Image

QUICK CONTACT













Image

Fitur Field Service Dalam Mobile Apps Yang Perlu Anda Ketahui

14 Apr 2022 by Billy Gani
Untuk sebagian besar teknisi, perangkat smartphone atau tablet yang mereka miliki senantiasa menjadi penghubung mereka dengan kantor Anda secara langsung. Namun, perangkat seluler mereka ini dapat Anda kembangkan lebih jauh lagi fungsi dan manfaatnya lebih dari sekedar berkomunikasi dengan kantor, atau menerima email, jika dilengkapi dengan aplikasi field service management yang berkualitas.
 
Berinvestasi dalam software field service yang berkualitas menghadirkan berbagai manfaat, termasuk :
 
  • Pelacakan dan pembaruan layanan secara berkala dari teknisi
  • Mengurangi waktu yang dihabiskan dalam membuat faktur (invoice)
  • Memberikan profil pelanggan yang lebih loyal serta kuat
  • Dan sebagainya.

Ketika memilih aplikasi atau software field service, penting bagi Anda untuk memahami fitur apa saja yang paling penting untuk bisnis Anda miliki. Dalam artikel berikut ini, kami akan mencoba membagikan beberapa jenis fitur yang sekiranya perlu Anda miliki dan manfaatnya dalam meningkatkan performa bagi teknisi Anda :
 

Pembagian Pekerjaan Yang Cerdas (Smart Dispatching)

 
Temukanlah software atau aplikasi yang dapat membuat Anda mudah untuk menciptakan urutan pekerjaan dan membagikannya dengan mudah pada setiap perangkat yang dimiliki oleh teknisi Anda. Fitur pembagian yang lebih cerdas ini dapat secara otomatis memperbarui jika ada perubahan yang dilakukan baik dari sisi kantor ataupun dari perangkat teknisi. 
 
 
 
Selain itu, software yang berkualitas dapat secara otomatis mengirimkan pesan, atau menelepon konsumen untuk memberitahu mereka bahwa teknisi Anda sedang berada dalam perjalanan menuju kediaman mereka. Dengan hal ini, Anda dan teknisi akan senantiasa terhubung dan mendapatkan pembaruan yang selalu real-time
 

Integrasi Pembayaran di Tempat (Integrated Payments in the Field)

 
Membuat faktur jalan untuk pekerjaan teknisi dapat memakan waktu dan juga menghabiskan banyak kertas, yang tentunya kurang ramah lingkungan. Dengan adanya sistem pembayaran yang terintegrasi langsung dari tempat pelanggan, teknisi Anda dapat dengan mudah memperlihatkan tanda terima layanan (invoice) kepada pelanggan atau menggunakan alat print mini melalui perangkat untuk mencetaknya secara langsung.
 
 
 
Pastikan software atau aplikasi perangkat teknisi yang Anda gunakan dapat mengirimkan invoice tersebut secara langsung ke kantor Anda. Hal ini juga mengeliminasi kebutuhan untuk memindahkan berkas data layanan ke kantor Anda. Sebagai tambahan, aplikasi atau software yang Anda gunakan juga harus dapat memproses pembayaran pelanggan secara langsung sehingga memudahkan teknisi dan juga pelanggan Anda.
 

Buku Layanan Visual (Visual Price Book)

 
Dalam lapangan, mempresentasikan sebuah produk dan layanan dapat menjadi salah satu opsi Anda yang menguntungkan. Namun, hal ini dapat menjadi sulit jika tidak memiliki buku layanan secara visual jika Anda memberikan produk atau layanan dengan berbagai variasi.
 
Dalam hal ini, penggunaan aplikasi atau software field service dari teknisi Anda dapat membantu. Fitur buku layanan dengan gambar di dalamnya dapat membantu pelanggan dalam mengklasifikasikan apa saja kebutuhannya. Idealnya, fitur ini dapat membantu teknisi juga dalam memasukkan detail seperti perlengkapan apa yang dibutuhkan dengan opsi yang dimilikinya, memberikan pelanggan gambaran penuh untuk menentukan apa saja layanan yang terbaik untuk didapatkan.
 

Histori Perlengkapan Yang Digunakan 

 
Fitur dalam mobile app berbasis field service milik Anda akan lebih baik jika memiliki histori perlengkapan yang dikaitkan langsung dengan setiap pelanggan yang bisnis Anda miliki. Hal ini membuat teknisi Anda lebih mudah dalam memasukkan detail dan kondisi serta rekomendasi perlengkapan berdasarkan histori pekerjaan sebelumnya dan perlengkapan yang saat itu sedang digunakan.
 
 
 
Beberapa aplikasi juga memiliki opsi untuk menyimpan informasi penting yang berkaitan dengan histori perlengkapan. Spesifikasi perlengkapan, tanggal garansi, dan performa akan layanan yang diberikan sebelumnya dapat menjadi salah satu contoh dari hal yang dapat disimpan tersebut.
 

Histori Pekerjaan Teknisi (Work Order History)

 
Teknisi harus dapat mengakses history layanan yang diberikan kepada pelanggan hanya dalam beberapa ketukan jari. Dengan memiliki histori pekerjaan dalam sebuah perangkat, teknisi dapat dengan cepat mengidentifikasi masalah dan pekerjaan apa saja yang sudah mereka selesaikan dari waktu ke waktu.
 
Dan juga, hal ini mengeliminasi kebutuhan untuk menelepon kantor untuk bertanya akan detail pekerjaan atau catatan tertentu dari pelanggan.
 

Pelacakan Waktu (Time Tracking)

 
Pelacakan waktu dan pemeliharaan fisik secara manual sudah mulai ketinggalan zaman. Jadikan waktu pelacakan pada tempat kerja menjadi lebih mudah bagi teknisi dan staf kantor Anda dengan memilih aplikasi field service yang memiliki fitur pelacakan waktu.
 
Aplikasi field service dengan kemampuan ini dapat mengirim pengingat tentang waktu pelacakan dan secara otomatis memperbarui status pekerjaan saat teknisi bernavigasi melalui aplikasi. Tidak ada lagi kejadian dimana Anda atau teknisi lupa untuk mengklik aplikasi saat pekerjaan berlangsung, memungkinkan Anda untuk selalu dapat dengan mudah menilai status pekerjaan.
 

Personalisasi Pelanggan (Customer Personalization)

 
Memiliki riwayat dan informasi pelanggan memberikan latar belakang yang berharga bagi staf Anda, seperti catatan pelanggan dan kebutuhan akan layanan sebelumnya.
Selain riwayat pelanggan dan informasi kontak, aplikasi field service untuk teknisi di lapangan harus memungkinkan Anda untuk dapat melacak hal-hal kecil yang penting bagi pelanggan.
 
 
 
Berikut adalah beberapa fitur dan manfaat yang secara umum sekiranya dapat dirasakan oleh bisnis Anda dari penggunaan software field service management untuk meningkatkan performa bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam pengelolaan software teknisi field service management yang Anda jalankan, EANNOVATE melalui e-Field dapat membantu Anda.

e-Field merupakan Sistem Manajemen pekerja Lapangan terbaru dari EANNOVATE. e-Field adalah solusi siap sedia untuk memantau kinerja, pelacakan langsung, memantau kehadiran teknisi, memperbarui status, penjadwalan, dan banyak lagi untuk teknisi Anda. e-Field tepat digunakan untuk memberikan pelayanan dari cleaning, service, instalasi untuk mencapai kepuasan pelanggan anda. 
 
 
Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat langsung menghubungi kami melalui website e-Field.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon