Image

QUICK CONTACT













Image

Pentingnya Penggunaan Software Field Service Dalam Menjamin Keselamatan Teknisi Anda

17 Nov 2022 by Billy Gani
Peralatan dan aset berbahaya yang digunakan teknisi layanan lapangan setiap hari menjadi semakin kompleks dan canggih, yang dapat menyebabkan lebih seringnya masalah dan cedera. 
 
Faktanya, kegagalan peralatan dan masalah mesin adalah beberapa hal yang paling mungkin terjadi pada teknisi dari layanan lapangan bisnis Anda. Dengan demikian, teknisi lapangan merupakan salah satu profesi yang cukup berbahaya.
 
Pada tahun 2020 saja, ada lebih dari 2,6 juta cedera dan penyakit non-fatal terjadi dalam bisnis pada industri swasta, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja di Amerika Serikat. 
Selama rentang waktu yang sama, jumlah total kecelakaan kerja fatal dalam berbagai sektor adalah 4.764. Namun kematian dan cedera yang dilaporkan pada tahun 2021 bahkan lebih tinggi, dengan 25 persen kematian dilaporkan dalam kategori pemeliharaan, inspeksi, dan pengujian.
 
Mengetahui bahwa mesin dapat diabaikan, menciptakan peningkatan risiko dalam hal pengoperasian peralatan, tidak membuatnya lebih mudah untuk mengikuti program pemeliharaan prediktif dan preventif, terutama ketika perusahaan atau bisnis Anda menggunakan ratusan atau ribuan mesin dan peralatan.
 
Mereka semua membutuhkan perawatan, penggantian suku cadang, pengujian kinerja, dan penggantian akhirnya. Menangani kebutuhan ini secara manual tidak hanya merupakan pekerjaan administrasi yang masif tetapi juga rentan terhadap kesalahan manusia.
 
Peralatan dan kondisi kerja yang tidak aman dapat menyebabkan peningkatan masalah tanggung jawab di tempat kerja, menurunkan moral dari tim serta teknisi, dan menimbulkan biaya yang signifikan.
 
Seiring dengan risiko yang melekat pada pekerjaan servis lapangan, teknisi Anda biasanya harus menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat dan sesuai spesifikasi pelanggan. Dengan banyaknya bahaya dan tantangan yang dihadapi teknisi, maka semakin banyak kemungkinan bagi para teknisi yang mengambil pensiun dini, meninggalkan karir mereka lebih awal, atau memilih untuk tidak memasuki profesi tersebut.
 
Anda  harus menemukan cara untuk menghindari hilangnya pengetahuan di bidang spesifik mereka, menjembatani kesenjangan perekrutan, dan mencegah perlambatan dan penutupan dengan mencari solusi dan strategi yang dapat menarik bakat dan memastikan keselamatan mereka.

Prosedur Keselamatan & Pengaplikasiannya Dengan Mobile Apps Untuk Bisnis Anda

Seiring meningkatnya permintaan di semua bidang dalam industri field service atau layanan lapangan, bisnis atau perusahaan Anda harus menerapkan solusi teknologi dan mengikuti strategi yang dapat memastikan keselamatan pekerja. 
 
Solusi end-to-end field service management (FSM) adalah cara terbaik untuk melaksanakan pelatihan yang sesuai, memitigasi risiko yang menyertai teknisi layanan lapangan, dan memperkuat kepatuhan.
 
Mengadopsi solusi manajemen field service atau layanan lapangan yang memanfaatkan teknologi digital dapat mengurangi insiden kepatuhan dengan menyematkan aset, lokasi, dan langkah keselamatan langsung ke dalam proses kerja yang dapat diakses dan digunakan oleh teknisi pada perangkat mereka. 
 
Teknisi field service atau layanan lapangan dapat diberdayakan melalui mobile apps dan alat digital yang mereka butuhkan agar aman dan efektif dalam pekerjaan mereka.
Data dari sistem lingkungan, kesehatan dan keselamatan (EHS) dapat diberikan kepada teknisi di lokasi—dan dalam konteks spesifik pekerjaan mereka—untuk membantu teknisi melalui pekerjaan yang rumit dan berbahaya.
 
Baik dalam lokasi terpencil di mana teknisi lapangan adalah satu-satunya karyawan yang berurusan dengan bahan berbahaya atau dalam banyak situasi lainnya, akses instan ke informasi berharga ini —bahkan tanpa koneksi internet — dapat membuat perbedaan yang tak terukur dalam pekerjaan mereka.

Komunikasi Berkelanjutan Yang Menghubungkan Teknisi Dengan Kantor Secara Langsung

Karena kebutuhan data terus meningkat, banyak bisnis mengalami hambatan antara solusi operasi teknisi pada lapangan dan software manajemen aset. Solusi field service software komprehensif yang menyatukan kedua sistem dapat menghilangkan masalah ini dan memungkinkan arus informasi yang lebih terbuka antara teknisi pada lapangan dan kantor Anda.
 
Jika tidak ditangani, ketidakkonsistenan dapat menghambat kesuksesan jangka panjang dari bisnis Anda dan meningkatkan risiko keselamatan bagi para teknisi di lapangan.
Solusi manajemen layanan lapangan mendukung komunikasi keselamatan tempat kerja yang berhasil dengan memungkinkan teknisi melakukan interaksi yang sering dan lebih bermakna.
 
Para teknisi harus terus-menerus memperbarui informasi keselamatan yang relevan bagi mereka, sehingga komunikasi secara real-time melalui panggilan telepon dan video dapat dilakukan dengan berbagai cara.
 
Berbagi pesan, gambar, berbagi file, dan pertemuan langsung memungkinkan setiap orang untuk menyadari bahaya keselamatan dan menyesuaikan hari dan rencana mereka terkait pekerjaan tersebut. 
 
Di sisi lain, memastikan informasi yang mereka terima hanya relevan dengan tempat kerja mereka sama pentingnya dengan menyampaikan informasi tersebut.
 
Jika teknisi Anda mendapatkan pembaruan terus-menerus yang tidak relevan bagi mereka, kelelahan  dapat muncul, mengurangi urgensi dan perhatian. Komunikasi di sini perlu senantiasa ditargetkan dan relevan dengan pekerjaan teknisi.

Akuntabilitas

Platform komunikasi yang memungkinkan analitik, seperti tarif terbuka pada pesan keselamatan, membuat semua orang bertanggung jawab dan akan memungkinkan Anda untuk meningkatkan komunikasi jika tarif terbuka rendah.
 
Tidak hanya penting bagi teknisi untuk mendapatkan pembaruan keselamatan tetapi juga bahwa mereka memiliki cara untuk saling memberi tahu dan manajemen tentang bahaya keselamatan yang harus muncul.
 
Ketika teknisi atau tim Anda langsung dikenali karena melaporkan bahaya keselamatan, hal tersebut dapat mendorong orang lain untuk terlibat dalam program keselamatan dan membangun kebiasaan yang proaktif.

Pemeliharaan Aset

Otomasi proses melalui solusi field service management akan menghadirkan konsistensi dan penjadwalan yang sistematis pada peralatan dan program pemeliharaan saat mengelola semua aset perusahaan atau bisnis. Software ini dapat memprediksi kebutuhan, menjadwalkan tindakan tepat waktu, dan memastikan kondisi aman.
 
Sistem yang efektif dapat menghasilkan perintah kerja sesuai dengan pengujian terjadwal dan tanggal kalender lainnya melalui pembacaan meter - seperti jam kumulatif mesin dalam pengoperasian - serta saat dipicu oleh peristiwa yang memerlukan perbaikan atau pemeriksaan status.
 
Hanya satu peralatan yang dapat terhubung dengan beberapa jadwal pemeliharaan preventif, masing-masing menghasilkan perintah kerja secara otomatis. Selain penjadwalan pemeliharaan, software FSM ini juga dapat melacak inventaris persediaan dan suku cadang yang diperlukan untuk melakukan layanan atau perbaikan yang diantisipasi, sehingga mendorong manajemen untuk memesan item yang diperlukan terlebih dahulu untuk meminimalkan waktu henti.

Meningkatkan Keamanan Saat Pelatihan & Pengiriman Teknisi 

Pekerjaan layanan lapangan mengharuskan tim dan teknisi Anda untuk dilatih secara menyeluruh tentang pekerjaan mereka melalui pelatihan yang tepat. Melindungi tim dan teknisi atau siapa pun yang bekerja di sekitar mereka harus menjadi prioritas, dan banyak dari sistem ini bisa sangat terperinci, mencakup setiap aspek dari apa yang dilakukan seseorang di tempat kerja sambil membutuhkan investasi yang signifikan dalam dokumentasi, pendidikan, dan pelatihan.
 
Banyak perusahaan bahkan memerlukan kombinasi otoritas, kelas, dan sertifikasi yang berbeda, tergantung di mana teknisi layanan lapangan secara fisik berada.
 
Ketika tiba waktunya bagi Anda untuk mengirim seorang teknisi, Anda harus yakin bahwa Anda mengirim seseorang dengan pelatihan, sertifikasi, dan pengalaman yang tepat. Software FSM memungkinkan Anda dan tim untuk menyatukan pelacakan, penjadwalan, dan pemeliharaan berbagai kebutuhan di satu lokasi.
 
Hal ini mengikat keterampilan, pelatihan, dan sertifikasi khusus ke teknisi, mencocokkan lokasi pekerjaan tertentu sebelum pengiriman dimulai.
 
Anda dan tim dapat mengidentifikasi dan menugaskan teknisi berdasarkan harapan khusus mereka bersama dengan rangkaian pelatihan dan keterampilan yang sesuai. Mereka juga dapat menetapkan alur kerja dan kalender seputar proses sertifikasi dengan menyiapkan bidang pelatihan dan sertifikasi yang dapat dikonfigurasi.
 
Hal ini, dikombinasikan dengan kerangka waktu terkait, memungkinkan tim operator untuk melihat teknisi mana yang memenuhi persyaratan lokasi lokasi tertentu.
 
Setiap anggota tim dapat terlihat untuk dikirim terkait pelatihan keselamatan, sertifikasi eksternal, dan persyaratan pelatihan keterampilan kerja. Pelatihan dapat dijadwalkan berdasarkan tanggal, serta dilacak melalui pemberitahuan terjadwal yang meminta sertifikasi ulang sebelum kadaluarsa.
 
Mengelola aset tenaga kerja dengan cara ini dapat menghilangkan situasi seperti ketika teknisi yang tidak memenuhi syarat dikirim ke lokasi kerja, yang dapat mengakibatkan pemborosan waktu, tenaga, dan uang.
 
Sederhananya, menyatukan hal-hal ini melalui solusi software FSM akan memperkuat produktivitas secara keseluruhan dan memastikan keamanan yang optimal di lokasi layanan lapangan dari teknisi.
 
Berikut adalah alasan tentang mengapa teknologi field service management (FSM) sekiranya perlu digunakan untuk meningkatkan keselamatan dari teknisi dan juga meningkatkan performa dari bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam pengelolaan software teknisi untuk bisnis field service management yang Anda jalankan, EANNOVATE melalui e-Field dapat membantu Anda.

e-Field merupakan Sistem Manajemen pekerja Lapangan terbaru dari EANNOVATE. e-Field adalah solusi siap sedia untuk memantau kinerja, pelacakan langsung, memantau kehadiran teknisi, memperbarui status, penjadwalan, dan banyak lagi untuk teknisi Anda. e-Field tepat digunakan untuk memberikan pelayanan dari cleaning, service, instalasi untuk mencapai kepuasan pelanggan anda. 
 
Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat langsung menghubungi kami melalui website e-Field.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon