alami? 
 
Menjawab berbagai jenis pertanyaan ini dapat membantu Anda dalam memutuskan konten apa yang tepat untuk pelanggan Anda.

Tentukan Tujuan Dari Konten Anda

Apa tujuan Anda dalam membangun upaya pemasaran berbasis konten? Mungkin Anda ingin:
 
  • Membangun kepercayaan dan loyalitas
  • Membangun kesadaran akan brand
  • Muncul dalam mesin pencarian lokal
  • Meningkatkan retensi pelanggan
  • Mendapatkan prospek baru
  • atau meningkatkan langganan buletin email

Penting untuk mengingat tujuan dari penggunaan konten dalam pemasaran ini karena Anda tidak ingin lupa mengapa Anda membuat strategi pemasaran ini sejak awal. Juga, Anda tentunya ingin memastikan bahwa konten Anda selaras dengan tujuan dari bisnis atau perusahaan Anda.

Kenali Kompetitor Anda

Perusahaan Anda bukan satu-satunya perusahaan - Anda tentu akan bersaing dengan perusahaan sejenis lainnya. Kunjungi website dari kompetitor Anda dan platform media sosial mereka. Setelah itu, putuskan konten apa yang bekerja dengan baik untuk Anda. Potongan konten ini dapat dengan mudah dikerjakan ulang menjadi sesuatu yang baru untuk bisnis atau perusahaan Anda.
 
Kedua, periksa apa saja yang hilang dalam konten mereka. Mereka mungkin memiliki unggahan yang bagus tentang alasan untuk menggunakan termostat yang dapat diprogram, tetapi tidak menyebutkan berbagai jenis termostat yang dapat diprogram yang tersedia, dan jenis mana yang terbaik untuk setiap rumah. Kesenjangan ini memberikan peluang untuk membuat unggahan konten yang lebih disesuaikan dan mendalam dari perusahaan Anda.
 
Terakhir, pertimbangkan topik yang belum mereka bahas. Kembali lakukan brainstorming tentang apa yang diinginkan pelanggan Anda. Jika ada topik yang menjawab pertanyaan dan kekhawatiran pelanggan Anda tetapi belum tercakup oleh kompetitor Anda, hal ini dapat menjadi peluang besar untuk membedakan bisnis atau Anda.

Lakukan Riset Terhadap Apa Yang Konsumen Bicarakan

Sebaiknya Anda mengunjungi website, media sosial, dan forum tempat pelanggan Anda berkumpul untuk membicarakan topik yang relevan dengan bisnis atau industri Anda. Selain itu, website yang memiliki ulasan dapat membantu memberikan wawasan tentang masalah yang mungkin dihadapi pelanggan Anda.

Jenis & Format Konten 

Pemasaran konten bukan hanya unggahan blog — hal ini mencakup banyak jenis konten lainnya, dengan unggahan blog menjadi yang paling populer. Namun, jenis format konten yang Anda pilih dapat tergantung pada situasi dan bisnis Anda. Jenis yang berbeda meliputi:
  • White paper (terbaik untuk perusahaan B2B)
  • eBooks
  • Infografis
  • Unggahan atau thread pada media sosial
  • Newsletter
  • Podcast
  • Video
  • Laporan
  • dan masih banyak lagi.
 
Saat memutuskan jenis format konten apa yang akan digunakan, tanyakan pada diri Anda pertanyaan berikut:
 
  • Format mana yang terbaik untuk target audiens Anda?
  • Format apa yang terbaik untuk setiap topik?
  • Format apa yang terbaik untuk waktu dan keterampilan yang Anda miliki saat ini?

Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu menentukan format konten terbaik untuk pembuatan konten Anda, dan juga akan memastikan bahwa ada variasi di dalamnya.
Setelah Anda memiliki dasar-dasar pemasaran konten diatas, Anda dapat mulai membuat strategi konten untuk bisnis Anda. Bisnis atau perusahaan Anda tidak hanya akan memberikan layanan berkualitas, tetapi perusahaan Anda juga akan menjadi yang terdepan dalam pengetahuan dan wawasan industri, yang akan membantu membangun hubungan, membangun loyalitas dan kepercayaan, dan mengantarkan pelanggan baru.
 
 
Berikut adalah beberapa tips dan informasi dalam menggunakan konten untuk pemasaran dari bisnis berbasis field service yang Anda jalankan yang mungkin diperlukan untuk meningkatkan performa bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam pengelolaan software teknisi untuk bisnis field service management yang Anda jalankan, EANNOVATE melalui e-Field dapat membantu Anda.

e-Field merupakan Sistem Manajemen pekerja Lapangan terbaru dari EANNOVATE. e-Field adalah solusi siap sedia untuk memantau kinerja, pelacakan langsung, memantau kehadiran teknisi, memperbarui status, penjadwalan, dan banyak lagi untuk teknisi Anda. e-Field tepat digunakan untuk memberikan pelayanan dari cleaning, service, instalasi untuk mencapai kepuasan pelanggan anda. 
 
Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat langsung menghubungi kami melalui website e-Field.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon