Image

QUICK CONTACT













Image

Kenali Lebih Dalam Tentang Augmented Reality Untuk Bisnis Anda

25 Oct 2022 by Billy Gani
Ada hal mendasar yang tidak terkoneksi antara kekayaan data digital yang tersedia bagi kita dan dunia fisik dimana tempat kita menerapkannya. Ketika berbicara tentang realitas yang berada pada dunia tiga dimensi, data yang sekarang kita miliki untuk menginformasikan keputusan dan tindakan kita senantiasa terperangkap pada halaman dan layar dua dimensi.
 
Kesenjangan antara dunia nyata dan digital membatasi kemampuan kita untuk memanfaatkan arus informasi dan wawasan yang dihasilkan oleh miliaran produk cerdas dan terhubung di seluruh dunia.
 
Augmented reality, seperangkat teknologi yang menempatkan data dan gambar digital di dunia fisik, dapat Anda gunakan untuk menutup celah ini dan melepaskan kemampuan manusia yang unik dan belum dimanfaatkan.
 
Meskipun masih dalam masa pengembangan, AR siap memasuki arus utama - menurut perkiraan, pengeluaran untuk teknologi AR mencapai $60 miliar pada tahun 2020. AR akan mempengaruhi perusahaan di setiap industri dan banyak jenis organisasi lainnya, dari universitas hingga perusahaan sosial.
 
Dalam beberapa bulan dan tahun mendatang, hal ini akan mengubah cara kita belajar, membuat keputusan, dan berinteraksi dengan dunia fisik. Hal ini juga akan mengubah cara dari bisnis atau perusahaan Anda dalam melayani pelanggan, melatih karyawan, merancang dan menciptakan produk, dan mengelola rantai jual dari produk, dan, pada akhirnya, bagaimana Anda dapat bersaing.

Apa Yang Dimaksud Dengan Augmented Reality?

Aplikasi AR yang terisolasi telah ada selama beberapa dekade, tetapi hanya baru-baru ini teknologi yang diperlukan untuk melepaskan potensinya tersedia. Pada intinya, AR mengubah volume data dan analitik menjadi gambar atau animasi yang dihamparkan dalam dunia nyata. 
 
Saat ini sebagian besar aplikasi AR digunakan dengan perangkat seluler, tetapi teknologi pengiriman yang semakin meningkat akan beralih pada perangkat yang dapat dikenakan secara handsfree seperti layar yang dipasang di kepala atau kacamata khusus untuk AR.
 
Meskipun banyak orang yang sudah lebih mengenal penggunaan aplikasi AR sederhana, seperti filter Snapchat dan game Pokémon Go, AR diterapkan dengan cara yang jauh lebih penting baik dalam pengaturan bisnis ataupun penjualan dari bisnis-ke-bisnis. 
 
Perangkat AR yang dapat dikenakan untuk pekerja pabrik yang menerapkan perakitan produksi atau instruksi layanan perbaikan yang sedang diujicobakan dalam banyak perusahaan. AR melengkapi atau mengganti manual tradisional dan metode pelatihan dengan kecepatan yang lebih baik.
 
Secara lebih luas, AR memungkinkan paradigma penyampaian informasi baru, yang dapat berdampak besar pada bagaimana data disusun, dikelola, dan disampaikan dalam dunia digital.
 
Meskipun website dan produk digital lainnya seperti mobile apps dapat mengubah cara informasi dikumpulkan, ditransmisikan, dan diakses, modelnya dirancang untuk  menyimpan dan mengirim data - halaman pada layar datar—memiliki batasan utama yaitu membutuhkan individu lebih untuk menerjemahkan informasi 2-D untuk digunakan di dunia 3-D.
 
Hal tersebut tidaklah selalu mudah, sama seperti ketika Anda harus menggunakan panduan untuk memperbaiki mesin fotokopi di kantor Anda, tidak semua orang mengetahui caranya. Dengan menggunakan AR yang berfokus pada objek dan lingkungan nyata, Anda dapat memproses data fisik dan juga digital secara berkesinambungan, mengurangi waktu yang Anda perlukan untuk menggabungkan keduanya.
 
Hal tersebut meningkatkan kemampuan Anda untuk secara cepat dan akurat dalam menyerap informasi, menghasilkan keputusan, dan mengeksekusi pekerjaan secara lebih efisien.

Perbedaan Diantara Augmented & Virtual Reality

Masih banyak individu yang mendengar tentang virtual reality dan berpikir bahwa augmented reality (AR) merupakan hal yang sejenis. Namun, kedua teknologi ini memiliki satu perbedaan utama antara satu sama lain. 
 
Virtual reality (VR) membuat individu dapat menempatkan diri dalam tata letak virtual dengan perangkat atau kacamata VR mereka. Sementara augmented reality (AR), meningkatkan daya visual dalam lingkungan nyata dengan elemen yang diproduksi dengan teknologi canggih. Contohnya, AR membuat Anda dapat menempatkan gambar virtual dalam tata letak rumah Anda secara langsung.

Bagaimana Anda Dapat Menggunakan AR Dalam Bisnis Anda?

Menggunakan teknologi augmented reality tidaklah mudah untuk bisnis Anda. Namun,dapat lebih mudah jika Anda melakukan riset dan mengenali langkah apa saja yang perlu Anda ambil. Berikut beberapa diantaranya :

Langkah Petama - Riset & Persiapan

Langkah pertama ini merupakan langkah yang terpenting, namun terkadang seringkali terlupa. Namun, riset dapat sangat membantu Anda. Setelah melakukan riset terhadap proses, pasar, dan kebutuhan pelanggan, Anda dapat menentukan produk apa yang akan Anda tawarkan. Sebagai tambahan, Anda dapat menyusun strategi proses pengembangan , termasuk vendor mana yang akan membantu Anda, alat yang diperlukan, dan tenggat waktu untuk menyelesaikan proyek AR tersebut.

Langkah Kedua - Pengembangan

Setelah Anda memiliki tim atau vendor profesional dan juga rencana pengembangan, Anda dapat mulai menjalankannya. Tim profesional yang bekerja sama dengan Anda tentunya mengetahui apa yang perlu mereka lakukan, jadi tugas Anda sebagai pemilik produk adalah mengawasi dan memberikan arahan serta mengelola setiap proses dalam pengembangan.

Langkah Ketiga - Menganalisa Hasil

Proyek AR untuk bisnis Anda tidaklah berhenti ketika sudah dirilis. Bagian penting dari pengembangan produk digital berbasis AR ini adalah menganalisa tentang bagaimana teknologi tersebut dapat bekerja dengan efisien dalam membantu perjalanan dari bisnis Anda. Apakah Anda berhasil? Apa saja yang dapat Anda tingkatkan?

Manfaat Penggunaan AR Untuk Bisnis Anda

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan AR dalam bisnis Anda yang dapat kami kumpulkan :

Mendatangkan Keterlibatan Lebih Dari Calon Pelanggan

Aplikasi dengan sistem basis AR memungkinkan pengguna untuk membangun konten yang dibuat khusus untuk pengguna. Hal ini membuat calon pelanggan lebih mudah dalam membuat konten mereka sendiri di dalam produk Anda dan membagikannya dengan cara yang spesifik.
 
Misalnya, saluran dapat mencakup media sosial dan jenis konten dapat berupa podcast, gambar, infografis, video, dan sebagainya. Semakin banyak cara yang dimiliki pelanggan untuk membuat konten berbasis pengguna (user-generated content), semakin mudah bagi bisnis Anda untuk mendorong keterlibatan pengguna.
 
Konten yang dibuat sendiri oleh pengguna memiliki performa yang lebih tinggi hingga 2x jika dibandingkan dengan konten branded dan menunjukkan rasio keterlibatan hampir 7x lebih tinggi (Adsmurai).

Meningkatkan Kepuasan Dari Pengalaman Pengguna

Bisnis dengan sistem AR di dalamnya memberikan calon pelanggan pengalaman digital yang unik. Hal tersebut membuat pengguna lebih terkoneksi dengan hal virtual serta fisik dan menggabungkannya dalam satu dunia. Hal ini memotivasi pengguna untuk memilih produk Anda dibandingkan milik kompetitor.
 
Berikut salah satu contohnya,fitur try-on virtual dari Gucci.
 
 
 
Gucci membuat penggunanya dapat menggabungkan dua dunia yaitu virtual, dan pengalaman berbelanja fisik dalam dunia baru.
  • Pertama, pengguna dapat mengkustomisasikan preferensi sepatu, perhiasan, atau kacamata, lalu mencobanya secara langsung.
  • Kedua, calon pelanggan dapat menghindari perlunya datang ke toko fisik untuk membeli produk, dan dapat melakukannya di rumah, dalam genggaman tangan mereka.
Pengalaman pengguna yang berkualitas ini membantu Gucci dalam menjalankan strategi win-win dan mendapatkan manfaat dari AR untuk menyaingi kompetitor mereka. Mengapa Anda tidak?

Menjadi Lebih Menonjol Dibandingkan Kompetitor

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pengalaman produk yang unik merupakan salah satu manfaat dari penggunaan teknologi augmented reality. Meskipun bukan hal baru, hal ini masih memperoleh banyak pengguna. Masalahnya adalah bagaimana Anda memenuhi permintaan pengguna melalui kemampuan dari teknologi AR. Jika dikombinasikan dengan penawaran yang tepat, augmented reality membantu Anda menonjol dari para pesaing pasar.
 
Tutup kesenjangan kecocokan pasar produk Anda dan kekuatan AR akan melakukan sisanya dalam hal persaingan. Pelanggan membutuhkan penawaran unik untuk menarik perhatian mereka saat ini. Jadi, jika produk Anda memecahkan masalah dan juga memberdayakan pengguna dengan pengalaman augmented reality - Anda dapat bertahan dan menjadi lebih menonjol.

Meningkatkan Kesadaran Merek & Keterlibatan

Augmented reality merupakan cara untuk membuat pengguna mengetahui produk Anda. Perusahaan atau bisnis yang mengadopsi strategi pemasaran augmented reality menyajikan solusi dengan cara yang ramah pengguna dan senantiasa terbaru. Contohnya seperti Ulta. Brand kecantikan dan kosmetik ini meluncurkan fitur uji coba virtual berbasis AR. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mencoba produk sebelum membelinya yang meningkatkan kesadaran akan brand mereka.
 
Pelanggan kemungkinan besar akan lebih memilih produk Ulta jika dibandingkan dengan pesaing pasar lain tanpa fitur uji coba virtual. Dan hal tersebut terbukti seperti yang dinyatakan Ulta untuk melihat peningkatan 700% dalam keterlibatan akan brand mereka.
 
Terlebih lagi, kampanye pemasaran yang didukung oleh augmented reality menarik lebih banyak perhatian pengguna. Penggunaannya membangkitkan emosi positif dan membuat pelanggan ingin mencobanya secara pribadi. Efek ini membawa rasio konversi (CTR) yang lebih tinggi dan biaya akuisisi pelanggan yang lebih rendah sebagai manfaat inti dari augmented reality dalam pemasaran.
 
 
Berikut adalah beberapa manfaat dan informasi yang dapat kami berikan dari penggunaan teknologi augmented reality untuk  bisnis dan produk digital Anda.
Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan Augmented Reality di Jakarta dalam industri Anda yang dilengkapi dengan proses analisa, perencanaan hingga implementasi,  EANNOVATE dapat menjadi solusi Anda.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon