Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Manajemen Katalog Produk Untuk Website E-Commerce Anda

07 Dec 2023 by Billy Gani
Bagaimana Anda memastikan produk Anda (dan halaman produk) dapat diakses secara online, dipercaya oleh pengguna, dan berkonversi dengan baik? Seringkali hal ini bergantung pada manajemen katalog produk dai sebuah website e-commerce yang efektif.
 
Apa manfaat manajemen katalog e commerce yang baik? Apa tantangan dalam mengelola katalog produk Anda secara online? Dan apa saja praktik terbaik manajemen katalog untuk website berbasis e-commerce?
 
Dalam artikel berikut  ini, kami membagikan semua yang perlu Anda ketahui tentang manajemen katalog produk berbasis website e-commerce dan tips praktis yang dapat Anda ikuti.
 
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Manajemen Halaman Katalog Produk Dalam E-Commerce?
 
Manajemen katalog produk untuk bisnis berbasis e commerce adalah pengelolaan semua data dan informasi katalog produk baik secara internal pada sistem Anda maupun tampilannya pada website Anda.
 
Memberikan data produk yang akurat dan jelas kepada pengguna merupakan elemen penting dalam keberhasilan penjualan online untuk bisnis Anda. Manajemen produk atau katalog yang tepat akan memungkinkan Anda, tim, dan pengguna untuk memiliki akses dan kontrol yang lebih baik atas data produk berkaitan.
 
 
Mengapa Manajemen Katalog Penting Untuk Strategi Website E Commerce Anda?
 
Saat ini, pelanggan dari bisnis berbasis B2C dan B2B sudah terbiasa mencari informasi produk dan berbelanja secara online. Katalog produk online dari bisnis Anda harus berfungsi seperti layaknya mesin yang diminyaki dengan baik. Berikut beberapa manfaatnya diantaranya :
 
 
  • Memenuhi ekspektasi pembeli saat ini dan mengikuti tren digital

  • Memastikan bahwa produk Anda mudah ditemukan dan dapat diakses secara online

  • Merampingkan proses internal dan alur kerja

  • Membantu untuk senantiasa kompetitif dan berkembang pada pasar yang semakin kompetitif

  • Membantu Anda terlihat sebagai bisnis yang memimpin dalam industri Anda

  • Membangun kepercayaan antara Anda dan penggua dari website e-commerce Anda

 
Tantangan Dalam Mengutilisasi Halaman Katalog Produk Untuk Website E-Commerce
 
Secara umum, sebuah bisnis dapat menghadapi 4 tantangan utama ketika mengelola katalog produk secara online, berikut beberapa diantaranya : 
 
  • Keterlibatan Stakeholder Yang Terlalu Banyak - Hal ini dapat membuat pengelolaan dan pembaruan katalog produk Anda menjadi rumit dan memakan waktu. Misalnya, jika unit pengukuran berbeda antara supplier dan sistem Anda, hal ini memerlukan pembaruan manual secara berkala.

  • Fungsi Kegunaan - Semua data produk internal perlu diterjemahkan menjadi informasi yang jelas dan dapat dilihat oleh pelanggan. Selain itu, Anda perlu memastikan tampilan dan kategorisasi produk sesuai dengan harapan pelanggan Anda.

  • Memilih Alat Manajemen Katalog - Hal ini mengharuskan Anda memiliki pemahaman mendalam tentang fungsi opsi alat dan situasi dari bisnis e commerce Anda. Bagi bisnis yang bersifat multinasional, menemukan solusi manajemen katalog yang skalabel akan menjadi lebih menantang jika sistem operasional internal Anda (seperti sistem ERP, PIM, pemasaran, atau e-commerce) berbeda di seluruh dunia.

  • Pertumbuhan Bisnis & Katalog – Pertumbuhan bisnis sering kali dapat disamakan dengan pertumbuhan katalog. Namun, apakah struktur katalog Anda saat ini siap untuk diperluas? Ketidakkonsistenan atau kurangnya pengorganisasian dalam struktur katalog Anda saat ini (seperti pilihan produk yang berantakan) dapat menimbulkan tantangan saat Anda memperluas katalog dari bisnis e commerce Anda.


Praktek Yang Dapat Dipertimbangkan Untuk Katalog Produk Bisnis  E - Commerce
 
Syarat kesuksesan dari bisnis berbasis e-commerce adalah toko online Anda untuk mampu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna -  Detail produk, spesifikasi teknis, dan gambar. Namun, untuk mengambil langkah lebih jauh dan menjadikan toko online Anda sebagai portal layanan mandiri yang sesungguhnya bagi pengguna Anda. 
 
Berikut beberapa praktek yang dapat Anda pertimbangkan dalam mengoptimalkan katalog website e-commerce Anda.
 
 
Pertahankan Katalog Produk Yang Rapi & Terorganisir
 
Karena manajemen katalog e-commerce berbasis website merupakan jenis manajemen informasi, pemeliharaan database adalah bagian yang tidak dapat dihindari dalam mengoptimalkan katalog. 
 
Petakan Proses Manajemen Katalog Anda
 
Seperti disebutkan sebelumnya, keterlibatan banyak pemangku kepentingan membuat pengelolaan katalog e-commerce menjadi proses yang kompleks. Salah satu cara untuk mengatasi tantangan ini adalah dengan memetakan terlebih dahulu proses pengelolaan katalog Anda. Kemudian, Anda dapat menentukan lokasi pemangku kepentingan internal dan eksternal selama proses ini.
 
Proses pemetaan ini dapat memberi Anda pemahaman yang jelas tentang:
 
  • Bagian mana dari proses pengelolaan katalog yang dapat diubah oleh stakeholder

  • Siapa saja yang akan terpengaruh oleh perubahan katalog Anda

  • Kapan mereka terpengaruh selama proses tersebut berjalan

Saat katalog produk e-commerce Anda perlu diperbarui, proses pemetaan memungkinkan Anda dengan cepat menemukan stakeholder yang tepat untuk didekati.
 
Tandai dan Kategorikan Katalog dari Produk Anda Secara Digital 
 
Bantu pengguna menelusuri katalog produk digital Anda secara mudah dengan menawarkan opsi untuk memfilter, menyaring, dan mengurutkan informasi produk dari bisnis website Anda. Anda dapat melakukan hal ini dengan menandai dan mengkategorikan semua produk Anda secara sistematis.
 
Namun pastikan untuk melakukan ini dari sudut pandang pengguna. Artinya, pikirkan bagaimana mereka mencari informasi dan bagaimana mereka ingin menelusuri website e-commerce Anda. Misalnya, jika Anda mengetahui bahwa pengguna sering mencari informasi produk berdasarkan bahan, pastikan Anda tidak membatasi mengatribusikan produk Anda hanya pada ukuran dan warna saja.
 
Bangun Kepercayaan Dengan Informasi Produk Yang Berkualitas
 
Saat mengelola katalog produk dari website e - commerce, tujuan pertama Anda adalah memastikan (calon) pelanggan Anda merasa nyaman berbelanja dalam website e-commerce Anda. Anda tentunya ingin pengunjung website mempercayai bisnis Anda, sehingga mereka cenderung melakukan pemesanan pada website Anda.
 
Untuk mencapai tujuan ini, penting bagi Anda untuk memberikan informasi yang komprehensif dan akurat dalam katalog produk Anda. Calon pelanggan hanya dapat mulai mempercayai bisnis Anda ketika informasi yang mereka temukan untuk menilai brand dan produk Anda tersedia secara lengkap dan akurat.
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi tentang manajemen katalog produk yang dapat dipertimbangkan untuk website berbasis e-commerce dari bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk membangun website berbasis e-commerce yang berkualitas, kami dapat membantu.

Eannovate hadir dengan layanan E-Commerce Web Development yang profesional & berkualitas di Jakarta, Indonesia. Layanan kami senantiasa dilengkapi dengan Custom UI / UX Design, Optimized CMS, Online Shop, dan Shopping Cart Web Development terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda.

Selain itu, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam memberikan layanan SEO Digital Marketing dan Website Design di Jakarta dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon