Image

QUICK CONTACT













Image

Mobile Apps atau Website - Mana Yang Lebih Cocok Untuk Bisnis Anda?

16 Nov 2022 by Billy Gani
Dalam dunia digital yang kita tinggali saat ini, setiap orang  membangun kebiasaan dan pola hidup serta interaksi dengan dunia digital secara lebih mendalam. Mungkin pada awalnya, kita tidak menggunakan terlalu banyak aktivitas online seperti berbelanja, tetapi saat ini, berbelanja secara online sudah menjadi salah satu bagian penting dari hidup setiap orang. 
 
Demikian juga, pada awalnya, ketika pengguna dulu lebih menyukai untuk melihat sesuatu pada layar lebar, sekarang ada perubahan besar yang mengubah kecenderungan manusia termasuk menyelesaikan sesuatu lebih cepat dengan perangkat dalam genggam mereka - smartphone.
 
Karena itu, fakta bahwa banyak dari kita masih ingin melakukan aktivitas tertentu hanya pada laptop atau desktop jika dibandingkan dengan ponsel masih tidak dapat disangkal. Sekarang, melalui transisi ini dan dengan semua kebingungan, jelas bahwa pengguna lebih suka melakukan banyak hal pada ponsel mereka jika dibandingkan dengan laptop atau desktop.
 
Namun, pertanyaan besar yang masih menjadi kendala sebagian besar bisnis atau perusahaan adalah - haruskah mereka berinvestasi dalam membangun produk digital berbasis website yang berkualitas atau haruskah dana tersebut dialokasikan untuk pengembangan mobile apps bisnis?
 
Website vs Mobile apps telah menjadi dilema besar selama beberapa waktu sekarang. Dalam artikel berikut ini, kami akan mencoba memecahkan kebingungan ini untuk memberi Anda kejelasan yang lebih baik tentang produk digital mana yang lebih tepat untuk dikembangkan oleh software house yang Anda pilih dan mana yang lebih cocok untuk bisnis Anda.

Apa Perbedaan Dari Website Berbasis Mobile Apps & Mobile Apps Itu Sendiri?

Website Berbasis Mobile

Jenis produk digital ini merupakan replika sesungguhnya dari format website pada desktop, tetapi dioptimalkan khusus secara kompatibel untuk tampilan layar perangkat seluler. 
 
 
Perbedaan yang paling menonjol dan fitur yang dimiliki, ketika dibandingkan dengan website berbasis desktop adalah ruang negatif yang lebih sedikit, elemen halaman yang lebih sedikit, dan juga logo serta font yang terbatas.

Mobile App

Mobile app, disisi lain, merupakan hal yang berbeda. Sederhananya, mobile app merupakan terminologi dari penggunaan “aplikasi” yang merupakan program yang dapat diakses oleh pengguna internet, tetapi program di dalamnya berbeda dengan website berbasis mobile app. 
 
 
Mobile apps dirancang khusus untuk membuat pengalaman pengguna lebih baik dengan muatan yang lebih cepat, tata letak yang lebih ringkas, dan tentunya lebih interaktif serta intuitif.

Preferensi Pilihan Pengguna -  Mobile Apps atau Website Berbasis Mobile

Sesuai peneliti dan analisis angka, telah ditentukan, seperti yang Anda duga, pengguna menghabiskan sebanyak 90% dari waktu mereka pada smartphone dan mobile apps jika dibandingkan dengan menjelajahi internet melalui browser pada desktop mereka. Hal ini murni karena fakta bahwa mobile apps memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dalam hal kecepatan, fitur, dan fungsionalitas.
 
Terutama dalam hal penggunaan milenial, Anda hampir tidak akan pernah menemukan generasi milenial atau anak Gen Z yang suka menjelajahi website melalui mobile apps jika dibandingkan dengan mengunduh mobile apps. Hal ini juga berlaku terutama dalam bisnis berbasis e-commerce atau ritel.
 
Orang tua dan generasi yang lebih tua seperti pada awal tahun 70-an dan 80-an, di sisi lain, menggunakan dan menyumbang atas pendapatan besar untuk Facebook dan platform serupa karena mereka menghabiskan begitu banyak waktu dalam platform tersebut.
 
Mobile apps juga lebih dipreferensikan oleh sebagian besar pengguna karena tingkat keterhubungan dengan pengguna yang ditawarkan. Website berbasis mobile app dapat mengarahkan perhatian dan kesadaran pengguna, tetapi begitu pengguna sudah sadar, mereka akan segera mengunjungi toko online terkait untuk mengunduh aplikasi agar tidak menghabiskan lebih banyak waktu dalam website berbasis mobile apps tersebut.

Konversi & Retensi - Mobile Apps vs Website Berbasis Mobile App

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Criteo, hanya untuk menambahkan lebih banyak penekanan dan kredibilitas pada fakta yang sudah mapan dan jelas, “mobile apps senantiasa mendorong lebih banyak pengguna ke corong pembelian, dengan tingkat konversi 3x lebih tinggi dibandingkan dengan website berbasis mobile apps dan bahkan 1,5 kali lebih banyak konversi per sesi daripada melalui interaksinya pada desktop.
 
Salah satu alasan utamanya adalah website berbasis mobile apps tidak menyimpan data pengguna apa pun. Smartphone Anda mungkin memiliki fitur untuk ’mengingat’ informasi kredensial, tetapi website berbasis mobile apps pada umumnya tidak. Oleh karena itu, pada saat check out, sebagian besar keranjang belanja ditinggalkan karena pengguna merasa kesal ketika diminta untuk mengulang untuk mengisi semua informasi kredensial.
 
Di sisi lain, mobile apps dapat memecahkan masalah ini karena mereka hampir selalu secara default menyimpan informasi kredensial Anda saat dimasukkan sekali, menghemat upaya Anda setiap kali akan melakukan transaksi.

Kunci Utama & Fitur Andalan - Mobile Apps vs Website Berbasis Mobile App

Website Berbasis Mobile App

  • Website berbasis mobile apps menawarkan aksesibilitas instan dan tidak membuat pengguna perlu mengunjungi toko dan kemudian mengunduh dan bertransaksi dari sana.

  • Website berbasis mobile apps lebih seragam dan kompatibel pada seluruh jenis perangkat, oleh karena itu, satu tautan website dapat menjangkau populasi yang lebih besar.

  • Website berbasis mobile apps jauh lebih fleksibel dalam hal kapan pembaruan perlu dilakukan. Perubahan juga segera terlihat terhadap aplikasi yang harus didorong ke pengguna dan mengharuskan pengguna juga memperbaruinya dengan mengunjungi tautan toko tersebut.

  • Website berbasis mobile apps dapat ditemukan dengan lebih mudah seperti pada halaman hasil pencarian dari penelusuran mesin pencari seperti Google.

Mobile Apps

  • Mobile apps dapat berinteraksi dengan pengguna melalui pemberitahuan push.

  • Mobile apps dapat menyimpan data pengguna yang memfasilitasi pembayaran sekali klik dan memberikan waktu muatan yang lebih rendah.

  • Karena pengguna melihat ikon aplikasi pada layar mereka berulang kali, meskipun secara tidak sadar, hal ini dapat meningkatkan kesadaran merek untuk brand Anda.

  • Mobile apps tidak perlu memerlukan koneksi internet karena developer dapat membuatnya menyimpan data secara lokal, dan kemudian mengunggahnya setelah koneksi dibuat.

Setelah menetapkan semua fakta, kesimpulan utama di sini adalah ketika Anda perlu memutuskan antara membangun website berbasis mobile apps atau mobile apps, pilihan akhir atau solusi harus menjadi tujuan akhir Anda. Mobile apps lebih masuk akal jika Anda adalah orang yang ingin membuat platform interaktif untuk pengguna, seperti toko untuk belanja atau tempat bermain game.
 
Di sisi lain, jika tujuan Anda adalah membuat konten yang dapat dibagikan, yang akan muncul pada mesin pencarian dan dapat disebarkan ke khalayak luas, seperti mungkin, blog perjalanan atau platform untuk mendatangkan lebih banyak kesadaran merk bagi brand atau bisnis Anda, website berbasis mobile apps akan menjadi lebih baik untuk Anda gunakan.
 
Kami juga merekomendasikan Anda untuk berkonsultasi dengan vendor software development yang memberikan layanan SEO untuk lebih membantu Anda membangun mode yang kuat dan platform mana di antara keduanya yang dapat menguntungkan bisnis Anda dengan menganalisis dan melacak semua prospek dari backend.
Perusahaan pemasaran digital, seperti kami, memiliki potensi dan pemahaman tentang kedua platform -  apa yang terbaik dan apa yang membantu menentukan peringkat bisnis.
 
Karena itu, bahkan jika Anda sekarang berencana untuk mengembangkan mobile apps dan juga website, Anda harus tahu bahwa mobile tidak akan masuk akal jika Anda tidak memiliki website terlebih dahulu. 
 
 
Jika Anda mencari tim software house yang profesional dan berkualitas serta untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan software house profesional seperti Mobile App Development di Jakarta baik dalam industri Anda seperti jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan,  EANNOVATE dapat menjadi software house solusi Anda.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon