Image

QUICK CONTACT













Image

Kenali Keterampilan Teknisi Dalam Meningkatkan Performa Bisnis

29 Mar 2022 by Billy Gani
Ketika pelanggan yang kurang puas menuliskan ulasan yang negatif, tentang layanan Anda, keseluruhan tim Anda tidak dapat menyelesaikan masalah tersebut, teknisi berpengalaman keluar karena ketidakpuasan, membuat Anda dan bisnis tentunya berjuang dalam menjalankan bisnis, dan mengetahui sebenarnya apa yang salah.
 
Apakah krisis atau masalah ini dapat diselesaikan jika Anda memiliki solusi sebelum hal tersebut terjadi? Kata “jika” inilah yang dapat Anda fokuskan untuk mengantisipasi masalah tersebut untuk datang pada bisnis Anda. Setiap rancangan strategi dapat Anda efektifkan untuk menanganinya. Tetapi, terkadang kita juga merasa bingung, dari mana kita harus mulai merancang strategi, hal apa yang penting untuk dilibatkan dan bagaimana Anda dapat mengidentifikasi hal yang dapat memicu datangnya masalah tersebut bukan?
 
Berbagai pemicu masalah dalam bisnis penyedia jasa layanan dapat ditemukan dalam bagaimana cara Anda menangani situasi tersebut. Siapa yang menanganinya? Apakah cara teknisi mendekati masalah sudah benar? Apakah hasilnya akan lebih baik jika teknisi mengambil cara yang berbeda dalam menyelesaikan masalah?
 
Memikirkan faktor-faktor ini senantiasa penting dalam krisis karena respons layanan yang ideal melibatkan kompetensi dari teknisi dan juga soft skill. 
 
Sementara kompetensi teknis diperlukan untuk memperbaiki masalah, soft skill seperti komunikasi, cara berpikir kritis, dan keunggulan eksekusi diperlukan untuk mendobrak kekacauan awal yang disebabkan oleh masalah dan membentuk koalisi yang efektif untuk memberikan solusi kepada pelanggan Anda.
 

Apa Itu Soft Skill?

Soft skill merupakan atribut pribadi non-teknis yang dapat digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dalam suatu bisnis, organisasi, ataupun perusahaan. Keterampilan ini membantu para profesional dalam bekerja secara harmonis antara satu sama lain dan membuat keputusan yang lebih baik ketika melakukan pekerjaannya.
Seberapa jauh soft skill dapat mempengaruhi respon layanan yang Anda berikan melalui teknisi Anda? Apakah soft skill dapat dipelajari atau diajarkan? Atau apakah hal tersebut menjadi karakteristik yang melekat pada seseorang yang terbentuk dari kehidupan atau berdasarkan kualifikasi pendidikan mereka ? Hal ini bukan pertanyaan sederhana untuk dijawab, dan hanya dapat dijawab oleh Anda  yang memiliki pengalaman lebih dalam pada industri jasa dan manajemen masalah. 
 
Dalam upaya untuk mendapatkan jawaban,  berikut ini beberapa keterampilan yang kami temukan dan sekiranya dapat berguna untuk teknisi dari industri field service yang Anda jalankan dan bagaimana hal tersebut dapat mempengaruhi kesuksesan dari bisnis Anda :
 

Komitmen 

 
Mungkin banyak yang tidak benar-benar menganggap "komitmen" sebagai keterampilan, tetapi sifat pribadi, dan hal tersebut secara luas sudah menjadi sebuah kewajiban dalam setiap aspek respons dari layanan yang diberikan oleh teknisi Anda.  Komitmenlah yang mengilhami seorang individu untuk memikul tanggung jawab terhadap suatu tugas dan mencapai hasil yang diharapkan.
 
Teknisi dari layanan field service Anda yang berkomitmen pada tugas mencerminkan sikap "apa pun yang diperlukan" dalam segala hal yang mereka lakukan. Hal ini terbukti dalam motivasi mereka untuk mengembangkan kompetensi dalam menggunakan alat-alat yang sesuai untuk pekerjaan pemeliharaan atau dalam keadaan urgensi untuk menyelesaikan masalah yang dialami oleh pelanggan. 
 
Teknisi lapangan dari industri field service Anda yang berkomitmen pada tugas senantiasa berfokus dan secara efektif memprioritaskan tindakan mereka untuk mencapai hasil yang berkualitas untuk pelanggan. Seorang manajer penyedia jasa layanan field service mengatakan, “Komitmen adalah layanan yang sangat penting. Tidak ada hal yang dapat menggantikannya”
 
Dan perkataan tersebut sangat masuk akal, seperti misalnya, teknisi yang terampil tanpa komitmen tidak dapat dipercaya untuk pekerjaan di mana ketepatan waktu dibutuhkan, atau ketika dimana biaya yang terkait dengan pekerjaan dari bisnis Anda karena dapat menyebabkan konsekuensi serius kedepannya.
 

Komunikasi Yang Proaktif

 
Bruce A. Breeden, dalam bukunya The Intentional Field Service Engineer, menyatakan bahwa “komunikasi proaktif merupakan suatu keharusan” bagi para teknisi pada layanan field service. Ia juga menjelaskan bahwa industri field service perlu mengingat gambaran yang lebih besar tentang hubungan pelanggan, yang mengharuskan para teknisi, sebagai garda terdepan yang berkomunikasi langsung dengan pelanggan  untuk “berkomunikasi, berkomunikasi, dan berkomunikasi—secara proaktif.”
 
Dalam tugas sehari-hari dari teknisi field service, kemampuan mereka untuk mempresentasikan ide, konsep, solusi, dan informasi secara efektif mempengaruhi kinerja pekerjaan dan kesuksesan dari bisnis Anda. Memiliki keterampilan komunikasi yang baik bagi teknisi lapangan Anda bukanlah “keunggulan kompetitif” untuk mendapatkan promosi atau trik tertentu dalam memenangkan lebih banyak pelanggan, tetapi menjadi sebuah kebutuhan dalam melakukan tugas-tugas rutin mereka.
 
Seorang teknisi dengan keterampilan komunikasi yang baik tahu kapan harus berhenti berbicara dan mulai mendengarkan, kapan harus berbicara dengan otoritas untuk menegosiasikan kesepakatan, dan kapan saat yang tepat untuk meredam ego untuk membangun konsensus yang baik dengan pelanggan dan juga tim Anda.
 

Membuat Keputusan Berkualitas Yang Disadari

 
Banyak orang salah mengira bahwa mendengarkan (listening) itu sama saja dengan mendengar (hearing). Mendengarkan biasa (hearing) bisa jadi tidak disengaja, atau mungkin tidak memerlukan partisipasi atau mempengaruhi pengambilan keputusan dari teknisi Anda.
 
Mendengarkan (listening) disisi lain merupakan hasil dari keputusan sadar untuk memahami sudut pandang pembicara dan menunjukkan perilaku yang bertanggung jawab. Mendengarkan secara aktif mendorong empati, dan merupakan "bentuk utama dari wawasan teknisi untuk pelanggan," menurut Don Peppers, mitra pendiri konsultan manajemen, Peppers and Rogers Group.
 
Ketika Anda berempati dengan pelanggan dan juga tim Anda, hal tersebut akan memperkuat keyakinan dari lawan bicara bahwa Anda peduli, menghargai pendapat mereka, dan akan bertindak demi kepentingan terbaik mereka. 
 
Beginilah cara hubungan pelanggan dibangun dalam industri field service, yang menurut Breeden, dengan pengalaman 37 tahun di industri field service menjadi salah satu “tanggung jawab utama” dari seorang teknisi layanan lapangan.
 

Berpikir Secara Logis Tanpa Bias

 
Perusahaan konsultan global, McKinsey, telah memasukkan pemikiran logis sebagai salah satu "keterampilan tingkat tinggi yang akan menjadi semakin penting" dengan munculnya teknologi digital dan AI dalam artikel terbarunya, "dunia kerja masa depan".
 
Berpikir kritis atau logis adalah bagian dari kategori kognitif soft skill, yang selanjutnya dibagi menjadi 4 bagian:
 
  • Pemecahan masalah yang terstruktur

  • Alasan logis

  • Memahami bias

  • Mencari informasi yang relevan

Teknisi dalam industri field service, yang senantiasa menyediakan pemecahan masalah dari pelanggan memerlukan pemikiran yang logis dan kritis untuk :
 
  • Menganalisa permasalahan

  • Menginterpretasikan atau memberikan saran kepada rekan kerja

  • Membuat rencana rekomendasi untuk tindakan spesifik tertentu

  • Mengeksekusi rencana atau memberikan tugas kepada orang yang paling tepat, dan

  • Memberikan respon balik kepada staf Anda di kantor.


Pada setiap langkah, mulai dari pembuatan tiket layanan hingga penyelesaian, teknisi harus bertindak sebagai penyedia layanan untuk staf operasi dan juga pelanggan.
 
Kemampuan berpikir kritis dan logis  memungkinkan mereka untuk mencari informasi yang akurat dan mengatasi bias, yang penting untuk mengidentifikasi penyebab masalah yang tepat dan menarik kesimpulan. 
 
Hal ini membuat teknisi layanan lapangan akan lebih tahan terhadap informasi yang menyesatkan dan kesalahpahaman serta mendorong mereka untuk menemukan solusi yang tepat dengan cepat.
 

Tidak Memikirkan Persaingan

 
Pemecahan masalah dalam industri field service memiliki banyak lapisan, yang melibatkan banyak orang dari beragam peran, kompetensi teknis, dan juga keterampilan. Tim-tim ini sering rentan untuk memiliki pemikiran "kita versus mereka", yang membuat mereka menahan informasi satu sama lain atau membuat perasaan enggan dalam mengambil tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang dimiliki oleh tim atau departemen lain.
 
Sementara bisnis atau perusahaan Anda menggunakan alat digital untuk transparansi dan kolaborasi yang efektif antar tim, masih diperlukan upaya untuk menciptakan pola pikir layanan yang memungkinkan semua orang dalam tim melihat tujuan bersama. 
 
“Meskipun sudah membawa banyak alat yang diperlukan, layanan Anda tidak dapat mengandalkannya sepenuhnya dan menempatkan soft skill yang penting untuk efektivitas kerja tim sebagai prioritas utama,” kata seorang personel SDM, dengan 7 tahun pengalaman dalam perekrutan pada industri field service.
 
Upaya terpadu diperlukan untuk membangun proses yang kuat dan menumbuhkan pola pikir layanan yang menginspirasi para teknisi layanan lapangan untuk bekerja sama satu sama lain dalam mencapai tujuan bersama, berbagi ide dan pendapat satu sama lain, dan mendukung keputusan tim untuk kesuksesan bisnis.
 
 
 
Berikut adalah beberapa keterampilan secara umum yang sekiranya dapat dimiliki oleh teknisi dalam dunia field management untuk meningkatkan performa bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam pengelolaan field service management yang Anda jalankan, EANNOVATE melalui e-Field dapat membantu Anda.

e-Field merupakan Sistem Manajemen pekerja Lapangan terbaru dari EANNOVATE. e-Field adalah solusi siap sedia untuk memantau kinerja, pelacakan langsung, memantau kehadiran teknisi, memperbarui status, penjadwalan, dan banyak lagi untuk teknisi Anda. e-Field tepat digunakan untuk memberikan pelayanan dari cleaning, service, instalasi untuk mencapai kepuasan pelanggan anda. 
 
Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat langsung menghubungi kami melalui website e-Field.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon