Image

QUICK CONTACT













Image

Pahami Cara Mengembangkan Menu Dropdown Untuk Website Anda

22 Jan 2024 by Billy Gani
Ketika Anda memahami cara merancang sebuah website, desain navigasi adalah hal terakhir yang terkadang dapat diremehkan. Tetapi, hal ini senantiasa mempengaruhi bagaimana pengguna berinteraksi dengan website Anda yang juga menentukan apakah mereka akan bertahan lama di dalamnya atau pergi tanpa berkonversi. 
 
Menu dengan jenis dropdown - senantiasa penting tetapi terkadang menjadi fitur yang diremehkan - dapat membantu Anda mengurangi desain yang berantakan dan memberikan menu navigasi yang lebih baik untuk pengguna.
 
Dalam artikel ini, kami mencoba memberikan informasi tentang cara membuat menu drop-down dan menggunakan fitur tersebut untuk bisnis Anda.
 
 
Apa yang Dimaksud Dengan Menu Dropdown?
 
Menu dropdown merupakan elemen desain UX yang menunjukkan daftar opsi kepada pengguna ketika mereka memindahkan kursor mereka diatasnya. Dengan menutupi opsi pilihan kedua dan selanjutnya hingga pengguna menggeser kursor ke arahnya, menu dropdown mengurangi adanya gangguan visual, dan meningkatkan pengalaman pengguna. Menu dropdown sangat berguna pada berbagai aplikasi seperti menu website, pengaturan sistem konfigurasi, dan formulir online. 
 
 
Apa Perbedaan Dari Daftar Menu & Menu Dropdown Menu?
 
Daftar menu berjalan seperti layaknya buku yang dibuka — menampilkan semua opsi yang tersedia langsung pada  layar, biasanya disusun secara horizontal atau ditumpuk secara vertikal. Jenis menu ini terbuka keseluruhannya tetapi membutuhkan lebih banyak ruang pada layar pengguna. 
 
Oleh karena itu, jika website Anda senantiasa kompleks  dengan banyak bagian serta kategori yang biasanya dimiliki website e-commerce, Anda sebaiknya mengandalkan menu dropdown untuk memperluas daftar menu tanpa membebani layar halaman Anda.

Bayangkan Anda memiliki toko online yang menjual segala jenis pakaian - pakaian pria, wanita, anak-anak, dan bahkan sepatu dan aksesoris. Jika Anda mencoba menampilkan setiap produk pada menu utama, tampilan layar pengguna akan menjadi ramai dan membingungkan dengan sangat cepat. Di sinilah menu dropdown berperan.
 
 
 
 
Saat pengguna mengunjungi website Anda, mereka hanya akan melihat pilihan sederhana seperti "Pria", "Wanita", "Anak-anak", dan "Rumah". Hal ini dapat diibaratkan seperti menyimpan pilihan Anda di balik pintu tertutup. Saat pengguna tertarik dan menekan salah satu opsi tersebut, misalnya "Pria", menu dropdown akan terbuka. 
 
Kini pengguna dapat melihat lebih banyak pilihan seperti "Atasan", "Bawahan", "Aksesoris", dan "Sepatu". Hal ini adalah cara yang lebih efektif untuk menjaga segala sesuatunya tetap teratur tanpa membuat pengguna dari website Anda kewalahan.
 
Selain menghemat ruang pada layar tampilan dari website e-commerce Anda, menu dropdown juga dapat memberikan struktur yang sangat dibutuhkan pada formulir Anda. Dibandingkan dengan menggunakan kolom teks bebas di mana pengguna harus memasukkan negara atau informasi mereka lainnya - situasi yang rentan terhadap kesalahan ketik dan inkonsistensi — Anda dapat memasukkan menu dropdown berbasis negara. 
 
Pengguna cukup mengklik dan memilih, sehingga mengurangi kesalahan dan waktu yang diperlukan untuk mengisi formulir.
 
Pro & Kontra Penggunaan Mega Drop-Down Menu
 
Mega menu dengan jenis dropdown dapat menawarkan banyak keuntungan dalam hal pengalaman pengguna, tetapi juga tentunya memiliki keterbatasan. Sekali lagi, penting untuk merencanakan struktur dari website e-commerce Anda dengan cermat. Lagi pula, menu dropdown Anda hanya berguna jika semua produk dalam tab navigasi website sudah jelas sejak awal.
 
 
 
 
Jadi, sebelum memilih untuk menggunakan menu dropdown yang besar ini, luangkan waktu untuk memikirkan cara terbaik untuk menyajikan konten dari website e-commerce Anda. 
 
 
Beberapa Tips Dalam Menyajikan Menu Drop-Down Yang User-Friendly
 
Berikut beberapa tips tentang opsi navigasi yang dapat Anda gunakan bersamaan dengan menu dropdown untuk meningkatkan tingkat konversi dari website e-commerce Anda.
 
Petakan Navigasi Halaman Homepage Anda Terlebih Dahulu
 
Sebelum Anda mulai memilih produk atau halaman yang perlu dimasukkan ke dalam menu dropdown, penting untuk merencanakan setiap fungsi dan konten di dalam website Anda. Anda biasanya dapat membagi fungsi dan konten ke dalam beberapa kategori dan subkategori utama. 
 
Pastikan Anda memberikan nama yang jelas dan ringkas untuk setiap kategori. Pengguna umumnya hanya melihat sekilas dari judul menu, jadi penting bagi mereka untuk dapat dengan mudah membedakannya dan segera memahami apa saja kategori menu yang website Anda miliki.
 
Prioritaskan Penempatan Produk atau Hal Penting Terlebih Dahulu
 
Produk yang paling menarik bagi pengguna harus selalu muncul di bagian atau baris awal dari menu utama Anda. Jika Anda merupakan penyedia layanan pengiriman ekspedisi , misalnya, sebaiknya mulai tuliskan kategori  dengan layanan yang meyakinkan pengguna bahwa solusi Anda tepat untuk mereka. Coba gunakan daftar kategori menu seperti ini:
 
  • Mengapa kita?
  • Tentang kami
  • Harga
Jika Anda mengoperasikan website e-commerce berbasis fashion, menu Anda harus berfokus pada produk Anda. Tautan ke konten lain, seperti saran rekomendasi produk lain atau unggahan artikel blog, bisa Anda munculkan di akhir menu. Secara umum, cara terbaik untuk mengoptimalkan konversi untuk bisnis online Anda bergantung pada industri tempat Anda berjalan.
 
Gunakan Struktur Visual
 
 
 
 
Menu biasa hanya dapat menampilkan teks dalam format sederhana. Menu drop-down, di sisi lain, memberi Anda pilihan untuk menyorot item menu tertentu. Misalnya, Anda dapat menggunakan beberapa pilihan seperti : 
 
  • Ukuran teks
  • Warna teks
  • font
  • Ikon

Hal ini memungkinkan Anda untuk menambahkan lebih banyak struktur pada konten dari menu drop-down. Tidak semua produk harus ditautkan ke halaman sebenarnya; beberapa kata dapat berfungsi sebagai judul yang tidak dapat diklik untuk berbagai sub kategori yang dapat diklik.
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi tentang bagaimana Anda dapat merancang menu dropdown untuk website dari bisnis Anda.
 
Eannovate hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk Custom Web Design / Website Development di Jakarta dengan FREE Domain dan Hosting, serta Maintenance selama 1 tahun. Kami akan menjamin website Anda akan dibangun sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan penanganan jika terjadi masalah pada website Anda sewaktu-waktu.
 
Selain itu, untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Alterspace solusinya.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon