Image

QUICK CONTACT













Image

Kenali Tren Industri Field Service Management Untuk Bisnis

14 Mar 2022 by Billy Gani
Bagaimana masa depan dari dunia field service di tahun 2030 mendatang? Tentunya, memang tahun 2030 masih jauh di depan, tetapi untuk Anda yang senantiasa membangun arah dari kemana perusahaan atau bisnis Anda berjalan, waktu tersebut tidaklah selama itu. Dan karenanya, setiap keputusan Anda berpengaruh terhadap bagaimana Anda mengubah dan mengembangkan bisnis atau perusahaan Anda.
 
Hal ini tidak hanya membuat Ini tidak hanya membuat Anda mengetahui apa saja gangguan yang terjadi dalam industri tetapi juga membantu mencari tahu ruang di mana tidak Anda masih harus berkembang mulai dari saat ini.
 
Sebaliknya, seperti yang ditunjukkan oleh pengusaha teknologi Silicon Valley, Kim Polese, “Berpikir hanya dalam jangka pendek akan terjadi dimanapun mata Anda memandang.” Hal ini dapat menjebak Anda dalam menentukan respons taktis untuk tantangan saat ini dibandingkan mengambil tindakan untuk masa depan.
 
Untuk membuat perubahan, Anda harus melibatkan diri dalam mengembangkan "visi yang jelas untuk evolusi industri ke depannya", menurut artikel dari HBR. Dalam proses tersebut, jika kita melihat “inovasi berkelanjutan” saat ini dalam industri field service yang akan memberi kita gambaran tentang bagaimana industri dapat berkembang. 
 
Mari kita pahami tentang berbagai tren dalam dunia field service ini untuk melihat bagaimana tren ini terjadi :
 

Pemeliharaan Yang Terprediksi (Predictive Maintenance

 
Ukuran pasar pemeliharaan secara global diperkirakan akan tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 25,2% selama periode perkiraan, mulai dari USD 4,0 miliar pada tahun 2020 hingga USD 12,3 miliar pada tahun 2025, menurut riset dari marketsandmarkets.
 
Meningkatnya tekanan pada perusahaan di sektor MRO (maintenance, repair & overhaul) untuk  mengurangi waktu henti pemeliharaan dan biaya operasi merupakan faktor utama yang mendorong pertumbuhan ini.
 
Dalam YouTube by Google Work Space, Prashant Dinghra, Machine Learning Lead, Advanced Solutions Lab, Google Cloud, menjelaskan bagaimana Anda dapat membuat hipotesis dan membangun model data di sekitarnya untuk mengembangkan kemampuan pemeliharaan prediktif, terutama untuk:
 
  • Memprediksi apakah peralatan akan gagal pada periode ’N’ berikutnya

  • Memprediksi apakah peralatan akan gagal di ’N1’, ’N2’ berikutnya 

  • Memprediksi apakah peralatan  yang Anda miliki akan gagal pada periode ’N’ berikutnya karena kesalahan di bagian ’X’

  • Memprediksi waktu kegagalan atau sisa umur dari peralatan field service yang Anda miliki

  • Menemukan kejanggalan /  anomali dalam perjalanan bisnis

Dalam video yang sama, Manju Devdas, pendiri dan CEO Pluto7, juga menjelaskan bagaimana pemeliharaan prediktif “membuat tim operasi dan pemantauan Anda lebih produktif” serta menghemat uang dengan mengurangi waktu henti yang tidak terduga.
 

Digital Twin

 
Digital twin adalah gabungan teknologi AI, ML, dan IoT untuk mengumpulkan, memproses, dan kemudian menelusuri data untuk mendapatkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti. Hal ini pada dasarnya menciptakan tiruan digital dari sistem, produk, dan proses untuk menganalisis implikasi dan tindakan apa pun yang berdampak di lingkungan dunia nyata.
 
Pasar Digital Twin global diperkirakan akan tumbuh pada CAGR lebih dari 24,7% selama periode perkiraan 2021 hingga 2026, seperti yang dilaporkan oleh IndustryARC. Menariknya, 42% pertumbuhan pasar diperkirakan terjadi di Amerika Utara, terutama di industri mobil dan kedirgantaraan (aerospace).
 
Meskipun memiliki sejumlah aplikasi dalam desain dan pengembangan produk dan optimalisasi bisnis, operasi pemeliharaan ini memimpin segmen sebesar 24%, diikuti oleh pemantauan kinerja.
 

Penjadwalan Dan Pengiriman Dinamis

 
Proses penjadwalan dan pengiriman bertindak sebagai jaringan penghubung antara teknisi layanan lapangan dan staf di kantor Anda. Setiap kesalahan  pada titik ini dengan cepat dapat membuat hilangnya produktivitas dan tingkat perbaikan pertama yang buruk.
 
Dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh McKinsey tentang Bagaimana Gangguan Teknologi Membuka Peluang Inovatif Dalam Layanan, dinyatakan bahwa dengan menggunakan data dan telematika untuk melacak jadwal teknisi secara real time, perusahaan dapat menambahkan 20 hingga 30 persen efektifitas pada setiap hari kerja.
 
Selain itu, Deloitte menyatakan bahwa perusahaan atau bisnis Anda dapat mengurangi biaya dengan mengoptimalkan proses pengiriman melalui penggunaan teknologi dan meningkatkan keterampilan, kedekatan, prioritas, alokasi akun untuk penjadwalan dan pengiriman.
 

Pengoptimalan Rute

 
Pasar perangkat lunak dalam pengoptimalan rute global diperkirakan akan tumbuh pada CAGR 11,4% dari USD 2,50 miliar pada 2017 menjadi USD 5,07 miliar pada 2023. Tingkat pertumbuhan ini menandakan bagaimana bisnis atau perusahaan Anda menggunakan teknologi sistem informasi geografis (GIS) untuk mengoptimalkan rute dan menghemat waktu dan biaya bahan bakar dari teknisi Anda.
 
Solusi penggunaan software pengoptimalan rute memungkinkan Anda untuk memilih rute yang hemat bahan bakar, melacak waktu berkendara, dan mencegah pemberhentian yang tidak direncanakan dalam jaringan pengiriman jasa atau layanan dari teknisi Anda.
 
Biasanya solusi dalam software ini terdiri dari mesin pengoptimalan rute yang kuat dan menguji beberapa skenario untuk memeriksa faktor waktu dan biaya untuk membuat rekomendasi rute terbaik.
 

Portal Layanan Mandiri Pelanggan

 
Menurut ResearchAndMarkets.com, pasar software field service dengan layanan mandiri oleh pelanggan bernilai USD 7,20 miliar pada 2019, dan diperkirakan akan mencatat CAGR 20,94% selama periode perkiraan dari 2020 hingga 2025.
 
Portal layanan mandiri untuk pelanggan ini menyediakan informasi dan alat yang memungkinkan mereka menjadwalkan janji temu dengan teknisi di waktu mereka sendiri, menemukan teknisi, dan memberikan respon balik tentang pekerjaan yang dilakukan oleh teknisi Anda. 
 
Ada dua manfaat  dari penerapan portal layanan mandiri untuk pelanggan:
 
  • Memberikan kontrol lebih kepada pelanggan dalam memutuskan kapan dan bagaimana mereka ingin dilayani. 

  • Membantu Anda membangun komunitas di sekitar produk atau layanan Anda untuk secara efektif melibatkan pelanggan dengan konten yang lebih banyak dan aktivitas lainnya.

Portal layanan mandiri ini mungkin tumbuh lebih cepat dari yang Anda harapkan, mengingat "70% pelanggan mengharapkan perusahaan atau bisnis senantiasa memiliki layanan mandiri," menurut Steven Van Belleghem, pembicara utama Global.
 
Studi serupa yang dilakukan oleh DimensionData juga melaporkan bahwa 73% pelanggan lebih suka menggunakan website atau aplikasi dari bisnis atau perusahaan, jika dibandingkan dengan menggunakan media sosial, pesan SMS, dan obrolan langsung untuk mendapatkan bantuan dan dukungan pelanggan.”
 

Technician Enablement Tools

 
Untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang software apa yang tepat untuk digunakan, Anda perlu melihat seluruh proses FSM dari perspektif teknisi layanan lapangan. Seorang manusia dan bukan sumber daya dan yang membutuhkan penerimaan. Mereka rentan terhadap kelelahan, frustrasi, dan kesalahan.
 
Memfasilitasi mereka dengan alat berkualitas akan mendukung mereka selama masa-masa sulit adalah langkah berikutnya setelah penerimaan. Misalnya, alat diagnostik dapat memberi mereka informasi seperti manual servis, riwayat servis, saran untuk diagnosis dan perbaikan, dan manual servis yang relevan untuk menyelesaikan masalah secara akurat. 
Seperti yang dinyatakan oleh Deloitte dalam artikelnya, Smart Field Service “Menciptakan pengalaman yang tepat untuk teknisi lapangan Anda sangat penting dalam memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan Anda.”
 
 
 
Berikut adalah beberapa pemahaman secara umum tentang tren dalam dunia field management untuk bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam pengelolaan field service management yang Anda jalankan, EANNOVATE melalui e-Field dapat membantu Anda.

e-Field merupakan Sistem Manajemen pekerja Lapangan terbaru dari EANNOVATE. e-Field adalah solusi siap sedia untuk memantau kinerja, pelacakan langsung, memantau kehadiran teknisi, memperbarui status, penjadwalan, dan banyak lagi untuk teknisi Anda. e-Field tepat digunakan untuk memberikan pelayanan dari cleaning, service, instalasi untuk mencapai kepuasan pelanggan anda. 
 
Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat langsung menghubungi kami melalui website e-Field.
 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon